Harisson Imbau Perusahaan Miliki Laboratorium PCR Sendiri
Connect with us

Kabupaten Ketapang

Harisson Imbau Perusahaan Miliki Laboratorium PCR Sendiri

Published

on

Harisson Imbau Perusahaan Miliki Laboratorium PCR Sendiri
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson minta perusahaan milik lab PCR sendiri untuk menghindari klaster karyawan

Gencil News – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson imbau perusahaan yang ada di Kalbar miliki laboratorium PCR di perusahaan masing-masing.

Harisson mengungkapkan pertanggal 11 April 2021 setidaknya ada 52 orang terkonfimasi positif Covid-19. Sementara 20 orang dari jumlah tersebut muncul karena klaster karyawan.

Berikut jumlah dan peta sebaran karyawan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

  • Kota Pontianak 5 orang
  • Kapuas Hulu 4 orang
  • Kayong Utara 1 orang
  • Ketapang 20 orang, 
  • Kubu Raya 3 orang
  • Kabupaten Mempawah 5 orang
  • Sambas 1 orang
  • Sekadau 2 orang
  • Sanggau 2 orang
  • Singkawang 5 orang
  • Bengkayang 3 orang dan di luar wilayah 1 orang.

Menurut Harisson. 20 orang terkonfirmasi Covid-19 di Ketapang tersebar pada beberapa perusahaan di Ketapang.

“Klaster karyawan beberapa perusahaan yang berlokasi di Kecamatan Manismata, Kecamatan Air Upas dan Kecamatan Marau,” kata Harisson.

Harisson menyebut bahwa kemunculan klaster karyawan ini karena keluar masuknya karyawan melalui Kalimantan Tengah.

“Dugaan sementara akibat karyawan yang keluar masuk melalui Kalteng, baik jalan darat maupun udara lewat bandara Pangkalanbun,” ujarnya

Untuk mencegah penyebaran Covid-19 akibat klaster ini, Harisson meminta perusahaan yang ada di Kalbar menyiapkan lab PCR sendiri.

“Sebaiknya perusahaan-perusahaan menyiapkan Laboratorium PCR untuk kesehatan dan keselamatan karyawan serta masyarakat di sekitar perusahaan tersebut,” 

Selain menghimbau perusahaan untuk menyediakan lab PCR sendiri, Harisson juga meminta agar Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Ketapang memperketat pintu masuk darat dan udara dari Kalteng.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Ketapang

Guru Di Ketapang Bisa Kena Sanksi Pemecatan Jika Nekat Mudik

Published

on

By

Guru Di Ketapang Bisa Kena Sanksi Pemecatan Jika Nekat Mudik
Foto istimewa ; Ilustrasi mudik lebaran

Gencil News – Sepakat untuk mematuhi larangan mudik lebaran bagi ASN termasuk guru, Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang akan memberikan sanski bagi guru yang melakukan mudik atau libur lebaran.

Kadisdik Ketapang, Jahilin menegaskan bahwa kegiatan mudik sudah jelas tertera dalam addendum Satgas Penanganan Covid-19 nomor 13 tahun 2021. Ia mengatakan akan memberikan sanksi kepada guru yang melanggar aturan.

“Jika ada guru melakukan kesalahan dan melanggar aturan, kita akan berikan sanksi,” katanya (05/05/2021)

Ia meminta agar guru memahami maksud imbauan dari pemerintah tersebut. Yang tidak juga untuk kebaikan bersama dalam memberantas penyebaran Covid-19.

Jahilin mengatakan pihaknya sangat mendukung kebijakan tersebut. Sebab menurutnya untuk wilayah Ketapang sendiri kasus Covid-19 masih banyak.

“Maka dari itu, kami menghimbau agar jajaran pendidikan di Ketapang tidak melakukan mudik lebaran,” tegasnya

Menurutnya, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi larangan mudik dan penerapan protokol kesehatan. Kemudian akan memberikan sanksi kepada jajaran pendidikan yang masih nekat untuk mudik.

Sanksi tersebut berupa penundaan kenaikan pangkat hingga pemecatan.

“Saksinya ada yang ringan diberi teguran, sanksi sedang misalnya ditunda kenaikan pangkat dan pengurangan tunjangan. Bisa juga diberi saksi berat hingga dilakukan pemecatan,”

Sanksi pemecatan ini bisa saja terjadi jika misalnya setelah mudik kemudian tidak bisa pulang untuk mengajar kembali dalam waktu lama, lantaran menghadapi kendala tak ada transportasi untuk kembali dan lain sebagainya.

Jika timbul alasan semacam itu, ia mengatakan dapat menggangu kelancaran aktivitas belajar mengajar.

“Jadi kita ingatkan kepada masyarakat, khususnya para guru di bawah naungan Dinas Pendidikan Ketapang. Pada libur lebaran Idul Fitri tahun ini jangan coba-coba untuk tetap mudik,”pungkasnya

Continue Reading

Kabupaten Ketapang

Kedapatan Bawa Sabu, Seorang Pemuda diamankan Polisi

Published

on

Kedapatan Bawa Sabu, Seorang Pemuda diamankan Polisi

Gencil News – Kedapatan bawa sabu, seorang Pemuda berinisial MU ( 32 th ) yang beralamatkan di Dusun Limau Desa Air Hitam Besar Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat diamankan oleh anggota Satuan Reserse Narkoba Polres Ketapang.

MU diamankan di rumahnya setelah kedapatan memiliki narkotika yang diduga jenis sabu, Senin, 03 Mei 2021 pukul 21.00 wib.

Kapolres Ketapang, AKBP Wuryantono, S.I.K., M.H., melalui Kasat Narkoba IPTU Anggiat Sihombing, S.H., menyampaikan bahwa penangkapan tersebut bermula saat petugas satuan narkoba mendapatkan informasi dari warga bahwa pelaku sering menyimpan dan membawa narkotika.

“ Benar bahwa anggota kita telah melakukan penegakan hukum melalui penangkapan seorang oknum warga berinisial MU atas dasar kepemilikan narkoba jenis sabu. Pelaku kita amankan setelah adanya informasi warga yang kita tindak lanjuti dengan melakukan penyelidikan di lapangan. Saat kita lakukan penggeledahan yang di saksikan perangkat desa setempat di rumah pelaku, kita temukan dari dalam kamar pelaku sendiri sejumlah barang bukti berupa 6 ( enam ) paket yang berisi serbuk kristal diduga narkotika jenis sabu dengan total berat bruto keseluruhan 51,57 gram dan uang tunai sejumlah 58 juta rupiah, yang kita duga uang hasil transaksi sabu ” ujar Kasat Narkoba, Kamis 06 Mei 2021

Anggiat menambahkan, selain barang bukti diatas, petugas juga menyita barang bukti lainnya berupa 1 ( satu ) tas kecil bewarna cokelat, 2 ( dua ) buah sendok sabu, 1 ( satu ) buah bong atau alat hisap sabu, dan 1 ( satu ) helai plastik hitam

“ Kita lakukan gelar perkara untuk memastikan unsur pidana kasus ini dan kini tersangka MU beserta barang bukti telah diamankan di Mapolres Ketapang guna penyidikan lebih lanjut.” Pungkas Kasat.

Atas perbuatannya, tersangka terancam dengan pasal 114 ayat (2) dan  atau pasal 112 ayat (2)  UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Continue Reading

Kabupaten Ketapang

Bripka Abdurachman Datangi Warga Dari Pintu Ke Pintu

Published

on

By

Bripka Abdurachman Datangi Warga Dari Pintu Ke Pintu
Bripka Abdurachman Datangi Warga Dari Pintu Ke Pintu - 📷/Data: Polres Ketapang

Gencil News – Banyak cara yang di lakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Bayun Sari Polsek Sungai Laur Polres Ketapang Bripka Abdurachman dalam rangka mendekatkan diri dengan warga. Bripka Abdurachman menempuh cara door to door system (DDS). Tentunya selama masa pandemi Covid-19 kegiatan ini tetap dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan, Minggu (18/04/2021).


Berkunjung dari rumah ke rumah dinilai efektif bagi anggota Bhabinkamtibmas untuk menyampaikan himbauan dan pesan kamtibmas pada warga binaannya. Serta untuk lebih mendekatkan diri dengan warga binaanya.

Kegiatan DDS ini sudah lama di lakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Bayun Sari Polsek Sungai Laur kepada para tokoh masyarakat dan warganya.

Kapolsek Sungai Laur Ipda Hendra Gunawan, S.H mengatakan kegiatan DDS yang dilakukan Bhabinkamtibmas pada saat sekarang ini lebih difokuskan pada kegiatan sosialisasi Adaptasi Kebiasan Baru.

“Melalui Bhabinkamtibmas, Polri senantiasa mengingatkan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan selama masa pandemi covid19″ pi

Continue Reading

Kabupaten Ketapang

Satlantas Polres Ketapang Berikan Himbauan Tertib Lantas

Published

on

Satlantas Polres Ketapang Berikan Himbauan Tertib Lantas

Dalam rangka Pelaksanaan Ops Keselamatan Kapuas Tahun 2021, yang dilaksanakan terhitung mulai dari tanggal 12 April 2021 sampai dengan 25 April 2021.

Gencil News – Satlantas Polres Ketapang melaksanakan kegiatan himbauan dam sosialisasi tertib berlalu lintas, termasuk juga sosialisasi Protokol Kesehatan dan Pembagian Masker serta himbauan untuk tidak mudik pada saat lebaran dalam mencegah penyebaran Visrus Covid-19, Jumat (16/04/2021).

Menciptakan masyarakat yang yang tertib berlalu lintas di jalan raya, mengajak masyarakat untuk patuh dan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan dalam pelaksanaan hidup sehari hari serta untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Jalan Brigjend Katamso, Sukaharja, Delta Pawan, Ketapang, dalam Pelaksanaan Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh KBO Satlantas Polres Ketapang IPDA Tedy Alfian Moward beserta seluruh Personel yang terlibat dalam pelaksanaan Ops Keselamatan Kapuas Tahun 2021 di wilayah Hukum Polres Ketapang.

Pada kesempatan tersebut Kasat Lantas Polres Ketapang AKP Andhika Yudistira Maeyasa Dezchy, S.I.K., selaku Kasatgas Ops Keselamatan Kapuas 2021 Polres Ketapang mengatakan pelaksanaan Ops Keselamatan Kapuas 2021 kali ini cukup berbeda dan dari tahun-tahun sebelumnya.

Sebab dalam operasi kali ini menghadapi pandemi Covid-19 dan bulan Suci Ramadhan, tentunya harus lebih ekstra dalam memberikan pelayanan dan imbauan kepada masyarakat, mengingat aktivitas di bulan Ramadhan cukup banyak, serta mobilitas masyarakat juga meningkat.

“Saya memberikan beberapa penekanan dalam hal ini kepada anggota saya, untuk selalu meningkatkan giat Patroli Rutin, melaksanakan pengamanan di Masjid pada saat Ibadah Tarawih. Dan berikan imbauan Kamsetibcarlantas kepada pengguna jalan secara humanis dan juga imbauan protokol kesehatan secara berkelanjutan dan mengharapkan. Dengan diselenggarakannya Operasi Keselamatan Kapuas 2021 dapat menjaga Kamseltibcarlantas dan sekaigus dapat mencegah kasus baru Covid-19 di bulan Ramadhan 1442 H di Wilayah Kabupaten Ketapang.”pungkasnya

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING