Kabupaten Sambas

Sutarmidji Apresiasi Pemkab Sambas Atas Capaian Desa Mandiri Tertinggi

Sutarmidji Apresiasi Pemkab Sambas Atas Capaian Desa Mandiri Tertinggi

Gencil News – Gubernur Kalbar, Sutarmidji memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh kepala desa beserta jajaran yang ada di Kabupaten Sambas. Apresiasi tersebut karena kabupaten yang memiliki semboyan “Sambas Berkemajuan” tersebut berada pada posisi teratas dengan jumlah desa mandiri terbanyak tingkat nasional.

Hal ini ia ungkapkan saat menjabarkan peta status Indeks Desa Membangun (IDM) dihadapan para kepala desa dan BPD se-Kabupaten Sambas, Kamis (23/6/2022).

Berdasarkan Peraturan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 2 Tahun 2016 dan Peraturan Gubernur Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Percepatan Kemajuan dan Kemandirian Desa, Sutarmidji menyebut ada 3 aspek indikator IDM. Yaitu Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE), dan Indeks Ketahanan Lingkungan.

Baca juga   Siapkan Peserta Seleksi Caba PK, Kodim Sambas Lakukan Pembinaan

“Dari aturan tersebut kemudian ditetapkan menjadi status Desa Mandiri, Desa Maju, Desa Berkembang, Desa Tertinggal, dan Desa Sangat Tertinggal,”.

Pada awal jabatannya sebagai Gubernur, ia mengungkapkan bahwa Kalbar hanya memiliki 1 Desa Mandiri. Sedangkan Desa Sangat Tertinggal sebanyak 677 Desa, Desa Tertinggal berjumlah 928 Desa. Desa Berkembang sebanyak 372 Desa, dan Desa Maju sebanyak 53 Desa.

“Alhamdulillah, berdasarkan hasil verifikasi IDM di tahun 2022, jumlah Desa Mandiri di Kalbar meningkat menjadi 586 desa,” tutur H. Sutarmidji.

Baca juga   Jadwal Kapal PELNI KM Labobar Beserta Harga Tiketnya

Sutarmidji memaparkan sejak tahun 2020 sudah tidak ada lagi desa berstatus tertinggal.

“Tahun 2020 sudah tidak ada lagi desa berstatus sangat tertinggal. Tahun 2021 sudah tidak ada lagi Desa Tertinggal dibandingkan tahun 2018 yang lalu dan Desa Mandiri tidak ada. Untuk status Desa Mandiri tahun 2021 di Kabupaten Sambas ada 65 desa. Bahkan di tahun 2022 jumlah Desa Mandiri bertambah menjadi 119 desa,”paparnya

“Saya sangat mengapresiasi Kabupaten Sambas yang berada di peringkat 15 nasional dengan jumlah Desa Mandiri terbanyak di tahun 2022. Untuk Desa Sekura, Kecamatan Teluk Keramat, berada di urutan 16 nasional dengan status IDM Mandiri,” ujar Gubernur Kalbar.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top