Satgas Bencana Lantamal XII Bawa Bantuan Logistik ke Sekadau
Connect with us

Kabupaten Sekadau

Satgas Bencana Lantamal XII Bawa Bantuan Logistik ke Sekadau

Published

on

Satgas Bencana Lantamal XII Bawa Bantuan Logistik ke Sekadau
Tim Satgas Bencana dan Berbagi Lantamal XII yang dipimpin oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal XII, Kolonel Marinir Agustiawarman S.H. Sabtu (12/11/2021) Pukul 18.50 WIB tiba di Sekadau UMKM Centre Jl. Merdeka, Desa Sungai Ringin, Kec. Sekadau Hilir, Kab. Sekadau, Prov. Kalimantan Barat, disambut Bupati Kab. Sekadau Aron.,S.H., didampingi Kepala BPBD Kab. Sekadau Matius Jhon, Kabag Pengelolaan Keuangan Iwan, dan Kabag Kesehatan Kab. Sekadau Hendry.

Gencil News – Tim Satgas Bencana dan Berbagi Lantamal XII yang dipimpin oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal XII, Kolonel Marinir Agustiawarman menyerahkan bantuan logistik berupa Beras 1,8 Ton, Mie Instan 65 Dus.

Bantuan tersebut diserahkan pada Minggu (14/11/2021) pukul 08.30 WIB bertempat di Gedung Mall Pelayanan Publik Kab. Sekadau (Posko BPBD)

Tim Satgas Bencana dan Berbagi Lantamal XII membawa bantuan logistik berupa Beras 1,8 Ton, Mie Instan 65 Dus.

Baca juga   Resep Masakan Ikan kembung sambal dabu-dabu

Bantuan diterima Kepala Posko Suhartono yang disaksikan oleh Kepala BPBD Kab. Sekadau Matius Jhon, dan Kabid Pendidikan Sekadau Paulus Misi.

Menurut keterangan Suharto Kepala Posko BPBD Kab. Sekadau bahwa Kondisi banjir yang paling parah di wilayah Kab. Sekadau yakni di wilayah Kec. Belitang dan Desa Tanjung Sekadau Hilir.

Fengan ketinggian sekitar 2 meter. Saat ini terdapat 3 posko pengungsian dengan alpung speedboat 1 unit dan perahu karet 5 unit (tambahan dari TNI AL)

Adapun Tim SAR Gabungan yang terlibat dalam Evakuasi dan Penyaluran Logistik terhadap masyarakat di Kab. Sekadau antara lain Basarnas, Koramil Sekadau, Ditsamapta Polda Kalbar dan Brimob Polda Kalbar.

Komandan Lantamal XII, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, berpesan kepada seluruh Tim Satgas Bencana dan Berbagi Lantamal XII, untuk tetap menjaga Kesehatan dengan baik, karena jika kondisi tidak sehat tentunya tidak maksimal dalam menjalankan tugas kemanusian, selain itu bekerja sesuai SOP sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Upayahkan bekerja dengan prinsip Zero Accident.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Sekadau

Kisah Seorang Ibu Melahirkan Diatas Perahu Karet Lantamal XII

Published

on

Kisah Seorang Ibu Melahirkan Diatas Perahu Karet Lantamal XII
Kisah Seorang Ibu Melahirkan Diatas Perahu Karet Lantamal XII 📸 Lantamal XII

Gencil News – Diatas perahu karet milik TNI AL (Lantamal XII) seorang ibu di Sekadau melahirkan. Kejadian “aksi heroik” ini terjadi pada saat Satgas Bencana dan Berbagi Lantamal XII sedang membagikan sembako kepada warga.

Kejadian ini terjadi pada sekitar pukul 07.00 WIB, Jumat (19/11). Puskesmas Sekadau menerima telepon bahwa ada pasien yang mau melahirkan di Dusun Teribang Kabupaten Sekadau.

Kemudian pihak puskesmas pun mengutus dua bidan yaitu Anastasia Regina dan Yohana yang juga dibantu oleh anggota Lantamal XII.

Keluarga pasien kembali menelepon dan mengatakan bahwa ketuban sudah pecah. Tiba di Teribang, mereka memutuskan untuk membawa ibu tersebut ke Puskesmas Sekadau.

Baca juga   Kunci Jawaban Kelas 4 SD Tema 3 Halaman 41 Sampai 46

Namun karena sudah waktunya untuk melahirkan, akhirnya ibu tersebut melahirkan diatas perahu karet.

Dalam proses persalinan tersebut, Tim Satgas SAR Evakuasi Lantamal XII tersebut, bersama bidan berhasil menyelamatkan ibu dan anak tersebut, dan kemudian di evakuasi ke Posko Penampungan yang ada di Sekadau guna perawatan lebih lanjut.

Ibu dan bayi perempuan seberat 3,2 kilogram dengan panjang 51 sentimeter itu dalam kondisi sehat.

Sementara itu Komandan Lantamal XII Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman menyampaikan bahwa Posko Satgas Bencana dan Berbagi Lantamal XII Pontianak akan kembali mendistribusikan sejumlah logistik yang disumbangkan oleh para Mitra lantamal XII, serta para Donatur baik Organisasi Masyarakat maupun perorangan.

Baca juga   Bus Keliling Berikan Pendidikan Untuk Anak-anak di India Saat Pandemi

Continue Reading

Kabupaten Sekadau

Fokmas Harap Pemerintah Optimalkan Pengawasan Bantuan Sekadau

Published

on

By

Fokmas Harap Pemerintah Optimalkan Pengawasan Bantuan Sekadau

Gencil News- Hampir tiga pekan banjir melanda Kabupaten Sekadau dan empat kabupaten lainnya seperti, Sanggau, Sintang, Melawi serta Kapuas Hulu.

Bantuan kepada korban banjir terus masuk dari berbagai elemen manapun, baik itu dari Komunitas, Organisasi, maupun Pemerintah. (12/11/2021)

Tidak terkecuali mahasiswa yang juga turut andil dalam memberikan perhatian serta bantuan kepada korban-korban banjir yang ada di Kabupaten Sekadau.

Berbagai upaya dan strategi mahasiswa bersinergi untuk bisa meringankan beban para masyarakat yang terdampak banjir walau ditengah-tengah padatnya jadwal perkuliahan yang mereka jalani.

Ketua Umum Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Sekadau (Fokmas), Rahmat Hidayah mengatakan bahwa bantuan-bantuan yang ingin disalurkan kepada masyarakat perlu juga dilakukan pengawasan yang intensif agar tidak terjadinya kecemburuan sosial di lingkungan masyarakat hanya karena ketidak merataan dalam pembagian bantuan tersebut.

Baca juga   Resep Masakan Ikan kembung sambal dabu-dabu

“kita semua sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh para relawan baik dari elemen manapun yang turut menyoroti bencana alam yang terjadi saat ini, dan ini adalah Duka kita bersama, duka Indonesia secara umumnya. Akan tetapi dalam menyalurkan bantuan sebagai bentuk niat baik dari para relawan juga perlu dilakukan pengawasan yang intensif terutama oleh pemerintah daerah terkait,”kata Rahmat

Ia menyampaikan bahwa hal itu dilakukan untuk meminimalisir kecemburuan sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

“Jangan sampai ditengah bencana seperti ini masih ada situasi perpecahan di tengah masyarakat hanya karena masalah bantuan, apalagi sampai di umbar di sosial media, hal itu menunjukkan bahwa memang ada kesalahan teknis yang terjadi di lapangan” ujarnya.

Baca juga   Cara Membuat Pacri Nanas Khas Kota Pontianak Yang Mudah

Ia menjelaskan bahwa Intensitas hujan yang terus naik membuat ratusan bahkan ribuan rumah masyarakat di tiga kecamatan meliputi Kecamatan Sekadau Hilir, Belitang Hilir, Belitang terus memasuki situasi terparah yang terdampak banjir di Kabupaten Sekadau.

“Saya menghimbau agar masyarakat tetap berhati-hati, terutama untuk rumah yang sudah terendam banjir sampai ke badan rumah, selalu di himbau untuk mengambil keputusan mengungsi ke tempat pengungsian terdekat yang sudah disediakan tim relawan maupun pemerintah setempat,”jelasnya.

Baca juga   Meriahnya Festival Seni Budaya Melayu di Sekadau, Sutarmidji Berpesan Hal ini

Wakil Ketua II Fokmas, Dhemas Okto J.P menambahkan bahwa dalam keadaan seperti ini juga masyarakat sangat dibutuhkan kerjasama agar kebijakan dan langkah yang diambil oleh pemerintah bisa berjalan baik sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama.

“Situasi seperti ini, kerjasama dari berbagai lini manapun sangat dibutuhkan. Sebab dalam situasi menghadapi bencana atau musibah yang diluar dugaan kita, semua butuh kecepatan dan ketepatan. Maka dari itu tidak hanya pengambil kebijakan akan tetapi yang menjadi sasaran dari kebijakan pun sangat dibutuhkan kerjasama yang baik,, kalau itu dinilai positif untuk kebaikan bersama, mari kita lakukan” pungkasnya.

Continue Reading

Kabupaten Sekadau

Terendam Banjir Satu Bulan, Masyarakat Belitang Sulit Beras Dan Gas

Published

on

By

Terendam Banjir Satu Bulan, Masyarakat Belitang Sulit Beras Dan Gas

Gencil News- Selama satu bulan Kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau terendam banjir. Akibatnya masyarakat mulai kesulitan untuk mendapatkan beras serta gas elpiji 3 Kg.

Selama itu akhirnya warga pada dua desa di Kecatamatan Belitang mendapatkan bantuan, Jum’at (12/11/2021).

Camat Belitang, Hermasyah mengatakan dua desa adalah Desa Belitang Satu dan Belitang Dua yang saat ini terdampak cukup parah.

Ketinggian air yang menggenangi pemukiman warga kini sudah mencapai 1-1,5 meter dari lantai rumah warga.

Akibatnya ada sebanyak 864 KK yang terdampak dan ada penambahan 30 KK akibat intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir.

“Dua hari yang lalu kita sudah menyampaikan tentang kelangkaan beras dan gas kepada Dinas Koperasi UMKM dan kita lihat hari ini sudah ada datang gas elpiji 3 artinya hal ini sudah ditanggapi dengan baik,” kata Hermasyah.

Baca juga   Meriahnya Festival Seni Budaya Melayu di Sekadau, Sutarmidji Berpesan Hal ini

Adapun jumlah jiwa yang terdampak diperkirakan lebih dari 3000 jiwa, yang saat ini juga telah mengungsi di berbagai tempat.

Dimana kondisi tersebut akhirnya membuat perekonomian di dua desa itu lumpuh. Yang mana masyarakat notabene berkerja sebagai petani kelapa sawit dan karet tidak bisa lagi bekerja ataupun memanen hasil perkebunannya.

Ini disebabkan karena ketinggian air di Sungai Ayak yang semakin meningkat mengakibatkan pendistribusian sembako cukup sulit.

Baca juga   Kapolda Suntik Motivasi Kepada Personel Pengamanan KPU Di Sekadau

Ia pun bersyukur dengan adanya kondisi Seperti ini masih banyak pihak yang peduli dan menyalurkan bantuan dengan sukarela.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Persatuan Jaksa Indonesia se-kalimantan Barat dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini atas kepedulian dan bantuan yang diberikan bagi warga kami,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa bantuan logistik tersebut berupa bahan pokok dan kebutuhan masyarakat.

“Seperti beras, mie instan, makanan kaleng, kopi, susu, pempers, pembalut, sarung, air mineral, makanan ringan, minyak goreng dan obat-obatan. Yang ditujukan bagi daerah yang terkena banjir yaitu Kabupaten Sanggau, Sekadau, Sintang dan Melawi,”pungkasnya.

Continue Reading

Kabupaten Sekadau

Mensos Risma Berikan Bantuan Rekening Untuk Siswa Sekolah

Published

on

Mensos Risma Berikan Bantuan Rekening Untuk Siswa Sekolah
Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., Bupati Sekadau, Aron, S.H., Wakil Bupati Sanggau, Subandrio, S.H., M.H., Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, S.Sos., M.Si., Anggota Komite III DPD RI, Erlinawati, S.H., M.Ap., serta Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Samuel, S.E., M.Si., mendampingi Menteri Sosial Republik Indonesia, Dr (H.C). Ir. Tri Rismaharini, M.T., menyerahkan bantuan berupa makanan, pakaian, peralatan dapur, alas tidur, tenda, serta beras, di Kabupaten Sekadau, Rabu (03/11/2021).

Gencil News – Mensos Risma memberikan bantuan rekening kepada siswa sekolah yang berasal dari masyarakat berpenghasilan rendah di Posko Banjir yang terletak di Halaman Keraton Sekadau.  Rabu (03/11/2021)

Dalam kesempatan yang sama Mensos Risma mengajak warga setempat untuk siaga dalam menghadapi bencana.

Pihak Kemensos RI akan terus menyalurkan bantuan kepada para korban banjir dan meyiapkan staf untuk tetap berada pada lokasi bencana di Kabupaten Sekadau, Sintang, Melawi, Kabupaten Sanggau.


“Kami akan memberikan bantuan, seperti menambah dapur umum jika diperlukan. Saya juga sudah menyiapkan staf untuk tetap berada di lokasi bencana. Kondisi seperti ini diperkirakan akan berlangsung hingga bulan April 2022. Oleh sebab itu, kita perlu mempersiapkan diri sedini mungkin,” ungkap Mensos RI.

Baca juga   Fokmas Harap Pemerintah Optimalkan Pengawasan Bantuan Sekadau

Untuk mengantisipasi banjir di tahun 2022, Mensos RI akan berkoordinasi dengan DPR RI dan kementerian terkait untuk mengatasinya.


Sementara itu Gubernur Kalbar menilai Kabupaten Sekadau sudah menjadi daerah dengan penanganan banjir cukup baik.

Hal ini dikarenakan Pemkab Sekadau memiliki data yang sangat lengkap dan akurat warga yang terdampak berdasarkan nama dan alamat.


“Pemkab Sekadau punya database yang baik, yaitu by name by address. Sehingga penyaluran bantuan bisa dilakukan dengan efektif. Kami minta kabupaten lain yang sudah mempunyai data banjir bisa membuat roadmap yang baik, sehingga penanganan bencana bisa berjalan dengan baik,” ucap Gubernur Kalbar.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING