Kubu Raya Peringkat Ke-3 Nasional Pencairan Dana Desa Tercepat
Connect with us

Kabupaten Kubu Raya

Kubu Raya Peringkat Ke-3 Nasional Pencairan Dana Desa Tercepat

Published

on

Kubu Raya Peringkat Ke-3 Nasional Pencairan Dana Desa Tercepat

Gencil News – Kabupaten Kubu Raya menduduki peringkat ke-3 nasional sebagai kabupaten tercepat dalam pencairan dana desa. Penilaian ini berdasarkan penilaian Kementerian Keuangan dan BPK.

Menanggapi hal ini, Bupati Muda Mahendrawan akan memperkuat pemerintah desa dalam pengelolaan keuangan desa.

“Untuk itu, tahun ini kita akan memperkuat pemerintah desa dalam penerapan tata kelola keuangan desa non-tunai (CMS). Yang diintegrasikan dengan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes),” katanya saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi Stakeholders ke-2. Pembangunan Kabupaten Kubu Raya dengan tema Kepong Bakol Work Mapping di Aula Kantor Bupati, Senin, (15/02/2021)

Muda Mahendrawan mengungkapkan, dalam proses pembangunan pihaknya tetap mengedepankan dan mengimplementasikan strategi kepong bakol (gotong royong) dalam penguatan otonomi desa.

Implikasinya adalah dengan menetapkan tata kelola keuangan desa non-tunai (CMS). Karena Kubu Raya adalah pelopor pertama di Indonesia untuk sistem ini.

Masuknya Kabupaten Kubu Raya sebagai peringkat ke-3 ini disyukuri Muda Mahendrawan selaku Bupati terkait. Karena dengan penerapan sistem tersebut, Kubu Raya mampu mengintegrasikannya dengan Sistem keuangan desa. Sehingga Tahun 2021 Kubu Raya menjadi daerah ke tiga tercepat dalam pencairan Dana Desa di Indonesia.

“Karena dari itu, saya mengajak semua SKPD dan ASN yang ada di kabupaten itu. Untuk bergerak dan bekerja dengan tanggung jawab dalam mewujudkan pembangunan yang berkeadilan bagi masyarakat. Arah pembangunan Kubu Raya adalah semua harus bergerak dengan tanggung jawab, termasuk mencari peluang untuk kepentingan masyarakat,” kata Muda.

Pada kegiatan tersebut, Muda menegaskan bahwa sasaran pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Kubu Raya adalah rumah tangga. Dengan memberikan akses, peluang, maupun kesempatan beraktualisasi pada bidang ekonomi dan sosial kemasyarakatan secara berkrlanjutan.

“Untuk mengukur keberhasila pembangunan itu, rumus sederhana nya yaitu harus terukur, fokus, masif, dan mendarat on the track,” tuturnya.

Strategi Pembangunan Kubu Raya Kedepan

Oleh karena itu, lanjutnya, dalam proses pembangunan ke depan, perlu peningkatan peran dan kontribusi semua stakeholders. Hal tersebut akan sangat mudah di telaah apabila ada data dan informasi geospasial yang memadai.

Untuk itu, lanjutnya, saat ini Kubu Raya sudah mulai berproses dengan serius kinerja berbasis geospasial. Hal tersebut juga akan sangat memudahkan dalam pengambilan keputusan, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun monitoring dan evaluasinya.

“Hakikatnya adalah, saat ini kita sudah memiliki peta kerja, misalnya RPJMD, Renstra, dan Renja. Namun yang terpenting terdapat irisan himpunan yang menjadikan stskeholders bergerak dan mendarat bersama-sama. Tentunya dengan peran, kontribusi, dan tanggung jawab kolektif,” katanya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kubu Raya

Bandara Supadio Resmikan Layanan Genose

Published

on

By

Bandara Supadio Resmikan Layanan Genose

Gencil News – Bandara Internasional Supadio resmikan layanan GeNose C19. Acara ini berlangsung pada Gedung VIP Lama Bandara Supadio. Minggu(18/21).

Keberadaan layanan genose merujuk pada Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 12 tahun 2021 Tanggal 26 Maret 2021. Surat Edaran ini adalah ketentuan tentang perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandem Covid-19.

Genose menjadi alternatif screening / pemeriksaan kesehatan bagi  Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) selain Antigen dan PCR terhitung 01 April 2021.

“GeNose C19 sebagai sceening kesehatan baru terdapat di 5 Bandara yang dikelola PT.AP II yang mengimplementasikannya. GeNose C19 ini merupakan alat screening Covid 19 melalui hembusan nafas, dan hasilnya dapat diketahui dalam waktu 3 menit” ujar GM Bandara Internasional Supadio.
 
Untuk syarat pemeriksaan GeNose C19 bagi
– Calon penumpang dalam kondisi sehat.
– Telah memiliki tiket dan memesan layanan GeNose melakui aplikasi.
– Dilarang makan dan minum serta merokok kecuali minum air putih selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampel nafas.

– Calon penumpang wajib berkumur sebelum pemeriksaan sample nafas.

Persyaratan tersebut wajib dilakukan karena akan mempengaruhi hasil test, untuk biaya test GeNose C19 sebesar Rp40 ribu dan hasil ters GeNose C19 berlaku selama 1 hari.

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Wabup Sujiwo Sampaikan Ucapan Duka Wafatnya Ibunda Gubernur Kalbar

Published

on

Wabup Sujiwo Sampaikan Ucapan Duka Wafatnya Ibunda Gubernur Kalbar

Gencil News – Wabup Sujiwo Sampaikan Ucapan Duka Wafatnya Ibunda Gubernur Kalbar. Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo menyampaikan rasa duka mendalam atas meninggalnya ibunda Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Hj. Djaedah binti Said Lajim. Ungkapan duka cita tersebut disampaikan Sujiwo ketika melayat ke tempat persemayaman almarhumah di Pendopo Gubernur Kalbar, Jalan Ahmad Yani Pontianak, Sabtu (17/4/2021).

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Kubu Raya, saya menyampaikan dukacita yang teramat mendalam atas wafatnya ibunda Pak Gubernur, almarhumah Hj. Djaedah binti Said Lajim,” katanya.

Sujiwo mendoakan almarhumah mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. Ia juga berdoa agar keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi ketabahan.

“Semoga almarhum diampuni segala dosa dan khilafnya dan ditempatkan di sisi-Nya yang paling baik. Kepada Pak Gubernur dan segenap keluarga besarnya, kiranya diberi ketabahan,” harapnya.

Almarhumah Hj. Djaedah wafat di usianya yang ke-85 tahun. Mendiang rencananya akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Muslim Gang Tengah, Kelurahan Mariana, Kecamatan Pontianak Kota.

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Kenyamanan Ibadah Tarawih, Polsek Rasau Jaya Lakukan Pengamanan

Published

on

Kenyamanan Ibadah Tarawih, Polsek Rasau Jaya Lakukan Pengamanan

Gencil News – Situasi aman dan nyaman sangat di perlukan / dibutuhkan dalam pelaksanaan shalat, sehingga shalatnya dapat khusu  serta warga masyarakat menjadi terayomi oleh Kepolisian.

Agar masyarakat dapat melaksanakan shalat terawih dengan khusu, maka anggota Polsek Rasau Jaya Polres Kubu Raya melaksanakan giat pengamanan di sekitar masjid yang sedang melaksanakan giat sholat tarawih. Rabu (14/4/2021) Malam. 

Dalam pelaksanaanya , selain anggota melaksanakan giat pengamanan anggota juga melaksanakan giat himbauan kepada warga masyarakat yang akan shalat terawih, agar tetap melaksanakan protokol kesehatan mengingat masa pademik virus corona belumlah berakhir. 

Selama bulan suci ramadhan, Kapolsek Rasau Jaya memerintahkan anggotanya  melaksanakan giat pengamanan shalat tarawih di sekitar masjid yang terdapat diwilayah Hukum Polsek Rasau Jaya. 

Tujuan pengamanan pelaksanaan shalat tarawih selain untuk menciptakan rasa aman kepada para jemaah juga untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana disekitar masjid seperti curanmor ataupun kenakalan anak muda seperti membunyikan petasan disekitar masjid yang dapat mengganggu jemaah yang sedang menjalankan Sholat Tarawih ” Ucap Kapolsek. 

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Suami Istri Tipu Korban Hingga Ratusan Juta, Janjikan Lolos Masuk TNI

Published

on

Suami Istri Tipu Korban Hingga Ratusan Juta, Janjikan Lolos Masuk TNI
Kepala Satuan Reserse Polres Kubu Raya, AKP Jatmiko mengatakan. Bahwa terungkapnya kasus dugaan penipuan itu berawal dari salah satu orang tua korban yang merasa curiga. Dan selanjutnya membuat laporan ke Polres Kubu Raya. Dan dari 13 korban sudah ada 6 orang yang membuat laporan. Foto/Data :Polres Kubu raya

Gencil News – Polres Kubu Raya mengamankan suami istri pelaku penipuan terhadap sejumlah korban, yang dijanjikan lolos menjadi anggota TNI. Sebanyak 13 orang menjadi korban penipuan dari pasangan suami istri ini.

Kepolisian Resor Kubu Raya telah menetapkan dua orang tersangka, inisial Y dan IS. Keduanya adalah pasangan suami istri,

Kepala Satuan Reserse Polres Kubu Raya, AKP Jatmiko mengatakan. Bahwa terungkapnya kasus dugaan penipuan itu berawal dari salah satu orang tua korban yang merasa curiga. Dan selanjutnya membuat laporan ke Polres Kubu Raya. Dan dari 13 korban sudah ada 6 orang yang membuat laporan.

“Saat ini sudah ada 6 korban yang membuat laporan ke kami, dan dari 6 korban tersebut mengaku dimintai uang oleh Y ada yang Rp75 juta dan Rp 110 juta untuk per orangnya,” ujar Jatmiko 

AKP Jatmiko mengatakan dari 6 orang korban yang melapor, ada satu orang yang mengaku sudah ikut pendidikan secara online.

Setelah di konfirmasi ke pihak terkait ternyata pendidikan online itu tidak benar dan hanya tipu-tipu pelaku.

“Hingga saat ini status kedua pelaku inisial Y dan IS sudah menjadi tersangka, dan sudah kami tahan. Selanjutnya masih terus kami lakukan pengembangan,”

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

TRENDING