Satgas Yonif Mekanis 643/Wns Kerja Bhakti Bersihkan Bendungan
Connect with us

Kabupaten Sanggau

Satgas Yonif Mekanis 643/Wns Kerja Bhakti Bersihkan Bendungan

Published

on

Satgas Yonif Mekanis 643/Wns Kerja Bhakti Bersihkan Bendungan
#TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat Foto Pendam XII Tpr

Gencil News – Pasokan air bersih untuk masyarakat Dusun Segumun, Lubuk Sabuk, Sekayam, Sanggau kembali lancar usai Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti melaksanakan kerja bhakti pembersihan lokasi sumber air.

Sebelumnya pasokan air untuk warga sempat kurang lancar. Oleh karena itu Personel Pos Pamtas Segumun yang dipimpin oleh Wadanpos Segumun, Serda M. Sukma bergotong royong dengan masyarakat membersihkan bendungan penampungan air bersih yang mengalami penyumbatan akibat penumpukan sampah daun, pasir dan batu.

Masyarakat Dusun Segumun sangat antusias bahu membahu bersama personel Satgas membersihkan penampungan air yang selama ini menjadi sumber satu-satunya untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Danpos Pamtas Segumun, Letda Inf Ahmad menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan karena bendungan yang digunakan sebagai penampungan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari warga mengalami penyumbatan.

“Banyak sampah daun kering, pasir dan batu yang sudah lama tidak dibersihkan, sehingga air yang mengalir ke perumahan warga tidak lancar,” ungkap Letda Inf Ahmad.

Sedangkan Ramly, salah satu warga yang ikut dalam kegiatan tersebut menyampaikan rasa terima kasih kepada personel Pos Segumun yang telah sukarela dan peduli terhadap kesulitan masyarakat dengan turun langsung untuk membantu membersihkan bendungan.

“Sekali lagi terima kasih Personel Satgas atas kegiatan bersama warga ini, dengan kehadiran bapak TNI, suasana menjadi ramai dan warga semangat bekerja sehingga pembersihan bendungan air dapat berjalan dengan lancar. Semoga setelah pembersihan ini air dapat mengalir dengan lancar, sehingga air bersih yang menjadi kebutuhan sehari-hari tidak tersumbat lagi,” harapnya.

Sedangkan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P., di Pos Kotis Entikong sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Pos Pamtas Segumun untuk membantu masyarakat.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Sanggau

Kejaksaan Sanggau Segel Bangunan PAUD Dan Bumdes

Published

on

By

Kejaksaan Sanggau Segel Bangunan PAUD Dan Bumdes

Gencil News- Kejaksaan Kabupaten Sanggau menyegel bangunan PAUD serta bangunan Bumdes di Desa Pangadang, Kecamatan Sekayam. Kamis (17/6/2021).

Rudi Astanto, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Kabupaten Sanggau di Entikong menjelaskan bahwa perkara tindak pidana korupsi kedua bangunan tersebut terindikasi dari pembangunan yang tak kunjung selesai untuk dikerjakan.

Ia menerangkan bahwa untuk progres Bumdes sendiri baru sampai tahap pondasi atau 20 persen. Sedangkan untuk bangunan PAUD pengerjaannya baru 70 persen.

“Untuk progres bobot pembangunannya secara ril. Akan dihitung kembali oleh tim ahli kami,” tuturnya

Saat ini perkara tersebut masih dalam proses penyidikan. Sebanyak 15 orang diantaranya para aparatur desa setempat yang sudah diperiksa sebagai saksi. Tapi hingga saat ini belum ada yang menjadi tersangka.

Ia mengatakan bahwa dugaan perkara ini berawal dari sebuah pengaduan masyarakat serta memperkuat dengan peninjauan personal yang berada di lapangan.

“Para saksi sebanyak 15 orang telah diperiksa. Setelah angka kerugian negara ditemukan, maka akan dilanjutkan dengan penetapan tersangka,” ungkapnya.

Lanjutnya ia mengungkapkan bahwa kedua bangunan tersebut menggunakan anggaran pendapatan dan belanja desa tahun anggaran 2019 dengan anggaran masing-masing Rp169 juta untuk pembangunan PAUD serta Rp251 juta untuk pembangunan Bumdes.

“Untuk kerugian negaranya sedang dalam proses audit,” pungkasnya

Continue Reading

Kabupaten Sanggau

ODGJ di Sanggau Bacok Tetangga Hingga Tewas, Polisi Turun Tangan

Published

on

ODGJ di Sanggau Bacok Tetangga Hingga Tewas, Polisi Turun Tangan
ODGJ Bacok Tetangga Hingga Tewas, Polisi Turun Tangan - Foto/Data PPID Polda Kalbar

Gencil News – Seorang Pria yang merupakan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) inisial RJ menganiaya tetangganya hingga tewas di Dusun Kotup, Desa Tunggul Boyok, Kecamatan Bonti, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Sabtu (22/5).

Adapun korbannya yaitu pasangan suami istri insial SM (Suami) dan YL (Istri). SM meninggal dunia ditempat sedangkan sang Istri YL mengalami luka berat, bacokan pada pundak sebelah kiri dan di rawat di Puskesmas Bonti.

Kapolres Sanggau AKBP Raymond M. Masengi, S. IK,  MH melalui Kapolsek Bonti, Iptu Efendi menuturkan bahwa pada Sabtu (22/5) Polsek Bonti telah menerima Informasi dari masyarakat bahwa, telah terjadi Penganiayaan Berat di Dusun Kotup, Desa Tunggul Boyok yang mengakibatkan seorang korban meninggal dunia.

“Setelah mendapatkan informasi tersebut Kanit Reskrim Polsek Bonti Aipda Arnol Tua Situmorang beserta 3 orang Personil Polsek Bonti berangkat menuju TKP untuk melakukan Olah TKP, pengumpulan bahan keterangan, mengamankan tersangka dan barang bukti,” ujar Kapolsek.

Kapolsek mengungkapkan berdasarkan keterangan saksisaksi bahwa kronologis kejadian saat SM berserta istrinya YL pulang kerumahnya setelah dari ladang kebun sekira Pukul 10.40 WIB.

“Kemudian setelah Pasutri tersebut masuk ke rumah dan mengunci pintu, dan selang beberapa menit kemudian tiba-tiba pintu didobrak oleh pelaku berinisial RJ. Dan YL yang mau kebelakang terkejut karena RJ sudah melayangkan parang dan terkena pundak sebelah kiri,” ucap Kapolsek.

Lalu, lanjutnya, YL berlari melalui jendela serta berteriak ke suaminya SM untuk lari dari rumah. Setelah lari dari rumah YL pergi mendatangi tetangga (LH) dan meminta tolong bahwa suaminya SM dibacok oleh RJ. Kemudian, LH meminta tolong kepada tetangga sebelah dan melihat RJ keluar dari rumah SM dengan membawa perang, kemudian RJ mengejar LH.

“Setelah beberapa menit LH melihat situasi telah aman dan langsung membawa warga ke rumah menuju rumah SM dan melihat Korban di depan garasi motor sudah bersimbah darah dengan luka bacok di kepala dan perut,” jelas Kapolsek.

“Kemudian setelah itu LH melaporkan kepada kepala wilayah guna melaporkan ke Polsek Bonti,” tambahnya.

Kapolsek menuturkan, Berdasarkan keterangan dari Masyarakat setempat, bahwa pelaku RJ Mengalami ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa).

Polisi yang mendapati laporan warga langsung bergerak cepat dengan mengamankan tersangka.

“Pelaku sudah kita amankan sementara di Polsek Bonti dengan pengawalan ketat Anggota Polsek. Menurut rencana hari Minggu (23/5) siang pelaku akan kita bawa ke Rumah Sakit Jiwa. Untuk menentukan rumah sakitnya apakah di Singkawang atau Pontianak, kami masih menunggu konfirmasi dari Puskesmas Bonti,” pungkas Kapolsek Bonti Iptu Efendi.

Continue Reading

Kabupaten Sanggau

Antisipasi Mudik, Pos Penyekatan di Pintu Masuk Sanggau

Published

on

Antisipasi Mudik, Pos Penyekatan di Pintu Masuk Sanggau
Terkait dengan imbauan pemerintah yang melarang mudik tahun 2021 ini, Kapolres Sanggau, AKBP Raymond M. Masengi, S. IK, MH menyampaikan bahwa Polres Sanggau menggelar Operasi Ketupat tahun 2021, dengan menyiapkan personel. Foto/data : PPID Polda Kalbar

Gencil News – Upaya keras berbagai pihak untuk mencegah perebakan virus corona, terus dilakukan. Termasuk antisipasi mudik. Polres Sanggau mulai mengaktifkan pos penyekatan pada Pintu Masuk Kabupaten Sanggau.

Kapolres Sanggau menjelaskan, posko tersebut mulai aktif pada tanggal 6 Mei 2021. Rencananya setiap ada yang melintas ada pemeriksaan khusus, sembari menunggu dari Pemda, perlibatan personil yang ada disana dan bersinergi juga dengan Polres-polres lain, Kabupaten-kabupaten lain.

Terkait dengan imbauan pemerintah yang melarang mudik tahun 2021 ini, Kapolres Sanggau, AKBP Raymond M. Masengi, S. IK, MH menyampaikan bahwa Polres Sanggau menggelar Operasi Ketupat tahun 2021, dengan menyiapkan personel.

“Terdiri yang aktif yaitu 95 orang. Namun untuk jumlah kekuatan full bisa 2/3 kekuatan, untuk besok akan dilaksanakan gelar pasukan dan kita akan membuat pos-pos seperti biasa,” katanya.

Pos yang dimaksud yakni pos pengamanan dan pos pelayanan ditambah dengan pengawasan terhadap masyarakat yang akan mudik.

“Oleh sebab itu kaitan dengan CB sesuai dengan arahan kita mungkin akan melakukan pengawasan, mengimbau bagi yang akan mudik, kembali,” ujarnya.

Lanjutnya, jika memang dia membawa surat tugas dan ada keperluan yang mendesak kaitan sakit, emergency dan lain-lain maka kita persilahkan namun hanya melintas saja.

“Ini sudah kita koordinasikan dengan Pemerintah daerah, TNI, dan Dishub juga untuk pelaksanaanya. Dan penjagaan dilaksanakan oleh anggota dibantu dengan rekan-rekan TNI dan dibantu oleh Dishub, pemerintah daerah,” tuturnya.

Untuk posko akan ditempatkan di daerah-daerah strategis termasuk pos pengawasan kita tempatkan di pintu-pintu masuk berbatasan dengan Kabupaten lain.

“Dengan Kabupaten Landak, dengan Kabupaten Sekadau, dengan Kubu Raya dan mungkin dengan Ketapang juga. Untuk di Entikong sudah ada memang disana karena dia berbatasan, sudah dihandel oleh PLBN, pos pengamanan disana,” tegasnya.

“Mungkin di daerah Penyeladi, dengan Landak disimpang Sosok, untuk yang masuk dari arah Pontianak di Simpang Ampar. Mungkin tambahan satu lagi tergantung situasi nanti di wilayah Toba,” tambahnya.

“Sehingga Kegiatan-kegiatan ini betul-betul berjalan dengan baik,” tuturnya.

Intinya, kata Kapolres, pihaknya mengimbau. Kalaupun masih ada yang memaksakan, kami mengimbau untuk putar balik.

“Tidak usah kemana-mana sesuai dengan imbauan pemerintah. Apalagi Sanggau saat ini kan sedang dalam posisi tinggi (Kasus Covid-19),” pungkasnya.

Continue Reading

Kabupaten Sanggau

Kunjungan Kerja Kapolda Kalbar di Polsek Entikong

Published

on

Kunjungan Kerja Kapolda Kalbar di Polsek Entikong

Gencil News – Kapolda Kalbar Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto, SH, M.Si didampingi Dir Pol Airud Polda Kalbar Kombespol Benyamin Sapta T, S. IK., M. Si melaksanakan kunjungan kerja ke Wilkum Polsek Entikong Polres Sanggau, Sabtu (1/5).

Kedatangan Kapolda Kalbar di Wilkum Polsek Entikong disambut langsung Kapolres Sanggau AKBP Raymond M. Masengi, S. IK, MH, beserta PJU Polres Sanggau dan Kapolsek Entikong.

Selanjutnya Kapolda Kalbar bersama Dir Pol Airud Polda Kalbar langsung menuju Mako Polsek Entikong dan melakukan pengecekan serta memberikan arahan kepada personil Polsek Entikong.

Dalam arahannya Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto menyampaikan Situasi Pandemi Covid-19 saat ini di Kalbar tingkat kepatuhan masyarakat untuk Protokol Kesehatan sangat rendah agar anggota Polsek dan Polres lebih meningkatkan himbauan masyarakat di tempat keramaian dan warung kopi tentang Protokol Kesehatan.

Kapolda Kalbar meminta kepada Satuan Tugas Satgas Covid-19 diwilayah diperbatasan agar lebih ditingkatkan dan pengawasan terhadap Imigran yang datang ke Indonesia melalui Border.

“Saya ingatkan kepada anggota agar Tetap menjaga kewaspadaan di akhir pecan dan diharapkan personil harus tetap open terhadap kalender kamtibmas,” ucapnya.

Kapolda Kalbar menambahkan, Dalam pelaksanaan sholat tarawih agar personil dapat menghimbau agar menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.

“Selalu berikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak bekerumunan atau mengumpulkan masa,” katanya.

“Saya minta agar Polsek meningkatkanYanmas dan menjadi juru damai di tingkat Kecamatan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya.

Sekira pukul 14.24 WIB kegiatan kunjungan kerja Kapolda Kalbar di Polsek Entikong selesai dilaksanakan dan langsung take off kembali menuju ke Pontianak.

Dilaksanakan kegiatan kunjungan kerja Kapolda Kalbar di Polsek Entikong dalam rangka melakukan pengecekan mako dan pemberian arahan terkait kesiapsiagaan dan kewaspadaan Personil Polsek Entikong dalam mengantisipasi perkembangan situasi yang terjadi serta tetap mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING