Kanwil Kemenkumham Kalbar Dorong Pendaftaran Kekayaan Intelektual
Connect with us

Kabupaten Melawi

Kanwil Kemenkumham Kalbar Dorong Pendaftaran Kekayaan Intelektual

Published

on

Kanwil Kemenkumham Kalbar Dorong Pendaftaran Kekayaan Intelektual
Kanwil Kemenkumham Kalbar Dorong Pendaftaran Kekayaan Intelektual - Foto/Data Kemenkumham Kalbar

Gencil News – Agar kebudayaan dari berbagai suku yang berada pada Kabupaten Melawi tidak diakui oleh pihak asing atau lain. Kanwil Kemenkumham Kalbar mengajak kepada seluruh kumpulan dan organisasi suku untuk dapat mendaftarkan budaya dan kegiatan budaya kepada Kemenkumham. Ini adalah sebagai upaya secara khusus untuk melindungi kebudayaan asli dari Kabupaten Melawi.

Dalam kegiatan ini, Kanwil Kemenkumham Kalbar menggandeng berbagai Dinas pada Kabupaten Melawi. Untuk dapat bersinergi, dalam rangka koordinasi terkait kekayaan intelektual komunal dan rekomendasi hak kekayaan intelektual yang ada pada Kabupaten Melawi.

Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat Muhayan didampingi Kepala Sub Bidang Pelayanan Kekayaan Intelektual.

Devi Wijayanti dan JFU Sub Bidang Pelayanan Kekayaan Intelektual melaksanakan koordinasi perihal menarik minat untuk pendaftaran Kekayaan Intelektual pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan di Kabupaten Melawi, Rabu (17/03).

Diawali kunjungan ke Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Tim Kanwil Kemenkumham Kalbar disambut oleh Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Ramli, Kepala Seksi Pengembangan Pariwisata, Sarana Prasarana dan ODTW Iwan Sudirman, dan Kepala Seksi Pembina Olahraga Prestasi dan Rekreasi Hendrianus.

Muhayan menyampaikan tujuan Tim Kantor Wilayah datang berkunjung yaitu untuk berkoordinasi terkait Kekayaan Intelektual Komunal yang sudah di inventarisir dan rekomendasi Hak Kekayaan Intektual yang ada di Kabupaten Melawi.

“Kebudayaan yang sering dipergelarkan, tiap tahun setiap suku yang ada di Kabupaten Melawi menggelar kegiatan kebudayaan masing-masing yang dilaksanakan oleh kumpulan/organisasi masing-masing suku tetapi belum didaftarkan untuk mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual”, jawab Ramli.

Tim Kantor Wilayah menghimbau untuk mendaftarkan kebudayaan yang ada di Kabupaten Melawi tujuannya untuk menjaga kelestarian budaya. “Jika di klaim masyarakat internasional kita bisa melindungi budaya tradisional tersebut”, pungkas Muhayan.

Selanjutnya Tim Kantor Wilayah berkunjung ke Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Melawi untuk berkoordinasi terkait informasi Pendaftaran Kekayaan Intelektual secara online.

Tim Kantor Wilayah disambut oleh Kepala Dinas Ramdha Suhaimi dan Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Hadi Sutrisno.

“Sampai saat ini Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan belum mendapatkan informasi pelaku UKM yang mendaftarkan Kekayaan Intelektual nya”, ujar Ramdha.

Menanggapi hal di atas Tim Kantor Wilayah berniat ingin bekerjasama dalam bentuk Nota Kesepakatan tentang Pengembangan Kekayaan Intelektual untuk mengadakan sosialisasi dan meningkatkan pendaftaran Kekayaan Intelektual secara online di Kabupaten Melawi. 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Melawi

Tak Butuh Lama, Reskrim Polres Melawi Bekuk Pencuri Laptop

Published

on

Tak Butuh Lama, Reskrim Polres Melawi Bekuk Pencuri Laptop

Gencil News – Tak butuh waktu lama, kurang dari 24 jam Satuan Reserse kriminal Polres Melawi berhasil mengungkap pelaku pencurian Laptop di Gang Rukun  (kos abun) Desa Paal Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi.  Selasa (13/4/21).

AN (19) yang beralamat di Gg. Gawi Desa Tanjung Niaga Nanga Pinoh Melawi ini ditangkap satuan Reskrim Polres Melawi dengan Barang bukti berupa 1 ( satu ) unit laptop merk ACER ASPIRE.

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K melalui Kasat Reskrim Polres Melawi AKP Muhammad Ginting, S.H., M.H menyampaikan bermula saat pelapor mengadukan kehilangan laptop ke petugas. Satuan Reskrim Polres Melawi langsung melakukan Lidik ke lapangan kurang dari 24 jam pelaku sudah di amankan.

“Pelapor menyampaikan bahwa rumahnya dibuka secara paksa orang yang tidak dikenal saat pelapor ditempat kerja dan kehilangan sebuah laptop dan barang lainnya”ucapnya.

“Menanggapi laporan tersebut Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Melawi melakukan penyelidikan dan kurang dari 24 jam mendapatkan pelaku sedang menawarkan 1 (satu ) buah laptop.  Pelaku beserta barang bukti di bawa ke Polres Melawi guna penyidikan lebih lanjut”.Jelasnya.

“Pelaku akan disangkakan dengan tindak pidana pencurian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 Ayat 1 dengan ancaman 7 tahun penjara”

“Kami juga menghimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati saat meninggalkan rumah, apalagi sekarang umat muslim melaksanakan ibadah tarawih sehingga rumah sering dalam keadaan kosong, kami mengimbau agar saat meninggalkan rumah sudah dalam keadaan terkunci, barang berharga sudah disimpan ditempat aman dan untuk keamanan kendaraan di kunci stang apabila perlu tambah kunci ganda” Imbau Kasat Reskrim Polres Melawi.

Continue Reading

Kabupaten Melawi

Kunker Ke Polres Melawi, Kapolda Kalbar Cek Kesiapan

Published

on

Kunker Ke Polres Melawi, Kapolda Kalbar Cek Kesiapan
Turut hadir Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Donny Charles Go, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, Waka Polres Melawi Kompol Agus Mulyana, Para PJU Polres Melawi dan Kapolsek Jajaran Polres Melawi. Foto/Data : Polda Kalbar

Gencil News – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Barat Irjen Sigid Tri Hardjanto melaksanakan kunjungan kerja ke Polres Melawi. Rabu (14/4/21) Siang.

Irjen Sigid Tri Hardjanto beserta rombongan datang dengan menggunakan Heli dan disambut oleh Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto dan Waka Polres Melawi Kompol Agus Mulyana di Lapangan Sepak Bola Desa Tanjung Tengang Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi.

Rombongan berangkat menuju Polres Melawi. Selanjutnya Kapolda Sigid Tri Hardjanto memberikan arahan  terkait kesiapan Ops Pengamanan Ramadhan  dan Idul Fitri 1442 H / 2021 di Aula Tribrata Polres Melawi.

“Kegiatan kunjungan kerja di laksanakan di Polres Sekadau, Polres Sintang, Polres Melawi dan Polres Landak secara estafet dalam  rangka memberikan pengarahan terkait kesiapan Ops Pam Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H”.Ucapnya.

“Saya ingatkan dan tekankan kembali agar tidak underestimate terhadap peristiwa- peristiwa yang telah terjadi dan dapat mengganggu sitkamtibmas menjadi tidak kondusif selama Ramadan dan Idul Fitri 1442 H, Kapolres dan kapolsek jajaran agar selalu mengingatkan personil untuk mematuhi dan mempedomani protokol kesehatan serta dapat menjadi inisiator dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Kab. Melawi”. Tegasnya.

“Terimakasih kepada Polres Melawi yang rutin melaksanakan Anev mingguan satgas Covid-19 pada hari Senin agar dapat menjadi forum dalam memaksimalkan pelaksanaan tugas Satgas Covid kabupaten Melawi khususnya penerapan protokol kesehatan terhadap aktifitas dan kegiatan masyarakat pada momen perayaan hari besar keagamaan, saya ingatkan kembali kepada Anggota Polres Melawi agar jaga diri, keluarga serta kesatuan agar terhindar dari Covid 19 dengan selalu mentaati protokol kesehatan penanganan Covid 19” Tutupnya.

Continue Reading

Kabupaten Melawi

Gelar Razia Penyakit Masyarakat, Pasangan Bukan Pasutri Diamankan

Published

on

Gelar Razia Penyakit Masyarakat, Pasangan Bukan Pasutri Diamankan
Polsek Nanga Pinoh bersama Pol PP kabupaten Melawi dan Polisi Militer Melawi melaksanakan kegiatan razia penyakit masyarakat pada sejumlah hotel dan penginapan di Melawi. Senin (12/4/21). Foto/Data : Polres Melawi

Gencil News – Kegiatan Razia Penyakit Masyarakat gencar di gelar, sebagai upaya pencegahan dan penanganan gangguan ketertiban umum.

Polsek Nanga Pinoh bersama Pol PP kabupaten Melawi dan Polisi Militer Melawi melaksanakan kegiatan razia penyakit masyarakat pada sejumlah hotel dan penginapan di Melawi. Senin (12/4/21).

Kapolsek Nanga Pinoh Iptu Bakti Juni Ardhi melalui Ps.Kanit Sabhara Polsek Nanga Pinoh  Aipda Amirudin menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dengan Melakukan pemeriksaan surat ijin Usaha dan Melakukan Pemeriksaan Identitas KTP para tamu hotel dan penginapan.

“Kami melakukan pemeriksaan terhadap tamu hotel dan penginapan yang ada di Kabupaten Melawi, dengan melakukan pemeriksaan Identitas seperti KTP dan pemeriksaan Surat ijin usaha penginapan dan hotel  oleh Pol PP Kabupaten Melawi” Jelasnya.

“Kegiatan ini akan terus dilaksanakan oleh Sat Pol PP, Polsek Nanga Pinoh dan Sub Detasemen Polisi Militer Melawi dalam bulan ramadhan ini Guna menjaga ketertiban umum di kabupaten Melawi”

“Dalam kegiatan tersebut diamankan 2 orang pelanggar tanpa identitas, dan 3 Pasangan Bukan suami Istri, mereka yang terjaring Rajia gabungan Pekat dibawa ke Kantor Sat Pol PP Jalan Kota Baru Km 10 Nanga Pinoh utk dilakukan pendataan dan pembinaan” Jelasnya.

Continue Reading

Kabupaten Melawi

Kapolres Melawi Mengimbau Masyarakat Untuk Tidak Mudik Saat Idul Fitri

Published

on

Kapolres Melawi Mengimbau Masyarakat Untuk Tidak Mudik Saat Idul Fitri
Kapolres Melawi Mengimbau Masyarakat Untuk Tidak Mudik Saat Idul Fitri - Foto/ Data Polres Melawi

Gencil News – Kepolisian Resor (Polres) Melawi menggelar apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2021. Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2021 berlangsung pada halaman Mapolres Melawi. Senin (12/04/2021)

Apel Gelar pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2021 dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K.

Dalam sambutannya kapolres melawi menyampaikan tujuan operasi ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres melawi.

“Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan, dengan sasaran meliputi segala potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat   menghambat   dan   mengganggu kamseltibcarlantas serta penyebaran covid-19”. Sampai Kapolres.

“Operasi keselamatan ini dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 12 april 2021 sampai dengan tanggal 25 april 2021, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penerapan protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran covid-19 dalam menjalankan ibadah di bulan ramadhan serta menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melaksanakan mudik pada saat hari raya idul fitri dan libur panjang”. Himbaunya.

“Saya harapkan personil yang terlibat dalam operasi keselamatan kapuas 2021 untuk menjalan tugas dengan penuh keikhlasan, ini akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan tuhan yang maha esa” Harapnya.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

TRENDING