Connect with us

Kabupaten Sekadau

Pangdam XII/Tpr Ajak Semua Pihak Komitmen Wujudkan Pilkada yang Aman

Published

on

Pangdam XII/Tpr Ajak Semua Pihak Komitmen Wujudkan Pilkada yang Aman-Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad mengajak semua pihak di Kabupaten Sekadau untuk berkomitmen mewujudkan Pilkada Serentak yang aman, sehingga tetap terjaga kondusifitas dan stabilitas keamanan.

Ajakan ini disampaikannya saat memberikan pengarahan kepada personel TNI-Polri dan BPBD se-Kabupaten Sanggau di Aula Kantor Bupati Sekadau.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, menilik pada kesuksesan Pilkada 2018 serta Pemilu 2019 yang lalu berjalan aman dan lancar, dirinya percaya hal tersebut menjadi modal utama bagi personel pengamanan bahwa akan mampu mengawal agenda pesta demokrasi yaitu Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Sekadau sehingga berjalan kondusif.

“Pilkada merupakan sarana mewujudkan kedaulatan rakyat dalam melakukan pergantian pimpinan secara konstitusional, oleh karena itu netralitas TNI-Polri dan aparat pemerintahan merupakan pondasi yang kuat sebagai menunjang agar terselenggaranya Pilkada yang aman, damai, sejuk dan lancar,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam XII/Tpr mengingatkan kepada personel TNI-Polri agar harus senantiasa menjunjung tinggi sikap netralitas, memegang teguh sinergitas dan soliditas sehingga dapat memastikan pelaksanaan Pilkada Serentak berjalan dengan aman dan sukses.

“TNI Polri harus bahu membahu dengan segenap elemen masyarakat guna menjaga stabilitas keamanan Kabupaten sekadau baik selama, sebelum dan setelah Pilkada,” tegas Pangdam XII/Tpr yang sebelumnya juga bersama Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono melaksanakan pengecekan sarana dan prasarana TNI-Polri di Sekadau dalam rangka kesiaapan pengamanan Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Sekadau.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Kalbar

Daerah Hulu Kalbar Berikan Panorama Alam Yang Indah Dari Bukit Burang

Published

on

GENCIL.NEWS, SEKADAU – Pemuda Rirang Jati berjumlah 46 orang yang tergabung dalam kelompok pencinta alam melakukan perjalanan mendaki bukit burang dalam rangka mengisi akhir liburan sekaligus memperkenalkan wisata baru bukit burang yang mempunyai panorama alam yang sangat menakjubkan, Minggu (07/01).

Bukit Burang terletak di Dusun Rirang Jati, Desa Rirang Jati, Kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau. Perjalanan menuju Dusun Rirang Jati dapat ditempuh melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dari ibu kota Kabupaten Sekadau dengan waktu satu jam perjalanan.

Beralih dari kota kabupaten, perjalanan dari titik awal Dusun Rirang Jati menuju puncak bukit menghabiskan waktu dua jam dan hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki.

Jerry, pemuda asli Dusun Rirang Jati mengatakan bahwa sepanjang perjalanan mereka dapat melihat pemandangan alam yang hijau dari dataran tinggi dengan hamparan sawah luas dan hutan-hutan besar yang masih terjaga keasliannya.

Lebih lanjut pemuda yang baru saja menyelesaikan studinya di Sekolah Menengah Atas 1 Nanga Taman ini menuturkan perjalanan kali ini sangat seru karena bersamaan dengan musim durian.

“Jadi kami dapat berhenti sejenak dan mencari durian untuk dimakan bersama,” katanya

Sementara itu, Koordinator kelompok pemuda pencinta alam Rirang Jati, Elis Suhendra mengatakan bahwa kegiatan wisata alam ini selalu diadakan setiap tahunnya untuk mengisi waktu libur bersama dengan bermalam di puncak bukit.

Kunjungan tahun ini berbeda dengan sebelumnya, mereka ingin fokus untuk memperkenalkan lokasi wisata alam di desa yang murah meriah dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata bari para wisatawan yang akan berkunjung.

Ketika ditanya mengenai tindak lanjut memperkenalkan tempat wisata ini, pemuda yang pernah mewakili Kalimantan Barat dalam Jambore Pemuda Indonesia 2017 di Sawahlunto ini mengatakan ke depannya dengan kegiatan wisata alam yang dilakukan ini, ia berharap semakin banyak para wisatawan yang akan berkunjung ke bukit burang untuk merasakan indahnya alam di sini.

“Dan semoga saja semua pihak, pemerintah atau dinas terkait dapat merespon positif melihat potensi wisata di Dusun kami ini,” harapnya.

Meskipun tergolong baru wisata Bukit Burang ini menyajikan hamparan alam yang luas dapat dilihat dari ketinggian serta udara yang sejuk di atas bukit membuat para wisatawan yang pernah berkunjung memilih bermalam di atas bukit untuk sekadar menikmati pemandangan sunrise dan sunset matahari diwaktu yang berbeda

Continue Reading

Kabupaten Sekadau

BPKAD Sekadau Gelar Rakor dan Sosialisasi Pelaksanaan APBD 2019

Published

on

BPKAD Sekadau Gelar Rakor dan Sosialisasi Pelaksanaan APBD 2019
BPKAD Sekadau Gelar Rakor dan Sosialisasi Pelaksanaan APBD 2019
BPKAD Sekadau Gelar Rakor dan Sosialisasi Pelaksanaan APBD 2019

BPKAD Sekadau Gelar Rakor dan Sosialisasi Pelaksanaan APBD 2019 – Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sekadau. Mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019. yang dilaksanakan di ruang serba guna Kantor Bupati Sekadau, Selasa (19/2).

Kegiatan ini dalam rangka mewujudkan pelaksanaan APBD secara tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran dengan didukung oleh tertib administrasi.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius menyampaikan dalam pembukaannya bahwa salah satu upaya yang ditempuh dalam melakukan pengendalian kegiatan secara intensif harus dilaksanakan secara internal oleh masing-masing pimpinan SKPD selaku pengguna anggaran.

“Pimpinan SKPD harus dapat mengendalikan seluruh kegiatan dilingkup SKPDnya dengan mendayagunakan seluruh pejabat pengelola keuangan dan kegiatan dilingkup SKPD sehingga seluruh kegiatan yang telah direncanakan dan dianggarkan dalam APBD  dapat dilaksanakan dan diselesaikan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” Jelas Aloysius.

APBD Kabupaten Sekadau Tahun Anggaran 2019 ditetapkan dengan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2018 dan penjabarannya dalam Peraturan Bupati Sekadau Nomor 66 Tahun 2018. Tahapan selanjutnya dalam siklus pengelolaan APBD adalah pelaksanaannya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kepala BPKAD Kabupaten Sekadau, F. Iwan Karantika menjelaskan kewajiban Pemerintah Daerah yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

“Kewajiban Pemerintah Daerah adalah menyediakan informasi pembangunan daerah dan Informasi keuangan daerah, jadi kewajiban kita sebagai pimpinan adalah menyampaikan informasi pembangunan sesuai dengan kondisinya antara lain geografis, demografi, potensi sumber daya alam, ekonomi dan keuangan daerah, aspek kesejahteraan, pelayanan umum dan daya saing daerah,” Ungkap F. Iwan Karantika.

Dalam hal ini APBD merupakan rencana keuangan tahunan Pemerintah Daerah yang dibahas dan disetujui bersama oleh Pemerintah Daerah dan DPRD yang ditetapkan darin peraturan daerah dalam upaya untuk mencapai sistem pengelolaan keuangan daerah yang lebih akuntabel dan transparan.

Continue Reading

Berita Kalbar

Meriahnya Festival Seni Budaya Melayu di Sekadau, Sutarmidji Berpesan Hal ini

Published

on

SEKADAU – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji hadir untuk membuka Festival Seni Budaya Melayu ke XII tingkat Provinsi Kalbar tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sekadau, dengan dukungan dana sepenuhnya dari Pemkab Sekadau, Senin (5/11/18).

Hadir juga Bupati dan Walikota seluruh Kalbar, Ketua Umum DPP MABM Kalbar, raja-raja, pangeran se-Kalbar dan Kapolda Kalbar beserta tokoh melayu se Kalbar. Festival Seni Budaya Melayu ini pun disaksikan ribuan masyarakat dari berbagai daerah termasuk masyarakat Sekadau sendiri. Dimeriahkan dengan kehadiran para kontingen dari berbagai Kabupaten/Kota se-Kalbar.

Ketua Umum DPP MABM Kalbar, Chairil Efendi mengatakan Festival Seni Budaya Melayu merupakan pesta dan ajang bagi masyarakat melayu Kalbar untuk menjaga eksistensubdan marwah melayu.

“Dalam usianya yang ke 20 tahun ini MABM sudah hadir di 14 Kabupaten/Kota se-Kalbar, ini menandakan bahwa MABM diterima baik oleh masyarakat Kalbar yang multi etnis ini,” ujar Chairil.

Chairil juga mengapresiasi atas dukungan penuh Bupati dan Wakil Bupati Sekadau sehingga terlaksananya festival tersebut. Bahkan dikatakannya masyarakat Sekadau yang multi kultutal ini menerima dengan baik festival ini.

“Kami bangga melayu Sekadau dapat menjaga marwah melayu,” ujarnya.

Bupati Sekadau Rupinus menuturkan kegiatan Festival Seni Budaya Melayu merupakan agenda yang berisikan berbagai macam pertandingan melayu diantaranya hadrah, jepin dll.

“Pertandingan ini ditujukan agar tali silaturahim makin kuat dengan suku suku lainnya. Kami juga berharap adat budaya nelayu dapat dilestarikan sebagai kekayaan budaya nusantara,” ujar Rupinus.

Dikatakan Rupinus, dirinya dan Pemkab Sekadau bangga menjadi tuan rumah festival ini karena nantinya akan menjadi sejarah bagi Pemkab Sekadau.

“Kami juga mendukung semua acara/festival dari berbagai suku dan kami berikan hibah bagi penyelenggaraan suku di Sekadau,” ungkap Rupinus.

Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan bahwa perhatian kepala daerah terhadap budaya yang ada di daerahnya akan menjadi contoh untuk mempersatukan keberagamaan dan keharmonisan masyarakat Sekadau.

Sutarmidji menuturkan harus ada inovasi dalam pelestarian budaya. Menurutnya Inovasi dalam hal bidaya tidak boleh menghilangkan akar budaya dan nilai dasar dari budaya tersebut.

“Saya berharap kepada MABM dan pemerintah daerah se-Kalbar agar menjaga budaya kita sehingga tidak diambil negara lain,” ujar Sutarmidji.

Pelestarian budaya yang dimaksud Gubernur Kalbar Sutarmidji adalah warisan budaya yang bukan benda dengan mendaftarkan hak patennya sehingga ada sertifikatnya agar tidak bisa ditiru negara lain.

“Saya berharap warisan bukan benda harus segera di daftarkan, misalnya kalau di Pontianak ada Pacri Nanas,” ujar Sutarmidji.

Dalam sambutannya Sutarmidji mengajak ribuan masyarakat Sekadau yang hadir pada acara tersebut untuk membangun Kalbar secara bersama-sama.

“Kita harus bersama sama bertekad untuk membangun Kalbar lebih maju dan sejahtera serta berkeadilan,” tukas Sutarmidji.

Continue Reading

TRENDING