Ria Norsan Sebut Tak Ada Desa Sangat Tertinggal di Mempawah
Connect with us

Kabupaten Mempawah

Ria Norsan Sebut Tak Ada Desa Sangat Tertinggal di Mempawah

Published

on

Ria Norsan Sebut Tak Ada Desa Sangat Tertinggal di Mempawah Ria Norsan Sebut Tak Ada Desa Sangat Tertinggal di Mempawah
Wagub Kalbar, Ria Norsan saat membuka acara Silaturahmi dan Rapat Koordinasi ke-V Dewan Pimpinan (DPC APDESI) Kabupaten Mempawah. Selasa (2/11/2021).

Gencil News – Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan sebut tidak ada lagi desa sangat tertinggal di Kabupaten Mempawah. Hal ini sebagaimana data yang ia paparkan dengan rincian 60 desa di Kabupaten Mempawah.

60 desa tersebut terbagi menjadi 2 desa berstatus tertinggal,  3 desa berstatus berkembang, 19 desa berstatus maju  dan 36 desa berstatus mandiri.

“Desa sangat tertinggal sudah tidak ada lagi di Mempawah. Untuk itu, saya pesan kepada kepala desa untuk selalu berinovasi dan berkreasi. Demi mensejahterakan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa,” ajak Wagub Kalbar saat membuka acara Silaturahmi dan Rapat Koordinasi ke-V Dewan Pimpinan (DPC APDESI) Kabupaten Mempawah. Selasa (2/11/2021).

Baca juga   Hari Ini Pemkab Mempawah Gelar Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

Ia menegaskan bahwa kepala desa mestinya menjalankan operasional jabatannya mengacu pada Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Undang-undang Desa merupakan acuan kepala desa dalam menjalankan operasional jabatannya.

“Yang terpenting adalah menjalankan tugas pokok dan fungsi harus mengacu kepada peraturan yang ada. Jika tidak, maka tetap akan berurusan dengan Aparat Penegak Hukum (APH). Jangan sampai kepala desa yang ada di Kabupaten Mempawah ini berurusan dengan APH,” pesannya.

Ria Norsan memiliki 2031 desa dan salahsatunya terdapat 385 desa mandiri.

“Insya Allah, kami akan mengusahakan agar desa mandiri di Kalimantan Barat bertambah terus setiap tahunnya,” ungkapnya

Pemprov Kalbar bekerja sama dengan TNI Polri serta melibatkan anggota DPRD Provinsi Kalbar yang memiliki Pokok Pikiran (Pokir). Untuk memberikan stimulasi kepada desa-desa akan diarahkan agar dapat menjadi desa mandiri,” jelasnya.

Baca juga   Kenali Perbedaan Serum, Toner dan Essence Untuk Perawatan Wajah

Sementara itu, Bupati Mempawah, Erlina mengatakan bahwa keberadaan APDESI di Kabupaten Mempawah merupakan wadah pemersatu pemerintah desa. APDESI ini tersebar di 60 desa yang dimaksudkan untuk menyatukan visi dan mempercepat proses perwujudan sistem. Baik dari tataran masyarakat daerah maupun desa.

“APDESI merupakan wadah yang berisikan tentang memberikan saran, pendapat, masukan dan keinginan dari kepala desa untuk disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Mempawah,” jelas Bupati Mempawah.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Mempawah

Masjid Agung Al-Falah Mempawah Segera Diresmikan Oleh DMI Indonesia

Published

on

By

Masjid Agung Al-Falah Mempawah Segera Diresmikan Oleh DMI Indonesia

Gencil News- Bupati Mempawah, Erlina memimpin Rapat Persiapan Peresmian Masjid Agung Al-Falah Mempawah, Senin (22/11/2021).

Ia mengatakan bahwa adanya rapat ini untuk menyamakan persepsi mengenai langkah-langkah dalam mempersiapkan sarana dan peresmian yang sudah direncanakan.

Nantinya peresmian masjid Agung Al-Falah Mempawah ini akan diresmikan pada 25 November 2021.

“Alhamdulillah, Insyaallah hari Kamis 25 November 2021 nantinya Masjid Agung Al-Falah, Masjid kebanggaan masyarakat Kabupaten Mempawah akan diresmikan,”kata Bupati Erlina.

Baca juga   Wagub Kalbar Ajak Masyarakat Bentuk Herd Immunity Melalui Vaksinasi

Ia menjelaskan bahwa nantinya peresmian masjid ini akan langsung Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pusat, Jusuf Kalla hadiri.

“Serta nantinya akan dirangkai dengan Tabligh Akbar bersama UStad Das’ad Latif,”ujarnya.

Ia mengharapkan dukungan kepada masyarakat agar peresmian masjid ini dilancarkan dari awal hingga selesai.

“Mohon doa dan dukungannya semoga acara tersebut lancar dan semoga Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya kepada Kabupaten Mempawah beserta seluruh masyarakatnya,” pungkasnya.

Dalam agenda rapat kali ini dihadiri oleh Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi, Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah, Ismail, Kadis PUPR, Hamdani, Kadis Perhubungan dan LH, Kakan Kemenag, Ketua MUI Mempawah, serta para pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Mempawah.

Continue Reading

Kabupaten Mempawah

Bupati Erlina: Mempawah Ini Penyanggah Potensi Peternakan Kalbar

Published

on

By

Bupati Erlina: Mempawah Ini Penyanggah Potensi Peternakan Kalbar

Gencil News- Bupati Mempawah, Erlina mengharapkan bantuan dari Kemetrian Pertanian RI yang diberikan melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar bisa kelompok petani gunakan dengan sebaik-baiknya.

“Bersyukur dan manfaatkan dengan baik dan tingkatkan populasinya. Serta kembangkan ternak supaya menghasilkan bibit-bibit ternak yang berkualitas,” harap Erlina, Jumat (12/11/2021).

Selain itu, Ia mengingatkan agar para peternak bisa menjaga ternak agar tidak meresahkan penduduk.

“Bagi yang memiliki hewan ternak juga harap dijaga dengan sebaik mungkin, dan dijaga juga agar tidak mengganggu penduduk sekitar, agar saling menjaga kenyamanan,” ujarnya.

Baca juga   Pembangunan Pelabuhan Terminal Kijing Sudah Rampung 43.6 Persen

Ia menambahkan bahwa dengan adanya bantuan ini kelompok tani bisa terus meningkatkan hasil pertanian maupun peternakan di Kabupaten Mempawah.

“Kabupaten Mempawah ini dinilai sebagai salah satu penyanggah potensi peternakan di Kalimantan Barat serta berpotensi meningkatkan populasi dan produksi ternak dalam usaha perbaikan mutu gizi masyarakat, mendorong diversifikasi pangan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”pungkasnya.

Continue Reading

Kabupaten Mempawah

Dukung Kemajuan Pengrajin, Ketua Dekranasda Kalbar Beri Bantuan

Published

on

By

Dukung Kemajuan Pengrajin, Ketua Dekranasda Kalbar Beri Bantuan
Ketua Dekranasda Kalbar, Lismaryani Sutarmidji

Gencil News – Untuk mendukung pengrajin yang ada di Kalbar, Ketua Dekranasda Kalbar, Lismaryani Sutarmidji memberikan bantuan kepada pengrajin.

Bantuan tersebut diberikan kepada pengrajin yang ada di Desa Sepang, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah pada, Rabu (3/11/2021)

Kunjungan kerja ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi para pengrajin di lapangan. Baik dari segi bahan baku, SDM, peralatan, dan lain-lain.

Dekranasda Kalbar Juga akan berusaha membantu para pengrajin sesuai dengan keperluan mereka masing-masing. Seperti perajin di Kecamatan Toho yang tidak memiliki mesin press untuk pembuatan baju dari kulit kayu.

Sehingga pengerjaannya memakan waktu yang sangat lama dikarenakan dikerjakan secara manual.

Baca juga   Penyekatan Jalan di Pontianak Sebagai Tanda Perpanjangan PPKM Mikro

“Semoga dengan adanya kunjungan kerja ini kerajinan Kalbar mengalami kemajuan. Baik dari segi produksi, pemasaran serja penjualan,” harap Ketua Dekranasda Kalbar.

Setelah mengadakan kegiatan di Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Ketua Dekranasda Kalbar bertolak ke Kota Singkawang untuk mengunjungi dan memberikan bantuan kepada para  pengrajin keramik.

Adapun tempat pembuatan keramik yang dikunjungi, diantaranya Perusahaan Keramik dan Bata Dinasti, serta Keramik Sinar Terang.

Ketua Dekranasda Kalbar meminta para pengrajin untuk tetap semangat dan jangan putus asa, serta terus berinovasi dalam menciptakan produk kerajinan. Hal ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi para perajin dalam menghadapi masalah ekonomi di masa pandemi.

Continue Reading

Kabupaten Mempawah

Lismaryani Sutarmidji Ajak Perajin Semangat dan Ciptakan Inovasi

Published

on

Lismaryani Sutarmidji Ajak Perajin Semangat dan Ciptakan Inovasi

Gencil News – Lismayarni Sutarmidji Ketua Dekranasda Kalimantan Barat mengajak kepada perajin untuk tetap bersemangat dan mampu ciptakan inovasi, guna memberdayakan perekonomian. Hal ini Lismaryani Sutarmidji sampaikan dalam kunjungan kerjanya pada sejumlah daerah di Kalimantan Barat,

Dalam kesempatan ini , Lismaryani mengunjungi dan memberikan bantuan para pengrajin yang ada di Desa Sepang, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Rabu (3/11/2021).

“Semoga dengan adanya kunjungan kerja ini kerajinan Kalbar mengalami kemajuan baik dari segi produksi, pemasaran serja penjualan,” harap Ketua Dekranasda Kalbar.

Pada kunjungan kerja ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi para pengrajin di lapangan, baik dari segi bahan baku, SDM, peralatan, dan lain-lain.

Baca juga   Silaturahmi Dengan "TOMAS" Tiong Hoa, Erlina Imbau Soal Prokes


Dekranasda Kalbar Juga akan berusaha membantu para pengrajin sesuai dengan keperluan mereka masing-masing, seperti perajin di Kecamatan Toho yang tidak memiliki mesin press untuk pembuatan baju dari kulit kayu, sehingga pengerjaannya memakan waktu yang sangat lama dikarenakan dikerjakan secara manual.

Setelah mengadakan kegiatan di Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Ketua Dekranasda Kalbar melanjutkan perjalanan ke Kota Singkawang untuk mengunjungi dan memberikan bantuan kepada para  perajin keramik.


Wakil Walikota Singkawang, Irwan beserta Ketua Dekranasda Kota Singkawang, Juli Wahyuni Irwan, hadir pada kegiatan tersebut.


Adapun tempat pembuatan keramik yang dikunjungi, diantaranya Perusahaan Keramik dan Bata Dinasti, serta Keramik Sinar Terang.

Ketua Dekranasda Kalbar meminta para pengrajin untuk tetap semangat dan jangan putus asa, serta terus berinovasi dalam menciptakan produk kerajinan.

Baca juga   10 Ruas Jalan Di Pontianak Yang Akan Ditutup Selama PPKM Darurat

Hal ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi para  perajin dalam menghadapi masalah ekonomi di masa pandemi.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING