Connect with us

Kabupaten Sintang

PLBN Sungai Kelik Berpotensi Berkembangnya Sektor Ekonomi

Published

on

PLBN Sungai Kelik Berpotensi Berkembangnya Sektor Ekonomi

Gencil News – Akses jalan menuju PLBN Sungai Kelik Kabupaten Sintang berpotensi berkembangnya segala sektor terutama sektor ekonomi jika jalan menuju sungai kelik diperbaiki.

Pemerintah Kabupaten Sintang sudah 11 kali mengusulkan peningkatan status jalan Sintang menuju Sungai Kelik sejak 2008 yang lalu ke pemerintah pusat.

Pengusulan perubahan status jalan Sintang menuju Sungai Kelik kami lakukan memanfaatkan adanya proses evaluasi jalan nasional dilakukan 5 tahun sekali. Pengusulan ini merupakan upaya pemkab mendukung proyek strategis nasional pembangunan PLBN sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat perbatasan.

” Dan hingga kini, PLBN sudah pasti dibangun,  tetapi jalanya belum pasti” terang Andon Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah Kabupaten Sintang

Pelaksana Harian Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP  Robert Simbolon menjelaskan bahwa berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan 11 PLBN yang salah satunya PLBN Sungai Kelik Kabupaten Sintang usulan perubahan status jalan untuk mempercepat pembangunan jalan yang diajukan oleh Pemkab Sintang menurutnya masuk akal.

” Kami juga sudah melihat foto-foto jalan dari Sintang menuju kawasan perbatasan. Ini memang memprihatinkan. Namun ini tanggung jawab kita bersama” kata Robert Simbolon

Sementara Ferry Dari Satuan Kerja Jalan Paralel Perbatasan Kalimantan Barat juga menjelaskan bahwa usulan jalan belum dapat disetujui.

“karena belum terkoneksi dengan jalan menuju perbatasan serta masih mengerjakan jalan nasional lain di Kalbar” katanya

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sungai Kelik sementara masih menggunakan jalur Balai Karangan menuju Sungai Kelik. Baru 300 kilometer sudah diaspal, 500 kilometer paralel perbatasan belum diaspal, salah satunya jalan paralel di Kabupaten Sintang.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Sintang

Dinkes Sintang Kehabisan Stok Reagen, Tes Swab Dihentikan Sementara

Published

on

By

Diskes Sintang Kehabisan Stok Reagen, Tes Swab Dihentikan Sementara

Gencil News- Dinkes Sintang Kehabisan Stok Reagen, Tes Swab Dihentikan Sementara. Dinkes Sintang menghentikan sementara waktu ini untuk tes swab dikarenakan kehabisan stok kit reagen. Saat ini Dinkes Kabupaten Sintang masih menunggu mendapatkan stok kit reagen kembali dari jakarta.

Reagen adalah ekstraksi yang digunakan dalam pengecekan spesimen. Reagen berisi sejumlah senyawa kimia untuk mendeteksi SARS-CoV-2, virus penyebab penyakit COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang Harysinto Linoh menerangkan bahwa kekosongan stok reagen tidak hanya terjadi di Kabupaten Sintang melainkan juga terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

“Kekosongan reagen bukan hanya di Sintang, Melainkan diberbagai daerah di Indonesia”ujarnya

Namun pihak Dinkes Sintang telah mengajukan pembelian sebanyak 1.000 kit reagen menggunakan dana APBD. Dengan estimasi spesimen 200-400 sampel pemeriksaan perminggu.

Dinkes Sintang menjelaskan bahwa pembelian 1.000 kit reagen masih sangat kurang karena menurutnya akan habis dalam waktu kurang dari satu bulan.

“Kita sudah mengajukan pembelian 1.000 kit reagen dan kemungkinan akan sampai pada hari jumat”kata Sinto

Sambil menunggu datangnya Kit Reagen yang telah dipesan Diskes Sintang menghentikan sementara pemeriksaan spesimen. Sementara sampel swab PCR belum dapat dikirim ke provinsi dikarenakan belum dilakukan pemeriksaan.

Diberhentikannya sementara pemeriksaan spesimen tidak membuat Diskes Sintang untuk tetap melakukan penelusuran kontak erat dalam mencegah penularan covid 19.

Sejauh ini Dinkes Sintang telah melakukan pemeriksaan sebanyak 4.749 spesimen dengan hasil 4.458 sampel negatif corona, ada 198 kasus terkonfirmasi dan 131 orang yang dinyatakan sembuh dari covid 19. RSUD Ade M Djoen Sintang saat ini memiliki 67 pasien yang positif covid 19 dan masih di rawat.

Menanggapi habisnya stok reagen di Kabupaten Sintang, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat menyarankan Kabupaten Sintang untuk mengirimkan sampel ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sembari menunggu reagen tersedia kembali di Sintang.

“Sementara silahkan kirim sampel ke Provinsi dulu karena UNTAN sudah mulai beroperasi kembali” ujar Harisson Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Harisson juga menerangkan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah membantu anggaran Rp. 2 Miliar untuk pembelian reagen di Kabupaten Sintang.

Selain itu ia juga mendorong Kabupaten Sintang untuk menganggarkan sendiri atau meminta bantuan pada kabupaten lain yang melakukan pemeriksaan PCR di Sintang.

Continue Reading

Kabupaten Sintang

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS Resmikan TMP Dwikora

Published

on

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS Resmikan TMP Dwikora
Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS Resmikan TMP Dwikora - Foto/Data Pendam XII/Tpr

Gencil News – Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS melakukan peresmian Taman Makam Pahlawan (TMP) Dwikora di Desa Senaning, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang. Peresmian Taman Makam Pahlawan (TMP) Dwikora adalah sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para pahlawan pada peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS Letkol Inf Hendra Cipta, S.Sos. dalam pernyataan tertulisnya di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar), Minggu (23/8/2020).

Hendra menjelaskan, pembangunan gapura dan pagar TMP Dwikora ini dilaksanakan selama satu bulan oleh personel Satgas sejak bulan Juli dan selesai pada tanggal 22 Agustus 2020.

“Peresmian TMP Dwikora ini sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjasa besar dalam merebut sekaligus mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia,” ucap Hendra.

Selain itu, imbuhnya, pembangunan gapura ini juga sebagai wujud bakti TNI dalam mengenang jasa-jasa para pahlawan yang tidak hanya rela berkorban harta dan benda, tetapi juga jiwa dan raga demi tegaknya kemerdekaan Bangsa Indonesia.

“Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Oleh sebab itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam pembangunan, “ tuturnya.

Acara peresmian berlangsung dengan khidmat ditandai pengguntingan pita dan penandatangan prasasti oleh Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS Letkol Inf Hendra Cipta, SSos.

Sejumlah pejabat pemerintah daerah turut menghadiri acara peresmian TMP Dwikora ini. Antara lain Bupati Sintang, dr .H. Jarot Winarno, Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Florensius Ronny, anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Terry Ibrahim serta para tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat serta pejabat instansi Pemkab Sintang.

Continue Reading

Kabupaten Sintang

Bupati Sintang Test Swab, Demi Semangati Guru dan Siswa

Published

on

Bupati Sintang Test Swab, Demi Semangati Guru dan Siswa

Gencil News – Bupati Sintang Jarot Winarno melakukan Test Swab di Unit Mobil PCR. Bupati Sintang melakukan test swab bersama Guru SMP Negeri 1 Sintang.

Bupati Sintang mengaku ia tergerak untuk melakukan test swab bersama Guru SMP Negeri 1 Sintang, adalah sebagai dukungan dan untuk memberikan semangat kepada guru dan siswa, agar tidak takut menjalani test swab.

saya juga ikut swab untuk memberikan semangat buat para guru dan juga anak-anak,” katanya.

Pengambilan uji swab ini dilakukan Dinas Kesehatan Sintang. Dan tak perlu menunggu lama, hasil swab terhadap Guru SMP Negeri 1 dan Bupati Sintang. Adalah Negatif.

“Dan Alhamdulillah, puji syukur hasilnya semuanya negatif,” kata Jarot Winarno.

Dikutip dari tribunnewkalbar– Bupati yang gemar musik klasik rock ini mengajak agar seluruh tenaga pengajar dan masyarakat tidak perlu takut untuk menjalani test swab. Sekaligus mengajak agar seluruh guru memeriksakan diri.

“Untuk guru SMAN 1, kita swab 16 orang, harusnya 53 orang. Jangan takut. Swab ini nomor satu. Demi kebaikan kita. Positif atau tidak, makanya harus di awab. Insya Allah guru kalau di swab hasilnya negatif. Jadi jangan takut,” kata Jarot Winarno.

Continue Reading

TRENDING