Sutarmidji Minta Bupati Sekadau Usai Dilantik Fokus Tangani Covid-19
Connect with us

Kabupaten Sekadau

Sutarmidji Minta Bupati Sekadau Usai Dilantik Fokus Tangani Covid-19

Published

on

Sutarmidji Minta Bupati Sekadau Usai Dilantik Fokus Tangani Covid-19
Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H, M. Hum, melantik bupati dan wakil bupati kabupaten sekadau
Loading...

Gencil News – Gubernur Kalbar Sutarmidji, melantik dan mengambil sumpah/Janji Jabatan Pasangan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Sekadau Terpilih Periode 2021-2026 di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Senin (26/4/2020).

Aatas pelantikan ini, Gubernur Kalbar meminta kepada pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau untuk fokus tangani covid-19 di Kabupaten Sekadau. Mengingat saat ini kabupaten Sekadau juga mengalami peningkatan.

Sehingga perlu ketegasan Bupati kepada jajarannya untuk mencegah dan mengantisipasi laju penyebaran Covid-19.

Bupati boleh perintahkan Kepala Dinas Kesehatan untuk melakukan testing, tracking, dan treatment untuk memastikan penanganan Covid-19 baik. Jika kepala dinasnya tidak bisa mengatasi, Bupati punya hak untuk menggantinya,” pesan Sutarmidji

Sutarmidji menambahkan, jika Pemkab Sekadau tidak melakukan praktik Tracing, Testing, Treatment (3T) tersebut. Pemprov Kalbar tidak akan melakukan bagi hasil kepada kabupaten yang tidak mau melakukan 3T dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Kita tidak akan lakukan bagi hasil dari provinsi kepada kabupaten bila pemerintah kabupaten tidak melakukan tracking terhadap pasien positif. Biarkan saja dia bekalot dan kalau perlu akhir tahun dibagikan,” tegasnya.

Tidak hanya menyoroti penanganan Covid-19, Gubernur Kalbar juga menyoroti terkait transparansi anggaran. Sehingga pelaksanaan laporan keuangan dan transaksinya secara nontunai.

“Memanfaatkan kemajuan teknologi dan meminimalisir penyimpangan terkait penggunaan anggaran,” ujarnya.

Selain transparansi anggaran, Gubernur Sutarmidji juga meminta untuk pengangkatan Eselon II dan mutasi jabatan dilakukan secara transparan dan sesuai kompetensi di bidangnya.

Orang nomor satu Pemprov Kalbar juga mengimbau kepada pasangan Aron dan Subandrio bisa kompak dan solid, agar pembangunan di Sekadau dapat berjalan dengan baik. Dengan harmonisnya Bupati dan Wakil Bupati, akan menjadikan kerja Bupati dan Wakil Bupati bisa menjadi lebih baik dan optimal.

“Bapak Aron dan Subadrio ini kan kelihatannya merupakan pasangan yang cocok, sehingga saya yakin mereka berdua bisa bersama- sama membangun Kabupaten Sekadau bisa maju dan lebih baik lagi,” imbuhnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Sekadau

Ketua TP PKK, Dekranasda, Dan Bunda PAUD Sekadau Resmi Dilantik

Published

on

By

Ketua TP PKK, Dekranasda, Dan Bunda PAUD Sekadau Resmi Dilantik
Pelantikan Ketua TP PKK, Dekranasda, Dan Bunda PAUD Kabupaten Sekadau
Loading...

Gencil News – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat, Lismaryani Sutarmidji, melantik Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Sekadau, Magdalena Susilawati Aron. Untuk masa bhakti 2021-2026, di Sekretariat TP PKK Provinsi Kalbar, Jalan Letjen Sutoyo Pontianak, Senin (26/4/2021).

Lismaryani Sutarmidji berpesan, agar Bupati Sekadau terpilih membantu TP PKK dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK. Program Dekranasda, dan juga program Kelompok Bunda PAUD, demi mewujudkan peningkatan kualitas kesejahteraan dan ketahanan keluarga, serta masyarakat.

Ia menilai jika sinergi antara Dekranasda Kabupaten/Kota dan Provinsi Kalbar bersinergi dengan baik. Maka segala program dan kegiatan akan terlaksana dengan baik.

“Dalam hal pelaksanaan program dan kegiatan pembinaan, serta pengembangan usaha industri kerajinan rakyat. Khususnya di Kabupaten Sekadau, akan terlaksana dengan baik. Apabila ada sinergi antara Dekranasda Kabupaten/Kota dan Provinsi Kalbar, Gubernur dan Bupati, juga dengan perangkat daerah/instansi terkait, BUMN, pihak swasta,” tuturnya

Ia meminta agar program yang disusun dapat menyentuh dan masyarakat rasakan yang berbasis kegiatan Dasawisma. Menurutnya Dasawisma merupakan ujung tombak dari gerakan PKK.

“Apabila program pokok dapat diterapkan pada setiap keluarga, maka akan tercipta ketahanan keluarga. Sehingga dapat menjamin situasi dan kondisi keluarga yang sehat, terutama di masa pandemi Covid 19. Dengan menerapkan protokol kesehatan di lingkungan keluarga masing-masing, dapat membantu pemerintah mengatasi pencegahan penularan Covid 19,” imbuhnya.

Untuk itu, Lismaryani meminta agar Kabupaten Sekadau melaksanakan tertib administrasi dan kelembagaan, terutama tertib administrasi keuangan.

Ia berharap, Dekranasda Kabupaten Sekadau mampu mengembangkan teknologi informasi. Untuk mengumpulkan dan mengolah data perajin dan produk kerajinannya.

Sehingga dapat menghasilkan pelayanan yang berkualitas, mudah, dan cepat. Serta tanggap terhadap kebutuhan masyarakat yang ingin menjadi perajin serta menjual hasil produk kerajinan.

Tren produk lokal

Ia meminta agar Ketua Dekranasda yang telah dilantik ini menjadi contoh penggunaan produk kerajinan lokal kepada lingkungan keluarga dan masyarakat. Agar mendorong terciptanya tren penggunaan produk kerajinan lokal dan nusantara sebagai gaya hidup.

“Oleh karena itu, dalam penyusunan program kerja selama lima tahun ke depan. Agar melibatkan generasi muda, kelompok masyarakat milenial yang bertalenta tinggi, berpendidikan tinggi. Dengan kreativitas dan inovasi mereka yang telah menguasai teknologi informasi dan komunikasi,” ujarnya

Continue Reading

Kabupaten Sekadau

Kapolda Suntik Motivasi Kepada Personel Pengamanan KPU Di Sekadau

Published

on

Kapolda Suntik Motivasi Kepada Personel Pengamanan KPU Di Sekadau
Mengantisipasi adanya gangguan keamanan dalam pelaksanaan PSSU tersebut, Kapolda Kalbar Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto meninjau langsung pelaksanaan penghitungan surat suara ulang di Kabupaten Sekadau. - Foto/Data : Polda Kalbar
Loading...

Gencil News – Kabupaten Sekadau saat ini melaksanakan penghitungan surat suara ulang atau PSSU berdasarkan keputusan KPU. Sebanyak 65 menjadi tempat penghitungan suara ulang, Rabu 14 April 2021.

Mengantisipasi adanya gangguan keamanan dalam pelaksanaan PSSU tersebut, Kapolda Kalbar Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto meninjau langsung pelaksanaan penghitungan surat suara ulang di Kabupaten Sekadau.

“Hari ini bapak Kapolda Kalbar melangsungkan rangkaian kunjungan kerja di wilayah hukum Polres Sekadau, bertepatan juga dengan PSSU di 65 TPS. Kapolda cek langsung memastikan pelakaanaanya berjalan lancar,” kata Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Donny Charles Go yang turut mendampingi dalam kunker tersebut.

Kapolda Kalbar memberikan Motivasi dan dukungan kepada personel yang melaksanakan pengamanan di KPU Kabupaten Sekadau. 

“Kepada seluruh personel yang melakukan pengamanan agar serius dan selalu menjaga situasi Kamtibmas di Sekadau agar tetap kondusif dan aman,” Tutup Kapolda Kalbar Irjen Sigid Tri Hardjanto.

Continue Reading

Kabupaten Sekadau

Opsi Penyelesaian Sengketa Batas Desa Antara Sintang Dan Sekadau

Published

on

By

Opsi Penyelesaian Sengketa Batas Desa Antara Sintang Dan Sekadau
Wakil Ketua DPRD Kalbar dan rombongan komisi 1 kunjungan ke Sintang bahas sengketa batas desa
Loading...

Gencil NewsKementrian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan tiga pilihan untuk menyelesaikan sengeketa batas batas antara Desa Bungkong Baru, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, dengan Desa Sunsong, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau.

Opsi pertama, penarikan garis batas sebagaimana rapat 18 Oktober 2018.

Kedua adalah menarik garis tengah tanpa melihat keberadaan aset masing-masing kabupaten.

Dan terakhir, Opsi ketiga adalah kombinasi opsi pertama dengan mengikuti batas alam.

Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Kalbar, Ishak Ali Almuthahar menyampaikan ketiga opsi yang tawaran Kemendagri tersebut. Ia menilai tawaran opsi tersebut sangat tepat jika mepilih opsi ketiga yakni menggunakan batas alam.

“Itu pendapat saya. Batas alam itu batas yang benar. Tidak saling merugikan kedua belah pihak,” katanya.

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad mengharapkan penyelesaian terbaik dan win win solution.

“Saya selalu mengingatkan nilai historis kedua masyarakat harus dipadukan. Jangan sepihak. Saya harap Pemkab Sekadau dan Pemkab Sintang bisa satu meja menyelesaikan masalah. Soal kurang dan lebih, itu biasa,” ujar Muhammad Anggota Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Barat Asal Sekadau.

Simon Petrus Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalbar asal Sintang menyampaikan bahwa soal batas ini merupakan warisan lama yang hingga kini belum selesai karena tidak ada ketegasan soal batas ini.

“Kemudian mengutamakan kepentingan yang lebih besar. Gunakan cara diplomasi yang baik untuk menyelesaikan masalah batas ini,” katnya.

“Saya yakin bisa lebih cepat diselesaikan. Jangan wariskan lagi soal batas ini. Segera selesaikan,” terang Simon Petrus

Martinus Sudarno, Anggota Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan komentarnya bahwa menghindari terjadinya konflik antar anak bangsa di sana sangat penting.

“Cari jalan terbaik bagi masyarakat setempat. Saya juga setuju kalau win-win solution. Perhatikan juga historis yang ada disana. Konflik harus dihindari. Perhatikan kepentingan masyarakat di sana,” jelasnya.

DPRD Kembalikan Wewenang Ke Pemerintah Pusat

Fatahillah Abrar anggota Komisi I DPRD Kalbar menyampaikan bahwa yang berwenang menyelesaikan soal batas antar kabupaten itu adalah pemerintah pusat.

“kita di daerah ini hanya sebatas memberikan masukan. Kami di DPRD Provinsi Kalbar harus terus melakukan koordinasi untuk menuntaskan masalah ini. Kalau kita di daerah sudah sepakat, saya yakin pemerintah pusat akan memutuskan dengan baik,” ujar Fatahillah Abrar.


Continue Reading

Kabupaten Sekadau

UMKM Center Sekadau Sebagai Pusat Penjualan Produk Lokal

Published

on

By

UMKM Center Sekadau Sebagai Pusat Penjualan Produk Lokal
Pemerintah Kabupaten Sekadau Tinjau Progres Pembangunan UMKM Center Sekadau
Loading...

Gencil News – Pemerintah Kabupaten Sekadau meninjau pembangunan UMKM Center Sekadau, Wakil Bupati Sekadau Aloysius sebut konsepnya mengusung keberagaman.

Peninjauan itu dilaksanakan oleh Bupati Sekadau Rupinus, dan Wakil Bupati Sekadau Aloysius. Didampingi Kepala Dinas DKUKMP Kabupaten Sekadau, St Emanuel beserta pihak yang bertanggung jawab dalam proses pembangunan gedung.

Berdasarkan hasil peninjauan Pemkab Sekadau pembangunan UMKM Center Sekadau ini sudah mencapai 95%. Wakil Bupati Sekadau, Aloysius mengungkapkan konsep utama daro pembangunan UMKM Center Sekadau adalah keberagaman Kabupaten Sekadau.

Hal tersebut nampak dengan adanya sejumlah bentuk bangunan yang mengadaptasi dari berbagai etnis. Misalkan Jurung yang biasa sub suku Dayak gunakan untuk menyimpan padi, bentuk bangunan seperti perahu. Yang merupakan ciri khas sub suku Melayu dan, penggunaan motif Tionghoa pada pagar bangunan.

“Konsepnya keberagaman, dengan mengambil sejumlah motif dan bentuk dari setiap sub suku dan agama di Kabupaten Sekadau,”

Menurutnya walaupun tidak mencakup semua etnis. Namun ia ingin seluruh masyarakat Kabupaten Sekadau dapat memanfaatkan tempat tersebut.

Ia juga berharap bangunan dua lantai itu dapat menjadi pusat penjualan produk lokal Kabupaten Sekadau. Selain sebelumnya sudah ada di Dekranasda Sekadau sebagai tempat pameran kerajinan UMKM.

Akan tetapi UMKM Center tersebut lebih spesifik lagi dalam hal pemasaran dan promosi.

Dalam bangunan ini juga terdapat aula untuk pelatihan dan market place.

Pembangunan UMKM Center rencananya akan selesai pada akhir tahun 2020 itu juga berkaitan dengan pemulihan ekonomi usai dilanda pandemi Covid-19.

“Kita ingin masyarakat Kabupaten Sekadau memiliki gedung pemasaran yang baik,” kata Aloysius.

Sementara itu, Kepala Dinas DKUKMP Sekadau, St Emanuel menyebut pembangunan gedung tersebut. Bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) Kabupaten Sekadau, sebesar 2 Miliar.

“progres 95% sudah selesai, masih ada beberapa hal yang belum selesai. Sementara untuk lantai satu untuk pajangan, lantai dua untuk ruang pelatihan, market place,” ujarnya. 

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING