Atasi Banjir, Gubernur Kalbar Buat Database Deteksi Potensi Banjir
Connect with us

Kabupaten Sanggau

Atasi Banjir, Gubernur Kalbar Buat Database Deteksi Potensi Banjir

Published

on

Atasi Banjir, Gubernur Kalbar Buat Database Deteksi Potensi Banjir
Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H, M. Hum, serahkan bantuan untuk korban banjir Kabupaten Sanggau

Gencil News – Tinjau lokasi banjir di Kabupaten Sanggau, Gubernur Kalbar akan melakukan terobosan-terobosan untuk penanganan banjir.

Selain menyerahkan bantuan kepada korban banjir Gubernur juga memastikan penanganan untuk kemungkinan bencana banjir tahun berikutnya dapat segera ditangani.

Ia mengungkapkan langkah yang dilakukan pemerintah provinsi Kalbar yaitu dengan cara membuat database banjir. Menurutnya database ini nantinya dapat membantu deteksi potensi banjir dan acuan langkah yang akan diambil.

“Kita buat database banjir, terutama wilayah dibantaran sungai,” terangnya, Rabu (03/11/2021).

Gubernur Kalbar menjelaskan, database ini nantinya akan mengidentifikasi tingginya banjir dan potensi dampak kepada masyarakat.

“Nanti jika ketinggiannya 1 meter sudah terdampak atau belum. Dengan begitu rumah mana saja yang terdampak akan diketahui,” paparnya

Baca juga   Ritual Tolak Bala Di Desa Suka Mulya Sanggau, Dilarang Menerima Tamu

Sehingga pemprov Kalbar tinggal suplay bantuan. Bahkan kebutuhan posko bantuan dapat diperhitungkan melalui database ini.

“Kalau sudah didatabase itu akan mudah. Nanti tinggal minta ke provinsi butuh apa,” ungkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Sanggau

Bupati Paolus: Untuk Libur Nataru Masyarakat Tetap Di Sanggau Saja

Published

on

By

Bupati Paolus: Untuk Libur Nataru Masyarakat Tetap Di Sanggau Saja

Gencil News- Bupati Sanggau, Paolus Hadi menanggapi adanya Intruksi Mendagri yang akan menerapkan PPKM Level 3 serentak seluruh Indonesia.

“Artinya ini harus kita patuhi, bahwa untuk libur natal dan tahun baru (Nataru) ini memang kita diperketat kembali. Dan kita nanti secara detail kami akan rapatkan di Satgas bagaimana pengaturan lebih lanjut,”kata Paolus, Kamis (25/11/2021).

Ia menjelaskan bahwa penetapan itu akan berlaku dari tanggal 24 Desember 2021 mendatang hingga selesai tahun baru.

“Mudah-mudahan ini dipatuhi. Kepada masyarakat Sanggau, nanti kita akan ada pengetatan-pengetatan,”jelasnya.

Baca juga   Ritual Tolak Bala Di Desa Suka Mulya Sanggau, Dilarang Menerima Tamu

Maka dari itu, Ia mengharapkan agar adanya pengetatan kembali ini tidak menjadikan beban untuk semuanya.

“Memang kekhwatiran besar dari Pemerintah adalah ketika perayaan natal dan tahun baru inikan orang berkumpul. Kemudian kembali dari berbagai daerah, nah ini yang diatur supaya jangan ada gelombang berikutnya terkait Covid-19 ini,”harapnya.

Ia mengungkapkan bahwa untuk kasus Covid-19 di Kabupaten Sanggau sendiri sudah tidak ada kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 ataupun yang dirawat.

“Untuk itu mohon dukungan dari masyarakat Sanggau, kita natal dan tahun baru di Sanggau saja,”ungkapnya,

Paolus menambahkan agar masyarakat Sanggau untuk tidak mudik dan tidak kemana-mana.

“Bagi yang diluar natalan dan tahun barulah di daerahnya masing-masing. Patuhi protokol kesehatan, Apalagi sekarangkan penerbangan pasti ada PCR atau antigen. Nah yang antar daerah ini, antar Kabupaten, antar Kota ini yang nanti diatur secara menyeluruh. Kita juga pasti akan ikut terus petunjuk dari bapak Gubernur,”pungkasnya.

Continue Reading

Kabupaten Sanggau

Bupati Yohanes: Wujud Dari Kerja Keras Dimulai Dari Proses Pendidikan

Published

on

By

Bupati Yohanes: Wujud Dari Kerja Keras Dimulai Dari Proses Pendidikan

Gencil News- Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot mengatakan bahwa suatu kebanggaan untuk Univesitas melihat alumninya menjabat menjadi seorang pemimpin yang hebat.

“Ini merupakan wujud dari kerja keras kita saat mulai berproses sejak berpendidikan sampai menjadi pemimpin yang mengabdi bagi masyarakat. Bukti nyata bahwa seseorang Benar-benar mengabdi dapat ditunjukan sejak sekarang,”kata Bupati Yohanes. Saat menghadiri Kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Fakultas Pertaniaan Universitas Panca Bhakti di Dusun Tonye, Desa Entakai, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau. Pada hari Selasa (23/11/2021).

Ia menerangkan bahwa dari sini kita bisa lihat bahwa seorang pemimpin juga bisa mengabdi kepada masyarakat.

“Tentunya ini menjadi kebanggaan kita semua ya. Hadir nya bapak ibu sekalian sebagai Senior, abang, kakak, alumni bagi adik-adik kita yang sedang mengadakan bakti sosial ini. Sebagai alumni dari Universitas Panca Bhakti Khususnya Fakultas Pertanian Ini dapat kita lihat bisa menjadi seorang pemimpin juga yang tentunya dapat mengabdi untuk masyarakat khusus nya di Kabupaten Sanggau ini,”terangnya.

Baca juga   Bupati Yohanes: Wujud Dari Kerja Keras Dimulai Dari Proses Pendidikan

Ia mengingatkan agar hal-hal seperti ini bisa menjadikan mahasiswa dalam mengambil ilmu kemasyarakatan yang merupakan suatu perwujudan penting ketika ingin turun langsung nantinya.

“Bentuk pengabdian kecil ini sangat penting bagi masyarakat dengan ikut membantu baik dalam kegiatan sosial, kesehatan maupun dalam penerapan pertanian tentunya. Kehadiran Mahasiswa untuk masyarakat ini merupakan realisasi teori dan praktik langsung mengenai Ilmu-Ilmu yang mungkin masyarakat belum ketahui,”jelasnya.

Ia mengharapkan agar mahasiswa sekalian yang hadir untuk bisa lebih giat dalam belajar baik dari ilmu yang mereka dapat saat berkuliah maupun saat praktik langsung terjun kelapangan.

“Generasi muda ini bisa menyambung estafet kepemimpinan nantinya. Tentunya di usia yang masih muda ini mahasiswa/mahasiswi ini belum cukup hanya menerima teori di Kampus saja, Melainkan dengan adanya praktik langsung atau pengabdian terhadap masyarakat luas dengan menerapkan atau mengimplementasikan Ilmu-ilmu serta pengalaman yang telah mereka dapatkan,”pungkasnya.

Continue Reading

Kabupaten Sanggau

Tarik Wisatawan Dengan Festival Daerah Bepanok Ajan’t Dan Kopi Tungku

Published

on

By

Tarik Wisatawan Dengan Festival Daerah Bepanok Ajan't Dan Kopi Tungku

Gencil News- Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sanggau, Libertus Toto Martono menjelaskan bahwa kegiatan Bepanok Ajan’t dan Kopi Tungku merupakan wisata daerah Kabupaten Sanggau.

Hal ini ia sampaikan saat menghadiri kegiatan ini di Wisata Batu Posok Desa Penyeladi, Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau, Sabtu (20/11/2021).

Ia mengatakan bahwa adanya kegiatan ini merupakan salah satu rangka dalam mempromosikan wisata daerah dalam mendorng pemulihan ekonomi khususnya dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sanggau dalam masa pandemi seperti ini.

“Kemudian tujuan kegiatan hari tentunya untuk mendorong pemulihan kembali geliat ekonomi kreatif bidang kuliner dan juga pelestarian kuliner khas daerah bernuansa budaya yaitu Bepanok Ajan’t atau membakar lemang,”kata Libertus.

Baca juga   Banjir Akibatkan Jembatan Penghubung Rusak Di Kecamatan Mandor

Ia menerangkan bahwa dalam kegiatan ini biasanya pelaksanaannya setiap tanggal 3 April setiap tahunnya. Akan tetapi, kegiatan ini sempat terhenti karena adanya pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini selain bermaksud untuk kembali menstimulus pergerakan ekonomi rakyat dalam mengembangkan potensi budaya untuk kepentingan pariwisata juga diharapkan dapat menambah pengetahuan para pengunjung yang nantinya akan merasakan experience atau pengalaman unik membuat dan membakar lemang,”terangnya.

Baca juga   Ritual Tolak Bala Di Desa Suka Mulya Sanggau, Dilarang Menerima Tamu

Ketua TP Kabupaten Sanggau, Arita Apolina menjelaskan bahwa keterampilan membuat kuliner dengan nuansa daerah, bisa menjadikan daya tarik para wisatawan.

“Melalui kegiatan ini saya harapkan dimasa-masa yang akan datang akan terus tetap di laksanakan dan tidak menutup kemungkinan ada terobosan baru terutama dalam mengenalkan kuliner khas Sanggau untuk kepentingan promosi kekayaan kuliner daerah Kabupaten Sanggau,”jelas Arita.

Ia sangat mengharapkan adanya kegiatan festival seperti ini pada masa pandemi bisa menumbuhkan kebersamaan diantara kita semua untuk bisa bersama-sama kembali bangkit.

“Memulai adaptasi kebiasaan baru agar kita semua tetap produktif dan dapat melakukan tugas kita masing-masing dengan baik,”pungkasnya.

Continue Reading

Kabupaten Sanggau

Peduli Korban Banjir, Babinsa Semuntai dan Pramuka Salurkan Bantuan

Published

on

Peduli Korban Banjir, Babinsa Semuntai dan Pramuka Salurkan Bantuan

Gencil News – Berbagai bantuan datang untuk korban bencana banjir. Kali ini kepedulian datang dari adik-adik Gerakan Pramuka Gugus Depan Riam Buih 02.011-02.012 SMPN 3 Mukok yang didampingi Babinsa Semuntai Koramil 1204-19/Mukok di Posko Pengungsian Desa Semuntai, Kecamatan Mukok, Kabupaten Sanggau.

Babinsa Semuntai Koramil 1204-19/Mukok Serda Rusmanto dan Praka Danar bersama anggota Pramuka menyalurkan bantuan untuk pengungsi. Di Posko ini terdapat 12 KK atau 64 jiwa yang terpaksa mengungsi akibat bencana banjir.

Serda Rusmanto mengatakan sangat mendukung kegiatan yang dilakukan adik-adik Gerakan Pramuka Gugus Depan Riam Buih 02.011-02.012 SMPN 3 Mukok yang berupaya membantu meringankan beban warga. Sebagai bentuk kepedulian sesama.

Babinsa Semuntai menyebutkan, dalam kesempatan tersebut adik-adik Pramuka memberikan bantuan berupa Sembako sebanyak 12 paket. Bantuan diberikan secara tulus untuk membantu meringankan beban warga.

Baca juga   Banjir Masih Menghadang, Bantuan Pemkot Dengan Armada Dilepas

“Jangan pandang dari segi jumlahnya, tapi lihatlah bentuk wujud kepedulian mereka yang merasa ikut prihatin dengan keadaan suadara-saudara kita yang terdampak banjir,” tandasnya.

sumber : (Pendam XII/Tpr) #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING