10 Ribu Bibit Tanaman Disalurkan ke Petani Ketapang dan Kayong

Sedikitnya 10 ribu bibit tanaman kehutanan dan buah ke petani disalurkan oleh Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan (Gerbang Tani) Kalbar di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara

“Atas permintaan masyarakat kepada Pak Daniel bibit diberikan saat reses beberapa minggu lalu,” ungkap Ketua DPW Gerbang Tani Kalbar Heri Mustari kepada wartawan.

Menurutnya bibit yang disalurkan ini terdiri dari beraneka jenis. Seperti sengon, mahoni, trembesi, jengkol, rambutan, durian, maupun tanaman kehutanan lainnya yang bisa digunakan untuk kegiatan penghijauan di lahan kritis dan sejumlah lahan kosong milik warga yang akan difasilitasi oleh pengurus Gerbang Tani di tingkat kabupaten.

“Ada penghijauan lahan kritis, ada juga warga yang ingin menanam di lahan kosong milik mereka,” ujarnya.

Menurutnya saat ini hujan mulai turun setelah kemarau panjang hampir dua bulan penuh, tentunya menjadi waktu yang ideal untuk menanam bibit dengan harapan bisa tumbuh semua.

Baca juga   Darius Desak Penegak Hukum Beri Kejelasan Kasus Dugaan Korupsi DAK Disdik

“Waktunya tepat, pas mulai musim hujan, mudah-mudahan yang ditanam nanti bisa tumbuh semua, karena kalau kemarau seperti kemarin, petani bakal repot, harus sering disiram karena kalau tidak persentase tumbuh bisa sedikit,” harapnya.

Ia menjelaskan bibit yang sudah diupayakan Daniel Johan seperti permintaan warga ketika dilaksanakan reses di Kabupaten Kayong Utara dan Ketapang ini bisa tertanam dan dirawat dengan baik. “Karena menghijaukan kembali lahan-lahan terlantar ini penting agar bumi kita tetap adem dan nyaman ditinggali,” ujarnya.

 

Legislator Dapil Kalbar dari Partai Kebangkitan Bangsa, Daniel Johan mengakui jika ada permohonan masyarakat untuk mendapatkan bibit tanaman kehutanan dan buah-buahan untuk kegiatan penghijauan dan menaman di lahan kosong mereka.

Baca juga   Nikmatnya Asam Pedas Tempoyak Khas Ketapang

“Saya sampaikan ke pengurus Gerbang Tani di Pontianak dan bibitnya ada, jadi langsung saya fasilitasi untuk segera dikirim,” tuturnya

Daniel berharap semangat warga untuk bercocok tanam, khususnya tanaman keras seperti buah-buahan maupun tanaman hutan semakin tinggi karena tanaman tahunan akan banyak manfaatnya, buahnya bisa diambil, kayunya juga akan sangat bermanfaat.

“Bahkan pohon menghasilkan oksigen yang kita butuhkan setiap saat, bisa menjadi tempat bernaung aneka hewan dan menanam pohon juga dapat pahala.

Karena menanam pohon sama juga dengan menebar kebaikan untuk semua makhluk hidup yang ada di bumi,” pungkasnya. (dpw)

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.