Connect with us

Kabupaten Landak

Pemkab Landak Keluarkan Surat Edaran Idul Fitri

Published

on

Pemkab Landak Keluarkan Surat Edaran Idul Fitri – Bupati Landak Karolin Margret Natasa bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak Muhlis bersama Ketua MUI Kabupaten Landak, Pengurus Muhammadiyah Kabupaten Landak, Pengurus NU Kabupaten Landak dan Dewan Masjid Kabupaten Landak melakukan rapat koordinasi terkait pelaksanaan takbir, sholat Idul Fitri dan silahturahmi saat pandemi COVID-19, di Pendopo Bupati Landak, selasa (19/05/20).

Dalam rapat tersebut Bupati Landak mendengarkan saran dan pendapat dari Kemenag dan Organisasi Islam yang ada di Kabupaten Landak agar dapat memberikan keputusan yang terbaik untuk ummat Islam yang akan menjalankan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah serta memberikan rasa aman untuk masyarakat Kabupaten Landak dari Penyebaran COVID-19.

Berdasarkan hasil kesepakatan Bupati Landak mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor : 400/233/BAG-KESRA/2020 tentang Pelaksanaan Takbir, Sholat Idul Fitri dan Silahturahmi Saat Pandemi COVID-19 dengan merujuk kepada Surat Edaran Menteri Agama Nomor : SE.6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah dalam upaya pencegahan COVID-19 di Kabupaten Landak.

“Berdasarkan data dan fakta bahwa kasus Covid-19 di Kabupaten Landak saat ini sedang pada fase puncak Pandemi COVID-19 kita melakukan kebijakan yang terbaik untuk seluruh masyarakat Kabupaten Landak. Kita memahami keinginan masyarakat berkatifitas seperti biasanya, namun kondisi saat ini belum memungkinkan masyarakat melakukan aktifitas diluar rumah. Sehingga kita mengeluarkan Surat Edaran untuk Hari Raya Idul Fitri,” ucap Karolin.

Bupati Landak menambahkan agar masyarakat Kabupaten Landak dapat memahami kebijakan yang dikeluarkan pemerintah demi menjaga keamanan masyarakat agar tidak tertular COVID-19.

“Meskipun keputusan yang diambil pemerintah tidak populer dan bahkan menimbulkan pro dan kontra terhadap Saya, namun hal tersebut bertujuan untuk melindungi masyarakat Kabupaten Landak dari penularan COVID-19. Itulah tugas pemerintah,” terang Karolin.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak Muhlis mendukung kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Landak serta akan membantu mensosialisakan bersama Organisasi Masyarakat Islam terkait Surat Edaran Bupati Landak pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

“Kita bertemu dengan Bupati Landak menanyakan situasi dan kondisi Kabupaten Landak terkait pandemi Covid-19 saat ini dan menyikapi Fatwa MUI terkait pelaksanaan shalat Idul Fitri dimasa Pandemi COVID-19. Terkait Surat Edaran Bupati Landak Kita bersama Ormas Islam akan membantu mensosialisasikan Surat Edaran tersebut, ini merupakan kebijakan yang tepat untuk Ummat Islam dan masyarakat Kabupaten Landak,” ungkap Muhlis.(pemkab landak)

Kabupaten Landak

Bupati Landak Serahkan BLT Ke Masyarakat Hilir Kantor

Published

on

Bupati Landak Serahkan BLT Ke Masyarakat Hilir Kantor
Bupati Landak Serahkan BLT Ke Masyarakat Hilir Kantor - Pemkab Landak

GENCIL NEWS – Bupati Landak Karolin Margret Natasa secara langsung menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kepada masyarakat Desa Hilir Kantor, Kecamatan Ngabang, Selasa (30/06/20).

Penyaluran BLT Dana Desa ini dilakukan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat penerima bantuan dalam bentuk anjungan tunai mandiri (ATM). Yang difasilitasi Pemerintah Kabupaten Landak bekerjasama dengan Bank Kalbar. Turut disaksikan oleh Camat Ngabang, Kepala Desa Hilir Kantor, dan pimpinan Bank Kalbar cabang Ngabang.

Dengan adanya penyaluran BLT Dana Desa langsung melalui rekening ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam menerima bantuan. Karena dengan sistem ini masyarakat tidak perlu mengantri dan menghadapi kerumunan. Untuk pengambilan bantuan masyarakat bisa kapan saja melalui mesin ATM yang tersedia.

Dalam sambutannya Bupati Landak Karolin Margret Natasa manyampaikan bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada maayarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

“Negara tidak menutup mata, bahwa kita semua sedang susah. Dengan situasi COVID-19 ini ekonomi lesu, cari kerja susah. Banyak sekali persoalan belum lagi kalau ada yang sakit makanya dibantu oleh bapak presiden,” kata Karolin.

Bupati Landak berharap bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

“Oleh karena itu bantuan ini tolong digunakan dengan sebaik-baiknya. Manfaatkan untuk kepentingan keluarga. Pakailah dengan bijaksana untuk keperluan sehari-hari. Kita bersyukur pemerintah telah memberikan perhatian,” ujar Bupati Landak.

Di Desa Hilir Kantor sendiri dari lima ribu warganya yang berhak mendapat bantuan hanya 158 Kepala Keluarga saja. Yang telah memenuhi syarat dan kriteria untuk menerima bantuan sebesar 600 ribu perbulan.

“Yang hari ini memperoleh bantuan adalah yang sudah memenuhi syarat dan kriteria serta administrasi. Bantuan ini juga untuk mereka yang tidak mendapatkan bantuan lain dari pemerintah,” ungkap Karolin.

Continue Reading

Kabupaten Landak

Bupati Landak Protes PLN Tangguhkan Pemasangan Listrik Subsidi

Published

on

Bupati Landak Protes PLN Tangguhkan Pemasangan Listrik Subsidi
Bupati Landak Protes PLN Tangguhkan Pemasangan Listrik Subsidi - Foto Pemkab Landak

GENCIL NEWS – Untuk sementara waktu mulai pertengahan tahun 2020 ini Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Ngabang. Belum melayani pemasangan listrik skala rumah tangga dengan daya 450 va dan 900 va yang dikarenakan adanya kebijakan baru dari PLN agar subsidi listrik bisa dialihkan kepada pemasangan baru.

PLN Rayon Ngabang saat ini hanya bisa menampung semua permohonan yang diajukan warga sampai menunggu kebijakan selanjutnya dari PLN dan kebijakan ini bukan saja berlaku di Kabupaten Landak melainkan seluruh area Kalimantan Barat.

Menanggapi hal tersebut Bupati Landak Karolin Margret Natasa meminta PT. PLN (Persero) untuk segera mengeluarkan kebijakan secara cepat agar masyarakat tidak terlalu lama menunggu pemasangan listrik skala rumah tangga tersebut.

“Saya meminta pihak PLN segera mengeluarkan kebijakan yang cepat dalam pemasangan listrik bersubsidi skala rumah tangga. Ini sesuai dengan kebutuhan mereka yakni 400 va dan 900 va. Karena mereka juga sangat membutuhkan penerangan dirumah,” Kata Karolin, Jum’at (26/06/20) di Ngabang.

Lebih lanjut Karolin mengingatkan pihak PLN agar lebih responsif dalam memberikan pelayanan kelistrikan kepada masyarakat.

“Saya berharap pihak PLN harus lebih serius dan responsif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jangan hanya melakukan tagihan yang menunggak saja dikerjakan. Tetapi pelayanan pemasangan listrik bersubsidi untuk masyarakat kecil juga harus dikerjakan,” jelas Bupati Landak.

Untuk diketahui pemasangan pelanggan PLN yang berhak mendapatkan subsidi. Adalah yang terdaftar dalam database yang dimiliki oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Menurut Bupati Landak hal ini lebih efektif dilakukakan dengan mengandalkan survey lapangan. Untuk memastikan calon pelanggan yang berhak atas listrik subsidi.

“Di Kabupaten Landak kita masih banyak masyarakat miskin yang belum masuk dalam data di TNP2K, sehingga sebaiknya selain menggunakan data TNP2K juga mengandalkan survey lapangan untuk memastikan calon pelanggan berhak atas listrik subsidi,” terang Karolin yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat.

Menanggapi hal tersebut Senior Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Unit Induk Wilayah Kalbar. Samuji mengatakan mekanisme layanan permohonan pasang baru untuk daya 450 VA dan 900 VA sudah dikeluarkan. Saat ini seluruh Unit layanan PLN di masing-masing daerah dapat melaksanakan layanan pasang baru dengan daya dimaksud.

“masyarakat atau calon pelanggan PLN yang ingin mengajukan permohonan pasang baru dengan daya 450 VA dan 900 VA. Untuk segera mendaftar dan akan dilayani dengan syarat tidak ada perluasan jaringan. Namun Masyarakat atau calon pelanggan PLN yang berhak mendapatkan subsidi adalah yang terdaftar dalam database yang dimiliki oleh TNP2K. Jadi jika calon pelanggan yang dimaksud mendaftar atau mengajukan permohonan pasang baru. Dan terdaftar dalam database TNP2K maka secara otomatis masuk dalam katagori pelanggan bersubsidi,” ungkap Samuji saat dikonfirmasi melaui via seluler.(pemkab landak)

Continue Reading

Kabupaten Landak

Bupati Landak Dukung Program PT. Pegadaian Bantu UMKM Terdampak COVID-19

Published

on

PT. Pegadaian (Persero) telah meluncurkan program bertajuk Gadai Peduli dengan bunga nol persen untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19 terutama yang sedang memerlukan dana untuk usaha.

GENCIL NEWS – PT. Pegadaian (Persero) telah meluncurkan program bertajuk Gadai Peduli dengan bunga nol persen untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19 terutama yang sedang memerlukan dana untuk usaha.

Hal ini disampaikan langsung oleh Sugiarta selaku pihak Pegadaian Cabang Sanggau saat melakukan koordinasi secara virtual bersama Bupati Landak, Kamis (18/06/20).

“kami ingin menyampaikan ada program dari PT. Pegadaian Persero seluruh Indonesia namanya Gadai Peduli, ini adalah salah satu cara kami untuk membantu masyarakat saat ini menghadapi pandemi COVID-19,” terang Sugiarta.

Dikatakan Sugiarta bahwa program ini dibuat untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat memperoleh kredit dengan bunga nol persen yang saat ini dihadapkan situasi pandemi COVID-19.

“Intinya bahwa kami memberikan kredit dengan tanpa bunga atau tanpa sewa modal untuk membantu masyarakat yang memerlukan dana,” katanya.

Diwaktu yang sama perwakilan PT. Pegadaian (Persero) Area Pontianak Warsono menegaskan bahwa program Gadai Peduli mulai berlaku sejak 1 Mei hingga 31 Juli 2020 yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat tak terkecuali bagi ASN kabupaten Landak.

“Memang program-program yang bisa kita tawarkan agar bisa dimanfaatkan untuk pelaku usaha, untuk UMKM, usaha mikro, ini sudah dimulai pada 1 Mei hingga 31 Juli 2020. Jadi program ini tanpa dipungut sewa modal satu rupiahpun, untuk daerah lain juga sudah kita berlakukan sama. Kita berharap teman-teman dari ASN juga bisa memanfaatkan ini,” terang Warsono.

Terkait program Gadai Peduli yang diluncurkan ini, Bupati Landak Karolin Margret Natasa sangat mengapresiasi pihak PT. Pegadaian (Persero) yang telah berinisiatif membantu masyarakat dalam hal penyediaan dana disaat situasi saat ini.

“Saya kira ini salah satu program yang baik dalam situasi pandemi saat ini memang masyarakat kita membutuhkan banyak perhatian, termasuk para pelaku usaha yang memang harus mampu bertahan.

Oleh karena itu, Pegadaian melalui program-programnya sangat kami apresiasi agar bisa membantu masyarakat di Kabupaten Landak,” ujar Karolin.

Dalam hal ini Bupati Landak berharap masyarakat dapat memanfaatkan program ini dengan baik, terutama yang memerlukan tambahan modal usaha.

“Baik sekali pegadaian memikirkan masyarakat kita dengan mengeluarkan program ini, kami akan membantu mempromosikan agar masyarakat dapat mengetahui ini dan kesempatan ini memang harus bisa dimanfaatkan dengan baik terutama bagi masyarakat yang memerlukan pinjaman untuk modal usaha,” kata Karolin.

Untuk memperoleh keterangan lebih lanjut terkait program Gadai Peduli ini, masyarakat Kabupaten Landak bisa langsung mengunjungi kantor Pegadaian CPP Ngabang di jalan Pulau Bendu desa Hilir Tengah.

Selain program Gadai Peduli, pihak PT. Pegadaian (Persero) juga akan terus menyediakan program- program lainnya yang dibuat untuk memudahkan para pelaku usaha yang terdampak COVID-19.(pemkab landak)

Continue Reading

TRENDING