Kunjungan Kerja Kapolda Kalbar di Polsek Entikong
Connect with us

Kabupaten Sanggau

Kunjungan Kerja Kapolda Kalbar di Polsek Entikong

Published

on

Kunjungan Kerja Kapolda Kalbar di Polsek Entikong

Gencil News – Kapolda Kalbar Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto, SH, M.Si didampingi Dir Pol Airud Polda Kalbar Kombespol Benyamin Sapta T, S. IK., M. Si melaksanakan kunjungan kerja ke Wilkum Polsek Entikong Polres Sanggau, Sabtu (1/5).

Kedatangan Kapolda Kalbar di Wilkum Polsek Entikong disambut langsung Kapolres Sanggau AKBP Raymond M. Masengi, S. IK, MH, beserta PJU Polres Sanggau dan Kapolsek Entikong.

Selanjutnya Kapolda Kalbar bersama Dir Pol Airud Polda Kalbar langsung menuju Mako Polsek Entikong dan melakukan pengecekan serta memberikan arahan kepada personil Polsek Entikong.

Dalam arahannya Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto menyampaikan Situasi Pandemi Covid-19 saat ini di Kalbar tingkat kepatuhan masyarakat untuk Protokol Kesehatan sangat rendah agar anggota Polsek dan Polres lebih meningkatkan himbauan masyarakat di tempat keramaian dan warung kopi tentang Protokol Kesehatan.

Kapolda Kalbar meminta kepada Satuan Tugas Satgas Covid-19 diwilayah diperbatasan agar lebih ditingkatkan dan pengawasan terhadap Imigran yang datang ke Indonesia melalui Border.

“Saya ingatkan kepada anggota agar Tetap menjaga kewaspadaan di akhir pecan dan diharapkan personil harus tetap open terhadap kalender kamtibmas,” ucapnya.

Kapolda Kalbar menambahkan, Dalam pelaksanaan sholat tarawih agar personil dapat menghimbau agar menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.

“Selalu berikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak bekerumunan atau mengumpulkan masa,” katanya.

“Saya minta agar Polsek meningkatkanYanmas dan menjadi juru damai di tingkat Kecamatan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya.

Sekira pukul 14.24 WIB kegiatan kunjungan kerja Kapolda Kalbar di Polsek Entikong selesai dilaksanakan dan langsung take off kembali menuju ke Pontianak.

Dilaksanakan kegiatan kunjungan kerja Kapolda Kalbar di Polsek Entikong dalam rangka melakukan pengecekan mako dan pemberian arahan terkait kesiapsiagaan dan kewaspadaan Personil Polsek Entikong dalam mengantisipasi perkembangan situasi yang terjadi serta tetap mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Sanggau

Satgas Oksigen Polda Kalbar Bongkar Kejahatan Penimbun Oksigen

Published

on

Satgas Oksigen Polda Kalbar Bongkar Kejahatan Penimbun Oksigen
Tim dari Polda Kalbar yang dipimpin oleh Wadir Intelkam dan Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Kalbar menemukan ratusan tabung gas oksigen berukuran besar di gudang dan Toko Bangunan, Kecamatan Parindu. Foto /data : PPID Polda Kalbar - Tribun Kalbar

Gencil News – Satgas pengawasan oksigen dari Polda Kalbar membongkar kejahatan penimbunan oksigen. Satgas pengawasan oksigen Polda Kalbar langsung menggerebek dua lokasi penimbunan oksigen.

Tim dari Polda Kalbar yang dipimpin oleh Wadir Intelkam dan Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Kalbar menemukan ratusan tabung gas oksigen berukuran besar di gudang dan Toko Bangunan, Kecamatan Parindu.

Pihak Kepolisian mendapati sebanyak 553 tabung oksigen dari dua lokasi tersebut, pada lokasi gudang, petugas mendapati 497 tabung, dan lokasi toko bangunan petugas mendapati 273 tabung.

Kabid Humas Polda Kalbar Kombespol Donny Charles Go menyampaikan penggrebekan tersebut dilakukan pada Selasa 20 Juli 2021 sekira pukul 13.40 WIB.

“Kita menemukan 497 Tabung di TKP Gudang dan 56 Tabung di TKP Toko Bangunan, Total 553 Tabung dan yang berisi oksigen sebanyak 273 Tabung, dan tabung kosong sebanyak 280 Tabung,”ungkap Kabid Humas Polda Kalimantan Barat Kombes Pol Donny Charles Go, Rabu 21 Juli 2021 – dilansir dari Tribun Pontianak

Donny mengungkapkan, saat ini pihak kepolisian masih memeriksa satu orang terkait kepemilikan ratusan tabung oksigen berukuran besar berjumlah ratusan tersebut.

“Saat ini ada satu orang pemilik yang sedang kita dalami keterlibatannya dalam dugaan kasus penibunan Tabung Oksigen,”ujar Donny.

Untuk menunjang kebutuhan rumah sakit, 273 Tabung yang berisi oksigen langsung pihaknya salurkan ke rumah sakit yang berada di wilayah Kabupaten Sanggau

Continue Reading

Kabupaten Sanggau

Satgas 643 Berikan Pelatihan Kepada Pemuda Pemudi Desa

Published

on

By

Satgas 643 Berikan Pelatihan Kepada Pemuda Pemudi Desa

Gencil News- Personel Pos Panga, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti melaksanakan pelatihan serta pembinaan. Kepada pemuda pemudi Dusun Panga, Desa Semanget, Kecamatan Entikong, Sanggau. Pada hari Selasa, (29/06/2021).

Hal ini untuk mewujudkan mimpi putra putri yang berada pada perbatasan yang ingin menjadi prajurit TNI khususnya TNI AD. Pembinaan serta pelatihan ini sebagai wujud implementasi dari operasi militer selain orang pada daerah penugasan dalam mendukung program TNI. Untuk menyiapkan putra putri perbatasam guna mengikuti seleksi menjadi prajurit TNI.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan memiliki bekal. Serta kesiapan dalam mengikuti serangkaian test nantinya,” kata Letkol Inf Hendro Wicaksono, Dansatgas Pamtas Yonif M 645/Wns.

Ia menerangkan bahwa pembinaan yang diberikan. Meliputi kesegaran jasmani A (lari 12 menit) dan B (pull up, sit up, push up, lunges, shuttle run). Serta melaksanakan pengecekan administrasi, kesehatan awal dan memberikan materi test psikologi.

“Sedangkan latihan dilaksanakan tiga kali dalam seminggu,” tuturnya.

Salah satu pemuda yang mengikuti pelatihan dan pembinaan secara terpisah pada Dusun Panga yakni bernama Jekson. Ia mengungkapkan bahwa saat ini agenda yang diberikan oleh satgas 643 sangatlah terbantu sehingga pemuda pemudi disini bisa dilatih serta dibina oleh anggota Pos Panga.

“Dengan adanya pelatihan serta pembinaan ini kami bisa mendapatkan gambaran untuk mengikuti test masuk TNI nantinya,”pungkasnya.

Continue Reading

Kabupaten Sanggau

Ritual Tolak Bala Di Desa Suka Mulya Sanggau, Dilarang Menerima Tamu

Published

on

By

Ritual Tolak Bala Di Desa Suka Mulya Sanggau, Dilarang Menerima Tamu
Ritual Tolak Bala' Suku Dayak (foto istimewa)

Gencil News – Dewan Adat Dayak (DAD) desa Suka Mulya Kecamatan Parindu Kabupaten Sanggau Provinsi Kalbar merilis edaran pelaksanaan ritual Tolak Bala. Ritual ini mulai pada tanggal 23 hingga 25 Juni 2021.

DAD Suka Mulya menghimbau warganya untuk mematuhi beberapa aturan adat. Seperti membatasi kegiatan bepergian warga desa Suka Mulya hanya sampai Bodok dan Sosok.

Warga desa Suka Mulya juga dilarang menerima tamu dari luar selama satu hari yaitu sampai pada tanggal 24 Juni. Kemudian warga juga dilarang membakar daging dan ikan pada area desa Suka Mulya selama 1 hari yaitu 24 Juni.

Kendati demikian bagi warga yang memiliki kepentingan yang mengharuskan keluar dari desa, DAD desa Suka Mulya memberikan aturan khusus, Seperti :

  • Untuk pedagang sayur diperbolehkan berjualan tetapi wajib membawa beras kuning yang sudah dibagikan selama 3 hari (23-25 Juni 2021)
  • Kemudian untuk warga desa lain atau desa tetangga diperbolehkan melewati akses jalan Desa Suka Mulya. Tetapi dilarang singgah di Desa tersebut selama 3 hari.

“Ritual Tolak Bala mulainya hari ini, dan selama tiga hari kami tidak boleh bepergian lebih dari batas yang ditentukan,” ujar Enny warga Desa Suka Mulya kepada Gencil News, Rabu (23/06/2021)

Ia mengatakan, bagi warga yang ingin keluar dari desa tersebut harus membawa beras kuning yang sudah dibagikan selama tiga hari.

Continue Reading

Kabupaten Sanggau

Kejaksaan Sanggau Segel Bangunan PAUD Dan Bumdes

Published

on

By

Kejaksaan Sanggau Segel Bangunan PAUD Dan Bumdes

Gencil News- Kejaksaan Kabupaten Sanggau menyegel bangunan PAUD serta bangunan Bumdes di Desa Pangadang, Kecamatan Sekayam. Kamis (17/6/2021).

Rudi Astanto, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Kabupaten Sanggau di Entikong menjelaskan bahwa perkara tindak pidana korupsi kedua bangunan tersebut terindikasi dari pembangunan yang tak kunjung selesai untuk dikerjakan.

Ia menerangkan bahwa untuk progres Bumdes sendiri baru sampai tahap pondasi atau 20 persen. Sedangkan untuk bangunan PAUD pengerjaannya baru 70 persen.

“Untuk progres bobot pembangunannya secara ril. Akan dihitung kembali oleh tim ahli kami,” tuturnya

Saat ini perkara tersebut masih dalam proses penyidikan. Sebanyak 15 orang diantaranya para aparatur desa setempat yang sudah diperiksa sebagai saksi. Tapi hingga saat ini belum ada yang menjadi tersangka.

Ia mengatakan bahwa dugaan perkara ini berawal dari sebuah pengaduan masyarakat serta memperkuat dengan peninjauan personal yang berada di lapangan.

“Para saksi sebanyak 15 orang telah diperiksa. Setelah angka kerugian negara ditemukan, maka akan dilanjutkan dengan penetapan tersangka,” ungkapnya.

Lanjutnya ia mengungkapkan bahwa kedua bangunan tersebut menggunakan anggaran pendapatan dan belanja desa tahun anggaran 2019 dengan anggaran masing-masing Rp169 juta untuk pembangunan PAUD serta Rp251 juta untuk pembangunan Bumdes.

“Untuk kerugian negaranya sedang dalam proses audit,” pungkasnya

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING