Program BKK Untuk Siswa SMK Sebagai Wadah Pekerjaan Alumninya
Connect with us

Kabupaten Sanggau

Program BKK Untuk Siswa SMK Sebagai Wadah Pekerjaan Alumninya

Published

on

Program BKK Untuk Siswa SMK Sebagai Wadah Pekerjaan Alumninya
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sanggau

Gencil News Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sanggau adakan sosialisasi program Bursa Kerja Khusus (BKK) untuk siswa SMK Sanggau.

Ada 18 Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan Swasta yang mengikuti sosialisasi BKK. Yang berpusat di SMK Negeri 1 Sanggau, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Kemarin.

Kemudian, Sekretaris Disnakertrans Sanggau Ade Sarbini menyampaikan bahwa dalam sosialisasi tersebut. Bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang apa maksud dari BKK, ruang lingkupnya.

“Salah satunya seperti kegiatan serta syarat penerbitan tanda daftar BKK dan lain sebagainya,”katanya

Ia menjelaskan jika BKK merupakan sebuah lembaga yang terbentuk dari SMK Negeri dan Swasta. BKK merupakan unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja.

“Saya sampaikan bahwa BKK merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi,”jelasnya.

Kegiatan pada sosialisasi itu merencanakan program kerja hubungan industri setiap program studi. Lalu mengadakan pertemuan dengan Kajur tentang penempatan siswa prakerin,

Mengadakan koordinasi dengan panitia PSG tentang penempatan siswa prakerin, mengadakan koordinasi dengan panitia PSG tentang guru monitoring.

Selain itu juga menjalin kerjasama dengan dunia usaha atau dunia industri, menjalin kerjasama dengan Disnakertrans. Tentang pelatihan atau magang dan penempatan alumni serta menyampaikan informasi lowongan pekerjaan.

“Untuk ruang lingkupnya, menyusun database siswa lulusan SMK pencari kerja dan perusahaan pencari tenaga kerja dan penelusuran tamatan siswa SMK,”terangnya

Selanjutnya pada program ini, Melakukan proses tindak lanjut hasil pengiriman dan penempatan tenaga kerja melalui kegiatan penjajakan dan verifikasi.

Serta mengadakan program pelatihan keterampilan tambahan atau khusus bagi siswa dan lulusan SMK dengan menyesuaikan dengan bidang keahlian.

Sementara, untuk penempatan tenaga kerja oleh BKK untuk alumni dari satuan pendidikan menengah, satuan pendidikan tinggi dan lembaga pelatihan kerja yang bersangkutan.

“BKK tidak boleh menempatkan tenaga kerja selain alumninya, dan atau tenaga kerja ke luar negeri,”pungkasnya



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Sanggau

Polsek Parindu Bagikan Takjil, dan Himbau Warga Taat Prokes

Published

on

Polsek Parindu Bagikan Takjil, dan Himbau Warga Taat Prokes

Gencil News – Polsek Parindu Polres Sanggau menggelar kegiatan pembagian Takjil dan sekaligus memberikan imbauan pencegahan penularan wabah Covid-19 yang dipimpin oleh Wakapolsek bersama anggota Polsek Parindu di depan Mako Polsek Parindu, Jumat (16/4) sore.

Setidaknya Puluhan bungkus takjil makanan siap saji untuk berbuka puasa dibagikan kepada masyarakat yang melintas Jalan Merdeka Bodok tepatnya didepan Mapolsek Parindu.

Wakapolsek Parindu Iptu Heri Triyana mengatakan, pembagian takjil merupakan wujud kepedulian keluarga Polsek Parindu kepada masyarakat yang berpuasa khususnya bagi masyarakat pengendara.

“Bagi-bagi takjil digelar sebagai bentuk berbagi kepada sesame di bulan suci ramadhan di tengah pandemik Covid-19, kita laksanakan juga sebagai sarana silaturahmi dengan masyarakat,” tuturnya.

Dalam suasana pembagian takjil tetap memperhatikan Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, yaitu dengan menggunakan masker dan menjaga jarak (phsycal distancing) sehingga aksi ini sontak mendapat respons positi dari warga sekitar.

Sementara itu Kapolsek Parindu AKP Bukhari, SH mengatakan selain bagi-bagi takjil juga mengajak dan mengimbau masyarakat untuk tetap memperhatikan himbauan pemerintah dan mengikuti Protokol Kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Wabah Covid-19 di wilayah Kecematan Parindu.

“Kami juga mengajak masyrakat untuk tetap memperhatikan protocol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ungkap Kapolsek.

Continue Reading

Kabupaten Sanggau

Provos Polsek Meliau Cek Suhu Tubuh Personil dan Masyarakat serta Ingatkan Prokes

Published

on

Provos Polsek Meliau Cek Suhu Tubuh Personil dan Masyarakat serta Ingatkan Prokes
Guna mengantisipasi penyebaran Covid 19, Ps. Kanit Provos Polsek Meliau Aipda Erwin Sumirat memeriksa suhu tubuh terhadap masyarakat yang akan membutuhkan Pelayanan Polri, diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu serta dilakukan pengecekan suhu tubuh, Kamis (15/4). foto/data polres sanggau

Gencil News – Guna mengantisipasi penyebaran Covid 19, Ps. Kanit Provos Polsek Meliau Aipda Erwin Sumirat memeriksa suhu tubuh terhadap masyarakat yang akan membutuhkan Pelayanan Polri, diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu serta dilakukan pengecekan suhu tubuh, Kamis (15/4).

Sebelum melaksanakan pelayanan, Kanit Provos memeriksa suhu tubuh anggota Polsek dan masyarakat/ pengunjung di Depan Mako Polsek Meliau dengan menggunakan Thermo Gun.

Apabila ada yang suhu tubuhnya tinggi atau demam, anggota Polsek Meliau dan warga masyarakat disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

“Prosedur pemeriksaan suhu tubuh dan pemberian hand sanitizer kepada Personil Polsek Meliau dan masyarakat yang berkunjung ke Mapolsek merupakan bentuk antisipasi pencegahan penyebaran virus Covid-19 atau virus Corona,” ujar Aipda Erwin Sumirat.

Kapolsek Meliau Iptu Nana Supriatna menuturkan bahwa pemeriksaan suhu tubuh dan penggunaan hand sanitizer tersebut sesuai dengan arahan pimpinan dan Dinas Kesehatan.

“Kami berharap masyarakat yang datang ke Mapolsek Meliau agar mengikuti prosedur yang telah diberlakukan yaitu pemeriksaan suhu tubuh dan mencuci tangan di Air yang mengalir,” jelasnya.

Continue Reading

Kabupaten Sanggau

Polsek Batang Tarang Berikan Penyuluhan Pencegahan Covid-19

Published

on

Polsek Batang Tarang Berikan Penyuluhan Pencegahan Covid-19
Polsek Batang Tarang Berikan Penyuluhan Pencegahan Covid-19 - Foto / Data : Polres Sanggau

Gencil News – Untuk mencegah perebakan virus corona pada wilayah Batang Tarang. Anggota Polsek Batang Tarang terus melakukan penanganan dengan melaksanakan berbagai kegiatan agar masyarakat tidak terkena dampak penyebaran Covid-19 ini.

Seperti halnya yang dilaksanakan Kajaga Regu 2 Bripka Suyanto dan Bripka Ferry Efendi yang melaksanakan penanganan penyuluhan kepada masyarakat di Wilayah Jalan Busuliung Desa Mak Kawing Kecamatan Batang Tarang, Kamis (15/4).

Kapolsek Batang Tarang Ipda Agus Tri Marsono, SH menyampaikan kegiatan himbauan ini merupakan sebagai bentuk kepedulian Polsek dalam upaya mencegah penularan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Batang Tarang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dan imbauan kepada warga Batang Tarang akan bahaya Covid-19 untuk tidak takut dan khwatir tetapi mari menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan dan menjaga imun tubuh agar kita terhindar dari segala penyakit dan jangan lupa untuk tetap mengikuti dan mematuhi himbauan pemerintah,” jelasnya.

Continue Reading

Kabupaten Sanggau

Gunakan Spanduk, Bhabinkamtibmas Ajak Warga Cegah Karhutla

Published

on

Gunakan Spanduk, Bhabinkamtibmas Ajak Warga Cegah Karhutla

Gencil News – Upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan atau lahan terus dilakukan Polsek Noyan. Bhabinkamtibmas Polsek Noyan Brigpol Adoremus Arsiswadi melakukan kegiatan menyampaikan imbauan serta sosialisasi tentang bahaya karhutla menggunakan selebaran kepada warga Desa Noyan Kecamatan Noyan, Rabu (14/4).

Selain itu, Bhabinkamtibmas ini mengajak warga agar bersama-sama menjaga lingkungan sekitar dari bahaya karhutla, tidak lupa juga memberikan sosialisasi tentang dampak dan bahaya membakar hutan atau lahan, serta sanksi pidana membakar hutan atau lahan.

“Dengan kegiatan sosialisasi seperti ini diharapkan mampu memberikan pencerahan serta kesadaran sosial dan hukum kepada seluruh warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan, misalkan membuka lahan pertanian dengan cara melakukan pembakaran hutan, membuang putung rokok sembarangan maupun membuat titik api dekat lahan atau hutan yang mudah terbakar,” jelasnya.

Brigpol Adoremus mengatakan dangan menyambangi warga bertujuan untuk meningkatkan komunikasi serta menyampaikan imbauan terkait larangan Karhutla.

“Pada prinsipnya mereka mendukung kegiatan ini, dan akan bersama sama menjaga hutan agar tidak sampai terjadi kebakaran di wilayahnya,” lanjutnya.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

TRENDING