Kadis Pendidikan Mempawah ; Mulai Belajar Tatap Muka 4 Januari 2021
Connect with us

Kabupaten Mempawah

Kadis Pendidikan Mempawah: Mulai Belajar Tatap Muka 4 Januari 2021

Published

on

Kadis Pendidikan Mempawah ; Mulai Belajar Tatap Muka 4 Januari 2021
Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Mempawah, El Zuratman

Gencil News – Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Mempawah, El Zuratman mengkonfirmasi ulang bahwa metode pembelajaran tatap muka. Untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP, akan mulai dilakukan pada 4 Januari 2021 mendatang.

“Kami sudah bertemu dengan Bupati. Kami sampaikan bahwa kami sudah cek daftar periksa dan membandingkan data dari tiga Kabupaten. Yakni Pontianak, Sambas, dan Singkawang,” kata Kadis Pendidikan Kabupaten Mempawah

Pada prinsipnya pada tanggal 4 Januari 2020 siap untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Untuk itu, Zuratman mengatakan pihaknya telah melakukan rapat bersama pengawas pembina, terkait kesiapan dan memberikan arahan. Untuk mengadakan pertemuan bersama Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) di tiap Kecamatan untuk SD sederajat,

Kemudian Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) untuk setingkat SMP sederajat.

“Untuk memberikan gambaran kesiapan pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah nantinya. Seperti thermo gun, disinfektan, masker cadangan, hand sanitizer, air untuk cuci tangan dan sebagainya. Semua barang-barang ini disiapkan oleh pihak sekolah melalui dana BOS, karena itu tidak ada larangan,” kata El Zuratman.

Terkait dengan jumlah harinya, El Zuratman menyatakan, sepenuhnya akan ia serahkan kepada pihak sekolah atau satuan pendidikan masing-masing. Karena hal itu sesuai dengan keputusan SKB 4 Menteri.

Kendati demikian Zuratmi menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh terjadi saat proses belajar tatap muka. Kegiatan kontak langsung antar siswa dan guru tidak boleh terjadi.

“Diusahakan jangan ada istirahat. Karena selama masa transisi 2 bulan ini tidak boleh ada buka kantin, tidak boleh ada kegiatan ekstrakurikuler. Jadi sehabis belajar pulang,”ujarnya

“Sehingga kami himbau agar siswa membawa bekal sendiri,” jelas El Zuratman.


Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Mempawah

Hari Ini Pemkab Mempawah Gelar Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

Published

on

By

Hari Ini Pemkab Mempawah Gelar Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama
Bupati Mempawah, Erlina

Gencil News – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mempawah, gelar vaksinasi Sinovac perdana untuk tahap pertama termin pertama. Kegiatan tersebut berlangsung secara live vicon, Senin pagi (18/01/2021).

Pencanangan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 ini penting, dalam rangka untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga Mempawah.

Bupati Mempawah, Erlina dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini, masyarakat dunia seakan menaruh harapan besar terhadap penemuan vaksin COVID-19.

Indonesia menjadikan vaksinasi sebagai bagian dari strategi penanggulangan Pandemi COVID-19.

“Meski demikian, masyarakat harus tetap diberikan edukasi, bahwa meskipun vaksinasi COVID-19 penting. Namun penerapan protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Serta menjaga jarak aman (3M) dengan ketat,” pesannya.

Menurut Erlina, Pemerintah telah menetapkan pandemi Covid-19 sebagai bencana non-alam.

“Pemerintah juga telah mengumumkan kasus konfirmasi pertama COVID-19 di Indonesia pada awal Maret 2020,” katanya.

Dalam rentang waktu satu bulan, kata Erlina seluruh provinsi telah melaporkan kasus konfirmasi.

“Penyebaran COVID-19 tidak hanya terjadi di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta dan kota padat penduduk lainnya. Namun telah menyebar hingga ke pedesaan bahkan ke daerah terpencil,” bebernya.

Lanjut kata Erlina, pandemi COVID-19 memberikan tantangan besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Indonesia.

“Sampai dengan tanggal 14 Januari 2021, sebanyak 869.600 kasus konfirmasi COVID-19 telah dilaporkan di Indonesia. Dan tercatat sejumlah 25.246 orang meninggal,” ungkapnya.

Lebih jauh, Erlina mengatakan pandemi COVID-19 juga berdampak terhadap sistem kesehatan Indonesia. Yang terlihat dari adanya penurunan kinerja pada beberapa program kesehatan.

“Hal ini disebabkan adanya kekhawatiran masyarakat dan petugas terhadap penularan COVID19.

Di beberapa wilayah, situasi pandemi COVID-19 bahkan berdampak pada penutupan sementara dan penundaan layanan kesehatan khususnya di posyandu dan puskesmas,” jelasnya.

Erlina mengatakan, vaksinasi merupakan upaya kesehatan masyarakat paling efektif dan efisien dalam mencegah beberapa penyakit menular berbahaya.


Continue Reading

Kabupaten Mempawah

Erlina Menjadi Orang Pertama disuntik Vaksin Covid-19 di Mempawah

Published

on

Erlina Menjadi Orang Pertama disuntik Vaksin Covid-19 di Mempawah
Menjadi orang pertama yang disuntik vaksin covid-19 adalah permintaan langsung dari Erlina. - Foto Pemkab Mempawah

Gencil News – Bupati Mempawah Erlina siap menjadi orang pertama yang mendapatkan suntikan vaksin covid-19 di Kabupaten Mempawah. Menjadi orang pertama yang disuntik vaksin covid-19 adalah permintaan langsung dari Erlina.

Kadiskes Kabupaten Mempawah Jamiril menegaskan bahwa Bupati Mempawah siap untuk menjadi orang pertama yang mendapatkan vaksin covid-19.

“Beliau minta disuntik pertama vaksin corona,” Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah, Jamiril, Jumat, 8 Januari 2021.

Selain Bupati Mempawah, jajaran pimpinan daerah juga siap mendapatkan vaksin corona. Termasuk Wakil Bupati, Kapolres, Dandim dan Kadiskes akan duluan untuk mendapatkan vaksin covid-19.

Sampai sejauh ini belum ada kepastian tanggal pelaksanaan vaksinasi. Jamiril memperkirakan vaksinasi bisa terjadi pada pertengahan bulan Januari 2021.

“Jika sudah keluar izin BPOM, insya allah pada pertengahan Januari, kita sudah mulai bisa melakukan vaksinasi” jelas Kadiskes Mempawah.

Continue Reading

Kabupaten Mempawah

Pemkab Mempawah Dan Bulog Tingkatkan Ketahanan Pangan

Published

on

By

Pemkab Mempawah Dan Bulog Tingkatkan Ketahanan Pangan
Bupati Mempawah, Erlina Dan Tim Bulog Kanwil Kalbar Diruangan Kerja Bupati Mempawah

Gencil News – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bupati Mempawah, Erlina menyambut baik kedatangan Tim bulog kanwil Kalbar di ruangan kerjanya, Senin (28/12).

Silaturahmi ini guna memperkenalkan produk komersil bulog yang dapat menumbuhkan perekonomian mikro di Kabupaten Mempawah.

Dalam kesempatan tersebut, Erlina mengungkapkan bahwa akan mengkordinasikan kembali dengan para pejabat terkait dengan program yang telah bulog canangkan

“Saya bangga atas pencapaian bulog sejauh ini. Kerjasama yang bulog tawarkan akan saya koordinasikan dengan pejabat terkait. Dengan tetap berpegang pada aturan yang berlaku, saya harap kedepan dapat memberikan sumbangsih kepada peningkatan perekonomian di Kabupaten Mempawah,” katanya.

Ia juga menyampaikan dukungan kepada program-program yang menyasar kepada peningkatan taraf hidup masyarakat.

Rizal Mulyawan Latief, selaku pemimpin wilayah perum bulog kanwil Kalbar mengungkapkan, bahwa produk komersil bulog akan membantu menyeimbangkan harga-harga komoditi yang cenderung tidak stabil pada hari-hari besar.

“Program RPK (Rumah Pangan Kita) yang menyasar para ibu rumah tangga juga dapat membantu meningkatkan perekonomian mereka. Dengan menjadi perpanjangan tangan bulog mereka dapat menjual produk komersil pada warung- warung yang mereka kelola. Tentunya dengan perolehan keuntungan yang didapat,” ucapnya.

Rizal juga menyampaikan bahwa kunjungan ini sebagai langkah awal membangun kerjasama dengan pemerintah daerah. Dengan mengedepankan asas ketahanan pangan yang bertujuan mengurangi kekhawatiran masyarakat akan ketersediaan kebutuhan pokok.

Produk yang dikenalkan berupa beras, tepung, gula dan minyak yang dikemas dengan sangat baik.

Continue Reading

TRENDING