Connect with us

Kabupaten Landak

Bupati Landak Serahkan BLT Ke Masyarakat Hilir Kantor

Published

on

Bupati Landak Serahkan BLT Ke Masyarakat Hilir Kantor
Bupati Landak Serahkan BLT Ke Masyarakat Hilir Kantor - Pemkab Landak

GENCIL NEWS – Bupati Landak Karolin Margret Natasa secara langsung menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kepada masyarakat Desa Hilir Kantor, Kecamatan Ngabang, Selasa (30/06/20).

Penyaluran BLT Dana Desa ini dilakukan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat penerima bantuan dalam bentuk anjungan tunai mandiri (ATM). Yang difasilitasi Pemerintah Kabupaten Landak bekerjasama dengan Bank Kalbar. Turut disaksikan oleh Camat Ngabang, Kepala Desa Hilir Kantor, dan pimpinan Bank Kalbar cabang Ngabang.

Dengan adanya penyaluran BLT Dana Desa langsung melalui rekening ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam menerima bantuan. Karena dengan sistem ini masyarakat tidak perlu mengantri dan menghadapi kerumunan. Untuk pengambilan bantuan masyarakat bisa kapan saja melalui mesin ATM yang tersedia.

Dalam sambutannya Bupati Landak Karolin Margret Natasa manyampaikan bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada maayarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

“Negara tidak menutup mata, bahwa kita semua sedang susah. Dengan situasi COVID-19 ini ekonomi lesu, cari kerja susah. Banyak sekali persoalan belum lagi kalau ada yang sakit makanya dibantu oleh bapak presiden,” kata Karolin.

Bupati Landak berharap bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

“Oleh karena itu bantuan ini tolong digunakan dengan sebaik-baiknya. Manfaatkan untuk kepentingan keluarga. Pakailah dengan bijaksana untuk keperluan sehari-hari. Kita bersyukur pemerintah telah memberikan perhatian,” ujar Bupati Landak.

Di Desa Hilir Kantor sendiri dari lima ribu warganya yang berhak mendapat bantuan hanya 158 Kepala Keluarga saja. Yang telah memenuhi syarat dan kriteria untuk menerima bantuan sebesar 600 ribu perbulan.

“Yang hari ini memperoleh bantuan adalah yang sudah memenuhi syarat dan kriteria serta administrasi. Bantuan ini juga untuk mereka yang tidak mendapatkan bantuan lain dari pemerintah,” ungkap Karolin.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kabupaten Landak

Bupati Landak Imbau Masyarakat Tidak Membakar Lahan

Published

on

Bupati Landak Imbau Masyarakat Tidak Membakar Lahan
Bupati Landak Imbau Masyarakat Tidak Membakar Lahan - Foto Pemkab Landak

GENCIL NEWS – Bupati Landak Karolin Margret Natasa dalam setiap kesempatan melakukan kunjungan kerja ke desa selalu mengajak masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan dengan tujuan dapat menekan titik hotspot dan akibat yang terjadi ketika terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Bupati Landak meminta masyarakat terutama pada petani untuk dapat membuka lahan dengan cara tidak membakar lahan seperti melakukan pertanian sawah ataupun memberikan racun rumput agar dapat membuka lahan secara aman dari karhutla.

“Saya meminta kepada masyarakat jangan lagi melakukan pembakaran jika membuka lahan pertanian, karena Saya tidak mau lagi masyarakat berurusan dengan aparat keamanan. Untuk para petani yang mendapatkan bantuan ini Saya juga sudah memberikan bantuan untuk racun rumput agar dapat membersihkan rumput ketika membuka lahan pertanian, sehingga kita bisa menekan titik hot spot di Kabupaten Landak dan dampak asapnya tidak mengganggu orang lain,” ungkap karolin saat melalukan kunjungan kerja di Desa Sebangki, Kamis (30/07/20).

Karolin mengatakan jika memang harus melakukan pembakaran lahan akan diatur secara Peraturan Bupati tentang tata cara melakukan pembakaran hutan secara aman dan tidak menyebabkan dampak yang besar dari Karhutla tersebut.

“Kalaupun terpaksa harus dibakar, Saya hanya memberikan ijin pembakaran hanya untuk tanam padi saja tidak untuk yang lainnya apalagi untuk lahan sawit, itu tidak boleh. Dan dalam waktu dekat ini Saya akan mengeluarkan Peraturan Bupati tentang tata cara membuka lahan dengan cara dibakar, tetapi Saya meminta masyarkat agar melakukan cara lain selain membakar lahan,” terang Bupati Landak.

Berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 103 Tahun 2020 tentang Pembukaan Area Lahan Berbasis Kearifan Lokal, Pemerintah Kabupaten Landak juga akan mengeluarkan Peraturan Bupati terkait dengan hal tersebut.

“Salah satu isi dari Perbup tersebut yakni setiap kepala keluarga hanya boleh melalukan pembakaran seluas 2 hektare saja tidak boleh lebih. Selain itu, pembakaran lahan dilakukan secara bergantian dan diawasi bersama oleh masyarakat, nanti kepala desa akan menjadwalkan waktu pembakaran lahan yang sudah disetujui oleh camat dan instansi terkait. Ini akan segera kita lakukan,” jelas Bupati Landak. (pemkab landak)

Continue Reading

Kabupaten Landak

Sekolah Dibuka 1 Agustus, Bupati Landak Tinjau Kesiapan Sekolah

Published

on

Sekolah Dibuka 1 Agustus, Bupati Landak Tinjau Kesiapan Sekolah

 GENCIL NEWS – Sesuai pernyataan dari Gubernur Kalimantan Barat beberapa waktu lalu (21/07/20), bahwa sekolah sudah bisa melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah mulai Agustus mendatang.

Walau belum untuk semua kelas. Untuk itu segala persiapan harus segera dilakukan mulai dari melakukan swab test terhadap guru dan murid. Penyediaan fasilitas cuci tangan disekolah, hingga pengaturan kelas.

Menindaklanjuti hal ini, Bupati Landak Karolin Margret Natasa didampingi kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta pihak Dinas Kesehatan telah turun meninjau sekolah di SMA Negeri 1 Ngabang yang memulai persiapan awal yaitu melakukan pemeriksaan swab terhadap para guru dan siswa, Selasa (28/07/20).

“Sesuai arahan pak Gubernur, kita lakukan pemeriksaan swab untuk anak-anak kelas XII SMA. Ini sebagai tahap awal uji coba pembelajaran tatap muka,” terang Karolin.

Selain itu Bupati Landak juga meninjau kesiapan sekolah apakah sudah menyediakan fasilitas yang diminta sesuai protokol kesehatan, mulai dari penyediaan tempat cuci tangan, hingga pengaturan ruang kelas yang standar.

“Selain itu kesiapan sekolah juga hari ini kita lihat, Kami harapkan nanti ada kebijakan dari pemerintah Provinsi yang katanya sudah siap untuk belajar tatap muka, ada konsekuensi-konsekuensinya mulai tes swab dan mempersiapkan ruang kelas,” jelas Bupati Landak.

Lebih lanjut Bupati Landak mengatakan bahwa jika semua persiapan sudah matang dan telah memenuhi standar, baru sekolah akan dibuka dengan tetap dilakukan evaluasi berkala.

“Tunggu sampai siap semua baru ini buka dan baru kita evaluasi berkala, nanti kalau dibuka pun akan terus kami monitor.Kalau ditemukan kasus positif kita tutup lagi,” tukas Karolin.

Untuk pemeriksaan swab yang dilakukan di SMA Negeri 1 Ngabang ini sebagai tahap awal dilakukan kepada 376 orang yang terdiri dari 318 siswa, dan 58 orang guru beserta Staf Tata Usaha. Hal ini disampaikan oleh Waka Kesiswaan Sisilia.

“376 orang terdiri siswa kelas dua belas dan guru beserta Staf, 318 orang siswa, guru dan TU itu 58 orang,” ungkapnya.

Sisilia berharap semua hasil pemeriksan swab ini nantinya negatif agar sekolah bisa melaksanakan pemmbelajaran tatap muka sesuai yang diharapkan pemerintah.

“Harapan kita semuanya hasilnya negatif, agar nanti kita bisa melaksanakan apa yang diharapkan oleh pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka secara bertahap,” kata Sisilia.

Terkait penyediaan fasilitas sesuai protokol kesehatan, Sisilia menyampaikan pihak sekolah pasti berupaya menyediakan apa yang dimminta.

“Kita nanti akan menyiapkan seperti apa yang diminta sesuai dengan pencegahan COVID-19, nanti kita akan menyiapkan tempat cuci tangan dengan air mengalir, dan untuk pembagian kelas nanti kita akan sesuaikan kondisinya memungkinkan itu akan mengadakan satu kelas dibagi dua, kita akan buat jadwal,” tambahnya. (pemkab landak)

Continue Reading

Kabupaten Landak

Hari Bhakti Adhyaksa Ke-60, Bupati Landak : Kejaksaan Harus Lebih Dekat Dengan Masyarakat

Published

on

Hari Bhakti Adhyaksa Ke-60, Bupati Landak : Kejaksaan Harus Lebih Dekat Dengan Masyarakat
Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-60 - Foto pemkab Landak

GENCIL NEWS – Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa Ke-60, Kejaksaan Negeri Landak menggelar perayaan secara sederhana di Ngabang dengan dihadiri oleh Bupati Landak, Kapolres Landak dan Kepala Pengadilan Negeri Landak, Rabu (22/07/20).

Kepala Kejaksaan Negeri Landak Baringin menyampaikan bahwa perayaan hari ulang tahun Kejaksaan yang ke-60 tahun ini digelar dengan penuh kesederhana mengingat saat ini masih dalam kondisi Pandemi COVID-19.

“Sesuai dengan perintah pimpinan, perayaan kita sederhana saja yang penting tidak menguragi rasa khidmatnya, terimakasih kepada teman-teman Forkopimda atas kehadirannya, suport dan doanya, semoga kita selalu kompak,” ucap Baringin.

Sementara itu, Bupati Landak Karolin Margret Natasa berharap diusia yang ke-60, Kejaksaan bisa semakin meningkatkan kinerja dan profesionalitasnya terutama dalam melayani masyarakat.

“Saya ucapkan selamat Ulang tahun yang ke-60. Dengan bertambahnya usia, keluarga besar kejaksaan mudah-mudahan bisa terus meningkatkan kinerjanya dan profesionalitasnya mendampingi Pemerintah Kabupaten Landak agar bisa berjalan dengan baik dan benar-benar sampai kepada masyarakat,” tutur Karolin.

Pada hari jadi Kejaksaan yang ke-60 ini, Bupati Landak ingin Kejaksaan Negeri Landak juga bisa meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terlebih saat ini Kantor Kejari Landak dalam proses renovasi gedung baru yang nanti bisa dimanfaatkan dengan baik dalam melayani masyarakat.

“Mudah-mudahan nanti dengan gedung yang baru pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik lagi. Karena ada perubahan paradigma baru yang diharapkan masyarakat bisa lebih dekat dengan kejaksaan,” ujar Karolin.

Tidak lupa pada momentum ini Karolin mengajak jajaran Kejaksaan Negeri Landak untuk bisa terus bersinergi dengan pemerintah kabupaten Landak terutama dalam mengawal program-program dimasa Pandemi COVID-19 saat ini.

”Semoga semakin jaya dan kepada Kejaksaan Negeri Landak kami harapkan terus upayanya bersama-sama dengan Pemda Landak dalam mengawal program-program dimasa COVID-19 saat ini,” tukas Karolin. (pemkab landak)

Continue Reading

Kumpulan Resep Masakan Enak

TRENDING