Pemberian Bantuan Hukum bagi Masyarakat Miskin
Connect with us

Kabupaten Mempawah

Pemberian Bantuan Hukum bagi Masyarakat Miskin

Published

on

Pemberian Bantuan Hukum bagi Masyarakat Miskin
Tim Pengawas Pemberian Bantuan Hukum di Daerah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat (Tim Panwasda) yang terdiri dari Kepala Bidang Hukum, Edy Gunawan, Penyuluh Hukum Madya, Rini Setiawati, Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi, Eka Jaka Riswantara, Penyuluh Hukum Muda, Dini Ardianti, dan JFU Sub Bidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum, dan JDIH, Subhan Ramadhan melaksanakan Pemantauan dan Evaluasi Tim Pengawas Pemberian Bantuan Hukum pada hari Senin, 31 Mei 2021. Foto/data : kemenkumham

Gencil News – Pemberian Bantuan Hukum bagi Masyarakat miskin merupakan salah satu Program Prioritas Kementerian Hukum dan HAM melalui Badan Pembinaan Hukum Nasional dan Kantor Wilayah sebagai penyelenggara di daerah.

Dalam rangka mengevaluasi kinerja Lembaga / Organisasi Bantuan Hukum yang telah lulus verifikasi dan akreditasi di Kementerian Hukum dan HAM periode tahun 2018 s.d. 2021 khususnya di wilayah Kalimantan Barat.

Tim Pengawas Pemberian Bantuan Hukum di Daerah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat (Tim Panwasda) yang terdiri dari Kepala Bidang Hukum, Edy Gunawan, Penyuluh Hukum Madya, Rini Setiawati, Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi, Eka Jaka Riswantara, Penyuluh Hukum Muda, Dini Ardianti, dan JFU Sub Bidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum, dan JDIH, Subhan Ramadhan melaksanakan Pemantauan dan Evaluasi Tim Pengawas Pemberian Bantuan Hukum pada hari Senin, 31 Mei 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud untuk memastikan pelaksanaan kegiatan pemberian bantuan hukum bagi masyarakat / orang miskin oleh Lembaga Bantuan Hukum di daerah khususnya di wilayah Kalimantan Barat tepat sasaran dan sesuai dengan Undang – undang Nomor 16 Tahun 2011, yaitu Bantuan Hukum diperuntukkan bagi masyarakat / kelompok miskin.

Tim Panwasda terlebih dahulu mengunjungi Rumah Tahanan Kelas IIB Mempawah dan berkoordinasi dengan pejabat di Rutan dalam hal pendampingan hukum oleh advokat yang dibutuhkan oleh warga binaan dalam menghadapi permasalahan hukum.

Tim Panwasda juga melakukan uji petik kepada penerima bantuan hukum dengan melakukan wawancara langsung kepada para penerima bantuan hukum yang didampingi oleh pengacara / advokat dari LBH Galaherang yang berada di Rumah Tahanan Kelas IIB Mempawah.

Usai dari Rumah Tahanan Kelas IIB Mempawah Tim Panwasda melakukan monitoring dengan mengunjungi Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Galaherang Mempawah.

Guna melakukan pengecekan kesesuaian administrasi dokumen Bantuan Hukum yang telah diunggah di Aplikasi Sidbankum selama Periode Januari s.d. Mei 2021 dengan berkas fisik administrasi milik Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Galaherang Mempawah.

Berkoordinasi untuk mengetahui tentang permasalahan apa yang dihadapi dalam proses pemberian bantuan hukum kepada masyarakat miskin dan permasalahan penyerapan anggaran bantuan hukum baik litigasi ataupun non litigasi.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Mempawah

Pemkab Mempawah Jalin MoU Program Diploma 1 Vokasi Industri

Published

on

By

Pemkab Mempawah Jalin MoU Program Diploma 1 Vokasi Industri
Kemenperin RI Buka Program Setara D1 di Mempawah

Gencil News – Bupati Mempawah Erlina melakukan penandatanganan MoU secara virtual. Kerja sama antara Pemkab Mempawah dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Industri ( BPSDMI) tentang kerjasama penyelenggaraan dan pengembangan program pendidikan Diploma 1 Vokasi Industri.

Ia mengatakan Implementasi Industri 4.0 tidak hanya memiliki potensi luar biasa dalam merombak aspek Industri . Bahkan juga mampu mengubah berbagai aspek dalam kehidupan manusia.

Dengan itu, Pemkab mempawah mengambil langkah meningkatkan kompetensi sumber daya manusia melalui program link and match antara pendidikan dan industri.

“Dengan beroperasinya terminal Kijing dan proyek SGAR ( Smelter Grade Alumina Refenery) serta industri lainnya. Tentunya memerlukan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan Industri,” ujarnya Senin (07/06/2021).

Erlina juga menekankan bahwa guna mempersiapkan sumber daya manusia industri. Pemerintah kabupaten Mempawah telah melakukan berbagai langkah, salah satunya penandatangan MOU ini.

“Kita persiapkan sumber daya manusia lokal, pendataan proyeksi kebutuhan tenaga kerja hingga penyusunan kurikulum. Agar lapangan kerja yang ada di Kabupaten Mempawah dapat menyerap tenaga kerja lokal,” ungkapnya.

Ia berharap penandatangan ini dapat di implementasikan dengan penuh komitmen di antara kedua pihak. Sehingga pelaksanaan program Pendidikan Diploma I Vokasi Industri dapat terus berjalan dan rencana pendirian Politeknik Diploma 3 Industri dapat terlaksana pada tahun 2023.

Persiapkan sumber daya industri

Kepala BPSDMI Kementerian Perindustiran Arus Gunawan yang hadir langsung mengatakan bahwa hal ini merupakan hasil sinergi dan komitmen masing – masing pihak. Untuk mempersiapkan sumber daya manusia industri di Kabupaten Mempawah.

“Kami punya tugas mempersiapkan SDM Industri dengan program pendidikan. Pemerintah Kabupaten menjebatani industri (perusahaan-perusahaan) untuk menyerap tenaga kerja. Nantinyan perusahaan-perusahaan akan menerima SDM yang mumpuni yang telah kami persiapkan,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa kedepan pihaknya akan mendorong penyelanggaran Pendidikan Vokasi sebagaimana ketegasan pemerintah.

Dengan itu, ia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Mempawah yang telah menyelenggarakaan Pendidikan Vokasi Industri setara D1 Jurusan Teknik Perawatan Mesin sebanyak 30 orang dan Teknik Kimia Proses Industri sebanyak 30 orang .

“Saya mengapresiasi dan berterima kasih atas kerja sama dan sinergi yang baik antara Pemerintah Pusat. Kementerian Perindustiran dan Pemerintah Kabupaten Mempawah dalam menciptakan SDM yang berkompeten dan siap bekerja,” tutupnya.

Continue Reading

Kabupaten Mempawah

Kepala KUA Mempawah Ajak Jamaah Haji Maklumi Keputusan Pemerintah

Published

on

By

Kepala KUA Mempawah Ajak Jamaah Haji Maklumi Keputusan Pemerintah
Koordinasi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah bersama Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalbar

Gencil News – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah Mi’rad melakukan koordinasi terkait pembatalan keberangkatan calon jamaah haji tahun 2021.

Dalam kesempatan itu, Mi’rad sampaikan bahwa tertundanya keberangkatan calon jamaah haji pada tahun ini merupakan jalan terbaik. Ia berharap masyarakat Kabupaten Mempawah khususnya para calon jamaah haji yang siap untuk berangkat memaklumi keputusan pemerintah.

“Saya berharap para jamaah haji dari Kabupaten Mempawah. Juga jamaah haji lainnya dapat memaklumi keputusan pemerintah ini,” kata Mi’rad usai melakukan koordinasi bersama Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalbar pada Kamis, (03/06/2021)

Karena menurutnya, kesehatan para calon jamaah merupakan hal yang sangat penting dan harus menjadi prioritas. Serta belum diberikan izin untuk memasuki Arab Saudi.

Ia mengungkapkan tujuan utama koordinasi tersebut untuk penyikapan serta penyampaian kepada masyarakat terkait pembatalan keberangkatan calon jamaah haji tahun 2021.

“Tujuan utama kami yang mendasari koordinasi kali ini ialah penyikapan serta penyampaian kepada masyarakat terkait pembatalan keberangkatan calon jamaah haji di tahun ini,” terang Mi’rad.

Continue Reading

Kabupaten Mempawah

Sekda dan Kadiskes Mempawah Positif Covid-19

Published

on

Ilmuwan Temukan Bakteri Terkecil di Dunia dari Colorado

Gencil News – Sekda dan Kadiskes Kabupaten Mempawah, Ismail dan Jamiril terkonfirmasi positif covid-19.

Saat ini, keduanya sedang menjalanj isolasi mandiri di kediaman, masing-masing.

Kadiskes Mempawah, Jamiril mengatakan, bahwa dirinya tidak merasa enak badan sejak hari Jumat (28/05/2021).

Selanjutnya, pada 31 mei Jamiril melakukan tes swab berbasis PCR. Semantara hasil positif, diketahui pada 2 juni 2021.

Pihak Satgas kemudian, melakukan tracing atau melacak kepada orang yang melakukan kontak erat dengan keduanya.

Pemeriksaa swab juga dilakukan kepada pihak kedua keluarga. Namun, hasil test belum diketahui.

Saat ini, keduanya dalam keadaan stabil, dan tak lupa kedua pejabat teras di Kabupaten Mempawah ini meminta doa, dari seluruh masyarakat untuk kesembuhan mereka.

Tak lupa, Kadiskes juga mengingatkan masyarakat untuk tidak lalai dalam disiplin protokol kesehatan.

Sementara itu, pelayanan kepada masyarakat tetap berlanjut, dan diwakilkan kepada pejabat yang mewakili.

Continue Reading

Kabupaten Mempawah

Operasi Blue Night Oleh Polsek Siantan, Demi Keamanan Warga

Published

on

By

Operasi Blue Night Oleh Polsek Siantan, Demi Kemanan Warga

Gencil News- Operasi Blue Night merupakan salah satu operasi atau giat pengamanan yang dilaksanakan oleh Polsek Siantan. Operasi ini bertujuan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pada wilayah hukum Polsek Siantan.

Kegiatan ini berada pada kawasan rumah warga, agar warga merasa aman. Yakni yang berada pada sekitaran jalan Ampera, Desa Wajok Hulu, BTN Wajok Hilir hingga pada kecamatan Jongkat tepatnya di Jalan Parit H Hasan. Tujuannya agar masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dengan adanya operasi ini.

Selanjutnya, dalam mendukung kebijakan pemerintah agar bisa memutus mata rantai penyebaran penyebaran Covid-19. Polsek Siantan melakukan sebuah edukasi yang humanis kepada masyarakat setempat.

“Setiap warga yang bertemu. Turut mendapatkan himbauan agar bisa berhati-hati saat berkendaraan. Serta tidak lupa memberikan edukasi agar dapat mematuhi protokol kesehatan,” kata Kapolsek Siantan, IPTU Rahmad Kartono.

Kemudian ia menjelaskan bahwa hal ini sebagai bentuk untuk bisa meminimalisir tindak kejahatan.

“Petugas kami juga mengecek pintu-pintu rumah warga. Mungkin saja masih ada yang belum tertutup. Ataupun kendaraan yang masih terparkir di halaman teras rumah agar segera dimasukkan,” tuturnya

Agenda operasi ini berjalan hingga tengah malam. Kegiatan yang ini dipimpin oleh Kanit Reskrim Aiptu Selamat Widodo yang memberikan arahan kepada anggota saat patroli ke rumah-rumah warga.

“Harapannya adanya patroli ini mampu membuat masyarakat lebih aktif untuk bisa menjaga situasi kamtibmas serta dapat menjaga hingga hari-hari selanjutnya,”pungkasnya.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING