Gedung SMKN 1 Sungai Raya Hangus Terbakar Karena Karhutla
Connect with us

Kabupaten Kubu Raya

Gedung SMKN 1 Sungai Raya Hangus Terbakar Karena Karhutla

Published

on

Gedung SMKN 1 Sungai Raya Hangus Terbakar Karena Karhutla

Gencil News – Gedung Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 di Jalan HM Soeharto, Desa Kuala II, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat hangus terbakar pada Sabtu, 27 Februari 2021.

Kepala Kepolisian Polres Kubu Raya AKBP Yani Permana mengatakan, sudah memerintahkan Kasat Reskrim. Untuk menyelidiki kasus terbakarnya bangunan gedung sekolah SMKN 1.

Ia mengungkapkan, apabila penyebabnya ada unsur kesengajaan membuka lahan dengan cara membakar, agar dilakukan upaya hukum.

“Saya sudah minta agar Satreskrim melakukan penyelidikan dan upaya hukum apabila penyebab terbakarnya gedung SMKN 1. Ada unsur kesengajaan dari membuka lahan yang berimbas gedung SMKN terbakar,” ujar Yani pada Minggu, 28 Februari 2021.

Yani mengatakan, terjadinya kebakaran lahan yang tidak jauh dari SMKN 1 sudah terjadi sejak satu hari lalu. Dan lahan yang terbakar sekitar bangunan sekolah tidak kunjung padam.

Tapi, saat mengetahui terjadi kebakaran bangunan tersebut, kata dia langsung menuju ke tempat kejadian. Dan memerintahkan personel penanganan karhutla Polres Kubu Raya untuk lakukan upaya pemadaman.

“Terjadinya gedung SMKN 1 ini terbakar, menurut keterangan saksi yang kita temui bahwa terjadinya kebakaran lahan pada hari Jumat, 26 Februari. Sekitar 200 meter dari bangunan sekolah dan pada Sabtu, 27 Februari 2021 muncul titik api di Sebelah arah Utara sekolah,” ungkapnya

Kronologi kebakaran SMKN 1 Sungai Raya

Sementara, kronologi kebakaran tersebut terjadi sekita pukul 13.00 api mulai membesar dibelakang sekolah sampai menjalar ke ruangan kantin. Kemudian merambat ke ruangan perpustakaan dan ruangan kelas sehingga ada 4 ruangan yang terbakar.

Sementara untuk kerugian atas peristiwa kebakaran ruang sekolah belum bisa kita perkiran.

Yani melanjutkan, salah satu saksi yaitu Abdulrohim (28) warga setempat membenarkan bahwa pada Jumat, 26 Februari. Tampak ada lahan yang terbakar sekitar 200 meter dari sekolahan. Kemudian pada hari Sabtu, 27 Februari api sudah membakar bangunan sekolah SMKN 1.

“Hingga saat ini bangunan yang terbakar sudah mulai padam dan tim penanganan karhutla bersama pemadam swasta. Masih lakukan penyemprotan di sekitar area sekolah,” katanya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kubu Raya

Gudang Tabung LPG 3 KG Meledak, 5 Karyawan Alami Luka Bakar

Published

on

By

Gudang Tabung LPG 3 KG Meledak, 5 Karyawan Alami Luka Bakar
Gudang/ bengkel pemeliharaan tabung LPG 3 KG PT. Borneo Oksigen terbakar

Gencil News – Lima orang karyawan gudang/ bengkel pemeliharaan tabung LPG 3 KG PT. Borneo Oksigen mengalami luka bakar akibat kebakaran yang terjadi pada Sabtu (17/04/2021). Berlokasi di Jalan Trans Kalimantan, Dusun Parit Mayor, Desa Kapur, Kecamatan Sungai Raya.

Andri, salah seorang karyawan menyaksikan sesaat sebelum kejadian sensor alarm pada perusahaan tersebut sempat berbunyi. Hal tersebut karena adanya kebocoran gas dari tabung atau kandungan gas LPG pada lokasi melebihi normalnya.

Lima dari korban tersebut salah satunya merupakan anak dari Kepala Dusun setempat. Yang juga menyaksikan kepulan asap dari PT Borneo Oksigen usai ledakan.


“Anak saya Reza yang kebetulan bekerja pada tempat tersebut sudah berada di pinggir pagar. Dengan kondisi luka bakar pada sebagian badan dan wajahnya,” ujar Jasmani, Kepala Dusun.


Sementara itu, Paursubbag Humas Polres Kubu Raya Aiptu Dodik Yulianto mengatakan bahwa dari hasil keterangan saksi. Kecelakaan tersebut berasal dari tabung gas yang akan diperbaiki guna pemeliharaan oleh karyawan PT Borneo Oksigen.


“Ada lima orang karyawan PT. Borneo Oksigen yang mengalami luka bakar dan saat ini sudah di bawa ke rumkit Kodam XII TPR. Kemudian lansung dirujuk ke RS Antonius Pontianak untuk menjalani perawatan,” terang Dodik

Sementara itu Kapolres Kubu Raya, AKBP Yani Permana bersama anggota Polres sudah mendatangi TKP. Untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut penyebab dari kebakaran di PT. Borneo Oksigen tersebut.

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Satlantas Polres Kubu Raya Temukan Banyak Pihak Tak Patuhi Protkes

Published

on

Satlantas Polres Kubu Raya Temukan Banyak Pihak Tak Patuhi Protkes

Gencil News – Satlantas Polres Kubu Raya melaksanakan Operasi Operasi Keselamatan Kapuas 2021 pada wilayah hukum Polres Kubu Raya. Satlantas Polres Kubu Raya melakukan giat operasi seperti yang dilakukan di jalan KH Abdurahman Wahid Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya. Jumat (16/05/2021).

Operasi Keselamatan Kapuas 2021 dipimpin langsung oleh Kasatlantas Polres Kubu Raya IPTU Tatang Rosyadi. Sebelum melaksanakan Operasi. Kasat Lantas Polres Kubu raya ini juga memimpin langsung Apel Gabungan Operasi Keselamatan Kapuas 2021.

Kasatlantas Polres Kubu Raya Iptu Tatang Rosyadi menyebutkan Operasi Keselamatan Kapuas 2021 bertujuan untuk mencegah sebaran Covid-19 di Kabupaten Kubu Raya.

“Kami berpatroli menghimbau masyrakat untuk menerapkan protokol kesehatan menyasar masyrakat di sepanjang jalan KH Abdurahman Wahid Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya,” ujarnya.

Sebanyak 13 Personil Operasi Keselamatan Kapuas 2021 Polres Kubu Raya dibantu 6 Personil Satpol PP Kubu Raya pun menyisir warung-warung dan cafe yang berada di sekitar Jalan Kh Abdurahman Wahid Desa Kuala Dua Sungai Raya.

Kasat Lantas Polres Kubu Raya, Iptu Tatang Rosyadi menyebut Tim Gabungan Operasi Keselamatan Kapuas 2021 masih mendapati pelaku usaha yang tidak mengikuti protkes.

“Masih terdapat pelaku usaha yang tidak mengikuti Prokes Covid-19 maupun dan tidak mengindahkan himbauan Bupati Kubu Raya tentang aturan pelaksanaan buka dan tutup Tempat Usaha (Café atau Warkop) di masa Pandemi Covid-19,” ungkap Iptu Tatang Rosyadi

Sementara itu di lokasi berbeda Kapolres Kubu Raya, AKBP Yani Permana  meminta kepada para personil dalam pelaksanaan himbauan personil yang terlibat Operasi Keselamatan Kapuas 2021 tetap selalu berlaku sopan dan humanis terhadap masyarakat pelaku usaha.

“Walaupun masyarakat ada yang masih melanggar Protokol Kesehatan para personil diharapkan terus berprilaku sopan dan jangan terbawa emosi oleh masyarakat yang tidak mau menuruti anjuran petugas,” pungkas AKBP Yani Permana.

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Bandara Supadio Resmikan Layanan Genose

Published

on

By

Bandara Supadio Resmikan Layanan Genose

Gencil News – Bandara Internasional Supadio resmikan layanan GeNose C19. Acara ini berlangsung pada Gedung VIP Lama Bandara Supadio. Minggu(18/21).

Keberadaan layanan genose merujuk pada Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 12 tahun 2021 Tanggal 26 Maret 2021. Surat Edaran ini adalah ketentuan tentang perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandem Covid-19.

Genose menjadi alternatif screening / pemeriksaan kesehatan bagi  Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) selain Antigen dan PCR terhitung 01 April 2021.

“GeNose C19 sebagai sceening kesehatan baru terdapat di 5 Bandara yang dikelola PT.AP II yang mengimplementasikannya. GeNose C19 ini merupakan alat screening Covid 19 melalui hembusan nafas, dan hasilnya dapat diketahui dalam waktu 3 menit” ujar GM Bandara Internasional Supadio.
 
Untuk syarat pemeriksaan GeNose C19 bagi
– Calon penumpang dalam kondisi sehat.
– Telah memiliki tiket dan memesan layanan GeNose melakui aplikasi.
– Dilarang makan dan minum serta merokok kecuali minum air putih selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampel nafas.

– Calon penumpang wajib berkumur sebelum pemeriksaan sample nafas.

Persyaratan tersebut wajib dilakukan karena akan mempengaruhi hasil test, untuk biaya test GeNose C19 sebesar Rp40 ribu dan hasil ters GeNose C19 berlaku selama 1 hari.

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Wabup Sujiwo Sampaikan Ucapan Duka Wafatnya Ibunda Gubernur Kalbar

Published

on

Wabup Sujiwo Sampaikan Ucapan Duka Wafatnya Ibunda Gubernur Kalbar

Gencil News – Wabup Sujiwo Sampaikan Ucapan Duka Wafatnya Ibunda Gubernur Kalbar. Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo menyampaikan rasa duka mendalam atas meninggalnya ibunda Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Hj. Djaedah binti Said Lajim. Ungkapan duka cita tersebut disampaikan Sujiwo ketika melayat ke tempat persemayaman almarhumah di Pendopo Gubernur Kalbar, Jalan Ahmad Yani Pontianak, Sabtu (17/4/2021).

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Kubu Raya, saya menyampaikan dukacita yang teramat mendalam atas wafatnya ibunda Pak Gubernur, almarhumah Hj. Djaedah binti Said Lajim,” katanya.

Sujiwo mendoakan almarhumah mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. Ia juga berdoa agar keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi ketabahan.

“Semoga almarhum diampuni segala dosa dan khilafnya dan ditempatkan di sisi-Nya yang paling baik. Kepada Pak Gubernur dan segenap keluarga besarnya, kiranya diberi ketabahan,” harapnya.

Almarhumah Hj. Djaedah wafat di usianya yang ke-85 tahun. Mendiang rencananya akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Muslim Gang Tengah, Kelurahan Mariana, Kecamatan Pontianak Kota.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

TRENDING