Connect with us

Kabupaten Landak

Banjir Berangsur Surut, Bupati Karolin Minta Semua Tetap Waspada

Published

on

Banjir Berangsur Surut, Bupati Karolin Minta Semua Tetap Waspada
Banjir Berangsur Surut, Bupati Karolin Minta Semua Tetap Waspada - Foto/Data Pemkab Landak

Gencil News – Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengingatkan masyarakat, perangkat desa, kecamatan serta OPD terkait untuk selalu waspada dengan bencana banjir, tanah longsor maupun angin puting beliung.

Walaupun saat ini kondisi banjir di Kabupaten Landak sudah berangsur surut di semua titik daerah yang terkena dampak banjir serta daerah yang terkena bencana longsor juga sudah dilakukan penanganan secara cepat dari Pemerintah Kabupaten Landak.

Ada 34 Dusun, 18 Desa dan 7 Kecamatan meliputi Kecamatan Ngabang, Menyuke, Menjalin, Meranti, Air Besar dan Kuala Behe yang terdampak banjir. Dengan total 1218 Kepala Keluarga (KK) dan 1714 rumah terendam bajir.

“Ini adalah banjir yang kelima untuk Kabupaten Landak, setiap banjir maupun bencana Pemda landak selalu memberikan bantuan dan pada saat banjir-banjir yang lalu Pemerintah telah menyiapkan bantuan yang juga di bantu oleh pemerintah provinsi berkaitan dengan penanganan pasca banjir.

Sehingga Kami sudah membagikan kurang lebih 20 ton beras dan makanan siap saji kepda desa-desa yang terdampak banjir, dan juga melakukan evakuasi terhadap warga yang kondisi rumahnya tidak memungkinkan untuk ditinggal,” ungkap Karolin saat meninjau banjir di Ngabang, selasa (08/09/20).

Karolin menambahkan pihaknya juga akan mendata daerah pertanian yang terdampak banjir, agar pada pasca banjir dapat diidentifikasi secara cepat wilayah pertanian yang terdampak banjir agar dapat diberikan bantuan.

“Kita juga sedang mendata daerah pertanian yang terdampak banjir agar dapat diidentifikasi daerah-daerah yang gagal panen, sehingga Kami akan meyiapkan bantuan benih agar masyarakat Kita dapat menanam kembali,” terang Karolin.

Lebih lanjut Bupati Karolin menjelaskan beberapa sarana dan prasarana yang rusak juga akan segera diinventarisasi terlebih dahulu agar dapat dilakukan penanganan lebih lanjut.

“Beberapa jembatan ada yang roboh, daerah ada yang terputus jalur transportasinya tentu akan Kami segera benahi kedepannya untuk membenahi jembatan, pembangunan jembatan darurat dan apapun bentuknya akan Pemerintah tangani,” jelas Karolin.

Bupati Karolin mengingatkan kepada masyarakat, perangkat desa, kecamatan serta OPD terkait untuk selalu waspada dengan kondisi cuaca saat ini.

Karena berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG intensitas curah hujan masih tinggi di wilayah Kabupaten Landak.

“Saya meminta semua harus waspada walaupun banjir saat ini sudah berangsur surut, tetapi masyarakat serta perangkat desa, kecamatan dan OPD terkait harus terus siaga apabila terjadi lagi curah hujan yang tinggi di Kabupaten Landak,” tutup Karolin.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kabupaten Landak

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalbar Pastikan Kadernya Patuh

Published

on

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalbar Pastikan Kadernya Patuh
Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalbar Pastikan Kadernya Patuh - Foto/data Pemkab Landak

Gencil News – Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalbar Pastikan Kadernya Patuh. Karolin Margret Natasa mengajak bakal calon kepala daerah dalam setiap pelaksanaan pemilu tentu pihaknya mengutamakan program kepada masyarakat. dr. Karolin Margret Natasa sebagai Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalbar memastikan kader yang diusung partainya akan patuh terhadap komitmen yang dibuat. Hal tersebut disampaikan Karolin saat menghadiri kegiatan deklarasi dan komitmen bersama Pilkada 2020 di Pontianak, Pada Kamis (17/09/20).

Foto File : Gesuri

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalbar Pastikan Kadernya Patuh. Bupati Landak ini pun menegaskan jika pada Pilkada 2020 dan setiap pelaksanaan pemilu tentu pihaknya mengutamakan program kepada masyarakat.

“Kita kader PDI Perjuangan Kalbar dan para bapaslon yang diusung tentu mengutamakan program demi kemajuan masyarakat daripada membawa isu SARA serta memberikan perubahan untuk daerah,” kata Karolin.

Karolin juga mengatakan saat masa kampanye nanti kader kepala daerah yang diusung oleh PDI Perjuangan harus mematuhi dan mentaati serta melaksanakan protokol kesehatan dalam melaksanakan rangkaian kegiatan pilkada.

“Kita juga tentu akan patuh terhadap protokol kesehatan karena keselamatan masyarakat lebih penting dan itu sudah Kita ingatkan kepada kader dan calon kepala daerah yang Kita usung,” terang Karolin.

Continue Reading

Kabupaten Landak

Bupati Landak Tanam Perdana Tanaman Terong Di Desa Salumang

Published

on

Bupati Landak Tanam Perdana Tanaman Terong Di Desa Salumang
Bupati Landak Tanam Perdana Tanaman Terong Di Desa Salumang - foto/data : Pemkab landak

Gencil News -Bupati Landak Tanam Perdana Tanaman Terong Di Desa Salumang. Bupati Landak Karolin Margret Natasa melakukan tanam perdana kebun pekarangan di Desa Salumang, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, senin (14/09/20).

Bupati Landak Karolin Margret Natasa didampingi Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Landak, Anggota DPRD Kabupaten Landak Dapil Landak 3 Nikodemus, Camat Mempawah Hulu serta Kepala Desa Salumang bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Rag’ant.

Bupati Landak melakukan penanaman tanaman terong dan juga menanam pohon sukun serta melihat pekarangan yang ada di KWT Rag’ant yang menanam aneka sayur mayur untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari sebagai bahan lauk pauk.

Bupati Karolin sangat mendukung tanaman pekarangan yang dilakukan oleh KWT Rag’ant, karena dalam masa Pandemi COVID-19 saat ini ekonomi sangat sulit dan dengan adanya tanaman pekarangan tersebut dapat mengurangi biaya belanja keluarga.

“Harapan Kita program ini bisa membangkitkan ibu-ibu untuk membudidayakan tanaman pangan, tanaman sayur mayor untuk kebutuhan keluarga, selanjutnya mulai dipikirkan agar ini dapat menjadi sumber mata pencaharian,” ucap Karolin.

Bupati Landak Tanam Perdana Tanaman Terong Di Desa Salumang. Selain itu Bupati Karolin mengajak kelompok wanita tani untuk sungguh-sungguh melakukan penanaman tanaman pangan, sayur mayor, maupun produk unggulan lain yang bisa menambah pendapatan masyarakat.

“Kedepannya mudah-mudahan kalau Kadesnya serius untuk membina KWT, pengembangan produk-produk unggulan lain di desa itu bisa dipikirkan karena dibeberapa tempat ada yang sudah berhasil. Kalau mau menjadi sumber mata pencaharian ibu-ibu harus kompak tidak bisa satu atau dua kelompok saja yang menanam karena para pengusaha akan membeli dalam jumlah yang besar,” terang Karolin.

Continue Reading

Kabupaten Landak

Bupati Landak Dukung FKUB Meningkatkan Keamanan Dan Toleransi

Published

on

Bupati Landak Dukung FKUB Meningkatkan Keamanan Dan Toleransi
Bupati Landak Dukung FKUB Meningkatkan Keamanan Dan Toleransi - Foto/data : Pemkab Landak

Gencil News – Bupati Landak Karolin Margret Natasa dengan tegas mendukung program-program yang dicanangkan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Landak terutama terkait keamanan dan toleransi antar umat beragama agar tetap harmonis.

Hal itu disampaikan Karolin saat melakukan pertemuan dengan pengurus FKUB Kabupaten Landak yang digelar diruang rapat Bupati Landak, Rabu (09/09/20).

“Kami siap mendukung program-program FKUB untuk bersama-sama meningkatkan keamanan dan keharmonisan di Kabupaten Landak,” kata Karolin.

Menurut Karolin organisasi keagamaan maupun masyarakat ini harus bergandeng bersama pemerintah mensosialisasikan program-program menyampaikan pesan-pesan pembangunan, kesehatan dan toleransi melalui bahasa agama.

“Kami juga ingin organisasi keagaaman seperti FKUB juga melalui programnya bisa membantu pemerintah mensosialisasikan program-program pembangunan, program kesehatan dengan bahasa agama,” ujar Karolin.

Sebagai bentuk dukungan Bupati Landak menyatakan telah berusaha semaksimal mungkin menganggarkan dari APBD membantu berjalannya program-program dari FKUB.

Sementara itu Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Landak Pendeta Johan menyatakan bahwa dukungan dari Bupati Landak ini patut diapresiasi demi berjalannya program-program yang akan dilaksanakan kedepan.

“Program-program FKUB itu telah kami sampaikan ke Bupati, dan beliau sangat mendukung program-program itu,” kata Johan.

Adapun beberapa program yang akan dijalankan oleh FKUB Kabupaten Landak ini yaitu akan turun keseluruh Kecamatan dan desa menemui tokoh-tokoh agama mensosialisaikan sikap toleransi, menciptakan keamanan ditengah pandemi hingga mensosialisasikan protokol kesehatan.

“Pertama yang akan kita sampaikan yaitu terkait keamanan bagaimana kondisi di Kecamatan, desa, jadi kami akan bertemu dengan tokoh-tokoh agama, para Camat, Kapolsek hingga Kepala Desa,” ungkapnya.

Diwaktu yang sama Mukhlis selaku Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Landak usai melakukan pertemuan dengan Bupati Landak sangat mengapresiasi dukungan dari pemerintah daerah Kabupaten Landak.

“Beberapa program kita minta bantu dalam hal ini Kementerian Agama ada dana operasional yang digelontorkan oleh FKUB, dan Ibu Bupati tadi telah menyanggupi dari APBD Kabupaten Landak akan suport kegiatan-kegiatan FKUB tapi sesuai dengan dana dan kemampuan yang ada,” kata Mukhlis

Continue Reading

TRENDING