Connect with us

Kabupaten Kubu Raya

Upaya Sri Mulyono Kepsek SMA 1 Ambawang, Perlu Diacungi Jempol

Published

on

Upaya Sri Mulyono Kepsek SMA 1 Ambawang, Perlu Diacungi Jempol
Dalam upaya persiapan sekolah tatap muka Tim Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat lakukan Rapid Test 207 dan Swab Tes 52 Staf dan Guru SMAN 1 Pontianak, Senin (03/08/2020).

GENCIL NEWS – Upaya yang dilakukan Sri Mulyono Kepala Sekolah (Kepsek) SMA 1 Ambawang patut diacungi jempol. Upaya Kepsek Sri Mulyono dalam upaya persiapan sekolah tatap muka. Adalah dengan menyiapkan serangkaian formula guna menghadapi kemungkinan dibukanya kembali sekolah di daerahnya.

Sri Mulyono menjelaskan ada kerinduan dari Siswa-siswinya untuk kembali melakukan pembelajaran tatap muka. Dan secara umum pihaknya telah menyiapkan semua kelengkapan yang harus disiapkan dalam pelaksanaan belajar tatap muka.

“Ada kerinduan belajar kembali seperti sediakala setelah sekian lama kami tidak lakukan proses belajar mengajar. Hal ini disampaikan siswa dan guru di sini tetapi tentu ketentuan serta kebijakan pimpinan dalam hal ini. Kepala Daerah dan Dinas Pendidikan tentu menjadi dasar kami lakukan itu,” ungkap Sri Mulyono.

Sri Mulyono menjelaskan jika kebijakan Pemerintah melaksanakan Pembelajaran secara tatap muka di berlakukan.

Pihaknya mengaku sudah siap dengan semua kelengkapan peralatan yang dibutuhkan. Demikian pula jika diberlakukan pembelajaran jarak jauh atau daring pihaknya juga sudah siap dengan peralatan yang ada di sekolah ini.

“Kami sifatnya menunggu arahan dari Pemerintah, jika diizinkan Pembelajaran Tatap Muka kami sudah siapkan tempat cuci tangan. Kami sudah siapkan alat penyemprotan disinfektan dan lain-lain yang disyaratkan dalam pembelajaran tatap muka itu,” jelasnya.

Sri Mulyono juga menjelaskan. Jika pembelajaran jarak jauh atau daring pihaknya mengaku sudah siap semua siswa diberikan fasilitas Kuota 3 gb.

Bagi yang mempunyai Hape dan yang tidak. Sekolah juga menyediakan ruangan laboratorium sekolah dengan fasilitas Internet dan guru pembimbingnya.

“Jika Pembelajaran Sistem daring kami juga sudah siap. Bahkan kami fasilitasi semua siswa kami dengan kuota 3 gb setiap bulan. Dan yang tidak punya HP Android kami siapkan Ruang Laboraorium dengan fasilitas internet dan guru pendampingnya,” jelasnya lagi.


Sri Mulyono mejelaskan pihak sekolah atas persetujuan pimpinan melakukan kerja sama dengan salah satu Provider internet. Sehingga bisa membantu dan mempermudah proses belajar mengajar jika nantinya menggunakan sistem daring atau belajar jarak jauh.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kabupaten Kubu Raya

Kubu Raya Berpotensi Menjadi Kandidat Lokasi World Mangrove Centre

Published

on

Kubu Raya Berpotensi Menjadi Kandidat Lokasi World Mangrove Centre

Gencil News- Kubu Raya Berpotensi Menjadi Kandidat Lokasi World Mangrove Centre. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Junaidi, M.M, Pimpin Rapat Pelaksanaan Pembahasan Dukungan Gubernur Kalbar terhadap pembentukan World Mangrove Centre (WMC).

File Foto : Climate Home -Hutan Mangrove Kalimantan

Kubu Raya Berpotensi Menjadi Kandidat Lokasi World Mangrove Centre. Pada rapat tersebut Asisten II Sekda Prov. Kalbar didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ir. Adiyani, M.T, serta Kepala Biro Perekonomian Setda Prov. Kalbar, Frans Zeno, S.STP, di Ruang Praja 2 Kantor Gubernur Kalbar , Kamis (17/9/2020).

Asisten II Sekda Prov.Kalbar menindaklanjuti arahan Gubernur Kalimantan Barat untuk memberikan kajian usulan pembentukan World Mangrove Centre atas Surat Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 090/1072/DLHK-V/KSDAE tanggal 12 Agustus 2020 tentang Permohonan Dukungan World Mangrove Centre di Kalimantan Barat.

Adapun beberapa inisiasi pembentukan World Mangrove Centre di Kalimantan Barat diantaranya yaitu berawal dari informasi yang disampaikan oleh Bapak Dr. Arif Havas Oegroseno ( Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Federal Jerman ) tentang peluang pembangunan World Mangrove Centre di Indonesia dalam webinar “Berdaya dengan Mangrove – Aksi Cerdas Konservasi Keanekaragaman Hayati” yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bekerjasama dengan Indonesia Mangrove Soceity, Mongabay Indonesia dan Yayasan KEHATI melalui zoom meeting pada Selasa, 21 Juli 2020.

Dikatakannya, Kalimantan Barat memiliki mangrove seluas 177.023,738 ha yang tersebar di 5 Kabupaten ( Kabupaten Sambas, Kabupaten Mempawah, Kabupateb Kubu Raya, Kabupaten Kayong Utara, dan Kabupaten Ketapang ). Keanekaragaman pada mangrove di Kalimantan Barat sangat unik dan langka, tempat hidup beberapa spesies pohon langka seperti Bruguiera Hainesii (Bakau Mata Buaya), Kandelia Candel (Lenggadai Betina) yang merupakan endemik Kalimantan dan Sumatera.

Selain pohon langka juga terdapat spesies binatang langka seperti Nasalis larvatus (Bekantan/Kera Hidung Besar) dan Irrasaddy dolphin (Ikan Pesut).

“Pemprov Kalbar melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan berinisiasi menindak lanjuti peluang tersebut dengan mengajukan ekosistem mangrove di Provinsi Kalbar untuk di jadikan WORLD MANGROVE CENTRE yang direncanakan berkedudukan di Kabupaten Kubu Raya,” ungkap Asisten II.

Asisten II Sekda Prov. Kalbar juga mengatakan berdasarkan data Luas Mangrove Kubu Raya terluas dibanding Kabupaten lainnya dari total luas hutan mangrove 177.023,738 Ha Kubu Raya memiliki luas hutan mangrove seluas 129.604,125 Ha serta memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang langka antara lain Bakau Mata Buaya yang hanya terdapat di 4 negara yaitu Singapura, Malaysia, Papua Nugini, dan Indonesia. Selain hal tersebut, Hutan Mangrove Kubu Raya terdapat mangrove sebanyak 33 jenis mangrove sejati dari 40 jenis mangrove sejati yang ada di Indonesia.

Selanjutnya, hal-hal yang menjadi pembahasan dalam rapat adalah mengenai potensi sebagai World Mangrove Centre merupakan bukti komitmen Pemprov Kalbar dalam menjaga ekosistem mangrove yang kaya akan keunikan dan keanekaragaman hayati sehingga kedepannya akan menjadi pusat penelitian dan pendidikan hingga wisata hijau yang akan dikelola langsung oleh masyarakat pesisir, pembahasan mengenai kelembagaan(organisasi), pembiayaan, pengelola dan berbagai aspek terkait lainnya dan Perlunya Dukungan Gubernur Kalbar terhadap pembentukan World Mangrove Centre di Hutan Mangrove Kubu Raya.

Pelaksanaan Rapat Pembahasan Dukungan Gubernur Kalimantan Barat terhadap pembentukan World Mangrove Centre juga dihadiri Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura serta dari LSM Sampan Kalbar.

Continue Reading

Berita Kalbar

Layanan Gratis DUKCAPIL Kubu Raya Untuk Masyarakat

Published

on

By

Gencil News – Layanan Gratis DUKCAPIL Kubu Raya terus berinovasi demi kemudahan pelayanan masyarakat ddimasa pandemi. Untuk menghindari adanya kerumunan antrean DUKCAPIL meluncurkan program Kurir Dukcapil Bisa (Kudu Bisa) dan Selesai Dalam Sehari (Seledri).

Layana Seledri ini merupakan layanan masyarakat bisa langsung mendapatkan tiga dokumen sekaligus dalam satu hari.

Dimana titik tekannya pada ibu yang melahirkan di fasilitas kesehatan baik itu Rumah Sakit atau Puskesmas.

Jika calon anak sudah memiliki nama dan syarat serta ketentuannya sudah lengkap dan benar, maka kita akan memberikan tiga dokumen kependudukan sekaligus diantaranya Akte Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA) dan nama si anak secara otomatis sudah terdata di kartu keluarga (KK) nya.

Dikutip dari RRI.co.id Kepala Disdukcapil Kabupaten Kubu Raya Nurmarini mengatakan,”kita berharap dengan adanya inovasi Seledri ini akan mempercepat proses penerbitan dokumen kependudukan, sehingga orang tua tidak perlu lagi datang ke dinas untuk mengantri untuk mendapatkan dokumen itu dan semua prosesnya tidak dipungut biaya sepersenpun atau gratis”.

Selain itu program terbaru yaitu program Kurir Dukcapil Bisa (Kudu Bisa). Yang mana program tersebut bertujuan untuk memudahkan masyrakat memliki KTP-elektronik. Kudu Bisa ini merupakan suatu program pengiriman langsung KTP-elektronik yang sudah tercetak ke setiap rumah-rumah dengan sistem kurir.

Layanan ini terus dijalankan semasa pandemi. Terlihat pada Rabu(09/10/2020) kemarin kurir KUDU menyerahkan langsung KTP elektronik  keapada penduduk sebagai implementasi program Kurir Dukcapil Bisa. Layanan ini gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Petugas Dinas Dukcapil yang datang mengantarkan dokument anda disertai surat tugas, tanda terima, dan gratis.

Dengan begitu anda tidak perlu lagi datang ke kantor pelayanan. Sehingga anda aman dari terjadinya kerumunan yang tidak baik dilakukan dimasa pandemi ini. Melalui inovasi pelayanan publik ini, Kubu Raya mendapatkan penilaian dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kemendagri RI sebagai Kabupaten terinovatif di Kalbar.

Terkait penilaian Litbang Kemendagri RI, Nurmarini menjelaskan, Inovasi ini telah mendapatkan 26 kriteria penilaian yang dianggap program itu merupakan suatu inovasi yang harus disiapkan regulasinya, Peraturan Bupati (Perbup)nya yang saat ini sedang dalam proses.

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Garuda Kubu Raya Gelar Program Tahunan Di Desa-desa

Published

on

Garuda Kubu Raya Gelar Program Tahunan Di Desa-desa

Gencil News – Dalam rangka menyemarakkan bulan Muharram 1442 Hijriyah, Gerakan Pemuda Desa (Garuda Kubu Raya) melalui devisi keagamaan menggelar “Istighosah Akbar” bersama masyarakat dan Ibu-ibu pengajian se-Desa Puguk. Bertempat di Surau Al-Umrah Dusun Meranti. Desa Bengkarek. Kec. Sui. Ambawang. Kab. Kubu Raya. Pada Minggu, (29/8/20).

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri 300 jamaah dari 7 delegasi Muslimatan se Desa Puguk, yang dikemas dengan Istighosah serta pengajian oleh Ustadz Fatahillah Abrar (Anggota DPRD Provinsi Kalbar) yang sekaligus Dewan Penasehat Garuda Kubu Raya selaku penceramah 1. Didampingi oleh Pengasuh Pondok Pesantren Raudhatul Ulum KH. Muhammad Rusdi Wahid selaku penceramah 2 sekaligus pemimpin istighosah.

Ketua panitia sekaligus ketua Garuda Desa Puguk, Rizal Samsul mengatakan terlaksananya kegiatan tersebut, untuk menyemarakkan bulan Muharram.

“Anak muda harus ikut andil dalam segala bentuk kegiatan termasuk menyemarakkan bulan yang mulia ini yakni Muharram dengan agenda yang bermanfaat.” ujarnya.

Muwafiq A. Md, selaku Ketua Devisi Keagamaan Garuda Kubu Raya juga menuturkan:

“Agenda Tahunan Garuda dari Devisi Keagamaan ini menginginkan syiar islam, juga untuk mempersatukan para penerus pemuda di lingkungan untuk ikut andil dalam peran dengan harus menjadi pemuda yang tidak hanya pandai bicara, tapi juga pacak dalam mengaplikasikan setiap perkataannya. Sebab masyarakat butuh peran pemuda yang andal.” jelasnya, saat ditemui usai memberikan sambutan.

Kegiatan tersebut disambut antusias sekali oleh seluruh peserta, bahkan salah satu Tamu Undangan Sekretaris Umum HIPMI Kalbar, M. Rizal Edwin mengatakan agar pemuda harus siap tempur dan siap gempur lebih-lebih urusan agama.

“Saya berharap, pemuda harus berkemajuan, seperti Garuda Puguk ini.” ungkap M. Rizal Edwin.

Selain itu, dalam sela ceramah agama yang disampaikan Ustadz Fatahillah Abrar juga menekan kepada pemuda agar selalu memiliki karakter berakhlakul karimah.

“…baik buruknya seseorang, dilihat dari perilaku atau akhlaknya.” Tuturnya.

Dalam ceramah di sesi kedua pun, KH. Muhammad Rusdi Wahid selaku pimpinan pondok di daerah tersebut berpesan kepada pemuda harus siap menjadi penegak Amar Ma’ruf Nahi Mungkar.

“Cegah segala kemungkaran yang ada di lingkungan, ajak orang-orang yang tidak Jumatan supaya mau sholat jumat. Ajak mereka mendekatkan diri kepada Allah, itu lebih utama tugas sebagai pemuda.” jelas dalam ceramahnya.

Harapan sekaligus ajakan dari Ketua Devisi Keagamaan Garuda Kubu Raya, Muwafiq A. Md, di sesi akhir sambutannya berpesan agar Garuda kedepan tidak menjadi pemuda yang tidak mau tahu apalagi sok tahu, tapi jadilah pemuda yang mau tahu, sebab itu ciri-ciri pemuda yang bodoh dan berhati-hatilah berteman dengan pemuda yang demikian.

“Itulah pesan Imam Ghazali.” Tutupnya.

Continue Reading

TRENDING