Pembukaan Operasional Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sanggau
Connect with us

Kabupaten Sanggau

Pembukaan Operasional Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sanggau

Published

on

Pembukaan Operasional Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sanggau

Gencil News – Pembukaan Operasional Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sanggau berlangsung pada Kamis (10/12/2020). Sekda Kalbar hadir sekaligus meresmikan Pembukaan Operasional Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sanggau.

Inovasi Kabupaten Sanggau memang patut diapresiasi dengan pemberian insentif daerah. Pemberian insetif daerah adalah salah satu faktor untuk keberlangsungan pembangunan Kabupaten Sanggau.

Kalimantan Barat saat ini baru memiliki tiga mal pelayanan publik. Yang berada di Kota Pontianak, Kota Singkawang dan Kabupaten Sanggau. Dan semua mal pelayanan publik ini mendapatkan penilaian dari Pemerintah Pusat.

Sekda Kalbar A.L Leysandri, S.H. mengatakan perbaikan kualitas pelayanan publik. Tidak sekedar hanya untuk menciptakan iklim yang kondusif untuk investasi dan kemudahan berusaha.

Tetapi juga sebagai cerminan citra baik pemerintah dalam tata kelola pemerintahan yang baik guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi Mal Pelayanan Publik adalah salah satu bentuk komitmen Pemda Sanggau untuk memenuhi harapan Presiden. Bahwa sekarang ini pelayanan publik ini perlu disiapkan dengan baik. Kecepatan-kecepatan orang berurusan itu harus disiapkan dengan baik dan kemudahannya,” ungkap Sekda Kalbar

“Harapannya pelayanan ini lebih dimaksimalkan lagi. Jadi kalau bisa, kalau bisa ya. Provinsi sudah ingin menerapkan tidak lagi orang urusan berhadapan dengan petugas supaya tidak ada negoiasi atau pun pungli. Semua harus melalui hp atau digitalisasi sehingga nanti ketika mau di cek yang lain baru dia ketemu dan pembayaran langsung ke bank,” jelasnya.

“Mudah-mudahan Sanggau bisa juga menampilkan beda. Karena kemarin Sanggau dapat Isentif Daerah. Dan ini diapresiasi oleh Gubernur. Bahwa Sanggau sudah menjadi daerah ketiga. Harapan Gubernur empat belas Kabupaten/Kota yang ada di Kalbar bisa seperti ini semua,” harapnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Sanggau

Sanggau Rawat 255 Pasien Covid-19, Pemkab Imbau Terapkan 3M

Published

on

By

Sanggau Rawat 255 Pasien Covid-19, Pemkab Imbau Terapkan 3M
Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sanggau, Sarimin Sitepu

Gencil News – Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Sanggau saat ini total keseluruhan mencapai 255 orang positif Covid-19.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sanggau, Sarimin Sitepu terkait perkembangan data Covid-19 di Kabupaten Sanggau.

“Saat ini sebanyak 255 kasus terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Sarimin

Sementara itu ia mengungkapkan bahwa ada sebanyak 243 orang yang sembuh dan belum sembuh sebanyak lima orang. Satu orang isolasi mandiri dan empat orang isolasi karantina.

“Dan 7 orang konfirmasi positif Covid-19 meninggal dunia,”katanya

Sebelumnya, Sarimin mengimbau kepada masyarakat agar menjalankan 3 M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.


“Jangan sampai kendor dan harus berkesinambungan. dan pemerintah juga tetap melakukan 3T yaitu tracking, testing dan treatmen,”ujarnya.

Lanjutnya, Dengan perpaduan 3M dan 3T kita dapat mencegah dan mengendalikan penyakit Covid-19. Mari kita semua saling mendukung, salam sehat



Continue Reading

Kabupaten Sanggau

Program BKK Untuk Siswa SMK Sebagai Wadah Pekerjaan Alumninya

Published

on

By

Program BKK Untuk Siswa SMK Sebagai Wadah Pekerjaan Alumninya
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sanggau

Gencil News Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sanggau adakan sosialisasi program Bursa Kerja Khusus (BKK) untuk siswa SMK Sanggau.

Ada 18 Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan Swasta yang mengikuti sosialisasi BKK. Yang berpusat di SMK Negeri 1 Sanggau, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Kemarin.

Kemudian, Sekretaris Disnakertrans Sanggau Ade Sarbini menyampaikan bahwa dalam sosialisasi tersebut. Bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang apa maksud dari BKK, ruang lingkupnya.

“Salah satunya seperti kegiatan serta syarat penerbitan tanda daftar BKK dan lain sebagainya,”katanya

Ia menjelaskan jika BKK merupakan sebuah lembaga yang terbentuk dari SMK Negeri dan Swasta. BKK merupakan unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja.

“Saya sampaikan bahwa BKK merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi,”jelasnya.

Kegiatan pada sosialisasi itu merencanakan program kerja hubungan industri setiap program studi. Lalu mengadakan pertemuan dengan Kajur tentang penempatan siswa prakerin,

Mengadakan koordinasi dengan panitia PSG tentang penempatan siswa prakerin, mengadakan koordinasi dengan panitia PSG tentang guru monitoring.

Selain itu juga menjalin kerjasama dengan dunia usaha atau dunia industri, menjalin kerjasama dengan Disnakertrans. Tentang pelatihan atau magang dan penempatan alumni serta menyampaikan informasi lowongan pekerjaan.

“Untuk ruang lingkupnya, menyusun database siswa lulusan SMK pencari kerja dan perusahaan pencari tenaga kerja dan penelusuran tamatan siswa SMK,”terangnya

Selanjutnya pada program ini, Melakukan proses tindak lanjut hasil pengiriman dan penempatan tenaga kerja melalui kegiatan penjajakan dan verifikasi.

Serta mengadakan program pelatihan keterampilan tambahan atau khusus bagi siswa dan lulusan SMK dengan menyesuaikan dengan bidang keahlian.

Sementara, untuk penempatan tenaga kerja oleh BKK untuk alumni dari satuan pendidikan menengah, satuan pendidikan tinggi dan lembaga pelatihan kerja yang bersangkutan.

“BKK tidak boleh menempatkan tenaga kerja selain alumninya, dan atau tenaga kerja ke luar negeri,”pungkasnya



Continue Reading

Kabupaten Sanggau

Kreatif, DWP Sanggau Adakan Lomba Pendampingan Belajar Online SD

Published

on

By

Kreatif, DWP Sanggau Adakan Lomba Pendampingan Belajar Online SD

Gencil News – Harus kreatif dalam mendapingi anak belajar online kini sudah menjadi tuntutan orangtua pada masa pandemi. Selain peran orangtua, Sejumlah organisasi juga mendorong para orangtua agar tetap kreatif dan inovatif.

Dalam Rangka Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan (DWP) Nasional yang ke 21, DWP Kabupaten Sanggau mengadakan 3 kegiatan perlombaan. Mengusung tema “Peran Dharma Wanita Persatuan Dalam Pemberdayaan Perempuan di Era Digital Untuk Mendukung Terwujudnya Ketahanan Keluarga Indonesia”.

Adapun perlombaan jenis perlombaannya antara lain lomba Yel-yel Protokol Kesehatan. Lomba pendampingan Belajar online TK/PAUD, kemudian lomba pendampingan belajar online SD. 

UP DWP Nakertrans Sanggau sendiri mengikuti 2 perlombaan, yakni lomba Yel-yel Protokol Kesehatan dan Lomba Pendampingan Belajar Online SD.

Sementara Hening Indrawati selaku Ketua Dewan Juri mengumumkan UP DWP Nakertrans meraih juara pertama. Lomba Pendampingan Belajar Online SD engan total nilai 1028.

Susanti, istri dari Bapak Dedi Ardiansyah, S.AP, serta anaknya Salwa, yang baru duduk di kelas 2 SD Negeri 09 Sanggau ikut serta dalam lomba tersebut.

Ibu Susanti mengajarkan materi perkalian dan pengenalan pecahan mata uang. Susanti juga mengajarkan perkalian dengan pembawaan yang ceria dan menyenangkan dalam mendapingi anaknya belajar.

Selain itu ia juga menuliskan sederet perkalian dalam sebuah buku kecil bergambar Little Pony kesukaan anaknya. Selanjutnya untuk materi pengenalan pecahan mata uang. Susanti menggunakan metode gambar mata uang agar anaknya mudah mengenali pecahan mata uang yang ada di Indonesia.

Adapun penyerahan hadiah lomba pemenang masing-masing kategori dilaksanakan pada Selasa (08/12) di Ruang Musyawarah Lantai l Kantor Bupati Sanggau. Hadiah diserahkan oleh Wakil Bupati, Yohanes Ontot.

” Saya bangga kepada pengurus DWP. Karena organisasi ini tidak akan berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya koordinasi dari semua pihak.,” ujar Wakil Bupati

Beliau juga menambahkan bahwa  peringatan HUT DWP tahun ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Mengingat wabah Covid-19 yang harus mewajibkan kita untuk terus mengikuti aturan protokol kesehatan.

Continue Reading

TRENDING