Kubu Raya Targetkan 337.985 Orang Jadi Penerima Vaksin Covid-19
Connect with us

Kabupaten Kubu Raya

Kubu Raya Targetkan 337.985 Orang Jadi Penerima Vaksin Covid-19

Published

on

Kubu Raya Targetkan 337.985 Orang Jadi Penerima Vaksin Covid-19
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan

Gencil News – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Kesehatan telah resmi memulai program vaksinasi Covid-19 sejak tanggal 14 Januari 2021. Pemkab Kubu Raya menargetkan 337. 985 orang yang akan menerima vaksinasi.

Sebagaimana yang kita ketahui, Kemarin Bupati Muda Mahendrawan dan Ketua Tim Penggerak PKK Rosalina Muda, menjadi pertama dan kedua mendapatkan vaksinasi untuk kabupaten Kubu Raya.

Selain itu sejumlah pejabat, ketua organisasi masyarakat, dan perwakilan kepala desa di Kubu Raya juga menyusul menerima suntik vaksin Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan menyebut, kegiatan pencanangan ini sudah sangat strategis.

Sebab pencanangan yang berlanjut dengan pemberian vaksinasi diikuti hampir seluruh perwakilan elemen masyarakat.

Dengan begitu, harapannya sosialisasi kepada masyarakat dapat berlangsung secara masif.

“Hampir semua perwakilan organisasi hadir di sini. Jadi nanti dapat menyebarluaskan informasi tentang vaksinasi ini. Kita kepung bakul untuk menghilangkan kecemasan masyarakat. Karena kecemasan itu adalah separuh dari penyakit,” ujar saat pencanangan vaksinasi perdana, di Puskesmas Sungai Durian, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Lanjut Marijan juga mengungkapkan, target imunisasi Covid-19 di Kabupaten Kubu Raya sebanyak 337.985 orang, dengan rentang usia 18-59 tahun.

Terkait pelaksanaan, ia menerangkan ada empat tahapan yang akan dilalui oleh mereka yang akan divaksin. Yakni tahap pendaftaran, skrining, vaksinasi, dan pencatatan dan observasi.

“Pelaksanaan imunisasi ini tentunya melalui tahapan. Ada meja 1-4. Kita siapkan siapkan sesuai standar operasional prosedur yang sudah dibuat dari Kementerian kesehatan sampai ke tingkat provinsi dan kabupaten/kota,” jelasnya.



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kubu Raya

Kubu Raya Jadi Kabupaten Pertama Dikalbar Gunakan GeNose COVID-19

Published

on

By

Kubu Raya Jadi Kabupaten Pertama Dikalbar Gunakan GeNose COVID-19

Gencil News – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melakukan pengambilan sampel GeNose COVID-19. Pada percobaan pertama ini dilakukan terhadap guru dan murid di SMA Negeri 1 Sungai Raya, Kamis, 25 Februari 2021.

Alat screening COVID-19 ini pertama kali hadir di Kalimantan Barat. Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan alat ini gunanya untuk melakukan screening di sekolah. Karena akan melakukan proses belajar mengajar tatap muka.

“Kita kemarin sudah ambil sampel SD, SMP, SMA. Ini menjadi penyemangat untuk sekolah tatap muka, dan melihat mereka menerapkan protokol kesehatan. Kita melakukan upaya motivasi semangat dan mengingatkan uji coba screening awal untuk guru-guru utama. Ini sangat penting untuk ketahui situasinya aman sejak awal,” jelasnya.

Hadirnya GeNose COVID-19 pertama di Kalbar ini, Muda Mahendrawan berharap dapat mengurangi keresahan guru dan murid. Untuk melakukan proses belajar mengajar tatap muka.

Screening ini pakai GeNose untuk kita semua jadi tidak merasa ada hal yang mungkin agak kurang nyaman kita hindari. Ini ringan, akurasinya juga baik, dan sensor terhadap partikel udara. Guru-guru nanti boleh setiap 2 minggu sekali screening di puskesmas terdekat,” paparnya.

Muda juga mengatakan, nantinya akan menempatkan screening GeNose ke beberapa puskesmas wilayah Kubu Raya, yang masuk zona kuning atau oranye.

“Puskesmas juga akan digunakan pada beberapa daerah di titik kecamatan, terutama desa yang padat dan zona kuning atau oranye. Untuk screening transportasi saya kira juga penting, seperti pelabuhan, dermaga, Rasau Jaya, dan dermaga kecil, terminal antar negara juga. Saya prioritaskan sekolah dulu,” imbuhnya.

Selain itu, Muda menerangkan jika pemeriksaan GeNose COVID-19 ini gratis untuk masyarakat.

“Ini pemeriksaannya gratis, kita memberikan layanan tidak berbiaya karena pemerintah melayani kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Giliran XXI Transmart Jadi Tempat Pengambilan Sampel Swab

Published

on

Giliran XXI Transmart Jadi Tempat Pengambilan Sampel Swab

Gencil News – Satgas Covid-19 kali ini menyasar XXI Transmart Kubu Raya sebagai tempat pengambilan sampel swab. Pengambilan sampel swab ini dilakukan kepada sejumlah karyawan XXI Transmart Kubu Raya, dan penonton dari Bioskop sindikasi nasional itu.

Pengambilan sampel swab tersebut dilaksanakan pada hari minggu (21/02/2021). Sebanyak tiga puluh sampel swab terkumpulkan.

Masing-masing berasal dari 20 dari pengunjung XXI Transmart Kubu Raya, 10 karyawan dan 2 manager bioskop tersebut.

Bioskop menjadi salah satu tempat yang paling diantisipasi oleh Gubernur Kalbar, sebagai salah satu tempat yang dapat menjadi penyebaran virus corona, dengan alasan bahwa ruangannya yang kedap.

Sebanyak tiga penonton bioskop XXI pada Ayani Megamall terkonfirmasi positif covid-19. Tiga penonton yang terkonfirmasi positif covid-19, berdasarkan pemeriksaan satgas covid-19 Kalimantan Barat pada jumat 12 Februari 2021.

 Kebijakan razia acak ini mulai dilaksanakan pada 9 Februari 2021, para penonton bioskop pada sejumlah bioskop di Kalbar akan di swab secara acak oleh satgas covid-19 Kalbar.

Ruangan bioskop yang tertutup dan tidak memiliki ventilasi (jendela) dan menggunakan AC diduga dapat menjadi biang penyebaran virus corona.

Pertimbangan karena ruangan yang kedap, tidak mendapatkan paparan sinar matahari dan ber-AC. Disinyalir dapat menjadi biang perebakan virus corona. Belum lagi durasi film yang diatas 1 jam. Berpotensi dapat menjadi sumber perebakan.

“Ruangan yang tertutup tanpa ventilasi dan durasi orang menonton. Bioskop dapat menjadi potensi penyebaran virus corona” ujar Kadiskes Kalbar, Harisson

Selanjutnya Satgas Covid-19 menyatakan bahwa pengambilan sampel swab pada XXI Transmart adalah sebagai cara untuk memastikan bahwa kondisi aman dari Covid-19. Namun Satgas juga mengingatkan bahwa protokol kesehatan wajib diterapkan oleh pengunjung dan penyedia fasilitas.

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Sujiwo Apresiasi Pagar Nusa Dalam Merawat Dan Jaga Idiologi Pancasila

Published

on

By

Sujiwo Apresiasi Pagar Nusa Dalam Merawat Dan Jaga Idiologi Pancasila
Pelantikan Pengurus Anak Cabang (PAC) Rasau Jaya. Tepatnya Sungai Raya, Kubu, Sungai Kakap dan Pengurus Rayon Darul Hidayah di Pondok Pesantren Darul Hidayah. Jumat (19/2) sore, Kecamatan Rasau Jaya.

Gencil News – Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengungkapkan kebanggaannya terhadap perguruan silat Pagar Nusa. Karena ia menilai Pagar Nusa telah banyak mencetak atlet pencak silat yang berhasil mengukir prestasi. Baik pada level regional, nasional, bahkan internasional.

“Pagar Nusa yang merupakan bagian dari pencak silat ini terus bisa merawat dan melestarikan. Pagar Nusa ini secara nasional itu sangat luar biasa,” kata Sujiwo saat menghadiri pelantikan Pengurus Anak Cabang (PAC) Rasau Jaya. Tepatnya Sungai Raya, Kubu, Sungai Kakap dan Pengurus Rayon Darul Hidayah di Pondok Pesantren Darul Hidayah. Jumat (19/2) sore, Kecamatan Rasau Jaya.

Sujiwo menyebut torehan prestasi yang berhasil para pesilat Pagar Nusa ukir bukan hanya kebanggaan keluarga besar Nahdlatul Ulama. Lebih dari itu, capaian tersebut turut membuat bangga masyarakat Indonesia.

“Pagar Nusa yang rutin mencetak atlet-atlet berprestasi hingga ke mancanegara tidak saja membuat bangga warga Nahdliyyin. Mereka yang bukan bagian dari Nahdlatul Ulama pun turut berbangga dengan Pagar Nusa. Karena prestasi yang diukir atlet-atletnya yang mampu mengharumkan nama Indonesia di turnamen-turnamen silat internasional,” tuturnya.

Sujiwo menambahkan, kebanggaannya terhadap Pagar Nusa tak hanya karena torehan prestasi. Melainkan juga konsistensi yang selama ini ditunjukkan Pagar Nusa dalam menjaga ideologi Pancasila dan merawat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ketua Komite IV DPD RI sekaligus Wakil Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Barat Sukiryanto optimistis. Perguruan Pagar Nusa di Kubu Raya mampu menjadi yang terbaik se-Kalimantan Barat ini.

“Mudah-mudahan dengan dilantiknya Pagar Nusa di empat kecamatan ini, Kubu Raya menjadi terbaik untuk Pagar Nusanya ketika ajang. Apalagi bapak wakil bupatinya siap untuk memberikan fasilitas, khususnya alat-alat latihan dan untuk bertanding,” katanya.

Sukiryanto menyatakan DPD RI siap mendukung eksistensi Pagar Nusa khususnya di Kubu Raya.

“Karena bagaimanapun saya adalah pembina Pagar Nusa,” ucapnya.

Continue Reading

Advertisement

KORAN GENCIL NEWS

TRENDING