Pangdam XII/Tpr Ajak Semua Pihak Komitmen Wujudkan Pilkada yang Aman
Connect with us

Kabupaten Sekadau

Pangdam XII/Tpr Ajak Semua Pihak Komitmen Wujudkan Pilkada yang Aman

Published

on

Pangdam XII/Tpr Ajak Semua Pihak Komitmen Wujudkan Pilkada yang Aman-Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad mengajak semua pihak di Kabupaten Sekadau untuk berkomitmen mewujudkan Pilkada Serentak yang aman, sehingga tetap terjaga kondusifitas dan stabilitas keamanan.

Ajakan ini disampaikannya saat memberikan pengarahan kepada personel TNI-Polri dan BPBD se-Kabupaten Sanggau di Aula Kantor Bupati Sekadau.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, menilik pada kesuksesan Pilkada 2018 serta Pemilu 2019 yang lalu berjalan aman dan lancar, dirinya percaya hal tersebut menjadi modal utama bagi personel pengamanan bahwa akan mampu mengawal agenda pesta demokrasi yaitu Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Sekadau sehingga berjalan kondusif.

“Pilkada merupakan sarana mewujudkan kedaulatan rakyat dalam melakukan pergantian pimpinan secara konstitusional, oleh karena itu netralitas TNI-Polri dan aparat pemerintahan merupakan pondasi yang kuat sebagai menunjang agar terselenggaranya Pilkada yang aman, damai, sejuk dan lancar,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam XII/Tpr mengingatkan kepada personel TNI-Polri agar harus senantiasa menjunjung tinggi sikap netralitas, memegang teguh sinergitas dan soliditas sehingga dapat memastikan pelaksanaan Pilkada Serentak berjalan dengan aman dan sukses.

“TNI Polri harus bahu membahu dengan segenap elemen masyarakat guna menjaga stabilitas keamanan Kabupaten sekadau baik selama, sebelum dan setelah Pilkada,” tegas Pangdam XII/Tpr yang sebelumnya juga bersama Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono melaksanakan pengecekan sarana dan prasarana TNI-Polri di Sekadau dalam rangka kesiaapan pengamanan Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Sekadau.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Sekadau

Kapolda Pimpin Langsung Serah Terima Jabatan Kapolsek di Sanggau

Published

on

Kapolda Pimpin Langsung Serah Terima Jabatan Kapolsek di Sanggau
Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto yang mulai mengemban tugas sebagai Kapolda Kalbar mulai 3 februari 2020, sebagai Kapolda. Sigid termasuk rajin untuk kunjungan kerja sembari mendatangi Polres dan Polsek untuk memberikan arahan secara langsung. -- Foto Courtesy Humas Polda Kalbar

Gencil News – Kapolda Kalbar Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto pimpin secara langsung acara serah terima jabatan Kapolsek Meliau Kabupaten Sanggau.

Biasanya acara serah terima serupa yang memimpin adalah penjabat Kepolisian dengan pangkat tertinggi atau pimpinan institusi Kepolisian pada wilayah setingkat kabupaten atau lazim disebut dengan Kapolres.

Namun pada kesempatan serah terima jabatan Kapolsek Meliau. Kapolda Kalbar langsung memimpin upacara serah terima jabatan Kapolsek Meliau.

Secara kebetulan Kapolda Kalbar Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto tengah melaksanakan kunjungan kerja ke kabupaten Sanggau.

Dan bertepatan dengan acara serah terima jabatan Kapolsek Meliau dari Ipda Robianto kepada penjabat baru yaitu Iptu Nana Supriatna.

Dalam upacara serah terima Kapolsek Meliau. Sigid mengingatkan kepada penjabat Kapolsek yang baru untuk dapat menitikberatkan perhatian kepada beberapa persoalan, seperti: Pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Pengamanan situasi dan kondisi Pilkada 2020 dan situasi darurat pandemi corona.

Acara serah terima jabatan ini diikuti oleh seluruh personel Polsek Meliau. Dengan menerapkan protokol kesehatan.

Setelah acara serah terima berlangsung. Kapolda Kalbar kemudian melanjutkan perjalananya ke Kabupaten Sekadau menyambangi Polres Sekadau untuk melakukan pengecekan kesiapan Polres Sekadau dalam menghadapi Pilkada 2020.

Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto yang mulai mengemban tugas sebagai Kapolda Kalbar mulai 3 februari 2020, sebagai Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat. Sigid termasuk rajin untuk melakukan kunjungan kerja sembari mendatangi Polres dan Polsek untuk memberikan arahan secara langsung.

Continue Reading

Berita Kalbar

Daerah Hulu Kalbar Berikan Panorama Alam Yang Indah Dari Bukit Burang

Published

on

GENCIL.NEWS, SEKADAU – Pemuda Rirang Jati berjumlah 46 orang yang tergabung dalam kelompok pencinta alam melakukan perjalanan mendaki bukit burang dalam rangka mengisi akhir liburan sekaligus memperkenalkan wisata baru bukit burang yang mempunyai panorama alam yang sangat menakjubkan, Minggu (07/01).

Bukit Burang terletak di Dusun Rirang Jati, Desa Rirang Jati, Kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau. Perjalanan menuju Dusun Rirang Jati dapat ditempuh melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dari ibu kota Kabupaten Sekadau dengan waktu satu jam perjalanan.

Beralih dari kota kabupaten, perjalanan dari titik awal Dusun Rirang Jati menuju puncak bukit menghabiskan waktu dua jam dan hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki.

Jerry, pemuda asli Dusun Rirang Jati mengatakan bahwa sepanjang perjalanan mereka dapat melihat pemandangan alam yang hijau dari dataran tinggi dengan hamparan sawah luas dan hutan-hutan besar yang masih terjaga keasliannya.

Lebih lanjut pemuda yang baru saja menyelesaikan studinya di Sekolah Menengah Atas 1 Nanga Taman ini menuturkan perjalanan kali ini sangat seru karena bersamaan dengan musim durian.

“Jadi kami dapat berhenti sejenak dan mencari durian untuk dimakan bersama,” katanya

Sementara itu, Koordinator kelompok pemuda pencinta alam Rirang Jati, Elis Suhendra mengatakan bahwa kegiatan wisata alam ini selalu diadakan setiap tahunnya untuk mengisi waktu libur bersama dengan bermalam di puncak bukit.

Kunjungan tahun ini berbeda dengan sebelumnya, mereka ingin fokus untuk memperkenalkan lokasi wisata alam di desa yang murah meriah dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata bari para wisatawan yang akan berkunjung.

Ketika ditanya mengenai tindak lanjut memperkenalkan tempat wisata ini, pemuda yang pernah mewakili Kalimantan Barat dalam Jambore Pemuda Indonesia 2017 di Sawahlunto ini mengatakan ke depannya dengan kegiatan wisata alam yang dilakukan ini, ia berharap semakin banyak para wisatawan yang akan berkunjung ke bukit burang untuk merasakan indahnya alam di sini.

“Dan semoga saja semua pihak, pemerintah atau dinas terkait dapat merespon positif melihat potensi wisata di Dusun kami ini,” harapnya.

Meskipun tergolong baru wisata Bukit Burang ini menyajikan hamparan alam yang luas dapat dilihat dari ketinggian serta udara yang sejuk di atas bukit membuat para wisatawan yang pernah berkunjung memilih bermalam di atas bukit untuk sekadar menikmati pemandangan sunrise dan sunset matahari diwaktu yang berbeda

Continue Reading

Kabupaten Sekadau

BPKAD Sekadau Gelar Rakor dan Sosialisasi Pelaksanaan APBD 2019

Published

on

BPKAD Sekadau Gelar Rakor dan Sosialisasi Pelaksanaan APBD 2019
BPKAD Sekadau Gelar Rakor dan Sosialisasi Pelaksanaan APBD 2019
BPKAD Sekadau Gelar Rakor dan Sosialisasi Pelaksanaan APBD 2019

BPKAD Sekadau Gelar Rakor dan Sosialisasi Pelaksanaan APBD 2019 – Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sekadau. Mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019. yang dilaksanakan di ruang serba guna Kantor Bupati Sekadau, Selasa (19/2).

Kegiatan ini dalam rangka mewujudkan pelaksanaan APBD secara tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran dengan didukung oleh tertib administrasi.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius menyampaikan dalam pembukaannya bahwa salah satu upaya yang ditempuh dalam melakukan pengendalian kegiatan secara intensif harus dilaksanakan secara internal oleh masing-masing pimpinan SKPD selaku pengguna anggaran.

“Pimpinan SKPD harus dapat mengendalikan seluruh kegiatan dilingkup SKPDnya dengan mendayagunakan seluruh pejabat pengelola keuangan dan kegiatan dilingkup SKPD sehingga seluruh kegiatan yang telah direncanakan dan dianggarkan dalam APBD  dapat dilaksanakan dan diselesaikan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” Jelas Aloysius.

APBD Kabupaten Sekadau Tahun Anggaran 2019 ditetapkan dengan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2018 dan penjabarannya dalam Peraturan Bupati Sekadau Nomor 66 Tahun 2018. Tahapan selanjutnya dalam siklus pengelolaan APBD adalah pelaksanaannya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kepala BPKAD Kabupaten Sekadau, F. Iwan Karantika menjelaskan kewajiban Pemerintah Daerah yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

“Kewajiban Pemerintah Daerah adalah menyediakan informasi pembangunan daerah dan Informasi keuangan daerah, jadi kewajiban kita sebagai pimpinan adalah menyampaikan informasi pembangunan sesuai dengan kondisinya antara lain geografis, demografi, potensi sumber daya alam, ekonomi dan keuangan daerah, aspek kesejahteraan, pelayanan umum dan daya saing daerah,” Ungkap F. Iwan Karantika.

Dalam hal ini APBD merupakan rencana keuangan tahunan Pemerintah Daerah yang dibahas dan disetujui bersama oleh Pemerintah Daerah dan DPRD yang ditetapkan darin peraturan daerah dalam upaya untuk mencapai sistem pengelolaan keuangan daerah yang lebih akuntabel dan transparan.

Continue Reading

TRENDING