PMP Kubu Raya Lestarikan Keberagaman Dalam Bingkai NKRI
Connect with us

Kabupaten Kubu Raya

PMP Kubu Raya Lestarikan Keberagaman Dalam Bingkai NKRI

Published

on

PMP Kubu Raya Lestarikan Keberagaman Dalam Bingkai NKRI
Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kabupaten Kubu Raya

Gencil News – Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kabupaten Kubu Raya menggelar Forum Group Discusion (FGD) dan ngopi bareng. Kegiatan ini untuk merawat budaya serta melestarikan keberagaman dalam bingkai NKRI.

Ketua PMP Kabupaten Kubu Raya, Edi Suhairul menyampaikan, Ngopi bareng merupakan agenda rutin PMP Kubu Raya sebagai upaya menjalin silahturahmi. Antar pengurus Organisasi adat lintas etnis.

“Ngopi bareng merupakan agenda rutin PMP Kubu Raya ini selain sebagai ajang silahturahmi juga menjadi ajang diskusi. Jika ada permasalahan yang harus dipecahkan bersama baik budaya, adat serta lainya,” ujar Edi Suhairul, Jumat (15/10/2021).

Edi menjelaskan karena antusias anggota PMP maka ia mengundang pula Ketua PMP Provinsi dan bebarapa narasumber. Untuk melaksanakan Forum Group Discusion (FGD).

Sementara itu Ketua Perkumpulan Merah Putih (PMP) provinsi Kalbar, Sukiryanto menyambut baik ide dan gagasan PMP Kabupaten Kubu Raya. Karena dalam forum ini menjawab isu-isu yang berkembang saat ini dan menguatkan peran serta masyarakat. Khusunya lintas etnis untuyk terus merawat Keberagaman dan menjaga NKRI.

Baca juga   Peran Promosi Wisata Kubu Raya Saat Ini Ada Ditangan Pemuda

“PMP Kubu Raya ini memang luar biasa ide dan gagasannya sangat baik. Tak pernah berhenti dalam upaya merawat serta menjaga keharmonisan antar etnis. Karena itu adalah salah satu tugas PMP bersama semua elemen,” terang H Sukiryanto.

Lebih lanjut Sukiryanto menyebut akan melakukan hal serupa dengan membentuk PMP di 14 Kabupaten dan Kota di Kalimantan Barat.

Kepala Badan Intelejen Nedara Daerah (Kabinda) Kalbar, Brigjen Pol Rudi Trenggono, berharap agar jangan sampai memanfaatkan kepentingan pribadi dan golongan tertentu saja.

Karena ia menilai perkembangan saat ini makin maraknya berdiri organisasi berbasis Etnis.

“Tapi Alhamdulillah Kalbar ini perkembangan organisasi berjalan dengan baik dan ikut menjaga persatuan dan kesatuan serta kepentingan masyarakat banyak. Seperti halnya Perkumpulan Merah Putih (PMP) ini sanata baik dan menjadi tempat bersilahturahminya tokoh-tokoh Masyarakat Lintas Etnis,” ungkapnya.

Baca juga   Upaya Sri Mulyono Kepsek SMA 1 Ambawang, Perlu Diacungi Jempol
PMP jadi pelopor pemersatu bangsa

Kabinda Kalbar yang merupakan putra kelahiran Pontianak ini berharap PMP bisa menjadi pelopor dan penjaga persatuan dan kesatuan bangsa melalui budaya dan kearifan lokal.

Banyak sekali budaya-budaya kearifan lokal yang dulu ada sekarang hilang, seperti budaya keriang bandong dan permainan tradisional lainya semakin hilang. Hal ini karena kemajuan tekhbnologo, Kabinda berharap ini bisa dimunculkan kembali sebagai kearifan lokal dan menjadi bagian pemersatu anak bangsa.

“Dulu masa saya kecil tradisi keriang bandong masih rutin dilaksanakan, tetapi saat ini sudah mulai dilupakan. Padahal yang melaksanakan itu bukan hanya satu etnis dulu semua ikut bersuka cita. Dengan memasang keriang bandong pada bulan puasa dan itu bagian dari keberagaman dan toleransi budaya,” ujar Brigjen Pol Rudi Trengono.

Baca juga   Sutarmidji Inginkan Kubu Raya Miliki Rumah Sakit Yang Representatif

Sementara Itu Kapolres Kubu Raya, AKBP Jerrold HY Kumontoy menyampaikan dirinya yang belum begitu lama bertugas di Kabupaten Kubu Raya. Mengaku sangat senang dengan keharmonisan dan toleransi yang terjaga melalui organisasi Perkumpulan Merah Putih (PMP) yang ada di Kubu Raya.

“Saya memang baru bertugas disini akan tetapi susana keharmonisan silahturahmi antar etnis sangat terjalin baik disini. Sehingga membuat saya betah bertugas di Kubu Raya ini oleh karena itu dukungan serta suport dari PMP. Sebagai Wadah Organisasi Lintas Etnis sangat kami perlukan,” ungkap Kapolres.

Kapolres Kubu Raya ini berharap Menjalin Silahturahmi, Merawat Keberagaman Dan Menjaga NKRI Dengan Budaya Anak Bangsa Kabupaten Kubu Raya terus digaungkan dan menjadi modal utama dalam menciptakan daerah yang aman, nyaman damai serta bahagia.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kubu Raya

Pelaku Pencurian Kabel Listrik PLN Diringkus Polisi Polsek Kakap

Published

on

Pelaku Pencurian Kabel Listrik PLN Diringkus Polisi Polsek Kakap
Pelaku Pencurian Kabel Listrik PLN Diringkus Polisi Polsek Kakap 📸 PPID Polda Kalbar

Gencil News – Seorang pria usia 44 tahun inisial YD berhasil diamankan pihak Kepolisian Sektor Sungai Kakap, Kubu Raya.

YD adalah pelaku pencurian kabel listrik dari gardu listrik aktif. YD mengambil kabel dengan cara memanjat tiang gardu listrik di lokasi tersebut lalu memotong kabel grounding dengan tang yang ia bawa.

Aksi YD diketahui oleh warga setempat, sekelompok warga ini pun lantas mengamankan YD dan membawanya ke Polsek Sungai Kakap.

Baca juga   Sutarmidji Inginkan Kubu Raya Miliki Rumah Sakit Yang Representatif

“Tersangka ini mengambil kabel dengan cara memotong kabel itu dengan tujuan untuk mengambil tembaga yang ada di dalam kabel untuk dijual, namun saat melaksanakan aksinya, ada warga yang melihat dan mengamakannya lalu melapor ke PLN dan ke kami,” jelas Iptu Sunyitno.

Saat ini YD dan barang bukti berupa kabel tembaga sepanjang 5 meter dan satu tang sudah diamankan. Pada kejadian ini pihak PLN mengalami kerugian sekitar Rp3,4 juta.

Atas perbuatannya tersangka akan dijerat dengan pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman hingga 5 tahun penjara.

Sumber

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Pilkades Serentak 39 Desa, Suijiwo: Jangan Berbeda Lalu Tak Tegur Sapa

Published

on

Pilkades Serentak 39 Desa,

Gencil News – Sebagian besar desa pada 9 kecamatan di Kabupaten Kubu Raya melaksanakan Pilkades Serentak. Wakil Bupati Sujiwo meminta kepada masyarakat untuk menggunakan hak suaranya dan minta masyarakat tidak terpecah belah akibat dari perbedaan pilihan.

“Kepada seluruh masyarakat di 39 desa di Kubu Raya yang sudah punya hak memilih, ayo gunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin terbaik pada Pilkades serentak hari ini. Luangkan waktu sejenak untuk datang ke TPS karena satu suara anda menentukan masa depan desa,” ujar Sujiwo dalam keterangan pers yang dibagikannya kepada awak media, Rabu (17/11) pagi.

Sujiwo mengingatkan masyarakat agar tidak terpecah belah karena berbeda pilihan politik. Perbedaan pilihan politik disebut Sujiwo hanyalah urusan sesaat sehingga jangan sampai menimbulkan konflik berkepanjangan.

Baca juga   UMKM Tingkatkan Perekonomian Kubu Raya Hingga 1,16 Persen

Perbedaan, lanjut dia, cukup sampai hari pencoblosan saja. Setelahnya, seluruh masyarakat harus rukun kembali.

“Jangan gara-gara beda pilihan calon kades kemudian kita jadi tidak bertegur sapa dengan tetangga. Berbeda pilihan itu biasa, namun hanya boleh terjadi sampai hari pemilihan. Setelah itu, kita semua wajib guyub kembali,” imbuhnya.

Wabup Sujiwo juga menitipkan pesan kepada seluruh peserta Pilkades agar bersikap dewasa menyikapi hasil pemungutan suara.

Semua calon kepala desa diingatkan Sujiwo untuk berjiwa besar menerima keputusan dari Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD).

“Di setiap kontestasi politik itu hanya ada dua kemungkinan, kalah atau menang. Kepada yang menang, mohon untuk tidak euforia berlebihan. Kepada yang kalah, diharapkan untuk bijaksana menyikapi kekalahannya sekaligus memberi selamat kepada yang menang,” pungkasnya.

Baca juga   Pemkab Kubu Raya Bagikan Honor untuk 862 Pendidik PAUD

SUMBER : Humpro Kubu Raya

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Tak Percaya Vaksin, Kini Warga Dusun Blora Ajukan Diri Ikut Vaksinasi

Published

on

By

Vaksinasi Dusun Blora Desa Mega Timur

Gencil News – Vaksin Covid-19 sempat menuai berbagai pendapat terkait kepercayaan masyarakat. Kontroversi Covid-19 juga terjadi di Dusun Mega Blora Desa Mega Timur Kecamatan Sungai Ambawang.

Warga desa Mega Timur ini dulu pernah viral karena menolak dan tidak percaya Covid-19 kini mengajukan diri untuk di vaksin.

Pada pelaksanaan vaksinasi yang digelar oleh Paguyuban Jawa Kalimantan barat (PJKB), ratusan warga Dusun Mega Blora berduyun-duyun mendatangi halaman Masjid Miftahul Jannah untuk mengikuti Vaksinasi.

Salah satu warga setempat, Sunoto mengaku awalnya takut mengikuti Vaksinasi karena mendapatkan informasi yang menakutkan tentang vaksin.

“Awalnya saya memang takut karena informasi Covid-19 dan Vaksin ini membahayakan kita. Namun setelah saya lihat tetangga kanan dan kiri yang tidak kenapa-kenapa setelah vaksin maka saya tidak lagi takut,” ungkap Sunoto.

Baca juga   Sujiwo Pilih "Lanjutkan" Jabatan Wakil Bupati Kubu Raya

H Sunoto menyebut setelah melihat tetangganya baik-baik saja setelah divaksin. Ia mengaku tidak akan percaya lagi dengan berita negatif tentang vaksin.

Seorang pria berusia 79 tahun mengaku ikut Vaksinasi karena menyadari di usianya sangat perlu penguatan imun dalam tubuh.

“Saya bersyukur dengan adanya vaksinasi di daerah saya. Karena dekat dan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya vaksinasi agar tetap menjaga imun dalam tubuh,” paparnya.

Kesadaran masyarakat

Panitia pelaksana Vaksinasi Paguyuban Jawa, Ikhwan yang juga Ketua RT Setempat mengatakan keinginan masyarakat Dusun Mega Blora Desa Mega Timur untuk vaksin setelah melihat banyaknya masyarakat yang saat ini sudah di vaksin dan semakin sehat.

