Pemkab Kubu Raya Serahkan 80 Sarana Cuci Tangan Ke Pesantren
Connect with us

Kabupaten Kubu Raya

Pemkab Kubu Raya Serahkan 80 Sarana Cuci Tangan Ke Pesantren

Published

on

Pemkab Kubu Raya Serahkan 80 Sarana Cuci Tangan Ke Pesantren

Gencil News – Pemkab Kubu Raya Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan serahkan sebanyak 80 unit sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) untuk 80 pondok pesantren di Kubu Raya, pada Selasa 1 Desember 2020.

Penyerahan itupun terlaksana di halaman Kantor Bupati Kubu Raya secara simbolis dengan penerima tiga perwakilan pondok pesantren. 

Dalam sambutan singkatnya Bupati Muda mengatakan sarana CTPS merupakan upaya menjaga pelaksanaan protokol kesehatan khususnya di lingkungan pondok pesantren. 

“Minimal mengingatkan. Meskipun mungkin beberapa pondok sudah ada sarana ini, tetapi semakin banya maka akan makin mudah untuk membiasakan,” ujarnya

Muda mengatakan, pelaksanaan protokol kesehatan harus mulai menjadi kebiasaan yang melekat. 

Sehingga ia berharap nantinya dapat menjadi pikiran bawah sadar agar selalu terbiasa. Termasuk kebiasaan mencuci tangan memakai sabun, harus menjadi sebagai budaya. 

“Sehingga ketika ada pandemi seperti sekarang, misalnya, kita sudah tidak panik,” sebutnya. 

Ia menilai meski tampak sederhana bahkan sepele, mencuci tangan memakai sabun adalah perilaku yang masif. 

Karena itu, Ia berharap sarana CTPS dapat terjaga dan fungsional sebagaimana mestinya. 

“Mudah-mudahan nanti selalu bisa terawat dan airnya terus terisi. Sambil kita juga memperkuat sanitasi masyarakat lainnya seperti sumurbor dan sebagainya. Kita berusaha terus perkuat supaya pola hidup sehat masyarakat semakin baik,” tuturnya

Pada kesempatan itu Bupati Muda Mahendrawan juga menyerahkan satu unit mobil ambulans kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kubu Raya. Penyerahan mobil ambulans secara langsung Direktur RSUD dr. Asep Ahmad Saefullah. 

Kepada Direktur RSUD, Muda Mahendrawan berpesan agar ambulans dapat dimanfaatkan secara maksimal. 

“Secara bertahap kita perkuat RSUD kita. Meskipun RSUD ini unggul dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak, tapi tetap melayani juga untuk penyakit-penyakit secara umum,” terangnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kubu Raya

Kubu Raya Targetkan 337.985 Orang Jadi Penerima Vaksin Covid-19

Published

on

By

Kubu Raya Targetkan 337.985 Orang Jadi Penerima Vaksin Covid-19
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan

Gencil News – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Kesehatan telah resmi memulai program vaksinasi Covid-19 sejak tanggal 14 Januari 2021. Pemkab Kubu Raya menargetkan 337. 985 orang yang akan menerima vaksinasi.

Sebagaimana yang kita ketahui, Kemarin Bupati Muda Mahendrawan dan Ketua Tim Penggerak PKK Rosalina Muda, menjadi pertama dan kedua mendapatkan vaksinasi untuk kabupaten Kubu Raya.

Selain itu sejumlah pejabat, ketua organisasi masyarakat, dan perwakilan kepala desa di Kubu Raya juga menyusul menerima suntik vaksin Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan menyebut, kegiatan pencanangan ini sudah sangat strategis.

Sebab pencanangan yang berlanjut dengan pemberian vaksinasi diikuti hampir seluruh perwakilan elemen masyarakat.

Dengan begitu, harapannya sosialisasi kepada masyarakat dapat berlangsung secara masif.

“Hampir semua perwakilan organisasi hadir di sini. Jadi nanti dapat menyebarluaskan informasi tentang vaksinasi ini. Kita kepung bakul untuk menghilangkan kecemasan masyarakat. Karena kecemasan itu adalah separuh dari penyakit,” ujar saat pencanangan vaksinasi perdana, di Puskesmas Sungai Durian, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Lanjut Marijan juga mengungkapkan, target imunisasi Covid-19 di Kabupaten Kubu Raya sebanyak 337.985 orang, dengan rentang usia 18-59 tahun.

Terkait pelaksanaan, ia menerangkan ada empat tahapan yang akan dilalui oleh mereka yang akan divaksin. Yakni tahap pendaftaran, skrining, vaksinasi, dan pencatatan dan observasi.

“Pelaksanaan imunisasi ini tentunya melalui tahapan. Ada meja 1-4. Kita siapkan siapkan sesuai standar operasional prosedur yang sudah dibuat dari Kementerian kesehatan sampai ke tingkat provinsi dan kabupaten/kota,” jelasnya.



Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Kepala Sekolah Se-Kubu Raya Tingkatkan Kualitas Pembelajaran 2021

Published

on

By

Kepala Sekolah Se-Kubu Raya Tingkatkan Kualitas Pembelajaran 2021
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Kubu Raya M. Ayub

Gencil News – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Kubu Raya M. Ayub mengapresiasi pelaksanaan Rapat Koordinasi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Kubu Raya.

Dalam hal ini juga sekaligus melakukan rapat Koordinasi Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Sungai Raya. Rabu 13 Januari 2021, Hotel Dangau Kubu Raya.

Menurutnya, perlu melakukan rakor karena sangat penting guna meningkatkan kualitas. Sekaligus menajamkan tugas pokok dan fungsi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

“Memang sudah selayaknya kegiatan ini kita laksanakan di awal tahun. Rakor sekaligus membuat perencanaan MKKS selama tahun 2021, pada awal tahun inilah direncanakan,” kata Ayub.

“Semakin fokus kita membahas hal-hal yang yang berkaitan dengan tupoksi kita. Saya yakin ke depan perlahan tapi pasti sumber daya manusianya, kualitas pengelolaan lembaga sekolahnya. Sampai kepada output hasil dari pendidikan pada siswanya juga akan lebih meningkat,” lanjutnya.

terlebih pada situasi pandemi Covid-19 yang berdampak pada aktifitas pembelajaran sekolah. 

Dengan rakor ini, maka tenaga pendidik dapat mengevaluasi dan membut rumusan. Baik pembelajaran secara tatap muka, ataupun pembelajaran secara jarak jauh yang masing-masing sekolah terapkan saat ini.

“Dengan begitu mereka bisa membuat sebuah rumusan agar langkah-langkah kedepan semakin efektif. Baik itu pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran tatap muka mereka telah membuat rancangan desain model-model yang bisa sekolah terapkan,” sampainya.

“Kita menginginkan bahwasannya di tahun 2021 ini, disemester genap ini, akan terjadi peningkatan kualitas pembelajaran,” tambahnya



Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Ratusan Rumah Warga Kuala Karangan Rusak Parah Diterjang Ombak

Published

on

By

Ratusan Rumah Warga Kuala Karangan Rusak Parah Diterjang Ombak
Kondisi Rumah Warga Desa Kuala Karangan, Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya

Gencil News – Cuaca ekstrim disejumlah wilayah Kalimantan Barat mengakibatkan beberapa wilayah terkena banjir dan ombak air laut naik ke rumah warga daerah pesisir. Sementara ratusan rumah warga desa Kuala Karangan Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu raya rusak parah akibat banjir dan ombak air laut.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Desa Kuala Karangan, Ibrahim saat dihubungi Gencil News hari ini Rabu 13 Januari 2021. Ibrahim mengungkapkan bahwa saat ini kuranng lebih total ada 17 rumah warganya yang mengalami rusak parah.

“Kurang lebih yang rusak parah ada 17 rumah, dan yang rusak sedang ada ratusan rumah,” ujar Ibrahim

Ia mengatakan hampir keseluruhan rumah warga di desanya terkena banjir. Sementara barang-barang berharga warga yang daerah pesisir hanyut terbawa ombak.

“Untuk barang-barang warga banyak yang hilang terbawa banjir dan gelombang pasang,” terangnya

Ibrahim berharap agar pemerintah memperhatikan masyarakat yang tinggal di daerah pesisir. Terutama saat terkena musibah seperti ini, tentunya warga membutuhkan bantuan dari berbagai pihak.

“Kepada pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan pemerintah Kalbar agar lebih memperhatikan kami yang tinggal di daerah pesisir. Terlebih yang terkena bencana supaya bisa membantu kami,” harapnya

Pihak desa saat ini telah mengkonfirmasi kepada pemerintah Kabupaten untuk menyalurkan bantuan dan evakuasi warga yang rumahnya rusak parah.

“Semua yang masyarakat butuhkan sudah saya usulkan ke Pemkab, Tinggal menunggu pihak pemerintah turun ke lokasi,” pungkasnya

Continue Reading

TRENDING