Percepat Pengendalian COVID-19, Bupati Landak Laksanakan Rakor PPKM
Connect with us

Kabupaten Landak

Percepat Pengendalian COVID-19, Bupati Landak Laksanakan Rakor PPKM

Published

on

Percepat Pengendalian COVID-19, Bupati Landak Laksanakan Rakor PPKM
Percepat Pengendalian COVID-19, Bupati Landak Laksanakan Rakor PPKM - Foto/Data : pemkab landak
Loading...

Gencil News – Dalam Rangka percepatan penanganan dan pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di tingkat desa sampai dengan basis RT ataupun RW.

Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) mengadakan pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa dan Rapat Koordinasi Perlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlangsung di aula utama Kantor Bupati Landak, Kamis (22/04/21).

Kegiatan penandatanganan SDGs Desa dan Rakor PPKM ini langsung dipimpin oleh Bupati Landak Karolin Margret Natasa dan dihadiri oleh Ketua DPRD Landak, Dandim 1201/Mempawah, Kapolres Landak, Kejari Landak, Kepala Pengadilan Negeri Ngabang, Sekda Landak, Kepala DPMPD Landak, Kepala Dinkes Landak, Kepada BPBD Landak, perwakilan Pol PP Landak, Kepala BPKAD Landak, Camat Se-kabupaten Landak, Kapolsek Se-kabupaten Landak dan Kades Se-kabupaten Landak.

Dalam sambutanya Bupati Landak Karolin Margret Natasa menyampikan bahwa perlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro merupakan salah satu bentuk intervensi pemerintah dalam hal menahan laju perkembangan COVID-19 yang menjangkau tingkat pemerintah terendah didesa hingga tingkat RT/RW.

“Hal ini Berdasarkan instruksi Mendagri Nomor 9 Tahun 2021 tentang perpanjangan perlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro dan mengoptimalkan posko penanganan COVID-19 ditingkat desa dan kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran COVID-19. Mekanisme koordinasi, pengawasan dan evaluasi pelaksanaan PPKM mikro salah satunya dengan pembentukan posko penanganan COVID-19 ditingkat Desa,” tukas Karolin.

Karolin menyampikan bahwa PPKM ini berlaku selama 2 Minggu yaitu dari tanggal 19 April 2021 sampai tanggal 03 Mei 2021, maka dari itu dirinya menegaskan untuk pembentukan posko penangan COVID-19 di tingkat Desa harus cepat dilaksanakan.

“Saya beri waktu sampai hari Senin 26 April 2021 pembentukan Posko penanganan COVID-19 harus sudah siap lengkap dengan Bannernya, tempat cuci tangan dan personilnya, pelaporan lengkap disertai dengan foto dokumentasi posko yang sudah jadi. Alur pelaporan dari tingkat desa melapor kepada DPMPD Bidang Pemerintahan Desa, Kecamatan Langsung melapor kepada Asisten 1 dan Bupati,” tegas Karolin.

Bupati Karolin mengatakan kebutuhan pembiayaan sebagai dampak PPKM mikro ditingkat desa ini dibebankan pada anggaran masing-masing desa sesuai pokok kebutuhan.

“Tolok ukur pencapaian pengendalian COVID-19 melalui PPKM mikro ini adalah dengan parameter tingkat kematian, kesembuhan, kasus aktif dan ketersediaan tempat tidur ICU Rumah Sakit selama 4 Minggu berurutan,” kata Karolin.

Lebih lanjut Karolin menjelaskan pemuktahiran data berbasis SDGs desa adalah pemuktahiran data yang lebih detail lagi, lebih mikro, sehingga dapat memberikan informasi lebih banyak, sebagai proses perbaikan dan pendalaman data-data pada level RT, Keluarga dan Warga.

“Dalam konteks pembangunan desa, saat ini dibutuhkan arahan pembangunan yang lebih sesuai kondisi lapangan, yaitu detail atau mikro, mencangkup aspek metode, subtansi dan tujuan akhir, serta tertuju pada kawasan yang sangat kecil, sampai pada pemanfaat keluarga atau individu,” jelas Karolin.

Sementara itu Kepala DPMPD Kabupaten Landak Mardimo menyampikan bahwa tujuan dari Rakor PPKM ini adalah sebagai langkah implementasi PPKM mikro ditingkat desa dan percepatan pembentukan posko penanganan COVID-19 ditingkat desa sampai dengan basis RT/RW.

“Sedangkan pendataan SDGs desa ialah mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data, memahami pentingnya administrasi pemerintahan desa khususnya basis data pada level RT dan memahi pentingnya ketersediaan data yang valid ditiap desa dalam proses pembangunan yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, monitoring, pelaporan sampai kepada pertanggung jawaban,” ujar Mardimo.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Landak

Mahasiswa IAIN Pontianak Ikut Sukseskan Malam Dzikir Di Sebangki

Published

on

By

Mahasiswa IAIN Pontianak Ikut Sukseskan Malam Dzikir Di Sebangki
Loading...

Gencil News- Mahasiswa KKL-DR IAIN Pontianak posko sebangki ikut serta mensukseskan acara Malam Dzikir Bersama serta Santunan Anak Yatim dan Kaum Dhuafa oleh Majelis Jam’iyyah Liridhallah.

Kegiatan ini diadakan d Masjid Miftahul Huda, Dusun Sungai Jawi, Desa rantau Panjang, Kecamatan Sebangki, Kabupaten Landak.

Pengurus majelis, Umar Noyo menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kali kedua pelaksanaannya dimulai dari tahun 2020 lalu.

“Syukur alhamdulillah, kegiatan ini merupakan kali kedua yang di selenggarakan oleh majelis Jam’iyyah Liridhallah yang itu artinya kegiatan ini sudah berlangsung selama 2 tahun”. kata Umar.

Ia mengungkapkan atas permintaan doa dan dukungannya baik kepada masyarakat maupun pemerintah agar bisa ikut berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan ini.

“Kami juga meminta doa dan dukungannya kepada segenap masyarakat Desa maupun pemerintah Desa untuk bisa ikut andil dalam menyukseskan kegiatan ini, sehingga kegiatan kedepannya lebih baik lagi,”pungkasnya

Sebagai informasi, kegiatan ini digekar pada malam 10 Muharram bulan Hijriyah. Tampak dalam kegiatan ini pengasuh Pondok Pesantren Ainul Ulum, KH. Abdul Hamid

Continue Reading

Kabupaten Landak

Bupati Landak Karolin Melahirkan Anak Ketiganya

Published

on

By

Bupati Landak Karolin Sudah Melahirkan Anak Ketiganya
Loading...

Gencil News- Kabar gembira dari Bupati Landak, Karolin Margret Natasha yang telah melahirkan anak ketiganya. Pada hari Selasa (10/8/2021).

Proses lahiran anak ketiga dari Bupati Karolin dan Ipda Andreas dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Landak

Untuk jenis kelaminnya adalah laki-laki. Proses lahiran anaknya ini, Karolin harus melewati dengan bedah cesar pada Instalasi Bedah Sentral RSUD Landak pada pukul 20.09 WIB.

Suami Bupati Karolinm Ipda Andreas Quinn mengatakan bahwa hingga saat ini kondisi anak dan ibunya dalam keadaan sehat.

Ia menjelaskan bahwa berat badan anaknya yang baru lahir ini adalah 3,4 kg. Namun, untuk namanya masih belum ada

“Masih belum, diskusi dulu,” kata Ipda Andreas.

Dari kelahiran anak ketiganya ini beritanya sudah tersebar serta ucapan selamat dari masyarakat Landak terus bergulir melalui grup WA.

Continue Reading

Kabupaten Landak

Karolin Harap PBB Bisa Berikan Kontribusi Dalam Membangun Landak

Published

on

By

Karolin Harap PBB Bisa Berikan Kontribusi Dalam Membangun Landak
Loading...

Gencil News- Bupati Landak, Karolin Margret Natasa berharap agar Pemuda Batak Bersatu (PBB) bisa memberikan kontribusinya dalam membangun Kabupaten Landak.

“Saya berharap organisasi ini dapat menjadi wadah penopang pembangunan dan berperan aktif. Sebagai penggerak pemersatu kebhinekaan di Kabupaten Landak melalui kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan,” kata Karolin. Dalam sambutannya pada acara pelantikan DPC PBB di Aula Kantor Bupati Landak, Selasa (27/07/21).

Ia mengajak kepada semua organisasi masyarakat untuk bisa terus menjaga keutuhan persatuan serta kesatuan bangsa dimanapun berada.

“Sekarang ini tidak dapat kita pungkiri bahwa ada keberadaan organisasi yang merugikan masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari kenyataan karena dalam praktiknya bukan memberikan kontribusi yang baik tetapi justru menjadi beban masyarakat,” ujarnya.

Lanjutnya, bupati Karolin mengajak kepada semua warga untuk bisa selalu mejaga diri selama pandemi covid-19.

“Saya tidak henti-hentinya mengingatkan kita semua untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 5M. Yakni mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas. Ingat saat ini virus Corona varian baru sudah ada di Indonesia, pemerintah juga menganjurkan untuk menggunakan masker yang memiliki 4 lapis serta selalu memakai masker saat berhadapan dengan orang lain,” pungkasnya.

Continue Reading

Kabupaten Landak

Banjir Akibatkan Jembatan Penghubung Rusak Di Kecamatan Mandor

Published

on

By

Banjir Membuat Jembatan Penghubung Rusak Di Kecamatan Mandor
Loading...

Gencil News- Hujan deras yang melanda daerah Kalimantan Barat dari selasa dini hari 13 Juli 2021. Ini membuat beberapa wilayah mengalami banjir.

Banjir yang melanada pada beberapa daerah yang ada di Kalbar ini membuat beberapa infrastruktur jalan mengalami kerusakan. Seperti pada wilayah Desa Salatiga, Kecamatan Mandor.

Camat Mandor, Arjudin membenarkan kejadian ini. Ia mengatakan bahwa jembatan itu ada pada daerah Salatiga.

“Iya, ada jembatan di Salatiga yang amblas akibat hujan dan banjir ini,” kata Arjudin

Jembatan yang banjir terjang ini mengakibatkan sebagian runtuh berada pada jalan raya dari arah Salatiga menuju ke desa kayu tanam, kecamatan Mandor, Kalimantan Barat.

Saat ini ia berharap agar warga yang ingin melewati ruas jalan ini untuk bisa berhati-hati.

“Sudah kami beri tanda untuk menghindari kecelakaan,”ujarnya.

Hal ini dibenarkan masyarakat yang sempat melewati jalan tersebut.

“iya benar, tadi saya lewat situ. Saya harap kepada semua untuk bisa berhati-hati jika ingin melewati jalan tersebut, karena jalan juga licin,”kata salah satu masyarakat kepada gencilnews pada hari rabu 14 Juli 2021.

Kini pada beberapa bagian air sudah mulai memasuki permukiman penduduk dan ruas jalan.

Kepada masyarakat harap berhati-hati, dari pantauan BMKG. Prakiraan cuaca pada daerah Kalimantan Barat pada tanggal 13 sampai 16 Juli 2021 harap berwaspada akan cuaca ekstrim. Cuaca ini mengakibatkan genangan, banjir, tanah longsor dan sebagainya.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING