Kabupaten Sintang

Sutarmidji Dukung Kabupaten Sintang Jadi Ibukota Provinsi Kapuas Raya

Sutarmidji Dukung Kabupaten Sintang Jadi Ibukota Provinsi Kapuas Raya

Gencil News – Gubernur Sutarmidji mengatakan rencana pembangunan yang ada di Kabupaten Sintang segala perencanaannya harus sesuai dengan data yang valid. Jangan sampai penyusunan musrenbang dengan data yang tidak valid sehingga capaiannya semu.

“Saya selalu bekerja dengan data dan saya melihat bagaimana data bergerak ditunjang oleh hal-hal yang lain. Tanpa itu mustahil ada terobosan-terobosan,” ujar Gubernur Kalbar saat memberikan arahan dan sambutan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kabupaten Sintang Tahun 2021 – 2026 secara virtual, Jumat (16/7/2021).

Ia mengungkapkan, ketika menjadi Gubernur volume APBD sekitar Rp 5,4 – Rp 5,6 triliun dan tahun 2021 bisa mencapai Rp 7 triliun. Tetapi karena ada beberapa pengurangan dana transfer dari pemerintah pusat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang turun. Seperti Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Baca juga   Akibat Perang, Perusahaan Nestle Tutup Kegiatan Bisnis di Rusia

Sementara PAD yang turun dari BBNKB karena tidak banyak masyarakat yang membeli mobil baru. Maka, kemungkinan perubahan anggaran Pemprov Kalbar hanya Rp 6,4 triliun.

Menurutnya, APBD Pemprov Kalbar masih lebih dari Rp 6,4 triliun dan Kabupaten Sintang mendapatkan sekitar Rp 5,5 miliar untuk perbaikan beberapa jalan.

“Saya mengajak Pemerintah Kabupaten Sintang untuk menyulap Sintang menjadi kota. Karena cepat atau lambat Sintang pasti akan menjadi ibukota Provinsi Kapuas Raya. Jika keputusan pemekaran provinsi ada di tangan Gubernur, pasti sudah diputuskan,” terangnya

Namun, masih kata orang nomor satu di Kalbar, keputusan tersebut ada pada pemerintah pusat. Maka harus selalu mendorongnya agar wajah kota Sintang berubah dan harus dapat masyarakat nikmati.

Baca juga   Pemkot Pontianak Gelar Pembinaan Bagi Pengurus Lembaga Keagamaan

“Untuk itu alokasikan anggaran untuk membuat trotoar-trotoar atau waterfront seperti di Kabupaten Sanggau, sehingga masyarakat senang,” pungkasnya

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top