Pemkab Ketapang Lakukan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah
Connect with us

Kabupaten Ketapang

Pemkab Ketapang Lakukan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah

Published

on

Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ketapang melakukan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Yayasan Pondok Pasantren Mambaul Khairot.

GENCIL NEWS – Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ketapang melakukan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Yayasan Pondok Pasantren Mambaul Khairot.

Perjanjian tersebut terkait pembangunan Asrama Putra. Penandatangan dilakukan pada hari Senin (15 Juni 2020) Sore.

Selain penandatanganan NPHD, silaturahmi tersebut sekaligus sosialisasi Protokol Kesehatan dalam rangka memasuki New Normal.

Kebijakan new normal erat kaitannya dengan dibukanya tempat ibadah, tetapi aman dari Corona Virus Disease (Covid-19).

Sekretaris daerah Kabupaten Ketapang berharap kepada seluruh pengurus pondok pasantren serta seluruh santri dan orang tua santri agar dapat menerapkan standar atau ketentuan yang telah ditetapkan dalam mengahadapi Tatanan Kehidupan Baru (New Normal).

”Perhatikan  protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak di saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar di Pondok Pesantren Mambaul Khairot,” kata Sekda Ketapang H.Farhan SE, M.Si.

Selain itu Sekda Ketapang mengharapkan agar hal tersebut dapat diterapkan di semua Pondok Pesantren dan sekolah serta tempat–tempat ibadah yang ada di Kabupaten Ketapang.

Ia menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Ketapang untuk melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Untuk itu dalam kesempatan yang berbahagia ini kami sampai kepada bapak ibu sekalian bahwa hari ini kita sudah berada pada new normal atau adaptasi kehidupan baru kendatipun ada wabah pandemi Covid-19,” ucapnya.

Atas  nama Pemerintah Kabupaten Ketapang, Sekretaris daerah Kabupaten Ketapang memberikan apresiasi kepada yayasan muslim Kayong yang telah memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan.

Ia berharap pelaksanaan pendidikan yang dilakukan yayasan muslim Kayong terus meningkat.(pemkab ketapang)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Ketapang

Kabupaten Ketapang Zona Merah, Seluruh Rumah Sakit Penuh

Published

on

By

Kabupaten Ketapang Zona Merah, Seluruh Rumah Sakit Penuh
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson

Gencil News – Pada pekan ke tiga bulan Juli 2021, Kabupaten Ketapang beresiko tinggi atau zona merah penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson mengungkapkan berdasarkan data per tanggal 25 Juli 2021 menunjukkan Ketapang berada pada skor 1.73

“Keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di Ketapang mencapai 95,83 persen,” Kata Harisson, Selasa (27/7/2021).

Beberapa tempat tidur di Rumah Sakit (RS) yang ada di Kabupaten Ketapang memiliki 48 tempat tidur untuk pasien Covid-19 yang tersebar di RSUD DR. Agoesdjam sebanyak 18 tempat tidur dan 24 tidur di RSU Fatimah.

Sementara untuk RSB Permata Bunda tidak memiliki tempat tidur sama sekali untuk pasien Covid-19.

Dengan demikian secara keseluruhan Kabupaten Ketapang hanya memiliki 48 tempat tidur untuk pasien Covid-19. Dari jumlah tersebut 46 sudah terisi atau BOR di angka 95,83 persen.

Dari data yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, ada 11 kabupaten/kota yang berada pada zona orange. Adapun kabupaten/kota yang beresiko sedang yaitu, Kapuas Hulu, Sintang, Sekadau, Bengkayang, Mempawah, Sanggau, Landak, Kota Singkawang, Sambas, Kubu Raya, dan Kota Pontianak.

Sementara Kabupaten Kayong Utara dan Melawi berada pada zona kuning atau resiko rendah

Continue Reading

Kabupaten Ketapang

Cara Unik Polres Ketapang Dalam Melakukan Patroli Pedagang Kecil

Published

on

By

Cara Unik Polres Ketapang Dalam Melakukan Patroli Pedagang Kecil

Gencil News- Dalam menegakkan peraturan PPKM pada wilayah Kabupaten Ketapang, Polres Ketapang melaksanakan patroli skala besar secara serentak. Pada hari Jumat (23/07/2021), Pukul 22.00 wib.

Patroli ini diikuti oleh jajaran polres ketapang dengan dipimpin langsung oleh kapolres Ketapang, AKBP Wuryanto bersama anggota Kodim 1203 Ketapang, anggota Sat Pol PP, BPBD serta dinas perhubugan pada seputaran Kota Ketapang.

Pada kesempatan patroli kali ini polres Ketapang memiliki cara unik, mereka tak hanya menegur kepada pedagang kecil. Namun membagikan 145 paket sembako kepada para pedagang asongan serta pedagang makanan kecil yang ada pada sepanjang jalan protokol ketapang serta memborong barang jualan pedagang tersebut.

“ Sesuai arahan Bapak Kapolri, patroli skala besar ini kita laksanakan dalam rangka penegakan PPKM kepada masyarakat secara humanis. Dalam kegiatan ini polres juga memberikan bantuan sosial berupa 50 paket sembako. Sedangan polsek jajaran juga secara serentak membagikan total 95 paket sembako. Kita juga memborong jualan para pedagang yang kita jumpai malam hari ini. Sebagai bentuk perhatian Polri kepada masyarakat khususnya kepada para pedagang kecil yang terdampak oleh penurunan perekonomian disaat pandemi ” kata Wuryanto

Ia mengatakan bahwa bantuan sosial ini merupakan penyaluran ini akan dilakukan secara rutin.

Ia berharap agar kegiatan ini nantinya bisa membantu meringankan beban perekonomian para pedagang kecil pada saat kesulitan perekonomian pada masa pandemi seperti ini.

“ Walaupun bantuan ini tidak seberapa nilainya. Semoga bermanfaat dapat membantu kebutuhan hidup sehari hari pada saudara saudara kita yang kurang mampu ” ujarnya.

Selain itu, Ia mengungkapkan agar para pedagang serta masyarakat bisa membantu dalam mecegah penyebaran virus corna ini dengan menerapkan selalu prokes melalui 5M.

“Untuk mencegah dan menekan penyebaran virus corona, kami mengimbau masyarakat selalu menaati protokol kesehatan saat beraktivitas khususnya para pedagang-pedagang, dengan menerapkan 5M yakni meggunakan masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan, menghindari kerumunan massa serta mengurangi mobilisasi,” tuturnya.

Ucapan terimakasih oleh pedagang kecil

Ibu Ame, salah seorang pedagang mengungkapkan bahwa merasakan terkejut atas kedatangan petugas yang tiba-tiba.

“Saya sangat kaget ya karena langsung diborong, dengan adanya bantuan ini saya merasa senang. Karena saat ini kadang ada pembeli kadang ndak. Saya seperti ini juga untuk nambah-nambah. Saya berterimakasih sekali kepada para petugas yang sudah hadir tadi” pungkasnya saat diwawancarai setelah diberikan bantuan oleh Polres Ketapang.

Continue Reading

Kabupaten Ketapang

PLN Kalbar Hadirkan Listrik Untuk 751 KK di Ketapang

Published

on

PLN Kalbar Hadirkan Listrik Untuk 751 KK di Ketapang
PLN Kalbar Hadirkan Listrik Untuk 751 KK di Ketapang - Foto/Data Kemenbumn

Gencil News – PLN menghadirkan listrik kepada 751 kepala keluarga di empat desa yang berada pada Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar).

Untuk mengalirkan listrik untuk empat desa tersebut, PLN menginvestasikan anggaran senilai Rp 9,2 miliar. Atau PLN mengalokasikan Rp 12,7 juta untuk mengalirkan listrik ke setiap rumah pelanggan.

Keempat desa tersebut yaitu Desa Batu Tanda, Desa Batu Payung, Desa Muntai dan Desa Air Dekakah. 

“Saat ini sudah kami nyalakan listrik di 721 rumah pelanggan, selanjutnya secara bertahap akan kami nyalakan 329 potensi pelanggan lainnya,” jelas General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo. 

Demi mengantarkan listrik ke empat desa terpencil tersebut, PLN membangun perluasan jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 30,59 kilometer sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 18 kms, dan 4 buah gardu distribusi dengan total kapasitas 500 kilovolt Ampere (kVA). 

Sementara itu, suplai listrik ke empat desa tersebut berasal dari sistem kelistrikan Air Upas dengan panjang jaringan distribusi sepanjang 135,19 kms.

Total panjang penyulang dari pangkal/PLTD sampai ke Desa Batu Payung  sepanjang 56,89 kms, ke Desa Muntai 44,9 kms, ke Desa Dekakah 25,4 kms, dan ke Desa Batu Tanda sepanjang 8 kms.

“Kami berharap keberadaan listrik PLN dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di desa tersebut. Kehidupan warga akan berubah menjadi lebih baik lagi,” kata Ari. 

Wiyono, Kepala Desa Muntai tak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Sembari mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada PLN yang sudah mengupayakan hadirnya listrik di desa mereka 

“Saya mewakili masyarakat desa berterima kasih kepada PLN yang sudah melistriki desa kami. Dengan adanya listrik, kehidupan kami akan berubah, ekonomi warga pun dengan sendirinya akan tumbuh, anak-anak merasa nyaman belajar di rumah,” ungkapnya. 

Hal yang sama juga diungkap Rizal, kepala Dusun SP3, Desa Batu Tanda. Menurutnya, sebelum listrik PLN masuk, warga harus menggunakan genset untuk penerangan di malam hari, itupun hanya beberapa jam saja. 

“Alhamdulillah setelah masuknya listrik PLN ini, kami sekarang bisa lebih menghemat pengeluaran rutin bulanan untuk membeli solar. Sebelumnya, untuk mengoperasikan mesin genset, kami harus mengeluarkan uang sekitar  Rp 800 ribu setiap bulannya untuk membeli solar, itu belum termasuk biaya perawatan jika sewaktu-waktu ada kerusakan,” ungkap Rizal. 

Masuknya listrik PLN juga mendukung pertumbuhan perekonomian di desa, hal ini diungkapkan oleh Puryanto, pemilik warung sembako di Desa Batu Tanda. Ia merasa optimistis dengan adanya listrik, usaha yang dijalankannya akan semakin maju dan berkembang. 

Continue Reading

Kabupaten Ketapang

PMII Komisariat Politap Sukses Gelar RTK Dan Dialog Interaktif

Published

on

By

PMII Komisariat Politap Sukses Gelar RTK Dan Dialog Interaktif
RTK PMII POLITAP

Gencil News – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Komisariat Politeknik Negeri Ketapang (POLITAP) laksanakan Rapat Tahunan Komisariat (RTK) ke-I. Kegiatan ini dirangkai dengan Dialog Interaktif dengan tema Peran Aktif Mahasiswa Dalam Mendukung Kemajuan Daerah. Acara ini berlangsung di Aula gedung baru Politeknik Negeri Ketapang, Minggu (13/06/2021).

Seluruh organisasi internal seperti BEM dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang ada di POLITAP meriahkan acara ini. Kemudian hadir pula organisasi eksternal kampus seperti HMI, KAMMI,GMNI, PMKRI, dan juga PMII Komisariat Al-Haudl Ketapang.

Selain itu, hadir pula Pengurus Cabang PMII Ketapang, Donatur Sahabat, IKA PMII, Yayasan Kartika Sanga, DISPORA, DPD KNPI Ketapang, dan juga Direktur POLITAP.

Arifin Iiham sebagai Ketua Komisariat PMII POLITAP mengatakan semua anggapan yang buruk tentang organisasi. Kemudian juga tentang kepemudaan eksternal kampus tidak berlaku bagi Pak Direktur.

“Direktur Politeknik Negeri Ketapang sangat mendukung kami bahkan beliau menyatakan siap berkolaborasi dengan OKP. Itu adalah pintu awal bagi kita bagaimana kedepan OKP eksternal dan internal kampus dan pihak kampus berkolaborasi bersinergi. Untuk memberikan ruang seluas luasnya kepada mahasiswa agar mahasiswa itu dapat menemukan jati dirinya. Kemudian juga dapat memperkuat intelektual sehingga nantinya mahasiswa itu siap dalam dunia kerja.” Ungkap Arifin.

Direktur Politeknik Negeri Ketapang Endang Kusmana mengatakan akan terus mendukung semua kegiatan kemahasiswaan baik organisasi internal maupun eksternal kampus.

“Saya akan terus mendukung kegiatan mahasiswa yang tentunya positif, baik itu kegiatan internal atau eksternal kampus,” ujarnya saat membuka kegiatan

Sementara kegiatan dialog diisi oleh narasumber dari Direktur POLITAP Endang Kusmana. Kemudian narasumber yang kedua yaitu Kabid Kepemudaan Mohtar Efendi mewakili Dispora. DPD KNPI Ketapang Ahmad juga hadir menjadi narasumber ketiga.

Dukung Kegiatan Kepemudaan

Mohtar Effendi sangat mengapresiasi kegiatan PMI POLITAP tersebut. Ia berharap bahwa dialog ini bisa berkelanjutan dan saling memberikan masukan serta mencari solusi tentang semua kegiatan kepemudaan.

“Dalam Undang-Undang No.40 tahun 2009 yang membahas tentang Bidang Kepemudaan adalah tugas dari DISPORA bagian Bidang Kepemudaan. Pemerintah terus mendukung penuh semua potensi potensi pemuda yang ada pada setiap daerah. Pemerintah telah memberikan dana sejumlah 7 Milyar untuk Bidang Kepemudaan melakukan pelatihan. Kegiatan diklat, seminar, dan lainnya yang berhubungan dengan kepemudaan. Jadi silahkan semua OKP OKP Ketapang untuk mendaftarkan OKP nya ke DISPORA. Untuk kita adakan pelatihan dan kita tingkatkan semua potensi-potensi pemuda yang ada di Ketapang” ungkap Mohtar.

Dalam forum RTK ini, Didit Priansyah terpilih sebagai Ketua Komisariat PMII Politeknik Negeri Ketapang Masa Khidmat 2020 – 2021. Didit Priansyah mengatakan harapannya untuk kader PMII POLITAP. Agar selalu berinovasi dalam melancarkan gerakan-gerakan pada masa yang akan datang. Baik itu berinovasi disalam sebuah kegiatan,aksi,diskusi, dan lain-lainnya.

“Harapan saya kedepannya seluruh sahabat-sahahati PMII POLITAP bisa berkerja sama. Untuk menopang kemajuan sebuah organisasi yaitu organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Terkhusus di Politeknik Negeri Ketapang,” pungkasnya

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING