Kabupaten Landak

Tanaman Hias Kalbar Miliki Daya Tarik Yang Kuat

Tanaman Hias Kalbar Miliki Daya Tarik Yang Kuat

Gencil News- Pada masa pandemi seperti ini banyak masyarakat yang menghabiskan waktu dirumah saja. Hal ini untuk mengisi waktu luang. Salah satunya mengkoleksi tanaman hias.

Yang mana tanaman hias yang berada di Indonesia tersebar pada berbagai wilayah. Salah satunya ada di Kalimantan Barat.

Kolektor dan pembudidaya tanaman hias, Handry Chuhairy menjelaskan bahwa Kalimantan Barat memiliki potensi tanaman hias yang banyak pasar minati.

“Contohnya yang tumbuh pada hutan Kalimantan Barat yakni scindapsus, rhaphidophora, homalomena, schismatoglottis, alocasia, colocasia, amydrium dan epipremnu,”kata Handry

Ia menjelaskan bahwa habitat asli akan terjadi mutasi. Yang mana jenis mutasi ini ada dua jenis yakni bentuk dan mutasi warna.

Baca juga   Pemkab Landak Sidak ASN Usai Libur Akhir Tahun

“Jadi, ini seperti mode fashion, mengikuti terus,” ujarnya

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa menjelaskan wilayahnya masih banyak pelaku usaha yang langsung mengambil tanaman hias dari hutan asli.

Ia menjelaskan bahwa mereka menggunakan truk saat berburu dan mengangkut tanaman hias dari hutan.

Ia mengatakan bahwa bisnis tanaman hias yang seharusnya bisa berkelanjutan dan menggerakkan ekonomi warga malah akan mengancam kelestarian lingkungan.

Maka dari itu, bupati Karolin adanya pelatihan saat ini bagi pelaku usaha tanaman hias perlu diberikan kepada para pelaku usaha tanaman hias.

Baca juga   Pontianak Mulai Vaksinasi Booster Khusus Lansia 60 Tahun Keatas

“Sehingga teman-teman di lapangan juga bisa mengembangkan tanaman hias di Kalimantan Barat, terutama dalam semangat melestarikan lingkungan. Mereka tidak hanya mengambil dari hutan, tetapi bagaimana agar tanaman kita kembangkan, baru kemudian diambil keuntungannya secara ekonomi,” pungkas Karolin.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top