Kabupaten Sambas

Bupati Sambas Wajibkan ASN Pakai Beras Lokal Petani

Bupati Sambas Wajibkan ASN Pakai Beras Lokal Petani
Panen Padi di Kabupaten Sambas (Sumber: Prokopim Kabupaten Sambas)

Gencil News – Untuk pemanfaatn produk pangan berupa beras lokal, Bupati Sambas Satono mewajibkan ASN Sambas untuk membeli beras lokal.

Satono mengeluarkan surat edaran baru tentang Pemanfaatan dan Konsumsi Produk Pangan Berupa Beras Lokal bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas.

Surat Edaran (SE) dengan Nomor: 094/01/Setda-Ekon/2022 meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sambas untuk membeli beras lokal dari petani Sambas.

“SE ini kita keluarkan dalam rangka pemanfaatan dan konsumsi produk pangan berupa beras lokal. Tujuannya tidak lain untuk memberikan motivasi serta meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Sambas,” katanya.

Bupati Satono mengatakan terdapat tiga poin penting yang harus Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pahami dan laksanakan.

Baca juga   Edi Kamtono Mulai Bereksperimen Dengan Kopi Sejak 10 Tahun Yang Lalu

Pertama melaksanakan sosialisasi kepada jajaran pegawai dan unit kerja untuk membeli dan mengkonsumsi produk pangan berupa beras lokal hasil produksi petani di Kabupaten Sambas secara periodik. 

Kedua mendata kebutuhan beras seluruh pegawai perbulan, sehingga dapat diketahui kemampuan penyerapan atau pembelian beras lokal hasil produksi petani. 

Ketiga melaksanakan evaluasi dan pelaporan secara periodik tentang pelaksanaan tersebut. Hal ini menurutnya bertujuan untuk membangun sektor ekonomi masyarakat saat pandemi.

“Ini adalah upaya kita untuk membangun sektor ekonomi kerakyatan di masa pandemi Covid-19. ASN saya anggap mampu menerapkan kebiasaan membeli produk pangan berupa beras lokal dari petani Sambas,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top