Pemkab Landak Canangkan Zona Integritas di PN Kelas II Ngabang
Connect with us

Kabupaten Landak

Pemkab Landak Canangkan Zona Integritas di PN Kelas II Ngabang

Published

on

Pemkab Landak Canangkan Zona Integritas di PN Kelas II Ngabang
Pemkab Landak Canangkan Zona Integritas di PN Kelas II Ngabang - Foto/Data Pemkab Landak

Gencil News – Bupati Landak Karolin Margret Natasa yang didampingi Ketua Pengadilan Negeri Ngabang, Ketua DPRD Landak, Kapolres Landak dan Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Landak melakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Negeri Ngabang Kelas II, kamis (21/01/21).

Pembangunan zona integritas merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk membangun program reformasi birokrasi untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan professional.

Dalam sambutannya Bupati Landak mengatakan bahwa pembangunan zona integritas tersebut menargetkan tercapainya tiga sasaran utama yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi pemerintah yang bersih dan bebas KKN serta pelayanan publik.

“Saya mendorong Pengadilan Negeri Ngabang untuk memberikan pelayanan hukum secara prima serta bersih dan bebas KKN kepada masyarakat pencari keadilan sehingga berdampak positif terhadap kredibilitas, akuntabilitas dan kinerja Pengadilan Negeri Ngabang Kelas II yang nantinya akan menjadi contoh atau teladan oleh instansi atau lembaga pelayanan publik di Kabupaten Landak,” ucap Karolin.

Selain itu, Bupati Karolin berpesan kepada Pengadilan Negeri Ngabang Kelas II untuk menyiapkan rencana aksi yang kongkrit, terus bekerja dan saling bersinergi dalam melaksanakan tugas untuk mewujudkan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

“Secara moral dan psikologi ada tanggung jawab baru bagi bapak dan ibu yang ada di Kantor Pengadilan Negeri Ngabang ini untuk bisa menjalankan amanah dengan sungguh-sungguh, demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Landak,” terang Karolin.

Ketua Pengadilan Negeri Ngabang Kelas II Estafana Purwanto menjelaskan gerakan zona integritas merupakan salah satu kewajiban bagi lingkungan Mahkamah Agung termasuk di Pengadilan Negeri Ngabang Kelas II, selain itu Pengadilan Negeri saat ini tidak hanya bekerja dalam sebuah perkara saja tetapi juga ada pelayanan non perkara.

“Untuk di Pengadilan Negeri Ngabang ini sendiri selain bekerja menangani masalah perkara, Kami juga melakukan pelayanan non perkara seperti pemberian Surat Keterangan, pendaftaran Badan Usaha serta konsultasi di Pengadilan Negeri Ngabang. Dari januari ini saja pelayanan Surat Pengadilan Negeri Ngabang itu sudah ad 1249 surat dan Kita sudah melayani dengan baik yakni pemberian surat tersebut tidak dikenakan biaya tambahan apapun kecuali BNBP Rp. 20.000,- saja,”ungkap Estafana.

Estimated reading time: 2 minutes

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Landak

Bupati Landak Ingatkan Kades Pada Pembayaran Non Tunai

Published

on

Bupati Landak Ingatkan Kades Pada Pembayaran Non Tunai

Gencil News – Bupati Landak Karolin Margret Natasa melakukan sosialisasi kebijakan pembayaran non tunai dalam pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di Kabupaten Landak, di aula utama Kantor Bupati Landak, dengan dihadiri para peserta secara virtual, rabu (24/02/21).

Bupati Landak mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa di Kabupaten Landak pada penerapan sistem pembayaran secara non tunai dalam pelaksanaan APBDes, dimana tahap persiapan berupa penjajakan dan pembelajaran telah dilakukan sejak tahun 2019 yang lalu.

“Saya berharap tidak ada lagi pemerintah desa yang merasa asing dengan adanya kebijakan penerapan transaksi non tunai ini. Hal ini sebenarnya sudah Kita mulai sebenarnya oleh sebagian besar desa pada tahun 2020, yakni penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) melalui transfer dari Bank ke rekening KPM,” ucap Karolin.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten, sebanyak 90 desa telah menggunakan mekanisme pembayaran BLT-DD secara non tunai dari 156 desa yang ada di Kabupaten Landak.

Bupati Karolin menjelaskan bahwa dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, penyelenggaraan pemerintahan termasuk pemerintahan desa dituntut untuk segera beradaptasi. Hal ini dilakukan sebagai sarana peningkatan kualitas kerja yang lebih produktif dan efisien.

“Dalam rangka pengelolaan keuangan desa telah digunakan aplikasi seperti Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Dan Anggaran Negara (OM-SPAN). Pengelolaan keuangan desa tidak terlepas dari transaksi perbankan dalam mendukung transaksi keuangan yang aman, efektif dan efisien,” terang Karolin.

Pembayaran non tunai di Kabupaten Landak bekerjasama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bank Kalbar, yakni dengan menggunakan Cash Management System (CMS).

Continue Reading

Kabupaten Landak

40 Pegawai Terima SK PPPK, Bupati Landak Minta Pegawai Disiplin Kerja

Published

on

40 Pegawai Terima SK PPPK, Bupati Landak Minta Pegawai Disiplin Kerja
40 Pegawai Terima SK PPPK, Bupati Landak Minta Pegawai Disiplin Kerja - Foto/Data Pemkab Landak

Genci News – Bupati Landak Karolin Margret Natasa menyerahkan Keputusan Bupati Landak tentang Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap I, sekaligus melantik dan mengambil sumpah pegawai PPPK di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak di Aula Kantor Bupati Landak, Selasa (16/02/21).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Landak, Sekda Landak, Staf Ahli, Asisten Sekda, serta Kepala OPD terkait.

Dalam sambutanya Bupati Landak menyampaikan bahwa penerimaan PPPK dilakukan melalui proses seleksi yang sangat ketat dengan mengikuti peraturan yang berlaku.

“Sebagaimana Kita ketahui bahwa penerimaan PPPK dilakukan melalui proses seleksi yang sangat ketat dan tentunya merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi seseorang yang telah berhasil lolos dalam seleksi tersebut,” ujar Bupati Landak.

Dalam kegiatan ini Bupati Karolin meminta para pegawai untuk melaksanakan kewajiban dengan penuh tanggung jawab, berintegrasi serta menjunjung tinggi nilai kehormatan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Jika pegawai menunjukan kinerja yang baik maka saudara akan mendapatkan perhatian dan penghargaan yang setimpal sesuai prestasi yang saudara miliki, tetapi sebaliknya saudara akan mendapat hukuman disiplin jika melakukan tindakan indipliner, tidak menjunjung kinerja yang baik atau melanggar peraturan. Bahkan akan sampai pada tidak diperpanjangnya perjanjian kerja setelah selesainya masa perjanjian kerja tahap pertama ini,” jelas Bupati Landak.

Lebih lanjut Bupati Karolin berharap kepada para pegawai untuk terus belajar supaya kemampuan dan kompetensi pegawai terus berkembang dengan perkembangan zaman yang terus maju.

“Saudara-saudara juga harus terus belajar supaya memiliki kemampuan dan kompetensi, karena sebagai ASN kita dituntut untuk dapat menggunakan teknologi sebagai penunjang pekerjaan dalam peningkatan profesionalisme, kinerja dan kompetensi,” imbuhnya.

Sebelum mengakhiri sambutan Bupati berpesan dalam melaksanakan tugas dimanapun posisinya harus mampu menjadi teladan bagi pegawai dengan mengutamakan kedisiplinan dan selalu taat pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tetap mengedepankan pengabdian, dedikasi, loyalitas dan tanggung jawab sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, bahkan sosok aparatur harus menjadi figur yang patut dan pantas menjadi teladan masyarakat dalam perilaku kedinasan dan pergaulan sehari-hari.

“Bagi saudara-saudara yang bertugas di daerah terpencil, anda harus mampu berinteraksi dengan masyarakat disekitar serta dapat memberikan pengaruh-pengaruh yang baik atau berpengaruh positif bagi masyarakat dimanapun saudara ditugaskan,” pinta Karolin

.Seperti diketahui bahwa pengangkatan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja tahap I ini sebanyak 40 orang pegawai yang terdiri dari 17 tenaga guru, sedangkan 23 orang lainnya merupakan tenagah penyuluh pertanian yang proses penerimaannya dilakukan pada tahun 2019 dengan mengikuti proses seleksi kompetensi menggunakan system Computer Asisted Test (CAT) Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Continue Reading

Kabupaten Landak

Kepala Bank Kalbar Tinjau Potensi Wisata Air Merah Kabupaten Landak

Published

on

By

Kepala Bank Kalbar Tinjau Potensi Wisata Air Merah Kabupaten Landak
Kepala Bank Kalbar, Kades Mungguk, serta Ketua Pokdarwis Mutiara meninjau wisata Air Merah Di Desa Mungguk Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak

Gencil News – Kepala Bank Kalbar, Kades Mungguk, serta Ketua Pokdarwis Mutiara Desa Mungguk tinjau potensi Wisata Air Merah.

Mungguk-Ngabang- Dukung Wisata Desa Mungguk Kepala Bank Kalbar Cabang Ngabang bersama tim kunjungi Wisata Air Merah. Rabu, (17/02/21).

Toni Akbar Ketua Pokdarwis Mutiara Desa Mungguk Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak dengan senang hati dapat menyambut kedatangan Kepala Bank Kalbar. Kepala Bank Kalbar datang bersama tim di Desa Mungguk serta dapat berkunjung ke Wisata Air Merah. Salah satu objek wisata alam di Desa Mungguk.

“Harapannya dengan datangnya Kepala Bank Kalbar bersama tim di Desa Mungguk dan berkunjung di Wisata Air Merah. Dapat membantu mempromosikan Wisata Air merah dan secara perlahan dapat membantu membangun Wisata Air Merah. Demi kemajuan wisata Air Merah kedepan serta menambah jumlah pengunjung nantinya, ” Ungkapnya.

Kepala Bank Kalbar Cabang Ngabang Sudirman mengatakan melihat potensi wisata Air Merah yang sangat cocok sebagai objek wisata. Serta jarak dari pusat kota sangat dekat hanya membutuhkan waktu -+ 30 menit.

“Sehingga kami bersama tim memiliki komitmen untuk membantu pembangunan Air merah. Semoga bantuan kami dapat menambah nilai Wisata Air Merah, “Ujarnya

Sudirman menambahkan Desa Mungguk harus mempunya brand lokal yang dapat di jual yang menjadi daya tarik wisata. Kemudian makanan lokal, kerajinan lokal serta pembenahan desa yang khas untuk Desa Mungguk. Selain itu Aman, Tertip, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah Tamah serta Kenangan harus tetap di jaga.

Mulyadi Kades Desa Mungguk mengatakan kami atas nama Pemerintah Desa Mungguk sangat senang dengan kedatangan pihak Bank Kalbar. Serta menambah semangat kami untuk membangun desa kami, mudah-mudahan dengan bantuan pihak Bank Kalbar Desa Mungguk. Objek Wisata Desa Mungguk kedepannya dapat semakin dikenal, menambah kunjungan wisata hingga menambah nilai Desa Mungguk di Masyarakat.

Objek Wisata Sebagai Investasi Desa

Kades Mungguk juga apresiasi Kepada Masyarakat yang mulai sadar dengan pentingnya Bidang Pariwisata. Serta objek wisata karena adanya Objek wisata kedepannya menjadi investasi Desa.

“Semoga kedepannya dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Desa,” Pungkasnya

Dalam hal ini Mulyadi juga mengapresiasi kepada pemuda Desa Mungguk yang telah semangat membangun objek Wisata Desa Mungguk terutama Air Merah.

Citizen Report : Ya’ Hari Purwadi

Continue Reading

Advertisement

KORAN GENCIL NEWS

TRENDING