Berita Kalbar

KPAID Sebut Pelaku Pencabulan Orang Dekat

ilustrasi (dok.istimewa)

Gencil News – KPAID Mempawah Sebut Kasus Kekerasan Maupun Cabul Banyak Dilakukan Orang Terdekat Korban. Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID), Kabupaten Mempawah, Kusmayadi, menyebut, kebanyakan oknum pelaku pencabulan merupakan orang terdekat korban.

“Kebanyakan kasus cabul yang terjadi ini dilakukan oleh orang-orang terdekat. Misalnya dilakukan oleh tenaga pendidik yang baru-baru ini ditangani, kemudian ada yang dilakukan oleh pamannya, dan orang-orang yang biasa sudah pernah berinteraksi dengan korban,” terangnya, Kamis 8 September 2022.

Baca juga   Otonomi Daerah, Pemekaran Kalbar Segera Terwujud

Ia juga mengatakan bahwa, bukan berarti semua orang terdekat yag harus di curigai tapi lebih ke perhatian untuk anak-anak.

“Namun bukan berarti semua orang terdekat harus dicurigai. Was-was boleh dan perlu perhatian lebih untuk anak-anak kita terkait pergaulannya dan diperhatikan kalau ada hal-hal yang menjurus ke pelecahan maka harus dijauhkan,” ujarnya lagi.

Terkait pencegahan kasus pencabulan, dirinya mengimbau peran serta orang tua agar lebih ekstra menjaga anak-anaknya apalagi diusia remaja.


“Jadi peran serta orangtua sangat penting, lihat pergaulannya dan selalu diawasi. Jangan sampai lewat jam 10 malam anak belum pulang tidak dicari. Baik itu anak perempuan maupun laki-laki. Karena korban pencabulan sekarang ini bukan hanya perempuan saja, laki-laki juga bisa jadi korban pelecahan,” jelasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top