Harisson Blusukan Ke Sintang Tangani Langsung Kasus Covid-19
Connect with us

Kabupaten Sintang

Harisson Blusukan Ke Sintang Tangani Langsung Kasus Covid-19

Published

on

Harisson Blusukan Ke Sintang Tangani Langsung Kasus Covid-19
Harisson saat menyampaikan edukasi bahaya covid-19 di warung kopi di jalan lintas melawi (Istimewa)

Gencil News – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson blusukan ke warkop dan kade di Kabupaten Sintang untuk memantau penanganan Covid-19.

Harisson mengungkapkan kedatangannya ke Sintang atas perintah Gubernur Kalbar Sutarmidji untuk memantau langsung penanganan Covid-19 yang terjadi peningkatan.

“Atas perintah langsung dari Gubernur, saya dan tim melakukan pantauan ke Sintang. Kami melihat langsung cara penanganan Covid-19 di Sintang. Kami juga membawa bantuan obat-obatan dan Hazmat untuk RSUD Sanggau dan RSUD Sintang” kata Harisson

Usai ditemukan satu orang positif corona berdasarkan pemeriksaan Rapid Tes Antigen. Harisson memberikan edukasi kepada pengunjung warung kopi di jalan lintas melawi.

Ia mengingatkan kepada yang hasil rapid antigennya negatif untuk tetap berhati-hati karena jika menjalani pemeriksaan menggunakan PCR bisa saja hasilnya positif.

“Adik-adik jangan bahagia, kalau hasil rapid antigennya negative, itu belum tentu anda negative, kalau kita masukan mesin PCR, mungkin adik-adik positif. Apalagi tadi, temen ngobrolnya itu, yang tadi positif, itu kalau kami PCR, itu pasti anda juga positif,” kata Harisson, Jumat 16 April 2021.

Harisson juga berharap kepada yang berstatus OTG untuk tidak menjadi penyebab tertularnya kerabat, atau keluarga. Terlebih jika orang yang melakukan kontak langsung menderita penyakit komorbid.

Ia mengungkapkan agar upaya pemerintah memperketat pintu masuk ke Kalbar dengan mewajibkan swab PCR baik lewat udara maupun air, harus dibarengi dengan kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan. Agar upaya pemerintah tidak sia-sia.

“Maka percuma kita menghadang orang luar masuk ke sini kalau masyarakatnya sendiri di wilayah kalbar tidak menerapkan protokol kesehatan. Tetap penyakitnya akan menyebar seperti sekarang yang terjadi di sintang,” jelasnya




Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Sintang

Sutarmidji Dukung Kabupaten Sintang Jadi Ibukota Provinsi Kapuas Raya

Published

on

By

Sutarmidji Dukung Kabupaten Sintang Jadi Ibukota Provinsi Kapuas Raya

Gencil News – Gubernur Sutarmidji mengatakan rencana pembangunan yang ada di Kabupaten Sintang segala perencanaannya harus sesuai dengan data yang valid. Jangan sampai penyusunan musrenbang dengan data yang tidak valid sehingga capaiannya semu.

“Saya selalu bekerja dengan data dan saya melihat bagaimana data bergerak ditunjang oleh hal-hal yang lain. Tanpa itu mustahil ada terobosan-terobosan,” ujar Gubernur Kalbar saat memberikan arahan dan sambutan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kabupaten Sintang Tahun 2021 – 2026 secara virtual, Jumat (16/7/2021).

Ia mengungkapkan, ketika menjadi Gubernur volume APBD sekitar Rp 5,4 – Rp 5,6 triliun dan tahun 2021 bisa mencapai Rp 7 triliun. Tetapi karena ada beberapa pengurangan dana transfer dari pemerintah pusat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang turun. Seperti Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Sementara PAD yang turun dari BBNKB karena tidak banyak masyarakat yang membeli mobil baru. Maka, kemungkinan perubahan anggaran Pemprov Kalbar hanya Rp 6,4 triliun.

Menurutnya, APBD Pemprov Kalbar masih lebih dari Rp 6,4 triliun dan Kabupaten Sintang mendapatkan sekitar Rp 5,5 miliar untuk perbaikan beberapa jalan.

“Saya mengajak Pemerintah Kabupaten Sintang untuk menyulap Sintang menjadi kota. Karena cepat atau lambat Sintang pasti akan menjadi ibukota Provinsi Kapuas Raya. Jika keputusan pemekaran provinsi ada di tangan Gubernur, pasti sudah diputuskan,” terangnya

Namun, masih kata orang nomor satu di Kalbar, keputusan tersebut ada pada pemerintah pusat. Maka harus selalu mendorongnya agar wajah kota Sintang berubah dan harus dapat masyarakat nikmati.

“Untuk itu alokasikan anggaran untuk membuat trotoar-trotoar atau waterfront seperti di Kabupaten Sanggau, sehingga masyarakat senang,” pungkasnya

Continue Reading

Kabupaten Sintang

Satres Narkoba Polres Sintang Bekuk Tiga Pengedar Sabu

Published

on

Satres Narkoba Polres Sintang Bekuk Tiga Pengedar Sabu

Gencil News – Satres Narkoba Polres Sintang berhasil bekuk tiga pelaku pengedar sabu. Satres Narkoba Polres Sintang berhasil mengamankan 3 (tiga) orang yang diduga merupakan pengedar narkotika jenis sabu.

Iptu Amansyurdin menerangkan, ketiga pelaku tersebut diamankan berdasarkan informasi dari hasil penyelidikan petugas terkait ketiga orang tersebut memiliki atau menyimpan narkotika dengan jenis sabu.

“Kronologis penangkapan sendiri berawal dari WK yang diamankan saat sedang berada di rumahnya, tanpa penolakan setelah didatangi petugas Kepolisian tersangka pun dengan patuh mengakui dan menunjukan barang bukti tersebut,” ujar Iptu Amansyurdin.

“Disitu kita berhasil mengamankan barang bukti berupa Narkotika jenis sabu serta berikut perlengkapan lainnya,” tambahnya.

Setelah berhasil mengamankan WK, tak berselang lama petugas kembali mengamankan HM dan DK (29) yang juga diduga kuat merupakan pengedar sabu.

Kedua tersangka ini diamankan saat sedang berada di rumah, kronologis penangkapan bermula dari petugas membawa Ketua RT setempat untuk mendatangi rumah HM dimana pada saat itu DK juga sedang berada di rumahnya.

Dengan disaksikan langsung oleh ketua RT setempat, Petugas Satres Narkoba Polres Sintang melakukan penggeledahan langsung di rumah tersangka HM yang mana didapati barang bukti berupa klip plastik berisikan kristal putih yang diduga merupakan narkotika jenis sabu.

“Ketiga tersangka kita amankan hari Senin pukul 10.00 Wib, dari penangkapan tersebut barang bukti yang kita amankan berjumlah 3 (tiga) klip plastik berisikan Narkotika berjenis shabu berikut dengan peralatan seperti alat hisap (bong), korek gas, sendok dan jarum shabu serta beberapa perlengkapan lain,” jelas Iptu Aman.

Continue Reading

Kabupaten Sintang

Kasus Covid-19 Di Sintang Turun, Ini Ungkap Jarot

Published

on

By

Kasus Covid-19 Di Sintang Turun, Ini Ungkap Jarot

Gencil News- Bupati Sintang, Jarot mengungkapkan tingkat resiko kasus covid-19 di Sintang mengalami penurunan. Berdasarkan data Dinkes Kalbar per tanggal 30 Mei 2021 kini sintang sudah berada pada zona kuning atau kategori resiko rendah.

Ia mengatakan bahwa kasus ini berasal dari hasil penyekatan yang berada pada daerah Sepulut, Kecamatan Sepauk. Kegiatan ini berjalan selama 26 hari. Warga yang akan masuk Sintang akan melakukan swab. Sehingga dengan begini bisa mengetahui positif swab antigen dapat terdeteksi dengan cepat.

“Sekarang kita sudah masuk zona kuning atau resiko rendah bukan lagi orange. Kabupaten Melawi yang zona merah,” kata Jarot.

26 posko yang beroperasi pada saat itu. Petugas sudah menghentikan dan memeriksa 3. 961 unit kendaraan roda dua dan roda empat, melakukan tes swab antigen terhadap 6. 653 orang dengan hasil 6. 484 orang negatif dan 169 positif terinfeksi covid-19.

“Melawi juga tertolong karena kita cegat di sepulut. Sehingga orang yang positif iti tidak bisa masuk. Sebagian isolasi masuk ke rusunawa, sebagian lagi kita kembalikan, 40 lebih kita pulangkan ke daerah asalnya,” ujarnya

Jarot menjelaskan kini pos sudah dicabut dan menjadi perhatian khusus bagi kita semua.

“Dengan pos sepulut sudah dicabut tentunya perhatian kita pada PPKM mikro,” pungkasnya.

Continue Reading

Kabupaten Sintang

Maknai Hari Lahir Pancasila, Personel Denzibang1/Stg Bagikan Sembako

Published

on

By

Maknai Hari Lahir Pancasila, Personel Denzibang1/Stg Bagikan Sembako

Gencil News – Personel Denzibang1/Stg melakukan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) pada hari peringatan Lahirnya Pancasila. Hal ini sebagai wujud refleksi nilai-nilai luhur Pancasila.

Pada kegiatan baksos tersebut, Personel Denzibang1/Stg memberikan sembako gratis kepada warga yang layak membutuhkan bantuan. Sebagai jaring pengaman sosial disaat pandemi yang juga belum berakhir.

Serda Ismail menerangkan pihaknya turun langsung mendatangi warga yang sangat membutuhkan dan memberikan bantuan sembako gratis.

“Kami mewakili keluarga besar Denzibang1/Stg mengantarkan sembako gratis untuk warga,” ujarnya, Selasa (01/06/2021)

Wadan Denzibang1/Stg Mayor Czi Weswi Maidani mengungkapkan hal ini sebagai releksi nyata dari peringatan hari Lahir Pancasila.

“Bahkan kami laksanakan tidak hanya hari ini saja namun sebelumnya juga sudah kami laksanakan sambil memberikan himbauan prokes kepada masyarakat,” katanya

Menurutnya, saat ini masyarakat merasakan betapa beratnya menghadapi pandemi covid-19. Untuk itulah bersama pihaknya tumbuhkan prinsip persatuan dan Gotong-royong keluar dari pandemi.

Ia mengatkan, sesuai dengan tema Hari Lahir Pancasila 2021 sekarang adalah “Pancasila dalam tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh”. Maka tumbuhnya prinsip Gotong-royong, adalah bentuk persatuan sesama warga negara Republik Indonesia.

“Kiranya walaupun belum seberapa apa yang kami lakukan ini semoga dapat memotivasi masyarakat luas menumbuhkan nilai dan prinsip Gotong-royong, dalam bingkai nilai-nilai luhur Pancasila,” tutupnya

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING