Kabupaten Sambas

Temuan Dinas Peternakan Sambas, Sejumlah Ternak Terinfeksi PMK

Temuan Dinas Peternakan Sambas, Sejumlah Ternak Terinfeksi PMK
Temuan Dinas Peternakan Sambas, Sejumlah Ternak Terinfeksi PMK 📸 ilustrasi François Germain

Gencil News – Dari hasil temuan Dinas Perikanan Peternakan dan Kesehatan Kabupaten Sambas diketahui dari hasil pelacakan, sejumlah hewan ternak terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Bidang Kesehatan Hewan DPPKH Sambas, Makbullah mengatakan bahwa pihaknya sudah dua kali mengirimkan sampel ke Balai Veteriner Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Namun, sampel yang pertama dikirim rusak saat sampai, pengiriman sampel kedua berhasil dianalisis dengan hasil empat sampel dikabarkan positif.

“Enam sampel pertama yang kita kirimkan ke Balai Veteriner Banjarbaru tidak bisa dianalisis karena rusak. Kemudian dari Balai Veteriner Banjarbaru kembali mengambil sebanyak delapan sampel, hasilnya empat negatif dan empat positif,” katanya, Kamis (23/6/).

Baca juga   Pelayanan B2TKI Libatkan Lima Instansi

Makbullah menjelaskan berdasarkan data tracking yang mereka himpun, terdapat lima kecamatan yang dicurigai terpapar PMK.

Setidaknya ada 124 ekor hewan ternak sapi yang suspek terinfeksi PMK. 35 di antaranya sedang sakit, 88 sudah dinyatakan sembuh, dan satu ekor sapi dipotong.

“Lima kecamatan ini yaitu Kecamatan Semparuk, Tebas, Sambas, Tangaran, dan Paloh. Untuk sementara semua hewan ternak yang suspek terinfeksi PMK adalah sapi. Kambing, domba dan sebagainya belum ada,” jelasnya.

Untuk itu, Makbullah memberikan imbauan kepada masyarakat Kabupaten Sambas untuk melaporkan ke DPPKH Sambas jika melihat gejala PMK pada hewan ternak, paling tidak memberikan langkah pencegahan.

“Jika menemukan hewan ternak dengan ciri-ciri PMK, seperti mulut berbusa, tidak napsu makan, kuku bernanah dan tidak bisa berdiri atau hewan ternak tiba-tiba lemah, segera pisahkan dari kelompoknya. Rajin-rajinlah membersihkan kandang dan menyemprotkan disinfektan sebagai langkah pencegahan,” pungkas Makbullah.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top