Tiga Pekan Banjir Sintang Jadi Bencana Terparah 40 Tahun Trakhir
Connect with us

Kabupaten Sintang

Tiga Pekan Banjir Sintang Jadi Bencana Terparah 40 Tahun Trakhir

Published

on

Tiga Pekan Banjir Sintang Jadi Bencana Terparah 40 Tahun Trakhir
Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H, M. Hum, (Picture by Gencil News)

Gencil News – Bencana Banjir di Kalbar sudah merendam 6 Kabupaten selama 3 pekan terakhir. Banjir yang berlangsung sejak 26 Oktober 2021 ini disebut bencana banjir terparah sepanjang sejarah 40 tahun terakhir.

Sebelumnya Gubernur Kalbar, Sutarmidji sempat mengusir 20 pihak perusahaan sawit karena dinilai tak bertanggung jawab atas sebab pengolahan lahan.

Dirjen Perkebunan Kementan menyebut dari tahun ke tahun luas lahan perkebunan perusahaan sawit semakin meluas. Berdasarkan data, pada tahun 2017 terdapat 1.504.787 hektar kemudian melonjak pada tahun 2021 menjadi 2.070.272 hektar.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji menjelaskan bahwa selama 3 tahun terakhir tidak melakukan pengerukan sungai Kapuas. Sehingga saat ini sedimentasinya lebih dari 1,5 meter sementara Sungai Kapuas sendiri memiliki panjang 1.100 kilometer.

Baca juga   BMKG Rilis Informasi Gempa Bumi M 3,1 Guncang Sintang

“Ini kan tempat penampungan air kalau hujan. Sudah 3 tahun pemerintah tidak melakukan pengerukan sungai,” papar Gubernur Kalbar saat menjadi narasumber pada stasiun televisi Kompas TV, Senin (15/11/2021).

Ia menyebut bahwa pengerukan sungai merupakan kebijakan dari pemerintah pusat yaitu Kementerian Perhubungan.

Hingga saat ini korban banjir yang terdampak kurang lebih 400 ribu jiwa namun warga tidak banyak yang mengungsi ketempat pengungsian yang telah disediakan.

“Masyarakat lebih banyak mengungsi ke rumah keluarganya, ini lebih bagus juga karena menghindari kerumunan agar terhindar dari Covid-19,” jelas Sutarmidji

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPBD Sintang, Bernard Saragih memaparkan terdapat 10.368 kepala keluarga yang berada di posko. Sementara terdapat 33.153 jiwa yang mengungsi baik di tenda swadaya maupun di rumah kerabat.

Baca juga   Antusias Warga Untuk Vaksin Tinggi, Stok Vaksinnya Berkurang
Prediksi banjir semakin tinggi

Ia memperkirakan dalam waktu 2 hari kedepan air akan kembali naik pada bagian hilir Sintang atau ibu kota Sintang. Kemudian terus melaporkan prediksi banjir yang akan tinggi pada beberapa kecamatan di Sintang.

“Saat ini air genangan di bagian Kota Sintang mengalami surut, namun pada beberapa kecamatan air naik kembali akibat curah hujan yang tinggi. Diperkirakan jika dibagian hulu Sintang surut maka akan terjadi kenaikan air di kota Sintang,” terangnya.

Direktur Eksekutif Nasional WALHI, Zenzi Suhadi mengungkapkan ada yang salah dalam hal pengelolaan lahan di Kalbar. Ia menjelaskan bahwa sebenarnya sudah ada UU yang mengatur dan mengontrol penerbitan ijin tambang dan lain-lain.

Baca juga   Bupati Sintang Test Swab, Demi Semangati Guru dan Siswa

“Proses audit lingkungan sudah harus dilakukan saat ini, sehingga nanti apakah tata ruang harus direview kembali. Jika tidak kondisi seperti ini akan terus berulang dan meningkat,” terang Zenzi.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Sintang

Hati-Hati! Ada Akun Palsu Pakai Nama Bupati Sintang di Facebook

Published

on

Hati-Hati Ada Akun Palsu Pakai Nama Bupati Sintang di Facebook

Gencil News – Warga Sintang dibikin penasaran dengan munculnya akun Facebook atas nama Bupati Sintang  Jarot Winarno. Akun tersebut ternyata palsu dan Pemkab Sintang sudah menyampaikan pernyataan bahwa akun tersebut adalah palsu.

Pihak Prokompim Kabupaten Sintang, melalui instagram menyampaikan bahwa ada akun palsu yang mengatasnamakan Bupati Jarot Winaro.

Di akun palsu yang mengatasnamakan Bupati Jarot Winaro, terliat bahwa, akun palsu itu meminta uang sejumlah Rp2 juta untuk membayar tim yang membawa peralatan, dan akun tersebut juga menyertakan nomor rekening Bank BCA.

Baca juga   Safari Ramadan Wagub Ria Norsan di Sintang


Pihak Prokompim Kabupaten Sintang juga sudah membantah dan mengklarifikasi bahwa Bupati Jarot memang tidak pernah menggunakan akun facebook yang kemudian meminta sejumlah uang.

“Kami sampaikan jika ada warganet/nitizen yang mendapat kiriman pesan seperti ini atau kiriman pesan dalam bentuk lainnya, untuk tidak di percaya. Terlebih pada situasi bencana saat ini. Karena akun Facebook ini merupakan akun PALSU/FAKE yang di buat oleh orang yang tidak bertanggungjawab, yang berusaha mengatasnamakan Bupati Sintang, Jarot Winarno.
Bupati Sintang tidak memiliki akun Facebook, beliau hanya memiliki akun Instagram pribadi ini @winarnojarot & akun twitter @jwin_ptk, yang di kelola beliau pribadi. Selain dari dua ID tersebut kami sampaikan bukan beliau. Terima kasih. 🙏” tulis Prokopim di laman Instagram mereka.

Continue Reading

Kabupaten Sintang

Progres Pengerjaan Pentas MTQ XXIX di Sintang Masuk Tahap Akhir

Published

on

Progres Pengerjaan Pentas MTQ XXIX di Sintang Masuk Tahap Akhir
Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran ke-XXIX tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 11 Desember hingga 17 Desember 2021 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Sintang 📷 Prokopim SIntang

Gencil News – Sebagai tuan rumah Kabupaten Sintang saat ini tengah bersiap diri untuk pagelaran MTQ XXIX tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2021.

MTQ XXIX tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 11 Desember hingga 17 Desember 2021 di Stadion Baning Sintang.

Untuk kelancaran acara, Bupati Sintang Jarot Winarno melakukan peninjauan untuk mengetahui progres dari pekerjaan persiapan sebagai tuan rumah MTQ XXIX.

Baca juga   Dialog Dengan Bupati Sintang, Gubernur Siapkan Kebutuhan Masyarakat

Selasa 23 November 2021 Bupati Jarot mendamping Gubernur Sutarmidji meninjau langsung progres pembangunan panggung utama yang akan dijadikan lokasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- XXIX tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2021.

Pembangunan panggung utama sudah mulai masuk instalasi riging panggung sejak tanggal 20 November 2021. Panggung tersebut berukuran dengan panjang 40 meter dan lebar 10 meter.

Saat ini sudah 3 hari pengerjaan instalasi riging, untuk target penyelesaian instalasi riging ditargetkan selesai 24 November 2021.

Setelah selesai instalasi riging, tahapan yang akan dilakukan yakni pemasangan backdrop, instalasi lighting.

Instalasi sound system dan segala kelengkapan yang akan dipasang di panggung utama pelaksanaan MTQ Ke-XXIX. Pekerjaan ditargetkan selesai seluruhnya 100 persen pada tanggal 8 Desember 2021.

Baca juga   Hilang 3 Hari Di Tengah Hutan Sambas, Nenek Ini Selamat

Sumber

Continue Reading

Kabupaten Sintang

Dialog Dengan Bupati Sintang, Gubernur Siapkan Kebutuhan Masyarakat

Published

on

By

Dialog Dengan Bupati Sintang, Gubernur Siapkan Kebutuhan Masyarakat
Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H, M. Hum, saat audiensi dengan pemerintah kabupaten Sintang, Selasa 23 November 2021 (Picture by Adpim)

Gencil News – Gubernur Kalbar, Sutarmidji audiensi dengan jajaran pemerintah kabupaten Sintang. Hal ini bertujuan agar Gubernur mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat Sintang saat banjir kali ini.

Berdasarkan dialognya bersama Bupati Sintang, Jarot Winarno dan jajarannya, Sutarmidji akan mengirimkan apa saja perlengkapan yang dibutuhkan.

“Salah satu perlengkapan yang dibutuhkan untuk menghubungkan antar kecamatan, yaitu speed boat 40 PK, agar dapat melawan arus. Saya akan kirimkan perlengkapan yang dibutuhkan Kabupaten Sintang,” jelas Sutarmidji, Selasa (23/11/2021).

Selanjutnya, Gubernur meminta Satgas Banjir di Kabupaten Sintang untuk mempersiapkan perlengkapan tempat pengungsian dengan baik, seperti keberadaan toilet.

Untuk mengefisienkan anggaran, ia mengatakan pemprov harus memastikan terlebih dahulu lokasi pengungsian.

Baca juga   Nadiem: Guru Lengkap Divaksin, Sekolah Wajib Tawarkan Tatap Muka

“Kita harus memastikan terlebih dahulu dimana lokasi pengungsian supaya anggaran yang dikeluarkan bisa lebih efektif,” ungkapnya.

Tak hanya penanganan bantuan saat banjir, ia menyebut pemerintah juga harus memperhatikan sektor kesehatan untuk pasca banjir. Salahsatunya dengan menyediakan obat-obatan untuk masyarakat yang terdampak banjir.

“Banyak hal yang harus diperhatikan dalam penanganan pasca banjir, terutama masalah kesehatan. Alat fogging juga sudah harus siap karena sudah ada kasus demam berdarah. Pemprov Kalbar akan memberikan alat fogging, meskipun puskesmas sudah memiliki alat tersebut,” pungkasnya.

Continue Reading

Kabupaten Sintang

Sutarmidji Targetkan SMKN 1 Sintang Rampung Awal Tahun 2022

Published

on

By

Sutarmidji Targetkan SMKN 1 Sintang Rampung Awal Tahun 2022
Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H, M. Hum, meninjau Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 01 Sintang, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang pada Selasa (23/11/2021).

Gencil News – Berkeliling menyambangi sejumlah tempat di lokasi banjir Kabupaten Sintang, Gubernur Kalbar, Sutarmidji menyempatkan diri meninjau Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 01 Sintang, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang pada Selasa (23/11/2021).

Gubernur Kalbar juga sempat untuk mengajar siswa-siswi SMKN 01 Sintang sekaligus memberikan motivasi agar bisa lebih maju pada masa yang akan datang.

Pada kesempatan tersebut, ia berdialog singkat dengan kepala sekolah dan para guru sambil meninjau ruang kelas dan ruang praktikum.

Gubernur juga meninjau pembangunan SMKN 01 Sintang yang terhenti sementara karena musibah banjir. Namun ia menargetkan pada awal tahun 2022 proses pembangunan SMKN 01 Sintang ini rampung.

Baca juga   Hilang 3 Hari Di Tengah Hutan Sambas, Nenek Ini Selamat

“Selama banjir pengerjaan pembangunan SMK ini tersendat. Targetnya pada bulan Februari atau Maret tahun 2022 nanti pengerjaannya bisa rampung,” ujar Sutarmidji

Sebagai sekolah yang memiliki 12 program study ini, Gubernur menegaskan kepada pihak sekolah agar ruang praktek pada tiap program study dilengkapi.

“SMK ini 12 jurusan, lab nya harus benar. Kan ini ada 12 program study, program study nya dilengkapi seperti ruang prakteknya,” terangnya.

Sebagai bentuk perhatian terhadap pencegahan penularan Covid-19 di sekolah, Pemprov Kalbar memberikan hand sanitizer kepada siswa SMKN 01 Sintang. Sebelum rombongan meninggalkan lokasi, pihak SMKN 01 Sintang memberikan cinderamata kepada Gubernur Kalimantan Barat.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING