Dinas Pendidikan Sanggau Setujui Pendirian SMA Negeri Di Entikong
Connect with us

Kabupaten Sanggau

Dinas Pendidikan Sanggau Setujui Pendirian SMA Negeri Di Entikong

Published

on

Dinas Pendidikan Sanggau Setujui Pendirian SMA Negeri Di Entikong
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sanggau, Sudarsono

Gencil News – Dalam waktu dekat Kecamatan Entikong akan mendirikan SMA Negeri. Untuk keberlangsungan pendidikan pada kecamatan yang berbatasan dengan negara Malaysia tersebut.

Ketua pengelola pendirian SMAN 1 Entikong sudah mengajukan surat permohonan rekomendasi pendirian sekolah baru pada tanggal 15 Februari 2021.

Akhirnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sanggau, Sudarsono memberikan rekomendasi dan menyetujui. Untuk mendirikan SMAN 1 Entikong dengan beberapa pertimbangan.

  • Pertama, Kecamatan Entikong sampai saat ini belum memiliki SMA Negeri.
  • Kedua Kecamatan Entikong memiliki 6 Sekolah pendukung (5 SMP Negeri dan 1 Mts Swasta). Dengan jumlah siswa pada tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 282 siswa.

“Siswa lulusan yang berasal dari 6 Sekolah pendukung tersebut harus menempuh jarak yang cukup jauh ke Kecamatan Sekayam. Jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA,” Kata Sudarsono, Selasa (23/02/2021).

  • Kemudian pertimbangan ketiga meningkatkan dan mendekatkan akses pemerataan layanan pendidikan dan mengurangi angka putus sekolah khususnya di wilayah perbatasan.

Sebelumnya, Anggota DPRD Sanggau, Edi Emilianus mengungkapkan bahwa keberadaan SMA Negeri di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalbar, sangat dibutuhkan di wilayah perbatasan tersebut.

“Kecamatan Entikong adalah beranda depan Perbatasan RI dan Malaysia, Sudah layak untuk adanya SMA/SMU untuk peningkatan SDM di daerah Perbatasan. SMK sudah ada, SMA/SMU yang belum ada,”katanya, Selasa 23 Februari 2021.

Menurutnya selama ini masyarakat sangat menginginkan adanya SMA/SMU tersebut. Ia memaparkan setidaknya sudah ada 5 SLTP yg ada di Kecamatan Entikong sebagai pendukung untuk didirikan SMA/SMU.

Dengan itu, Edi Emilianus berharap tahun ini SMA/SMU sudah ada di Kecamatan Entikong. Pihaknya juga sedang mengusulkan terkait pembangunan SMA/SMU di wilayah perbatasan tersebut.

“Usulan baru tahap rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau dan selanjutnya rekomendasi Bupati. Karena kewenangan untuk SMA/SMU dan SMK ada di Pemprov, Usulan untuk pembangunan lagi dalam proses untuk pembangunannya,”ujarnya.



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Sanggau

Satres Narkoba Polres Sanggau, Amankan Pria Simpan 4 Kantong Sabu

Published

on

Satres Narkoba Polres Sanggau, Amankan Pria Simpan 4 Kantong Sabu

Gencil News – Satres Narkoba Polres Sanggau mengamankan seorang pria yang memiliki empat kantong paket sabu. Empat paket kantong bening berklip milik pria berinisial AH warga Balai Karangan I, Desa Balai Karangan, Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau.

Penangkapan AH bermula saat Petugas Kepolisian Satres Narkoba Polres Sanggau menerima laporan warga akan adanya dugaan penyalahgunaan narkotika jenis sabu diwilayah Kecamatan Sekayam.

Dari laporan tersebut pihak Kepolisian kemudian menangkap dan menggeledah tersangka AH kemudian menemukan empat paket sabu dalam saku celananya.

Dari penggeledahan tersebut Polisi juga menyita sejumlah barang bukti berupa Empat Paket Sabu, Satu Buah jaket jeans serta satu unit HP.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya kini tersangka AH berikut barang bukti narkotikanya sudah dibawa kemapolres Sanggau guna pemeriksaan lebih lanjut.

Kapolres Sanggau AKBP Raymond M. Masengi, S. IK, MH melalui Kasat Resnarkoba Polres Sanggau Iptu Donny Sembiring, SH menghimbau agar seluruh masyarakat sanggau memastikan sanak keluarganya terhindar dari barang haram narkotika dengan melakukan beragam aktivitas positif mengingat saat ini sedang dalam masa puasa.

Continue Reading

Kabupaten Sanggau

Polsek Parindu Bagikan Takjil, dan Himbau Warga Taat Prokes

Published

on

Polsek Parindu Bagikan Takjil, dan Himbau Warga Taat Prokes

Gencil News – Polsek Parindu Polres Sanggau menggelar kegiatan pembagian Takjil dan sekaligus memberikan imbauan pencegahan penularan wabah Covid-19 yang dipimpin oleh Wakapolsek bersama anggota Polsek Parindu di depan Mako Polsek Parindu, Jumat (16/4) sore.

Setidaknya Puluhan bungkus takjil makanan siap saji untuk berbuka puasa dibagikan kepada masyarakat yang melintas Jalan Merdeka Bodok tepatnya didepan Mapolsek Parindu.

Wakapolsek Parindu Iptu Heri Triyana mengatakan, pembagian takjil merupakan wujud kepedulian keluarga Polsek Parindu kepada masyarakat yang berpuasa khususnya bagi masyarakat pengendara.

“Bagi-bagi takjil digelar sebagai bentuk berbagi kepada sesame di bulan suci ramadhan di tengah pandemik Covid-19, kita laksanakan juga sebagai sarana silaturahmi dengan masyarakat,” tuturnya.

Dalam suasana pembagian takjil tetap memperhatikan Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, yaitu dengan menggunakan masker dan menjaga jarak (phsycal distancing) sehingga aksi ini sontak mendapat respons positi dari warga sekitar.

Sementara itu Kapolsek Parindu AKP Bukhari, SH mengatakan selain bagi-bagi takjil juga mengajak dan mengimbau masyarakat untuk tetap memperhatikan himbauan pemerintah dan mengikuti Protokol Kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Wabah Covid-19 di wilayah Kecematan Parindu.

“Kami juga mengajak masyrakat untuk tetap memperhatikan protocol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ungkap Kapolsek.

Continue Reading

Kabupaten Sanggau

Provos Polsek Meliau Cek Suhu Tubuh Personil dan Masyarakat serta Ingatkan Prokes

Published

on

Provos Polsek Meliau Cek Suhu Tubuh Personil dan Masyarakat serta Ingatkan Prokes
Guna mengantisipasi penyebaran Covid 19, Ps. Kanit Provos Polsek Meliau Aipda Erwin Sumirat memeriksa suhu tubuh terhadap masyarakat yang akan membutuhkan Pelayanan Polri, diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu serta dilakukan pengecekan suhu tubuh, Kamis (15/4). foto/data polres sanggau

Gencil News – Guna mengantisipasi penyebaran Covid 19, Ps. Kanit Provos Polsek Meliau Aipda Erwin Sumirat memeriksa suhu tubuh terhadap masyarakat yang akan membutuhkan Pelayanan Polri, diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu serta dilakukan pengecekan suhu tubuh, Kamis (15/4).

Sebelum melaksanakan pelayanan, Kanit Provos memeriksa suhu tubuh anggota Polsek dan masyarakat/ pengunjung di Depan Mako Polsek Meliau dengan menggunakan Thermo Gun.

Apabila ada yang suhu tubuhnya tinggi atau demam, anggota Polsek Meliau dan warga masyarakat disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

“Prosedur pemeriksaan suhu tubuh dan pemberian hand sanitizer kepada Personil Polsek Meliau dan masyarakat yang berkunjung ke Mapolsek merupakan bentuk antisipasi pencegahan penyebaran virus Covid-19 atau virus Corona,” ujar Aipda Erwin Sumirat.

Kapolsek Meliau Iptu Nana Supriatna menuturkan bahwa pemeriksaan suhu tubuh dan penggunaan hand sanitizer tersebut sesuai dengan arahan pimpinan dan Dinas Kesehatan.

“Kami berharap masyarakat yang datang ke Mapolsek Meliau agar mengikuti prosedur yang telah diberlakukan yaitu pemeriksaan suhu tubuh dan mencuci tangan di Air yang mengalir,” jelasnya.

Continue Reading

Kabupaten Sanggau

Polsek Batang Tarang Berikan Penyuluhan Pencegahan Covid-19

Published

on

Polsek Batang Tarang Berikan Penyuluhan Pencegahan Covid-19
Polsek Batang Tarang Berikan Penyuluhan Pencegahan Covid-19 - Foto / Data : Polres Sanggau

Gencil News – Untuk mencegah perebakan virus corona pada wilayah Batang Tarang. Anggota Polsek Batang Tarang terus melakukan penanganan dengan melaksanakan berbagai kegiatan agar masyarakat tidak terkena dampak penyebaran Covid-19 ini.

Seperti halnya yang dilaksanakan Kajaga Regu 2 Bripka Suyanto dan Bripka Ferry Efendi yang melaksanakan penanganan penyuluhan kepada masyarakat di Wilayah Jalan Busuliung Desa Mak Kawing Kecamatan Batang Tarang, Kamis (15/4).

Kapolsek Batang Tarang Ipda Agus Tri Marsono, SH menyampaikan kegiatan himbauan ini merupakan sebagai bentuk kepedulian Polsek dalam upaya mencegah penularan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Batang Tarang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dan imbauan kepada warga Batang Tarang akan bahaya Covid-19 untuk tidak takut dan khwatir tetapi mari menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan dan menjaga imun tubuh agar kita terhindar dari segala penyakit dan jangan lupa untuk tetap mengikuti dan mematuhi himbauan pemerintah,” jelasnya.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

TRENDING