Sindikat Mafia Tanah, Oknum Kades dan Eks Pegawai BPN Dibekuk Polisi
Connect with us

Kabupaten Kubu Raya

Sindikat Mafia Tanah, Oknum Kades dan Eks Pegawai BPN Dibekuk Polisi

Published

on

Sindikat Mafia Tanah, Oknum Kades dan Eks Pegawai BPN Dibekuk Polisi

Gencil News – Pihak Kepolisian berhasil mengungkap kasus sindikat mafia tanah yang melibatkan oknum kepala desa dan pegawai BPN Kubu Raya. Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Donny Charles Go menyatakan, sebanyak empat orang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Sindikat mafia tanah melibatkan oknum kepala desa dan mantan pegawai BPN Kubu Raya ini melakukan tindak pidana pemalsuan surat. Yang terkait dengan beberapa sertifikat hak milik tanah dan menimbulkan kerugian masyarakat.

Baca juga   Mengenal 4 Kamera Di Dalam Ponsel Pintar

Lokasi tanah yang menjadi perkara di Desa Durian, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, seluas 200 hektar.

Dalam kasus sindikat mafia tanah di Kubu Ray, pelaku mengantongi keuntungan mencapai Rp1 triliun. Sesuai dikutip dari press rilis. Kamis 22 April 2021.

“Pada Maret 2021 telah berhasil mengungkap tindak pidana pemalsuan surat yang terkait dengan beberapa sertifikat hak milik tanah dan menimbulkan adanya kerugian masyarakat,” kata Donny kepada wartawan, Kamis (22/4/2021).

Sindikat ini memanfaatkan proses ajudikasi, yang digunakan untuk melakukan kejahatan. Kejahatan ini menyebabkan kerugian yang banyak berasal dari masyarakat kecil. Dan kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 2008.

“Proses ajudikasi ini justru digunakan untuk melakukan kejahatan dengan cara melakukan tindak pidana pemalsuan,” terang Donny.

Baca juga   Luas Area Karhutla Pontianak Mencapai 40 Hektar

Pada kasus ini, pihak Polisi mengamankan barang bukti yaitu 147 buku tanah,  11 lembar sertifikat Hak Milik Tanah dan 1 buah buku register pengantar KTP dari kantor desa.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kubu Raya

PMP Kubu Raya Lestarikan Keberagaman Dalam Bingkai NKRI

Published

on

By

PMP Kubu Raya Lestarikan Keberagaman Dalam Bingkai NKRI
Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kabupaten Kubu Raya

Gencil News – Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kabupaten Kubu Raya menggelar Forum Group Discusion (FGD) dan ngopi bareng. Kegiatan ini untuk merawat budaya serta melestarikan keberagaman dalam bingkai NKRI.

Ketua PMP Kabupaten Kubu Raya, Edi Suhairul menyampaikan, Ngopi bareng merupakan agenda rutin PMP Kubu Raya sebagai upaya menjalin silahturahmi. Antar pengurus Organisasi adat lintas etnis.

“Ngopi bareng merupakan agenda rutin PMP Kubu Raya ini selain sebagai ajang silahturahmi juga menjadi ajang diskusi. Jika ada permasalahan yang harus dipecahkan bersama baik budaya, adat serta lainya,” ujar Edi Suhairul, Jumat (15/10/2021).

Edi menjelaskan karena antusias anggota PMP maka ia mengundang pula Ketua PMP Provinsi dan bebarapa narasumber. Untuk melaksanakan Forum Group Discusion (FGD).

Sementara itu Ketua Perkumpulan Merah Putih (PMP) provinsi Kalbar, Sukiryanto menyambut baik ide dan gagasan PMP Kabupaten Kubu Raya. Karena dalam forum ini menjawab isu-isu yang berkembang saat ini dan menguatkan peran serta masyarakat. Khusunya lintas etnis untuyk terus merawat Keberagaman dan menjaga NKRI.

Baca juga   Bupati Muda Hadiri Pembukaan MTQ Ke VII Kabupaten Kubu Raya

“PMP Kubu Raya ini memang luar biasa ide dan gagasannya sangat baik. Tak pernah berhenti dalam upaya merawat serta menjaga keharmonisan antar etnis. Karena itu adalah salah satu tugas PMP bersama semua elemen,” terang H Sukiryanto.

Lebih lanjut Sukiryanto menyebut akan melakukan hal serupa dengan membentuk PMP di 14 Kabupaten dan Kota di Kalimantan Barat.

Kepala Badan Intelejen Nedara Daerah (Kabinda) Kalbar, Brigjen Pol Rudi Trenggono, berharap agar jangan sampai memanfaatkan kepentingan pribadi dan golongan tertentu saja.

Karena ia menilai perkembangan saat ini makin maraknya berdiri organisasi berbasis Etnis.

“Tapi Alhamdulillah Kalbar ini perkembangan organisasi berjalan dengan baik dan ikut menjaga persatuan dan kesatuan serta kepentingan masyarakat banyak. Seperti halnya Perkumpulan Merah Putih (PMP) ini sanata baik dan menjadi tempat bersilahturahminya tokoh-tokoh Masyarakat Lintas Etnis,” ungkapnya.

Baca juga   PS Rajawali Putih KKR Periode 2021-2025, Cetak Atlet Berprestasi
PMP jadi pelopor pemersatu bangsa

Kabinda Kalbar yang merupakan putra kelahiran Pontianak ini berharap PMP bisa menjadi pelopor dan penjaga persatuan dan kesatuan bangsa melalui budaya dan kearifan lokal.

Banyak sekali budaya-budaya kearifan lokal yang dulu ada sekarang hilang, seperti budaya keriang bandong dan permainan tradisional lainya semakin hilang. Hal ini karena kemajuan tekhbnologo, Kabinda berharap ini bisa dimunculkan kembali sebagai kearifan lokal dan menjadi bagian pemersatu anak bangsa.

“Dulu masa saya kecil tradisi keriang bandong masih rutin dilaksanakan, tetapi saat ini sudah mulai dilupakan. Padahal yang melaksanakan itu bukan hanya satu etnis dulu semua ikut bersuka cita. Dengan memasang keriang bandong pada bulan puasa dan itu bagian dari keberagaman dan toleransi budaya,” ujar Brigjen Pol Rudi Trengono.

Baca juga   Cek 3 Posko Pengetatan Larangan Mudik Lebaran Di Kubu Raya

Sementara Itu Kapolres Kubu Raya, AKBP Jerrold HY Kumontoy menyampaikan dirinya yang belum begitu lama bertugas di Kabupaten Kubu Raya. Mengaku sangat senang dengan keharmonisan dan toleransi yang terjaga melalui organisasi Perkumpulan Merah Putih (PMP) yang ada di Kubu Raya.

“Saya memang baru bertugas disini akan tetapi susana keharmonisan silahturahmi antar etnis sangat terjalin baik disini. Sehingga membuat saya betah bertugas di Kubu Raya ini oleh karena itu dukungan serta suport dari PMP. Sebagai Wadah Organisasi Lintas Etnis sangat kami perlukan,” ungkap Kapolres.

Kapolres Kubu Raya ini berharap Menjalin Silahturahmi, Merawat Keberagaman Dan Menjaga NKRI Dengan Budaya Anak Bangsa Kabupaten Kubu Raya terus digaungkan dan menjadi modal utama dalam menciptakan daerah yang aman, nyaman damai serta bahagia.

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Bupati Muda Mahendrawan Minta PMI KKR Kerja Cepat dan Tepat

Published

on

Bupati Muda Mahendrawan Minta PMI KKR Kerja Cepat dan Tepat
Bekerja dengan cepat dan tepat serta menggunakan sistim data, hal ini yang dipinta oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan. 📸/sumber: Humpro KKR

Gencil News – Bekerja dengan cepat dan tepat serta menggunakan sistim data, hal ini yang dipinta oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan.

Hal ini disampaikan Bupati Muda usai menghadiri pelantikan Pengurus dan Dewan Kehormatan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kubu Raya, periode 2021-2026.

“Sebagai contoh, sistem data dan informasi, ini yang paling utama yang dikerjakan. Saya minta para pengurus PMI ini bekerja dengan sistem data yang efektif,” kata Bupati Muda seperti dilansir dari situs humas Pemkab Kubu Raya.

Menurut Muda sistem data dan infomasi pada PMI sangatlah penting terlebih Kabupaten Kubu Raya sudah berbasis sistem informasi berbasis geospasial yang nantinya juga akan tersinkron dengan PMI.

Baca juga   CDC Izinkan Lakukan Perjalanan Bagi Yang Sudah Vaksin

“Pelantikan pengurus PMI Kubu Raya ini tentu proses penyegaran, dan kita akan kawal supaya PMI juga hadir pada tiap momentum di Kubu Raya dan dirasakan dampaknya oleh masyarakat,” kata Muda.

Muda menambahkan PMI Kubu Raya melibatkan pelajar SMA dan SMP untuk digerakkan dalam bhakti sosial dengan tujuan menumbuhkan kepekaan sosial di masyarakat.

“PMI ini bukan hanya soal darah, namun juga sebagai upaya saling melindungi dan bias memperkuat solidaritas di masyarakat,” kata Muda.

Muda mengatakan, PMI Kubu Raya cukup mempunyai peluang untuk bisa lebih menajamkan eksistensinya dan ia berharap dengan kepengurusan PMI yang baru dengan didukung oleh OPD Kubu Raya bisa memperkuat pencapaian target.

Baca juga   Luas Area Karhutla Pontianak Mencapai 40 Hektar

Ketua PMI Kubu Raya Yudi berkomitmen akan bekerja sesuai dengan harapan dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yakni bekerja inovatif dan bekerja lebih cepat.

“Sesuai dengan arahan Pak Bupati, kita akan bekerja dengan sistem data dan informasi, dan bekerja lebih cepat,” kata Yudi.

Yudi mengatakan, hingga saat ini PMI Kubu Raya masih bekerja sama dengan PMI Provinsi Kalbar dalam pemenuhan kebutuhan darah di Kubu Raya, kendati demikian pihaknya akan selalu siap memfasilitasi masyarakat Kubu Raya yang membutuhkan darah.

“Kita selalu siap untuk memfasilitasi jika masyarakat ada yang memerlukan darah, ke depannya akan kita koordinasikan dengan PMI agar bisa terjadwalkan secara rutin kegiatan donor darah di Kubu Raya,” kata Yudi.

Baca juga   PS Rajawali Putih KKR Periode 2021-2025, Cetak Atlet Berprestasi

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Mayjen TNI Sulaiman Agusto Resmi Jabat Pangdam XII/Tpr

Published

on

Mayjen TNI Sulaiman Agusto Resmi Jabat Pangdam XII/Tpr
Mayjen TNI Sulaiman Agusto Resmi Jabat Pangdam XII/Tpr 📸 /sumber (Pendam XII/Tpr)

Gencil News – Mayjen TNI Sulaiman Agusto resmi menjabat sebagai Panglima Kodam XII/Tanjungpura setelah melaksanakan serah terima jabatan yang dipimpin oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa bertempat di Lantai Dasar Gedung “E” Markas Besar TNI Angkatan Darat.

Mayjen TNI Sulaiman Agusto yang sebelumnya menjabat Danpussenkav Kodiklatad melaksanakan serah terima dengan Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad yang akan menempati jabatan baru sebagai Kaskostrad.

Baca juga   Inovasi Adalah Cara Untuk Mempercepat dan Memperkuat Desa Mandiri

Kapendam XII/Tpr, Letkol Inf Hendra Purwanasari dalam keterangannya mengatakan, pengangkatan Mayjen TNI Sulaiman Agusto sebagai Pangdam XII/Tpr tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/816/IX/2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, tertanggal 13 September 2021.

“Rotasi jabatan merupakan kebutuhan organisasi dan pembinaan karier para Perwira TNI AD serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Darat yang semakin kompleks dan dinamis,” kata Kapendam.

Selanjutnya Kapendam mengatakan, untuk diketahui, serah terima jabatan Pangdam XII/Tpr dilaksanakan bersamaan dengan Sertijab pejabat lainnya, diantaranya, Asops Kasad dari Mayjen TNI Eka Wiharsa kepada Mayjen TNI Ainurrahman, Aslog Kasad dari Mayjen TNI Jani Iswanto kepada Brigjen TNI Saiful Rachiman.

Baca juga   Bupati Kubu Raya Himbau Kafe Dan Kegiatan Usaha Tutup Jam 9 Malam

Kemudian jabatan Kapuskesad, dari Mayjen TNI dr. Budiman kepada Mayjen TNI dr. Purwo Setyanto Dan jabatan Kadispsiad dari Brigjen TNI Drs. Bambang Sutisna kepada Kolonel Inf I Made Riawan.

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Container Tumbang Menimpa Motor, Korban Diduga Seorang Polisi

Published

on

By

Container Tumbang Menimpa Motor, Korban Diduga Seorang Polisi
Evakuasi korban tertimpa badan Container

Gencil News – Sebuah kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Raya Sungai Kakap (Pal 9) Kabupaten Kubu Raya pada Rabu 29 September 2021. Kecelakaan terjadi pada pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB hingga menyebabkan kemacetan.

Lakalantas terjadi karena badan Container tumbang akibat tersangkut tangkai pohon. Dalam rekaman CCTV milik sebuah toko yang ada disekitar lokasi kejadian, terlihat dua pengendara motor yang tepat berada disamping mobil truk container tertimpa badan truk.

Untungnya pada kejadian ini tidak memakan korban jiwa, hanya saja dua pengendara motor tersebut mengalami luka ringan.

Berdasarkan hasil dokumentasi petugas kepolisian yang datang ke TKP, salah satu dari pengendara tersebut merupakan anggota polisi.

Baca juga   Wabup Sujiwo Sampaikan Ucapan Duka Wafatnya Ibunda Gubernur Kalbar

“Alhamdulillah korban sudah diselamatkan. tidak ada korban jiwa tapi ada dua korban luka beserta motor yang rusak Bhabinkamtibmas,” ujar saksi

Setelah kejadian, para petugas kepolisian dan warga yang melintas bahu membahu mengevakuasi kendaraan korban.

Selain itu, ranting pohon yang cukup besar menjadi penyebab lakalantas ini juga disingkirkan dari badan jalan.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING