Kapolres Melawi Mengimbau Masyarakat Untuk Tidak Mudik Saat Idul Fitri
Connect with us

Kabupaten Melawi

Kapolres Melawi Mengimbau Masyarakat Untuk Tidak Mudik Saat Idul Fitri

Published

on

Kapolres Melawi Mengimbau Masyarakat Untuk Tidak Mudik Saat Idul Fitri
Kapolres Melawi Mengimbau Masyarakat Untuk Tidak Mudik Saat Idul Fitri - Foto/ Data Polres Melawi

Gencil News – Kepolisian Resor (Polres) Melawi menggelar apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2021. Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2021 berlangsung pada halaman Mapolres Melawi. Senin (12/04/2021)

Apel Gelar pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2021 dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K.

Dalam sambutannya kapolres melawi menyampaikan tujuan operasi ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres melawi.

“Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan, dengan sasaran meliputi segala potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat   menghambat   dan   mengganggu kamseltibcarlantas serta penyebaran covid-19”. Sampai Kapolres.

“Operasi keselamatan ini dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 12 april 2021 sampai dengan tanggal 25 april 2021, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penerapan protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran covid-19 dalam menjalankan ibadah di bulan ramadhan serta menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melaksanakan mudik pada saat hari raya idul fitri dan libur panjang”. Himbaunya.

“Saya harapkan personil yang terlibat dalam operasi keselamatan kapuas 2021 untuk menjalan tugas dengan penuh keikhlasan, ini akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan tuhan yang maha esa” Harapnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Melawi

Polsek Nanga Pinoh Lakukan Swab PCR WargaYang Kontak Erat Saat Pemakaman

Published

on

Polsek Nanga Pinoh Lakukan Swab PCR WargaYang Kontak Erat Saat Pemakaman
Polsek Nanga Pinoh bersama Tim Dinas kesehatan Kabupaten Melawi Melawi di dampingi Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Melawi melaksanakan tes swab PCR kepada puluhan masyarakat Desa Tanjung Sari yang kontak erat dengan pasien meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid-19. Foto/Data : ppid Polda Kalbar

Gencil News –  Polsek Nanga Pinoh bersama Tim Dinas kesehatan Kabupaten Melawi Melawi di dampingi Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Melawi melaksanakan tes swab PCR kepada puluhan masyarakat Desa Tanjung Sari yang  kontak erat dengan pasien meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid-19.

Pemakaman warga tersebut tidak dilakukan dengan protokol kesehatan karena penolakan dari pihak keluarga. di balai Desa Tanjung sari Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. (29/04).

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Nanga Pinoh (Iptu Bhakti Juni Ardhi), Kabid P2 Dinkes Melawi beserta Staf Dinkes Kabupaten Melawi, Anggota Koramil Nanga Pinoh, Anggota Polres Melawi dan Polsek Nanga Pinoh, Anggota BPBD Melawi, Anggota Sat Pol PP Melawi, Anggota Dishub Melawi serta masyarakat yang kontak erat dengan pasien meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid-19.

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K melalui Kapolsek Nanga Pinoh Iptu Bhakti Juni Ardhi menyampaikan sebelum berangkat terlebih dahulu dilaksanakan apel pemberangkatan dipimpin oleh Kapolsek Nanga Pinoh di Mako Polsek Nanga Pinoh selanjutnya berangkat menuju Balai Desa Tanjung Sari Kecamatan Nanga Pinoh.

Kapolsek Nanga Pinoh dan Kabid P2 dinkes Melawi melakukan himbauan protokol kesehatan kepada masyarakat desa tanjung sari dan selanjutnya tim dari dinas kesehatan melaksanakan tes swab PCR  terhadap 19 (sembilan belas) orang masyarakat desa tanjung sari.

“Dilakukannya tes swab PCR kepada warga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif untuk menulusuri penularan Covid-19 di Desa Tanjung Sari”Ucapnya.

“Akan terjadi penularan yang lebih serius apabila tim satgas Covid-19 tidak secara intensif menangani kasus covid-19 di Desa Tanjung Sari Kec Nanga Pinoh mengingat masih ada warga yang belum dilakukan tes swab PCR” Jelasnya.

“Kami berharap Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Melawi melakukan upaya penyemprotan desinfektan dan tracing warga yang belum terdata saat tes swab PCR di Desa Tanjung Sari dan kami kan upayakan Bhabinkamtinmas mengawasi dan memberikan himbauan kepada warga yang sudah tes swab PCR untuk tidak beraktifitas di luar rumah sebelum hasi tes swab PCR keluar” Tutupnya.

Sementara itu Kepala bidang pencegahan dan pengendalian penyakit (Kabid P2 Dinkes Kab Melawi) Endang Susilawati S.Sos., M.A.P menyampaikan masyarakat desa Tanjung Sari kooperatif setelah di jelaskan dari pihak Dinkes dan Kapolsek.

“Alhamdulillah masyarakat Desa Tanjung Sari kooperatif setelah di jelaskan dari pihak Dinkes dan Kapolsek, dan mereka yang hadir sebanyak 19 org, dengan suka rela serta tidak ada pemaksaan untuk melakukan pemeriksaan swab PCR” Ucapnya.

“Sembilan belas orang ini mereka ada kontak erat dengan almarhum, ada yang ikut Fardu Kifayah (memandikan jenazah) dan ada juga yg hanya sekedar melayat” Jelasnya.

Continue Reading

Kabupaten Melawi

Menyamar Menjadi Pembeli, Polisi Tangkap 2 Pelaku Pengedar Ekstasi

Published

on

Menyamar Menjadi Pembeli, Polisi Tangkap 2 Pelaku Pengedar Ekstasi

Gencil News – Satuan Reserse Narkoba Polres Melawi melakukan pengungkapan Tindak Pidana Narkotika jenis Ekstasi. FI als F (Laki-laki) Desa Tanjung Niaga Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi dan IEN als R (Perempuan) Desa Engkurai Kecamatan Pinoh Utara Melawi ditangkap di jalan Provinsi – Kotabaru KM.4 Desa Tanjung Niaga Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Selasa (27/04/2021).

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K melalui Kasat Narkoba Polres Melawi Iptu Aris Setiawan mengatakan pengungkapan ini berawal dari laporan masyarakat mengenai adanya peredaran narkotika jenis ekstasi di tempat hiburan malam.

“Ada laporan dari masyarakat tentang adanya peredaran narkotika jenis ekstasi di tempat hiburan malam, Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, personil pun menyamar menjadi pembeli. Personil yang menyamar lalu bertemu dengan kedua Pelaku. Pelaku memiliki Narkotika jenis ekstasi sebanyak 5 (lima) butir pil. Setelah transaksi dilakukan, petugas pun langsung mengamankan pelaku” Jelasnya

“FI dan IEN ditangkap di sebuah ruko Yang Beralamat Di Jl. Provinsi – Kotabaru KM.4 Desa Tanjung Niaga Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi” Ucapnya.

“Pelaku diamankan tanpa melakukan perlawanan, pelaku akan disangkakan Pasal 114 Ayat (1) jo Pasal 132 Ayat (1) Atau Pasal 112 Ayat (1) Jo Pasal 132 Ayat (1) ,Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. dengan ancaman hukuman lima tahun sampai dengan 20 tahun penjara” Tutupnya.

Continue Reading

Kabupaten Melawi

Polres Melawi Gelar Rakor Linsek Penanganan PETI

Published

on

Polres Melawi Gelar Rakor Linsek Penanganan PETI
Bersama 3 Pilar dan Para Tomas, Polres Melawi Gelar Rakor Linsek Penanganan PETI - Foto/Data POLRES MELAWI, POLDA KALBAR - PPID Polda Kalbar

 Gencil News – Polres Melawi menggelar kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral lanjutan, dalam penanganan penambangan emas tanpa ijin (PETI) di Kabupaten Melawi.

Dengan menerapkan protokol kesehatan, Kegiatan ini digelar di Aula Tri Brata Mapolres Melawi, Jumat (30/4/2021) pagi.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, Ketua DPRD Kabupaten Melawi Widya Hastuti, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K, LO Kodim 1205/Stg Mayor Arh. Eddy Winarno, Wakapolres Melawi Kompol Agus Mulyana, Asisten 3 Setda Marsidi, Kepala BPBD, Kadis Lingkungan Hidup Drs. Junaidi. D, Para PJU Polres Melawi, Kabag Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Melawi, Kabag Tata Pemerintah Setda, Para Tokoh Masyarakat, Perwakilan Kapolsek dan Danramil serta Camat.

Kegiatan dimulai dengan paparan yang disampaikan oleh Kabag Ops Polres Melawi AKP Aang Permana, S.I.P., M.A.P dengan memperlihatkan segala upaya yang telah dilaksanakan oleh Polres Melawi dan Polsek Jajaran dalam penanganan peti di Kabupaten Melawi.

“Segala daya dan upaya telah dilaksanakan oleh Polres Melawi dan Polsek Jajaran bersama instansi terkait lainnya dan tokoh masyarakat yang ada di wilayah dalam penanganan peti ini. Mulai dari sosialisasi, penyuluhan hukum dan himbauan baik secara lisan dan berupa spanduk, hingga langkah penindakan hukum sebagai langkah terakhir dari upaya persuasif yang telah dilaksanakan dahulu,” ungkapnya.

“Penanganan peti ini perlu keterpaduan seluruh elemen masyarakat yang ada, Selain unsur Pemerintah dan penegakan hukum,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Melawi H. Dadi menyampaikan akan membentuk dan segera menerbitkan surat keputusan (SK) tim terpadu dalam penanganan peti di Kabupaten Melawi.

Ucapan terima kasih serta apresiasi juga dilontarkan Bupati Melawi terhadap upaya dari TNI-Polri dan unsur Pemerintah Desa serta tokoh masyarakat dalam penanganan peti dimulai dengan sosialisasi dan himbauan tanpa penindakan hukum sebagai langkah terakhir. “Masyarakat juga mengucapkan terima kasih atas sosialisasi yang dilakukan. Jika dulu langsung ditindak, saat ini para pekerja peti diimbau terlebih dahulu,” ucapnya.

“Pemerintah Daerah dan DPRD harus mengambil andil dalam penanganan kegiatan peti ini, supaya penambangan ilegal menjadi legal,” jelasnya.

Melihat upaya yang telah dilakukan oleh para penegak hukum (Polres Melawi dan Polsek Jajaran) dan seluruh instansi terkait lainnya. “Maka tidak benar jika ada unsur pembiaran dari Pemerintah Daerah, penegakan hukum (TNI-Polri) dan peti kebal hukum,” terangnya.

Dalam arahannya Bupati Melawi juga memerintahkan agar Lingkungan Hidup Kabupaten Melawi mengkaji amdalnya dan segera mempelajari terkait prosedur pengajuan ijin WPR (wilayah pertambangan rakyat). “Supaya kegiatan illegal menjadi legal, itu saja,” tuntas Dadi.

Ketua DPRD Kabupaten Melawi Widya Hastuti menyampaikan solusi yang tepat adalah WPR. “Tapi tidak mudah dalam mengajukan WPR ini namun akan kami usahakan,” tuturnya.

“Jika WPR tidak diperbolehkan dilakukan di bantaran sungai, Sedangkan di Kabupaten Melawi ini banyaknya penambangan emas di bantaran sungai,” paparnya.

“Semoga kita dapat mencarikan solusi yang terbaik dan solusi jangka panjang,” tukasnya.

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K mengatakan kegiatan peti telah dilaksanakan sejak lama di Kabupaten Melawi. “Oleh sebab itu, harus dicarikan solusi permanen. Penindakan hukum bukan solusi permanen namun sebagai upaya untuk meminimalisir dampak lingkungan agar tidak semakin parah hal tersebut mau tidak mau harus dilakukan oleh aparat,” jelasnya.

“Semoga dengan rakor lanjutan ini, Kita bisa mencarikan solusi dengan secercah harapan. Dengan dibentuknya tim terpadu nanti,” tuntasnya.

LO Kodim 1205/Stg Mayor Arh Eddy Winarno mengatakan pihaknya (TNI) akan mendukung penuh segala upaya yang dilakukan oleh Pemda dan Polres Melawi dalam penanganan peti di Kabupaten Melawi.

Sementara itu, Dari Lingkungan Hidup Kabupaten Melawi Kabag Ekbang Drs. Junaidi. D menyampaikan pertambangan sekarang ini diurus oleh Provinsi. Oleh sebab itu katanya, perlu peran serta dan proaktif dari Provinsi turun ke Daerah untuk melihat dan mencarikan solusi bersama Pemerintah Daerah dalam penanganan peti.

Dalam kegiatan rakor lintas sektoral penanganan peti di Kabupaten Melawi, menghasilkan berbagai solusi dan masukan baik kepada Pemerintah Daerah dan Aparat Penegak Hukum (APH). Dan dalam waktu dekat akan diterbitkan SK Bupati Melawi terkait dibentuknya Tim Terpadu dalam penanganan peti dan penanganan masalah lainnya seperti juga illegal logging di Kabupaten Melawi.

Continue Reading

Kabupaten Melawi

Polisi Melawi Amankan 1 Orang Supir Truck Jadi Kurir Narkoba

Published

on

Polisi Melawi Amankan 1 Orang Supir Truck Jadi Kurir Narkoba
Polda Kalbar Polres Melawi foto/data : Polda kalbar

Gencil News – Satresnarkoba Polres Melawi menangkap seorang supir truk berinisial CM als E Dusun Istana Desa Baru Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Di depan salah satu bengkel di dusun Mekar Harapan Desa Baru Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. (27/04).

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K melalui Kasat Narkoba Polres Melawi Iptu Haris Setiawan menyampaikan CM als E ditangkap karena kedapatan memiliki narkotika jenis sabu dengan berat brutto 0,64 gram. 

“Pengungkapan kasus ini berawal dari adanya informasi dari masyarakat dan langsung ditindak lanjuti oleh personil Satresnarkoba Polres Melawi dengan melakukan penyelidikan dan pengembangan sehingga personil berhasil mengungkap dan mengamankan tersangka dan barang bukti”.Ucapnya.

“Menurut informasi tersangka adalah Sopir Truk dari Pontianak menuju Nanga Pinoh Melawi dan sering mengantarkan narkotika dari Pontianak ke Nanga Pinoh, tersangka diamankan di depan salah satu bengkel di Desa Baru”

“Saat digeledah personil meminta tersangka membuka isi tas yang ia bawa, dan menemukan sebuah paket berwarna hitam yang di lakban berwarna bening, lalu personil meminta orang tersebut untuk membuka isi paket tersebut dan di dapatilah 1 (satu) kaleng susu bear brand berwarna putih yang isi nya sudah tidak ada dan di dalam nya terdapat sesuatu yang terbungkus tisu, karna sulit untuk mengeluarkan barang tersebut, personil memotong kaleng tersebut menggunakan gunting dan mengeluarkan isi tisu tersebut dan di dapatilah 1 (satu) paket yang di duga narkotika jenis sabu yang di bungkus menggunakan plastik klip transparan diduga sabu”. Bebernya.

“Kemudian  tersangka dan barang bukti dibawa ke Polres Melawi untuk dilakukan penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut, tersangka akan dikenakan Pasal 114 Ayat (1) Atau Pasal 112 Ayat (1) ,Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. dengan ancaman hukuman lima tahun sampai dengan 20 tahun penjara” Tutupnya.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING