Sujiwo ; Perbedaan Pendapat Vaksinasi akibat Disinformasi
Connect with us

Kabupaten Kubu Raya

Sujiwo ; Perbedaan Pendapat Vaksinasi akibat Disinformasi

Published

on

Sujiwo ; Perbedaan Pendapat Vaksinasi akibat Disinformasi
Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo

Gencil News – Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo menyambut gembira tibanya vaksin Covid-19 di Indonesia. Menurutnya, kedatangan vaksin membawa harapan baru akan penanganan pandemi yang lebih cepat. Meski begitu, ia tak memungkiri bahwa program vaksinasi Covid-19 mendapat respons beragam di masyarakat.

Ada yang mendukung dan ada pula yang menolak. Sujiwo menilai perbedaan tersebut muncul akibat disinformasi yang diterima oleh sebagian masyarakat.

“Vaksin ini memang suatu hal yang sekarang rakyat Indonesia tunggu-tunggu. Walaupun sekarang ini banyak juga masyarakat yang terpengaruh berita-berita hoax terkait vaksin Covid-19,” ujar Sujiwo saat menghadiri ramah tamah peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (5/1). 

Sujiwo menilai maraknya berita bohong terkait vaksin Covid-19 menunjukkan adanya pihak tertentu yang dengan sengaja memproduksi narasi-narasi negatif tentang program vaksinasi. Menurut dia, ada yang mengorganisasi penyebaran informasi yang menyesatkan tentang vaksin. 

“Di masyarakat ada yang bertanya misalnya tentang kehalalan vaksin dan kebenaran kualitasnya. Nah, sumber informasi itu mereka dapatkan darimana? Ternyata dari media sosial yang nyata-nyata itu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab agar negara ini tidak bisa mengatasi pandemi,” tuturnya. 

Kondisi tersebut, lanjutnya, menjadi tantangan bersama untuk bagaimana pemerintah dapat meyakinkan masyarakat akan keamanan vaksin. Sebab jika program vaksinasi tidak optimal, maka khawatir pandemi tidak akan segera teratasi.

“Kita mendapat masalah jika pandemi ini tidak selesai. Kalau pandemi tidak segera teratasi, yang rugi adalah kita semua, negara dan rakyat,” sebutnya. 

Negara tak akan memberikan vaksin bermasalah pada masyarakat

Terkait hal itu, Sujiwo mengajak untuk bersama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat. Ia menegaskan negara tidak mungkin memberikan vaksin yang bermasalah kepada rakyat. Karena itu, diperlukan upaya bersama untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat. 

“Walaupun nanti vaksinnya sudah datang, masih ada tantangan-tantangan. Di mana sebagian masyarakat telanjur percaya dengan berita bohong yang beredar. Kondisi ini adalah tantangan untuk kita lebih getol menyosialisasikan hal ini,” ajaknya.

“Saya yakin melalui Kantor Kementerian Agama dengan para penyuluhnya dan keluarga besar Kemenag sama-sama tandem dengan Pemerintah Kabupaten Kubu raya untuk memberikan  pencerahan kepada masyarakat bahwasanya vaksin ini halal, aman, dan sangat membantu untuk menyelesaikan pandemi,” tambahnya. 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kubu Raya

GAIA Bumi Raya Mall Mampu Serap 2.500 Tenaga Kerja

Published

on

By

GAIA Bumi Raya Mall Mampu Serap 2.500 Tenaga Kerja
Peresmian GAIA Bumi Raya City Mall

Gencil News – Gubernur Kalbar Sutarmidji meminta pihak manajemen GAIA Bumi Raya City Mall yang terletak di Kabupaten Kubu Raya. Untuk dapat menyerap banyak tenaga kerja lokal sebagai upaya membantu pemerintah dalam menekan angka pengangguran.

“Saya merasa bangga karena meski di tengah pandemi, masih ada investor yang mau membuka mall. Ini menunjukkan bahwa Kalbar mampu tetap mempertahankan iklim investasi. Meski di tengah pandemi,” kata Sutarmidji saat meresmikan GAIA Bumi Raya City Mall yang terletak di Kabupaten Kubu Raya. Kamis, (21/1/2021)

Sutarmidji menyatakan, mall baru tersebut dapat menampung tenaga kerja lebih dari 2.500 orang. Dan daerah akan mendapat pengaruh yang besar dari sisi ekonomi. Masyarakat akan mendapatkan peluang baru dan daerah tentu mendapat kontribusi dari investasi yang ada.

“Saya mengapresiasi kepada investor yang membangun mall ini karena mall ini menjadi alternatif baru bagi masyarakat. Untuk belanja dan berekreasi bersama keluarga selain kota Pontianak,” tuturnya.

Ia menambahkan, pada kawasan mall ini juga akan segera membuka apartemen dan perumahan yang sudah mulai di bangun.

“Kalau saya jadi pak bupati, saya akan memberikan diskon sampai 75 persen untuk pengurusan IMB. Karena walau kita diskon, setelah bangunan jadi, banyak pendapatan yang bisa pemerintag daerah peroleh. Ketika apartemen dan perumahannya laku, maka akan ada biaya BPHTB sebesar 5 persen yang pemda dapat. Belum lagi setiap tahun ada PBB, pajak air bersih dan pendapatan lainnya,” katanya.

Bupati Kubu Raya Sambut Baik GAIA Bumi Raya City Mall

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyambut baik adanya GAIA Bumi Raya City mall tersebut di daerahnya.

“Tentu keberadaan mall di Kubu Raya ini bisa menyerap banyak tenaga kerja dan kita harapkan pihak manajemen mall bisa menyerap tenaga kerja lokal. Sekaligus memberdayakan anak muda, karena dari informasi yang kita dapat dari pihak manajemen mall. Mereka akan menekankan konsep pemberdayaan ekonomi kreatif dan UMKM,” tuturnya.

Muda menyatakan, pihaknya akan memberikan peluang kepada semua investor yang ada untuk berinvestasi di kabupaten itu.

“Untuk proses perizinan, kita sudah menerapkan sistem OSS sehingga lebih transparan dan cepat. Untuk itu, investor tidak perlu ragu untuk berinvestasi di Kubu Raya,” kata Muda.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Bumi Raya Ritel Indonesia Tan Ying Mei mengatakan di masa pandemi dan kondisi perekonomian yang belum stabil. Perlu adanya upaya-upaya untuk menggerakkan dan membangkitkan perekonomian Indonesia.

“Keberadaan GAIA Bumi Raya City diharapkan mampu menjadi lokomotif pergerakan ekonomi di Kalimantan Barat,” kata dia.

Ia menjelaskan mall ini memiliki desain yang modern futuristik, fasilitas lengkap. Dipadukan dengan area taman yang asri dan air terjun yang indah.

“Dengan fasilitas lengkap tersebut menjadikan GAIA Bumi Raya City sebagai tempat berbelanja dan berekreasi yang tepat bagi seluruh keluarga. Serta berbisnis bagi masyarakat Kubu Raya, Kalbar dan masyarakat luas lainnya,” katanya.

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Kepala Desa Se-Kubu Raya Akan Dapat Vaksinasi Covid-19

Published

on

By

Kepala Desa Se-Kubu Raya Akan Dapat Vaksinasi Covid-19
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan akan vaksinasi seluruh pimpinan Kabupaten Kubu Raya

Gencil News – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menargetkan akan melakukan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh kepala desa se-Kubu Raya.

Bupati Muda Mahendrawan akan melakukan hal yang sama kepada semua jajaran pimpinan pemerintahan Kubu Raya . Sebab Muda menginginkan pemimpin dapat menjadi contoh bagi masyarakat.

“Kita juga menginginkan Pemimpin daerah sampai ke tingkat desa itu dapat menjadi contoh juga kepada masyarakat,” ungkapnya

Hal ini karena adanya Pro dan kontra terkait keamanan serta kehalalan vaksin Sinovac masih kerap terjadi lingkungan masyarakat.

Untuk itu, ia berkomitmen untuk terus mengupayakn dalam berusaha membangun keyakinan publik, agar dapat mendukung program vaksinasi Covid-19 ini.

“Nah saat ini, kita di Kubu Raya sedang berlangsung pendistribusian penyuntikan vaksinasi tahap pertama. Ini kita tujukan kepada pemimpin daerah, termasuk saya bersama istri. Kemudian Forkopimda lainnya, dan tenaga-tenaga kesehatan yang ada di Kubu Raya,” ujar Muda

Selain itu, Nakes dan ASN ini juga akan menjalani vaksinasi. Kemudian juga kita akan lakukan kepada Kepala-Kepala Desa,” lanjutnya.

Sebelumnya Bupati Kubu Raya bersama istrinya telah menjadi orang pertama yang menjalani vaksinasi di Kubu Raya, juga dengan harapan memberikan keyakinan kepada masyarakat.

Sehingga masyarakat juga tidak muncul keraguan, dan tidak terjadi panik yang berlebihan.

“Yang kita kejar saat inikan solusi. Nah sekarang tinggal bagaimana menjawabnya saja. Sehingga masyarakat juga tidak timbul kesimpang siuran pendapat,” katanya.

Menurutnya hal ini sebetulnya kepong bakul dunia. Sebab ini bukan tentang masalah menyelamatkan diri sendiri, keluarga ataupun daerahnya saja. Melainkan ini menyelamatkan generasi, menyelamatkan bangsa kita.

Imbauan Kepada Masyarakat

Dan lebih jauh, Bupati itu meminta  masyarakat harus memahami pentingnya vaksin, guna menekan dampak kematian akibat penularan Covid-19.

“Jauhkan dari sikap paranoid berlebihan. Kalaupun masih ada keraguan, lebih bijak kita ikuti secara jernih perkembangannya dan jangan justru kita yang mempersulit pelaksanaan vaksinasi ini,” tuturnya.

“Fokuskan pikiran terdalam kita untuk kebahagiaan keluarga, teman, dan semua warga. Kekuatan niat ikhtiar itu akan mampu membuat kita jauh lebih tenang, bersemangat, dan punya keyakinan hidup sehat dan bahagia bagi masa depan generasi republik ini, insya Allah,” tambahnya.



Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Kubu Raya Targetkan 337.985 Orang Jadi Penerima Vaksin Covid-19

Published

on

By

Kubu Raya Targetkan 337.985 Orang Jadi Penerima Vaksin Covid-19
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan

Gencil News – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Kesehatan telah resmi memulai program vaksinasi Covid-19 sejak tanggal 14 Januari 2021. Pemkab Kubu Raya menargetkan 337. 985 orang yang akan menerima vaksinasi.

Sebagaimana yang kita ketahui, Kemarin Bupati Muda Mahendrawan dan Ketua Tim Penggerak PKK Rosalina Muda, menjadi pertama dan kedua mendapatkan vaksinasi untuk kabupaten Kubu Raya.

Selain itu sejumlah pejabat, ketua organisasi masyarakat, dan perwakilan kepala desa di Kubu Raya juga menyusul menerima suntik vaksin Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan menyebut, kegiatan pencanangan ini sudah sangat strategis.

Sebab pencanangan yang berlanjut dengan pemberian vaksinasi diikuti hampir seluruh perwakilan elemen masyarakat.

Dengan begitu, harapannya sosialisasi kepada masyarakat dapat berlangsung secara masif.

“Hampir semua perwakilan organisasi hadir di sini. Jadi nanti dapat menyebarluaskan informasi tentang vaksinasi ini. Kita kepung bakul untuk menghilangkan kecemasan masyarakat. Karena kecemasan itu adalah separuh dari penyakit,” ujar saat pencanangan vaksinasi perdana, di Puskesmas Sungai Durian, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Lanjut Marijan juga mengungkapkan, target imunisasi Covid-19 di Kabupaten Kubu Raya sebanyak 337.985 orang, dengan rentang usia 18-59 tahun.

Terkait pelaksanaan, ia menerangkan ada empat tahapan yang akan dilalui oleh mereka yang akan divaksin. Yakni tahap pendaftaran, skrining, vaksinasi, dan pencatatan dan observasi.

“Pelaksanaan imunisasi ini tentunya melalui tahapan. Ada meja 1-4. Kita siapkan siapkan sesuai standar operasional prosedur yang sudah dibuat dari Kementerian kesehatan sampai ke tingkat provinsi dan kabupaten/kota,” jelasnya.



Continue Reading

TRENDING