“Setelah banyak warga yang minta divaksin dengan difasilitasi oleh Paguyuban Jawa Kalimantan Barat (PJKB) dan Polres Kubu Raya Alhamdulillah hari ini bisa kami laksanakan,” ungkap Ikhwan.

Baca juga   Pemkab Kubu Raya Bagikan Honor untuk 862 Pendidik PAUD

Sementara itu, Sekretaris PJKB, Edi Suhairul mengapresiasi antusias Warga Dusun Mega Blora Desa Mega Timur Kecamatan Sungai Ambawang ikuti Vaksinasi ini.

Ia menjelaskan bahwa antusiasme warga ini atas kesadaran sendiri mengikuti Vaksinasi.

“Setelah dulu mereka sempat viral karena menolak adanya Covid-19 kini mereka dengan kesadaran sendiri meminta untuk di vaksin,” ungkap Edi.

Sebagai informasi, pelaksanaan telah Masyarakat Dusun Mega Blora berkomunikasi dengan paguyuban dan Polres Kubu Raya akhirnya terlaksana vaksinasi di daerah ini.

Kasat Binmas Polres Kubu Raya, Iptu Suharto menerangkan vaksinasi berlangsung selama kurang lebih 5 jam. Ratusan warga terdiri dari kalangan anak muda, Pelajar, Ibu-ibu Majelis Taklim dan Tokoh masyarakat sekitar.

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Karyawan Cuci Mobil di Jalan ADIS Nekat Curi “Barang Kantor”

Published

on

Karyawan Cuci Mobil di Jalan ADIS Nekat Curi "Barang Kantor"
Karyawan tempat cuci mobil yang berada pada jalan ADIS (Adi Sucipto- Kubu Raya) nekat mencuri "Barang Kantor" dimana tempat ia bekerja. sumber dan 📸 PPID Polda Kalbar

Gencil News – Karyawan tempat cuci mobil yang berada pada jalan ADIS (Adi Sucipto- Kubu Raya) nekat mencuri “Barang Kantor” dimana tempat ia bekerja.

Ia nekat mencuri “barang kantor” seperti perlengkapan untu cuci kendaraan, yang kemudian ia jual kepada seseorang, dan meraup untung Rp2,3 juta.

AM nekat mencuri sejumlah barang di tempat ia bekerja pada kamis ( 04/11/21). Kemudian Satreskrim polres kubu raya berhasil mengamankan AM pada hari sabtu (07/11/2021) pukul 11.00 WIB. AKP Jatmiko Kasat Reskrim Polres Kubu Raya membenarkan penangkapan tersebut.

“Pelaku ini mengambil 1 unit kompresor, 1 unit alat pencuci mobil, 1 unit alat vacum, 1 unit mesin air dengan cara mengambil kunci gembok gudang secara diam-diam di rumah kontrakan karyawan ,” jelas AKP Jatmiko

Baca juga   Gunakan Kapal, Babinsa Koramil Batu Ampar Kawal Beras Bantuan

Kasat Reskrim Polres KKR menjelaskan bahwa pelaku ditangkap berdasarkan laporan dari korban yang mengaku kehilangan sejumlah barang.

Usai melakukan serangkaian penyelidikan terkait tindak pidana pencurian tersebut, dan dari serangkaian penyelidikan, akhirnya Unit Opsnal mengamankan seorang laki-laki yang bernama AM yang merupakan karyawan korban di rumah kontrakannya.

“Pelaku mengakui perbuatannya dan barang-barang tersebut di jual ke seseorang di daerah kuala mandor dengan harga Rp 2.300.000,” tuturnya.

AM pun kini hanya bisa pasrah menerima ganjaran dirinya yang nekat mencuri di tempat ia bekerja.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING