Tes Urin Warga Binaan dan Pegawai Lapas Kelas II A Pontianak
Connect with us

Kabupaten Kubu Raya

Tes Urin Warga Binaan dan Pegawai Lapas Kelas II A Pontianak

Published

on

Tes Urin Warga Binaan dan Pegawai Lapas Kelas II A Pontianak
Tes urin yang dilaksanakan oleh Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kalbar, Rabu(17/3) merupakan langkah serius Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat melalui Divisi Pemasyarakatan untuk mencegah peredaran gelap Narkoba di Lapas dan Rutan. Khususnya di wilayah Kalimantan Barat. foto/data Kanwil Kemenkumham Kalbar

Gencil News – Tes urin yang dilaksanakan oleh Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kalbar, Rabu(17/3) merupakan langkah serius Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat melalui Divisi Pemasyarakatan untuk mencegah peredaran gelap Narkoba di Lapas dan Rutan. Khususnya di wilayah Kalimantan Barat.

Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana, mengapresiasi pelaksanaan Tes Urin bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Pontianak.

“Kami dari kepolisian khususnya Polres Kubu Raya, sangat mengapresiasi dan mendukung pemberantasan peredaran Narkoba di Lapas dan Rutan,”ujar Yani Permana.

Tes urin Ini merupakan kegiatan yang Positif, baik bagi WBP dan Pegawai Lapas Kelas IIA Pontianak, guna mencegah persebaran darurat narkoba.

“Lapas Kelas IIA Pontianak berada di wilayah hukum Kubu Raya, jadi kita akan bersinergitas dengan Divisi Pemasyarakatan terkait pencegahan peredaran Narkoba. Kami mendukung kegiatan seperti ini, karena dari polres sudah melakukan pada internal kami, sekarang dilakukan oleh Divisi Pemasyarakatan. Kami dukung terus sehingga penyebaran narkoba dilingkungan ini semakin minim terjadi disini,”tegas Kapolres Kubu Raya,Yani Permana.

Sementara itu Kepala Divisi Pemasyarakatan Suprobowati mengatakan, jajaran Pemasyarakatan Kalbar mengadakan tes urin pada WBP dan petugas di Lapas kelas IIA Pontianak, bertujuan untuk melakukan pembersihan. Paling utama pembersihan peredaran Narkoba.

“Hari ini 107 WBP kita lakukan tes urin, WBP kita ambil secara acak, mulai dari Pidana umum, Narkoba dan Tamping kita lakukan tes urin. Hasil dari tes urin ini 107 WBP dinyatakan negative, sementara itu 27 petugas juga Negatif,” ujar Suprobowati.

Menurut Suprobowati, dengan tes urin dan hasilnya Negatif petugas juga mendukung pembersihan Lapas dari Narkoba.

“Kita akan Rutin lakukan kegiatan seperti ini secara mendandak dan acak di Lapas dan Rutan, sementara penggeledahan kita juga lakukan secara rutin di setiap Lapas dan Rutan. Dengan upaya – upaya yang kita lakukan, nantinya pembersihan narkoba bertul-betul bisa terlaksana,” jelas Probo.

Dirinya menambahkan pihaknya selalu berkoordinasi dengan Polres setempat, karna kali ini di Kubu Raya maka Divisi Pemasyarakatan berkoordinasi dengan Polres Kubu Raya. Wilayah lain juga berkoordinasi dengan kepolisian setempat.


Semetntara itu Kepala Lapas Kelas IIA Pontianak Farhan Hidayat mengatakan, hasil dari tes urin negatif 107 WBP ini menunjukkan keberhasilan program Rehabilitasi Sosial yang dilaksanakan selama ini.


“Alhamdulillah dari 107 WBP negatif semua, sudah tahun kedua kita lakukan Rehabilitasi Sosial, dengan hasil negative tes urin ini bisa menunjukan keberhasilan Rehab Sosial ini. Kedepan akan kita lakukan terus Rehab Sosial dengan berfokus pada mengubah Pola piker WBP tentang Narkoba,” ucap Farhan.


Guna mengantisipasi peredaran gelap Narkoba dan gangguan keamanan di Lapas dan Rutan, Divisi Pemasyarakatan akan melakukan penggeledahan, tes Urin, penguatan kepada Petugas Lapas dan Rutan secara bergantian dengan harapan Lapas dan Rutan di Kalbar Zero Narkoba.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kubu Raya

Gudang Tabung LPG 3 KG Meledak, 5 Karyawan Alami Luka Bakar

Published

on

By

Gudang Tabung LPG 3 KG Meledak, 5 Karyawan Alami Luka Bakar
Gudang/ bengkel pemeliharaan tabung LPG 3 KG PT. Borneo Oksigen terbakar

Gencil News – Lima orang karyawan gudang/ bengkel pemeliharaan tabung LPG 3 KG PT. Borneo Oksigen mengalami luka bakar akibat kebakaran yang terjadi pada Sabtu (17/04/2021). Berlokasi di Jalan Trans Kalimantan, Dusun Parit Mayor, Desa Kapur, Kecamatan Sungai Raya.

Andri, salah seorang karyawan menyaksikan sesaat sebelum kejadian sensor alarm pada perusahaan tersebut sempat berbunyi. Hal tersebut karena adanya kebocoran gas dari tabung atau kandungan gas LPG pada lokasi melebihi normalnya.

Lima dari korban tersebut salah satunya merupakan anak dari Kepala Dusun setempat. Yang juga menyaksikan kepulan asap dari PT Borneo Oksigen usai ledakan.


“Anak saya Reza yang kebetulan bekerja pada tempat tersebut sudah berada di pinggir pagar. Dengan kondisi luka bakar pada sebagian badan dan wajahnya,” ujar Jasmani, Kepala Dusun.


Sementara itu, Paursubbag Humas Polres Kubu Raya Aiptu Dodik Yulianto mengatakan bahwa dari hasil keterangan saksi. Kecelakaan tersebut berasal dari tabung gas yang akan diperbaiki guna pemeliharaan oleh karyawan PT Borneo Oksigen.


“Ada lima orang karyawan PT. Borneo Oksigen yang mengalami luka bakar dan saat ini sudah di bawa ke rumkit Kodam XII TPR. Kemudian lansung dirujuk ke RS Antonius Pontianak untuk menjalani perawatan,” terang Dodik

Sementara itu Kapolres Kubu Raya, AKBP Yani Permana bersama anggota Polres sudah mendatangi TKP. Untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut penyebab dari kebakaran di PT. Borneo Oksigen tersebut.

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Satlantas Polres Kubu Raya Temukan Banyak Pihak Tak Patuhi Protkes

Published

on

Satlantas Polres Kubu Raya Temukan Banyak Pihak Tak Patuhi Protkes

Gencil News – Satlantas Polres Kubu Raya melaksanakan Operasi Operasi Keselamatan Kapuas 2021 pada wilayah hukum Polres Kubu Raya. Satlantas Polres Kubu Raya melakukan giat operasi seperti yang dilakukan di jalan KH Abdurahman Wahid Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya. Jumat (16/05/2021).

Operasi Keselamatan Kapuas 2021 dipimpin langsung oleh Kasatlantas Polres Kubu Raya IPTU Tatang Rosyadi. Sebelum melaksanakan Operasi. Kasat Lantas Polres Kubu raya ini juga memimpin langsung Apel Gabungan Operasi Keselamatan Kapuas 2021.

Kasatlantas Polres Kubu Raya Iptu Tatang Rosyadi menyebutkan Operasi Keselamatan Kapuas 2021 bertujuan untuk mencegah sebaran Covid-19 di Kabupaten Kubu Raya.

“Kami berpatroli menghimbau masyrakat untuk menerapkan protokol kesehatan menyasar masyrakat di sepanjang jalan KH Abdurahman Wahid Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya,” ujarnya.

Sebanyak 13 Personil Operasi Keselamatan Kapuas 2021 Polres Kubu Raya dibantu 6 Personil Satpol PP Kubu Raya pun menyisir warung-warung dan cafe yang berada di sekitar Jalan Kh Abdurahman Wahid Desa Kuala Dua Sungai Raya.

Kasat Lantas Polres Kubu Raya, Iptu Tatang Rosyadi menyebut Tim Gabungan Operasi Keselamatan Kapuas 2021 masih mendapati pelaku usaha yang tidak mengikuti protkes.

“Masih terdapat pelaku usaha yang tidak mengikuti Prokes Covid-19 maupun dan tidak mengindahkan himbauan Bupati Kubu Raya tentang aturan pelaksanaan buka dan tutup Tempat Usaha (Café atau Warkop) di masa Pandemi Covid-19,” ungkap Iptu Tatang Rosyadi

Sementara itu di lokasi berbeda Kapolres Kubu Raya, AKBP Yani Permana  meminta kepada para personil dalam pelaksanaan himbauan personil yang terlibat Operasi Keselamatan Kapuas 2021 tetap selalu berlaku sopan dan humanis terhadap masyarakat pelaku usaha.

“Walaupun masyarakat ada yang masih melanggar Protokol Kesehatan para personil diharapkan terus berprilaku sopan dan jangan terbawa emosi oleh masyarakat yang tidak mau menuruti anjuran petugas,” pungkas AKBP Yani Permana.

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Bandara Supadio Resmikan Layanan Genose

Published

on

By

Bandara Supadio Resmikan Layanan Genose

Gencil News – Bandara Internasional Supadio resmikan layanan GeNose C19. Acara ini berlangsung pada Gedung VIP Lama Bandara Supadio. Minggu(18/21).

Keberadaan layanan genose merujuk pada Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 12 tahun 2021 Tanggal 26 Maret 2021. Surat Edaran ini adalah ketentuan tentang perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandem Covid-19.

Genose menjadi alternatif screening / pemeriksaan kesehatan bagi  Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) selain Antigen dan PCR terhitung 01 April 2021.

“GeNose C19 sebagai sceening kesehatan baru terdapat di 5 Bandara yang dikelola PT.AP II yang mengimplementasikannya. GeNose C19 ini merupakan alat screening Covid 19 melalui hembusan nafas, dan hasilnya dapat diketahui dalam waktu 3 menit” ujar GM Bandara Internasional Supadio.
 
Untuk syarat pemeriksaan GeNose C19 bagi
– Calon penumpang dalam kondisi sehat.
– Telah memiliki tiket dan memesan layanan GeNose melakui aplikasi.
– Dilarang makan dan minum serta merokok kecuali minum air putih selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampel nafas.

– Calon penumpang wajib berkumur sebelum pemeriksaan sample nafas.

Persyaratan tersebut wajib dilakukan karena akan mempengaruhi hasil test, untuk biaya test GeNose C19 sebesar Rp40 ribu dan hasil ters GeNose C19 berlaku selama 1 hari.

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Wabup Sujiwo Sampaikan Ucapan Duka Wafatnya Ibunda Gubernur Kalbar

Published

on

Wabup Sujiwo Sampaikan Ucapan Duka Wafatnya Ibunda Gubernur Kalbar

Gencil News – Wabup Sujiwo Sampaikan Ucapan Duka Wafatnya Ibunda Gubernur Kalbar. Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo menyampaikan rasa duka mendalam atas meninggalnya ibunda Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Hj. Djaedah binti Said Lajim. Ungkapan duka cita tersebut disampaikan Sujiwo ketika melayat ke tempat persemayaman almarhumah di Pendopo Gubernur Kalbar, Jalan Ahmad Yani Pontianak, Sabtu (17/4/2021).

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Kubu Raya, saya menyampaikan dukacita yang teramat mendalam atas wafatnya ibunda Pak Gubernur, almarhumah Hj. Djaedah binti Said Lajim,” katanya.

Sujiwo mendoakan almarhumah mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. Ia juga berdoa agar keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi ketabahan.

“Semoga almarhum diampuni segala dosa dan khilafnya dan ditempatkan di sisi-Nya yang paling baik. Kepada Pak Gubernur dan segenap keluarga besarnya, kiranya diberi ketabahan,” harapnya.

Almarhumah Hj. Djaedah wafat di usianya yang ke-85 tahun. Mendiang rencananya akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Muslim Gang Tengah, Kelurahan Mariana, Kecamatan Pontianak Kota.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

TRENDING