Kemenag Mempawah Pastikan Pencairan Dana Bos Melalui DIPA Pusat
Connect with us

Kabupaten Mempawah

Kemenag Mempawah Pastikan Pencairan Dana Bos Melalui DIPA Pusat

Published

on

Kemenag Mempawah Pastikan Pencairan Dana Bos Melalui DIPA Pusat

Gencil News – Kemenag mempawah pastikan terkait pencairan dana BOS madrasah melalui DIPA pusat. Dalam hal ini Kemenag Mempawah melakukan sosialisasi dana BOS ke madrasah.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mempawah, Rudiansah kemarin melakukan sosialisasi tentang Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah.

Kegiatan tersebut terlaksana melalui wadah Kelompok Kerja Madradah (KKM). Berlangsung di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Sungai Bakau Besar Laut, pada Kamis 3 Desember 2020.

Terselanggaranya sosialisasi tersebut karena mengingat pada tahun 2021 rencananya pencairan BOS Madrasah. Pelaksanaanya melalui Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) Kemenag RI Pusat.

“Insya Allah kedepannya kita pastikan pelaksanaan pencairan BOS melalui DIPA Pusat. Tentunya sesuai dengan juknis BOS dari Dirjen Pendis Kementerian Agama RI,” terang Rudiansah.

Rudiansah juga meminta kepada kepala Madrasah untuk melakukan kerjasamanya. Agar seluruh pemilik rekening BOS milik Madrsah jangan sampai pasif. Sehingga mengakibatkan tidak cairnya dana BOS akibat retur.

“Sebagiamana rencana Kemenag RI pusat, bahwa kedepannya pencairan dana BOS Madrasah akan menggunakan teknologi. Melalui aplikasi Elektronik Rencana Kerja Anggaran Madrasah (E-RKAM),” tuturnya.

” Seluruh Madrasah tinggal melakukan input data terkait pengusulan dana BOS,” sambungnya.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh Madrasah yang telah menerima dana BOS dapat mempergunakannya dengan sebaik-baiknya. Sesui juknis yang telah terbit, mengenai pemanfaatan agar diselaraskan dengan pembelajaran di saat Covid

Selain itu agar memenuhi kebutuhan tantang belanja Pegawai Guru khususnya Guru honor.

“Secara berjenjang mulai Kementerian Agama Pusat, Kanwil Kemenag, dan Kemenag Kabuaten tetap selalu memantau pelaksanaan BOS Madrasah secara berjenjang. Agar pelaksanaan BOS tepat jumlah, tepat sasaran, sehingga pelaporan yang disampaikan Madrasah sesuai dengan yang diinginkan kita semua,” tutup Rudiansah. 



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Mempawah

Pelajar Madrasah Mempawah Tetap Berprestasi Meski Pandemi

Published

on

By

Pelajar Madrasah Mempawah Tetap Berprestasi Meski Pandemi
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Mempawah, El Zuratnam.

Gencil News – Meski pandemi dan beberapa sekolah harus menjalani belajar daring, Namun tidak menyurutkan semangat empat pelajar Madrasah di Mempawah untuk mengharumkan nama Daerahnya.

Keempat pelajar tersebut berhasil menorehkan prestasi pada ajang Kompetensi Sains Madrasah Online (KSMO) oleh Direktur KSKK Kementerian Agama RI beberapa bulan yang lalu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Mempawah, El Zuratnam. Sangat mengapresiasi prestasi pelajar Madrasah tersebut.

Menurutnya hal ini suatu kebanggaan tersendiri, mengingat sekarang ini di masa pandemi Covid-19, sekolah juga secara online. Tetapi tidak menyurutkan minat belajar dari para siswa siswi.

“Prestasi yang sangat membanggakan, kepada para pendidik juga, ini merupakan hasil kerja keras dan usaha bersama,” ujarnya

Zuratnam juga berharap semoga seluruh jajaran Madrasah binaan Kemenag Mempawah. Terus selalu meningkatkan dan mempertahankan prestasi yang telah mereka raih sekarang.

“Alhamdulillah, perlu kita syukuri bersama prestasi ini, semoga dalam binaan bapak Kemenag Mempawah, prestasi ini bisa para pelajar pertahankan,” harapnya.

Zuratnam juga mengatakan, sebagai Kadisporapar ia betul-betul sangat mengapresiasi prestasi para pelajar.

Walau sekarang masih pembelajaran jarak jauh, tapi semangat berkompetisi masih tetap tertanam dalam jiwa para siswa.

“Terimakasih tentunya saya ucapkan kepada Kepala Kemenag Mempawah yang telah bersinergi dalam memajukan dunia Pendidikan Kabupaten Mempawah,” ucapnya.

El Zuratnam juga mengharapkan kepada seluruh tenaga pendidik yang sekarang dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Untuk selalu berkreasi dan berinovasi, sehingga menurutnya, anak didik merasa terlayani dengan baik.

“Misalnya saja dengan membuat video pembelajaran, dan yang lain-lain. Seseuai kompetensi mata pelajaran yang di ampuh oleh masing-masing tenaga pendidik,” pungkasnya


Continue Reading

Kabupaten Mempawah

Hari Ini Pemkab Mempawah Gelar Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

Published

on

By

Hari Ini Pemkab Mempawah Gelar Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama
Bupati Mempawah, Erlina

Gencil News – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mempawah, gelar vaksinasi Sinovac perdana untuk tahap pertama termin pertama. Kegiatan tersebut berlangsung secara live vicon, Senin pagi (18/01/2021).

Pencanangan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 ini penting, dalam rangka untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga Mempawah.

Bupati Mempawah, Erlina dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini, masyarakat dunia seakan menaruh harapan besar terhadap penemuan vaksin COVID-19.

Indonesia menjadikan vaksinasi sebagai bagian dari strategi penanggulangan Pandemi COVID-19.

“Meski demikian, masyarakat harus tetap diberikan edukasi, bahwa meskipun vaksinasi COVID-19 penting. Namun penerapan protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Serta menjaga jarak aman (3M) dengan ketat,” pesannya.

Menurut Erlina, Pemerintah telah menetapkan pandemi Covid-19 sebagai bencana non-alam.

“Pemerintah juga telah mengumumkan kasus konfirmasi pertama COVID-19 di Indonesia pada awal Maret 2020,” katanya.

Dalam rentang waktu satu bulan, kata Erlina seluruh provinsi telah melaporkan kasus konfirmasi.

“Penyebaran COVID-19 tidak hanya terjadi di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta dan kota padat penduduk lainnya. Namun telah menyebar hingga ke pedesaan bahkan ke daerah terpencil,” bebernya.

Lanjut kata Erlina, pandemi COVID-19 memberikan tantangan besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Indonesia.

“Sampai dengan tanggal 14 Januari 2021, sebanyak 869.600 kasus konfirmasi COVID-19 telah dilaporkan di Indonesia. Dan tercatat sejumlah 25.246 orang meninggal,” ungkapnya.

Lebih jauh, Erlina mengatakan pandemi COVID-19 juga berdampak terhadap sistem kesehatan Indonesia. Yang terlihat dari adanya penurunan kinerja pada beberapa program kesehatan.

“Hal ini disebabkan adanya kekhawatiran masyarakat dan petugas terhadap penularan COVID19.

Di beberapa wilayah, situasi pandemi COVID-19 bahkan berdampak pada penutupan sementara dan penundaan layanan kesehatan khususnya di posyandu dan puskesmas,” jelasnya.

Erlina mengatakan, vaksinasi merupakan upaya kesehatan masyarakat paling efektif dan efisien dalam mencegah beberapa penyakit menular berbahaya.


Continue Reading

Kabupaten Mempawah

Erlina Menjadi Orang Pertama disuntik Vaksin Covid-19 di Mempawah

Published

on

Erlina Menjadi Orang Pertama disuntik Vaksin Covid-19 di Mempawah
Menjadi orang pertama yang disuntik vaksin covid-19 adalah permintaan langsung dari Erlina. - Foto Pemkab Mempawah

Gencil News – Bupati Mempawah Erlina siap menjadi orang pertama yang mendapatkan suntikan vaksin covid-19 di Kabupaten Mempawah. Menjadi orang pertama yang disuntik vaksin covid-19 adalah permintaan langsung dari Erlina.

Kadiskes Kabupaten Mempawah Jamiril menegaskan bahwa Bupati Mempawah siap untuk menjadi orang pertama yang mendapatkan vaksin covid-19.

“Beliau minta disuntik pertama vaksin corona,” Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah, Jamiril, Jumat, 8 Januari 2021.

Selain Bupati Mempawah, jajaran pimpinan daerah juga siap mendapatkan vaksin corona. Termasuk Wakil Bupati, Kapolres, Dandim dan Kadiskes akan duluan untuk mendapatkan vaksin covid-19.

Sampai sejauh ini belum ada kepastian tanggal pelaksanaan vaksinasi. Jamiril memperkirakan vaksinasi bisa terjadi pada pertengahan bulan Januari 2021.

“Jika sudah keluar izin BPOM, insya allah pada pertengahan Januari, kita sudah mulai bisa melakukan vaksinasi” jelas Kadiskes Mempawah.

Continue Reading

Advertisement

TRENDING