Sebut Petugas Penyekatan Tarik Biaya, Japri Warga Melawi Minta Maaf
Connect with us

Kabupaten Melawi

Sebut Petugas Penyekatan Tarik Biaya, Japri Warga Melawi Minta Maaf

Published

on

Sebut Petugas Penyekatan Tarik Biaya, Japri Warga Melawi Minta Maaf
Sebut Petugas Penyekatan Tarik Biaya, Japri Warga Melawi Minta Maaf - Foto/Data PPID Polda Kalbar
Loading...

Gencil News – Japri Melawi adalah seorang warga Desa Tebing Karangan Kabupaten Melawi yang terciduk Polisi, karen menyebut petugas atau Satgas Penanganan Covid-19 di Pos Penyekatan Desa Batu Nanta, meminta sejumlah uang kepada masyarakat.

Japri Melawi pria berusia 29 tahun membuat sebuah unggahan komentar di Facebook, menyampaikan berita hoaks tersebut. Japri Melawi menyebut, bahwa ada petugas yang meminta sejumlah uang di Posko Penyekatan.

Polres Melawi yang melakukan patroli pada medsos, menemukan unggahan berupa komentar pada Grup Facebook Melawi Informasi. Japri Melawi menyampaikan komentarnya sebagai respon dari unggahan dari Bagus Afrizal di Melawi Informasi.

“Akun Facebook Japri Melawi mengomentari postingan Bagus Afrizal di grup Melawi Informasi dengan kata-kata, Kalau penjagaan diperpanjang lusa, kira kira pekerja buruh jika dilarang beraktivitas bawa kuali periuk ke pos penjagaan minta kebutuhan pokok pada yang jaga, lalu dia berkomentar lagi, Ada mereka minta duit 250.000, pada hari Senin 17 Mei 2021,” Jelas Paur Humas Polres Melawi Bripka Arbain

Komentarnya itu mendapat reaksi warganet, terutama Petugas Satgas Gabungan yang berjaga pada Pos Penyekatan Batu Nanta.

Untuk menciptakan situasi Kamtibmas agar tetap kondusif. Polres Melawi kemudian meminta Japri Melawi untuk datang ke Polsek Nanga Pinoh untuk mempertanggungjawabkan komentarnya.

Kamis 20 Mei 2021, Japri mendatangi Mapolsek Nanga Pinoh. Selanjutnya membuat surat pernyataan dan Video permintaan maaf kepada masyarakat dan Satgas.

Bripka Arbain juga mengingatkan agar masyarakat bijak dalam bermedia sosial, baik dalam meneruskan informasi, berkomentar bahkan membuat postingan.

“Saat mengomentari sesuatu, yakinlah anda tau hal itu. Jangan hanya kata si A atau si B. Bijaklah bermedia sosial, jangan sampai gara-gara jempol, anda berurusan dengan hukum karena menyebarkan Hoaks,” tegasnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Melawi

Sering Menjambret, Mel Tak Berkutik Diringkus Polisi Melawi

Published

on

Sering Menjambret, Mel Tak Berkutik Diringkus Polisi Melawi
Pelaku kejahatan penjambretan yang dilakukan oleh MEL pira berusia 31 tahun berhasil diamankan Unit Opsnal Satuan Reserse Kriminal 📸/📅 PPID Polda Kalbar
Loading...

Gencil News – Pelaku kejahatan penjambretan yang dilakukan oleh MEL pira berusia 31 tahun berhasil diamankan Unit Opsnal Satuan Reserse Kriminal Polres Melawi.

MEL yang kesehariannya sebagai wiraswasta yang beralamat Dusun Batu Buil RT 003 Desa Batu Buil Kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi ini ditangkap saat melakukan aksinya. Sabtu (14/8) sekira jam 19.30 WIB.

Kasat Reskrim Polres Melawi AKP Muhammad Ginting menyampaikan peristiwa itu berawal dari cuitan pengguna medsos tentang adanya kejadian penjambretan pada beberapa tempat dan adanya informasi dari warga tentang kejadian jambret.

“Menindak lanjuti informasi dari masyarakat baik secara langsung maupun lewat media sosial tentang adanya kejadian penjambretan di beberapa tempat kami membentuk tim untuk melakukan penyelidikan.” Ucap Kasat Reskrim.

“Pada hari Sabtu tanggal 14 Agustus 2021, sekira jam 19.30 WIB, Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Melawi mendapatkan ada kejadian penjambretan di Jalan Provinsi Desa Tanjung Tengang dan Tim Opsnal melakukan pengejaran terhadap pelaku. Setelah terjadi kejar-kejaran, pelaku berhasil diamankan di Jalan Desa Tanjung Tengang Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi.” Terangnya.

“Sementara setelah dilakukan pemeriksaan ternyata 1 (satu) unit sepeda motor Merk YAMAHA MIO M3 warna hitam yang digunakan pelaku saat melakukan penjambretan adalah juga hasil dari tindak pidana pencurian.”

“Menurut keterangan tersangka sudah melakukan 5 kali kasus penjambretan dengan TKP pertama Jalan Pasar Pantai Desa Tanjung Niaga, kedua Jalan Provinsi Sidomulyo depan SDN 03 Sidomulyo, TKP ketiga Jalan Provinsi Desa Labang, keempat Jalan Provinsi Nanga Pinoh-Kota Baru Km 03 dan TKP yang kelima Jalan Provinsi Desa Tanjung Tengang.“ Jelasnya.

Continue Reading

Kabupaten Melawi

Jalan Macet Akibat Banjir, Polsek Matan Hilir Selatan Lakukan Evakuasi

Published

on

Jalan Macet Akibat Banjir, Polsek Matan Hilir Selatan Lakukan Evakuasi
Loading...

Gencil News – Beberapa akses ruas jalan dari arah kecamatan matan hilir selatan dan menuju kecamatan kendawangan tepatnya di kilometer 62, sempat terputus karena di terjang banjir.

Banjir terjadi dikarenakan meluapnya parit di tepi jalan akibat curah hujan yang tinggi selama beberapa hari belakangan. Hal ini menyebabkan terjadinya penumpukan arus kendaraan yang tidak bisa melewati ruas jalan yang terendam banjir, Kamis 15 Juli 2021, Pukul 16.00 wib.

Mengetahui hal ini, Kapolsek Matan Hilir Selatan IPTU Irwan bersama personilnya langsung menuju ke lokasi kemacetan dan berusaha mengevakuasi kendaraan yang macet karena terjebak di air.

“ iya pagi ini terjadi banjir di ruas jalan kecamatan matan hilir selatan menuju ke kecamatan kendawangan tepatnya di kilometer 62, banjir disebabkan karena curah hujan yang tinggi beberapa hari ini sehingga air di parit samping jalan meluap, kami kana segera berkoordinasi bersama instansi terkait untuk segera mengatasi luapan iar ini sehingga warga masyarakat dapat kembali melalui jalan ini ” Ujar Kapolsek

Ditambahkannya akibat banjir ini beberapa kendaraan roda dua mogok karena mesin kendaraan yang terendam air, sehingga ia dan anggotanya membantu mendorong kendaraan yang mogok dijalan. Ia pun menghimbau warga masyarakat yang melalui ruas jalan ini untuk lebih berhati hati dan tidak mengambil resiko melintas ruas jalan yang masih digenangi air.

Continue Reading

Kabupaten Melawi

Bupati Melawi Hadiri Kegiatan Musrenbang RPJMD Tahun 2021-2026

Published

on

By

Bupati Melawi Hadiri Kegiatan Musrenbang RPJMD Tahun 2021-2026
Loading...

Gencil News-Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa menghadiri kegiatan Musyawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Melawi Tahun 2021-2026 pada hari Jum’at (2/07/2021).

Musrenbang RPJMD ini merupakan salah satu kegiatan yang ada pada bingkai tahapan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah lima tahunan. Ini sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 86 tahun 2017.

“Melalui kegiatan musrenbang RPJMD yang terlaksana ini bisa mendapatkan masukan dan saran yang positif. Dari seluruh pihak yang terlibat guna menyempurnakan RPJMD kabupaten Melawi Tahun 2021 -2026,”kata Dadi.

Tujuan pelaksnaan Musrembang RPJMD ini untuk melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi serta kesepakatan. Terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan serta program pembangunan daerah

“Rumusan cita – cita pembangunan dalam bentuk visi dan misi rencana pembangunan daerah kabupaten Melawi. Untuk lima tahun kedepan adalah mewujudkan kabupaten Melawi Adil – Pantas – Hebat dan berlandaskan Gotong Royong” tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa untuk terwujudnya visi dan misi lima tahun kedepan butuh kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Barat, Yulinda membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Barat menyampaikan dalam penyusunan RPJMD Kabupaten Melawi tahun 2021-2026 diharapkan bisa mendukung pencapaian tujuan serta sasaran pembangunan nasional dan pembangunan provinsi dalam RPJMD Perubahan Provinsi Kalimantan Barat 2018-2023.

“Pencapaian target akan dapat tercapai bila kita saling bergandeng tangan bersama – sama dari seluruh komponen daerah, merapatkan barisan untuk berkerja lebih giat dan lebih serius lagi dengan menetapkan program dan kegiatan yang secara signifikan berpengaruh langsung terhadap pencapaian target” kata Yulinda.

Continue Reading

Kabupaten Melawi

Ratusan Warga Antusias Ikuti Vaksinasi Presisi Polres Melawi

Published

on

Ratusan Warga Antusias
Ratusan warga masyarakat di Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi mendatangi Pos Lalu Lintas Polres Melawi yang menjadi tempat Gerai Vaksinasi Presisi. Foto/Data : PPID Polda Kalbar
Loading...

Gencil News – Ratusan warga masyarakat di Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi mendatangi Pos Lalu Lintas Polres Melawi yang menjadi tempat Gerai Vaksinasi Presisi.

Kedatangan warga untuk mendapatkan vaksinasi gratis Covid-19 yang diadakan oleh Polres Melawi, kegiatan vaksinasi gratis diadakan di Pos Lantas Kabupaten Melawi Jalan Juang KM 1,” Rabu (30/6/2021) Pagi.

Vaksinasi massal gratis ini digelar oleh Polres Melawi dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-75 (1 Juli 2021). Dan kegiatan ini (Gerai Vaksinasi Presisi) diinstruksi langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menyikapi hal itu Polres Melawi membentuk sebanyak 10 Gerai Vaksinasi.

Dari 10 Gerai Vaksinasi Presisi tersebut 7 diantaranya di Polsek Jajaran Polres Melawi dan 3 yaitu di Pos Lalu Lintas, Samsat Kabupaten Melawi dan Satpas SIM Satlantas Polres Melawi.

Jadwalnya pun beragam, 7 Polsek Jajaran Polres Melawi di gelar pada hari rabu tanggal 30 juni 2021, Sedangkan di Kantor Samsat Kabupaten Melawi yaitu digelar 1 juli 2021 dan Satpas SIM Satlantas Polres Melawi pada hari jumat tanggal 2 juli 2021.

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K melalui Kabag Ops Polres Melawi AKP Aang Permana, S.I.P., M.A.P menyampaikan “Antusias masyarakat cukup tinggi. Sampai saat ini sudah dua ribuan lebih warga Melawi yang sudah divaksin Covid-19,” tuturnya.

Dia mengatakan, serbuan vaksinasi ini dilakukan oleh seluruh polda di 34 provinsi untuk mempercepat vaksinasi nasional. Di jajaran Polda Kalbar, semua polres menggelar vaksinasi dengan tujuan yang sama untuk menghentikan mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

Vaksinasi di kabupaten Melawi ini akan terus berlangsung. Target vaksinasi yakni setiap masyarakat yang berusia 18 tahun keatas.

“Vaksinasi ini terbuka untuk umum. Masyarakat silahkan mendaftarkan diri, sasarannya adalah usia 18 tahun keatas. Dengan vaksinasi ini, kita berharap agar pandemi Covid-19 di Melawi ini segera berakhir,” harapnya.

Dia mengatakan, vaksinasi yang digelar Polres Melawi ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Melawi yaitu Dinas Kesehatan yang selalu siapsedia memberikan pelayanan kepada warga bersama Polri memberikan vaksinasi Covid-19.

“Tetap terapkan prokes agar pandemi cepat berlalu. Jangan kendor,” pungkasnya.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING