Cegah Masuknya Barang Ilegal, Satgas Yonif 642 Perketat Perbatasan
Connect with us

Kabupaten Sambas

Cegah Masuknya Barang Ilegal, Satgas Yonif 642 Perketat Perbatasan

Published

on

Cegah Masuknya Barang Ilegal, Satgas Yonif 642 Perketat Perbatasan
"Disamping itu juga, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dengan melaksanakan pengamanan dan pengawasan secara maksimal, apalagi di bulan Ramadhan saat ini" ujar Dansatgas. 📷 (Pendam XII/Tpr)

Gencil News – Tingkatkan kewaspadaan terhadap masuknya barang ilegal ke wilayah Indonesia, Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas melaksanakan kegiatan Sweeping di jalan Dusun Sebubus dan persimpangan Tugu Semut, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Dikatakan Dansatgas Pamtas Yonif 642/Kps Letkol Inf Alim Mustofa, pada Jum’at kemarin, kegiatan sweeping yang dilakukan personel Pos Camar Bulan dan Pos Sei Tengah tersebut merupakan salah satu upaya dalam mencegah peredaran barang-barang ilegal dan Narkoba.

“Disamping itu juga, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dengan melaksanakan pengamanan dan pengawasan secara maksimal, apalagi di bulan Ramadhan saat ini” ujar Dansatgas.

Lanjut Dansatgas mengatakan, kami tidak akan memberi celah dan mempersempit terhadap pelaku baik itu kegiatan ilegal barang maupun pelintas batas.

“Satgas Pamtas Yonif 642/Kps akan terus meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan kegiatan-kegiatan seperti patroli dan sweeping guna mencegah terjadinya tindak pelanggaran hukum di wilayah perbatasan,” tegas Dansatgas.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Sambas

Perhatian! Masuk Sambas Wajib Tunjukan Surat Swab Antigen

Published

on

Perhatian! Masuk Sambas Wajib Tunjukan Surat Swab Antigen

Gencil News – Bagi anda yang ingin melancong ke Kabupaten Sambas, saat ini berlaku peraturan tentang kewajiban untuk menunjukan surat swab antigen. Setiap orang yang lewat atau pun memasuki Sambas surat antigen, dan ini berlaku dari tanggal 6 – 17 mei 2021.

Juru bicara Satgas Covid-19 Sambas, yang merupakan sekaligus Kadinkes Kabupaten Sambas, dr Fatah Maryunani mengatakan sesuai dengan Surat Edaran (SE) Satgas penanganan Covid-19, dengan nomor 12 tertanggal 26 Maret 2021 dan SE 13 tahun 2021 tanggal 7 April 2021. Serta adendum SE 13 tahun 2021 tanggal 21 April 2021.

Pemerintah Daerah diharapkan dapat melakukan pengetatan pada saat pra dan pasca pada masa peniadaan mudik.

Fatah menambahkan, salah satu kewajibannya adalah melengkapi dokumen bepergian, yaitu dokumen hasil swab antigen, ketika akan masuk Kabupaten Sambas.

Surat Swab Antigen tersebut hanya berlaku dua hari (2 x 24 jam) sejak surat tersebut dikeluarkan oleh pihak terkait.

Continue Reading

Kabupaten Sambas

Gubernur Menilai Pemkab Sambas Setengah Hati Tangani Covid-19

Published

on

Gubernur Menilai Pemkab Sambas Setengah Hati Tangani Covid-19

Gencil News – Gubernur Kalbar Sutarmidji menilai Pemkab (Pemerintah Kabupaten Sambas) setengah hati dalam menangani covid-19. Menurut Gubernur, penyebabnya mungkin karena masa jabatan pemerintahan Bupatinya akan berakhir pada bulan Juni 2021.

“Jangan bupati merasa sudah habis bulan Juni, sekarang ogah-ogahan. Tanggung jawab dia sampai Juni, udahlah besar hatilah untuk melaksanakan tugas pemerintahan,” kata Sutarmidji kepada wartawan, Senin (3/5/2021).

Sutarmidji kemudian menyampaikan bahwa ia sudah berulang kali mengingatkan pada Kepala Daerah untuk serius menangangi covid-19 pada daerahnya masing-masing.

Dan Kepala Daerah juga diminta untuk tidak pelit untuk membelanjakan rapid tes antigen dan laboratorium polymerase chain reaction (PCR).

“Sambas saya udah angkat tangan, capek ngomongnya saja. Mungkin karena enggak efektif pemerintahan di sana, tinggal satu bulan lagi. Tapi kan tak boleh gitu, kasihan masyarakatnya,” ujar Sutarmidji.

Sekedar untuk diketahui bahwa Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili bersama wakilnya Hairiah, merupakan satu di antara tiga kepala daerah petahana di Kalbar yang gagal  mempertahankan kekuasaannya setelah kalah dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Continue Reading

Kabupaten Sambas

GPS Sambas Sedekah Sembako dan Buka Puasa Bersama

Published

on

GPS Sambas Sedekah Sembako dan Buka Puasa Bersama

Gencil News – Makna bulan Ramadan bagi umat Islam tentunya sangatlah besar, terutama dengan kemuliaan dan keberkahan yang ada di dalam bulan ini.

Dengan penuh keberkahan di bulan Ramadan ini komunitas Gerakan Peduli Sesama (GPS) Sambas kembali melaksanakan kegiatan rutinnya yaitu program “Sedekah Sembako.”

Dapat kita ketahui bersama walaupun saat ini masih dalam kondisi Pandemi Covid-19 tidak menurunkan semangat berbagi dari komunitas ini.

Kegiatan kali ini dilaksanakan di Dusun Mengkayar, Desa Mekar Sekuntum, Kecamatan Teluk Keramat tepatnya di rumah Kakek Busri (78). Jumat (23/4/2021).

Ketua RT setempat Hamid mengatakan bahwa Kakek Busri memang benar warga saya dan saat ini hanya tinggal sendiri. Rumah yang ditempatinya merupakan rumah warga setempat dikarenakan Nenek Busri tidak mempunyai rumah untuk tempat tinggal.

Saya selaku ketua RT sekaligus mewakili pemerintah desa mengucapkan banyak terimakasih kepada Komunitas Gerakan Peduli Sesama (GPS) Sambas yang telah membantu salah satu warga kami. Kakek Busri sudah selayaknya mendapatkan bantuan karena dengan melihat kondisi yang dialaminya. Tutur Hamid.

Menurut Bayu selaku ketua Komunitas Gerakan Peduli Sesama (GPS) Sambas menjelaskan bahwa kegiatan kali ini selain menyalurkan sembako juga diadakan buka puasa bersama di rumah yang dibantu karena mengingat kegiatan yang dilaksanakan ini pada bulan Ramadan.

Lanjutnya pada bulan Ramadan ini merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan, Nabi Muhammad SAW memberi keteladan terbaik dengan banyak bersedekah dan menjadi orang yang paling dermawan pada bulan suci ini.

“Hal ini membuat kita mendapatkan bahwa makna bulan Ramadan bagi umat Islam selanjutnya adalah untuk banyak bersedekah dan memberi kepada orang yang tidak mampu serta mengurangi beban mereka yang membutuhkan.” Tutup Bayu

Continue Reading

Kabupaten Sambas

Pelayanan Terbaik Kepada WBP, Rutan Sambas Nominator Pemenang

Published

on

Pelayanan Terbaik Kepada WBP, Rutan Sambas Nominator Pemenang
Terpilihnya Rutan Sambas menjadi nominator diikuti dengan penilaian yang dilakukan oleh verifikator Direktorat Jenderal Pemasyarakatan pada Minggu 11 April hingga Senin 12 April 2021 bertempat di dapur Rutan Kelas IIB Sambas.Foto/Data: Humas Divpas

Gencil News – Rutan Sambas berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dalam Penyelenggaraan Makanan Bagi tahanan, Anak dan Narapidana.

Hal ini terbukti dengan terpilihnya Rutan Kelas IIB Sambas sebagai Nominator Pemenang Lomba Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Terbaik.

Pada bidang Penyelenggaraan Makanan Bagi Tahanan, Anak dan Narapidanan Tahun 2021 dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 57.

Rutan Sambas menjadi nominator yang diikuti dengan penilaian yang dilakukan oleh verifikator Direktorat Jenderal Pemasyarakatan pada Minggu 11 April hingga Senin 12 April 2021 bertempat di dapur Rutan Kelas IIB Sambas.

Kepala Rutan Kelas IIB Sambas Priyo Tri Laksono mengatakan, pihaknya sangat serius dalam memberikan pelayanan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Salah satunya penyelenggaraan makanan bagi WBP.

“Rutan Kelas IIB Sambas dalam rangka memberikan layanan penyelenggaraan makanan walaupun dengan SDM yang terbatas tetap berupaya memaksimalkan pelayanan sesuai dengan Permenkumham No. 40 tahun 2017. Hal ini terbukti dengan didapatkannya sertifikat Laik Higienis dan pelatihan tata boga bagi petugas dan WBP yang memotivasi kami untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan”, tutur Priyo.

Priyo juga berharap walaupun dengan minimnya SDM dibidang Penyelenggara Makanan, Rutan Kelas IIB Sambas dapat meraih peringkat terbaik, pada Lomba Penyelenggaraan Makanan Bagi Tahanan, Anak dan Narapidana Tahun 2021 ini.

Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 57, Direktorat Pelayanan Kesehatan dan Rehabilitasi mengadakan lomba penyelenggara makanan bagi tahanan, anak dan narapidana ini sesuai regulasi yang kami buat, ujar Oke Tri Komaladewi, satu dari dua verifikator Dirjen Pemasyarakatan yang melakukan verifikasi di rutan Sambas.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, kedepan UPT Pemasyarakatan di Indonesia dapat lebih baik lagi dalam penyelenggaraan makanan bagi Tahanan, Anak dan Narapidanan sesuai dengan Permenkumham no 40 tahun 2021” ucap Oke.

Oke Tri Komaladewi menambahkan, penilain dalam lomba ini disaring dari Input data SDP dan tertib Administrasi UPT Pemasyarakatan se-Indonesia.

“Kita saring data peserta dari penginputan SDP, tertib administrasi dan didapat UPT Pemasyarakatan yang layak dan masuk dalam delapan nominator sebagai pemenang, salah satunya Rutan Sambas. dan kita lakukan verifikasi ke lapangan”, jelasnya

Menurut Oke, setelah pihaknya turun langsung ke lapangan, Rutan Kelas IIB Sambas berusaha memberikan layanan terbaik walaupun dengan SDM yang minim.

“Saya melihat dengan kurangnya SDM dan keterbatasan sarana prasarana di Rutan Sambas, mereka tetap berkomitmen dan berupaya memberikan pelayanan yang terbaik. Kami berharap kedepan Rutan Sambas dapat diberikan tambahan SDM dan juga sarpras yang sesuai dengan kebutuhan sehingga pelayanan akan meningkat lagi”,harap Oke.

Kepala Divisi Pemasyarakatan melalui Kepala Sub Bidang Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Zainal Ariefin yang mendampingi Tim Verifikator ke Rutan Sambas mengapresiasi atas terpilihnya Rutan Sambas menjadi nominator pemenang lomba.


“Terpilihnya Rutan Kelas IIB Sambas sebagai nominator pemenang lomba penyelenggara Makanan Bagi Tahanan, Anak dan Narapidana Tahun 2021 ini merupakan hasil dari komitmen teman-teman di sini memberikan pelayanan pda WBP. Saya ucapkan selamat dan jadikan ini sebagai awal dari prestasi-prestasi lainnya. Saya berharap Rutan Sambas dapat menyabet peringkat pertama,”tutup Zainal Optimis.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING