Usai Jembatan Putus, Kini Ratusan Rumah Terendam Banjir Di Sintang
Connect with us

Kabupaten Sintang

Usai Jembatan Putus, Kini Ratusan Rumah Terendam Banjir Di Sintang

Published

on

Usai Jembatan Putus, Kini Ratusan Rumah Terendam Banjir Di Sintang
Penampakan rumah warga terencam banjir di Kabupaten Sintang Kalimantan Barat


Gencil News – Banjir melanda Desa Keremoi, Kec Ambalau kabupaten sintang sejak Sabtu 2 Oktober 2021 kemarin. Derasnya luapan air menyebabkan jembatan penghubung di desa ini putus.

Selain jembatan yang putus, ratusan rumah warga terendam banjir dan hanya terlihat atap rumah saja.

banjir ratusan rmh terendam dan 1 jambatan putus di terjang banjir. Kejadian jembatan putus tersebut sekitar pukul 07:20 WIB.

Banjir tak hanya terjadi pada Desa Keremoi saja melainkan juga terjadi pada 18 desa di kecamatan Serawai kabupaten Sintang Kalimantan Barat.

Hal ini terjadi karena tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir. Sementara banjir terparah terjadi di 14 desa di Kecamatan Nanga Serawai Sintang.

Baca juga   Sutarmidji Ingatkan, Kalau Tak Mendesak Jangan Ke Sintang

Dari peristiwa ini sejumlah Rumah Zakat mengajak seluruh masyarakat & komunitas untuk kolaborasi dan sinergi membantu saudara kita banjir kalbar dengan melakukan galang dana.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Sintang

Berbagai Macam Cara Dalam Mempromosikan Kain Tenun Kalbar

Published

on

By

Berbagai Macam Cara Dalam Mempromosikan Kain Tenun Kalbar
Berbagai Macam Cara Dalam Mempromosikan Kain Tenun Kalbar/Istimewa

Gencil News- Kalimantan Barat sangat banyak untuk motif-motif kain tenun dengan berbagai macam khas dalam mempromosikannya

Hal itulah yang menarik perhatian Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus mengatakan bahwa banyak cara untuk mengenalkan kain tenun tersebut

Yang mana dalam menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap kain tenun bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya sebagai pakaian dinas

“Kami ada diskusi bersama Bank Indonesia beberapa waktu lalu, terkait tenun ikat yang ada di kabupaten Sintang. Soal bagaimana masyarakat bisa mencintai kain tenun, coba kita terpakan edaran kepada semua OPD, pelaku badan usaha dan lainnya, wajib menggunakan batik motif kain ikat pada hari tertentu, dan ini sangat disambut baik oleh plh bupati,” ungkap Yustinus, Pada hari Rabu (13/10/2021)

Baca juga   Wisata Virtual Ciptakan "Pengalaman Jalan-jalan" di Kala Pandemi

Ia menjelaskan bahwa dengan adanya menyeragamkan seragam batik motif kain tenun ikat sintang pada ASN.

“Dimana hal ini tidak hanya bisa menumbuhkan rasa kecintaan dan memiliki terhasap warisan budaya. Akan tetapi bisa membantu penenun dalam tingkat ekonominya,”tuturnya

Ia mengharapkan agar kedepannya kita bisa mencintai untuk budaya lokal yang bisa membantu pelaku UMKM

“Terutama penenun itu sendiri, dan saya yakin jika kita bisa melaksanakan komitmen ini secara bersama pemerintah para pelaku ekonomi. Kita tidak hanya saja memamerkan tenun ikat agar bisa semakin dicintai. Namun bisa juga membantu para pengrajin tenun ikat,”pungkasnya

Continue Reading

Kabupaten Sintang

Gubernur Sutarmidji dan Bupati Jarot Sambut Kedatangan Jenazah Wabup Sintang

Published

on

Gubernur Sutarmidji dan Bupati Jarot Sambut Kedatangan Jenazah Wabup Sintang
Gubernur Sutarmidji dan Bupati Jarot Sambut Kedatangan Jenazah Wabup Sintang 📸 Pemkab Sintang - Sumber : Prokopim Sintang

Gencil News – Gubernur Sutarmidji dan Bupati Jarot menyambut kedatangan jenazah almarhum Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto.

Wakil Bupati Sintang, Yosep Sudiyanto, SH meninggal dunia dI RSCM Jakarta pada Sabtu 18 September 2021 pukul 11. 00 wib karena sakit.

Jenazah Wakil Bupati Sintang di berangkatkan dari Bandar Udara Soekarno Hatta pukul 06.00 wib menggunakan pesawat maskapai Loin Air. Pesawat tiba di Bandar Udara Supadio pada pukul 07. 45 wib.

Dalam kesempatan saat penyambutan dan prosesi lepas jenazah, Gubernur Kalbar menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas kepergian Almarhum.

“Saya kenal betul dengan almarhum dan keluarganya, saya tahu betul, almarhum ini orangnya sabar dan komunikatif, mudah dihubungi dan cepat respon.” kata Sutarmidji saat menyampaikan kata sambutan.

Baca juga   Masa Jabatan Jarot - Askiman Berakhir, Jarot Sampaikan Pesan Penting

Sutarmijdi juga menyampaikan, ia kenal dengan almarhum, Sudiyanto. Sudiyanto, adalah adik kelasnya Sutarmidji waktu di SMA Santo Paulus dan Fakultas Hukum Untan, Pontianak.

“Saya terakhir telepon beliau, saat ada masalah di Sintang, saya tidak tahu waktu saya telpon itu, ternyata beliau lagi di rumah sakit” jelas Sutarmidji

“Secara resmi, saya lepas almarhum Pak Yosep Sudiyanto kembali ke Sintang untuk prosesi pemakaman”

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Jarot yang juga hadir dalam prosesi penyambutan kedatangan almarhum, Sudiyanto.

Bupati Sintang dua periode ini didampingi oleh istri, Fauziah Zaenal Ehsan. Pada saat prosesi tampak mendampingi, istri almarhum Sudiyanto, sembari memberikan penguatan.

Selanjutnya setelah prosesi pelepasan oleh Gubernur Sutarmidji, Jenazah segera dibawa ke rumah kediaman di Sintang.

Baca juga   Sutarmidji Ingatkan, Kalau Tak Mendesak Jangan Ke Sintang

Jenazah almarhum Wakil Bupati Sintang Sudiyanto tiba di rumah duka kediaman pribadi di Mungguk Serantung Gang Efata. Pada Minggu, 19 September 2021 sekitar pukul 14.11 WIB.
Kedatangan jenazah disambut isak tangis keluarga almarhum.

Turut menyambut kedatangan jenazah kedua putra almarhum. Hadir di rumah duka Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah, para asisten, staf ahli Bupati Sintang, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Kepala Bagian, Kepala Bidang dan staf di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.


Peti jenazah dibuka oleh pihak keluarga, untuk memberikan kesempatan kepada para pelayat yang ingin melihat almarhum terakhir kalinya. Pihak keluarga bersama Dewan Pastoral Paroki Maria Ratu Semesta Alam Sungai Durian merencanakan malam ini pukul 19.00 WIB akan melaksanakan ibadat arwah yang akan dipimpin oleh RD. Siprianus Awan Botan.

Baca juga   Covid 19 Di Kapuas Hulu Meningkat, Kapolres Akan Gencarkan PPKM

Sementara besok Senin, 20 September 2021, pukul 09.00 WIB, jenazah akan diberangkatkan dari rumah duka menuju Gereja Katolik Maria Ratu Semesta Alam untuk dilakukan Misa Requiem.

Tampak juga Unsur Forkopimda Kabupaten Sintang, Kepala Cabang Bank Kalbar Sintang, Sekda Kab. Melawi Paulus berserta istri, Mantan Bupati Melawi Panji dan keluarga.

Dan pada hari senin tanggal 20/09/2021, Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Surat Edaran, tentang Pemasangan Bendera setengah tiang pada Senin, 20 September 2021 di depan kantor OPD di Lingkungan Pemkab Sintang.

Selamat Jalan, Sudiyanto.

Continue Reading

Kabupaten Sintang

Sutarmidji Dukung Kabupaten Sintang Jadi Ibukota Provinsi Kapuas Raya

Published

on

By

Sutarmidji Dukung Kabupaten Sintang Jadi Ibukota Provinsi Kapuas Raya

Gencil News – Gubernur Sutarmidji mengatakan rencana pembangunan yang ada di Kabupaten Sintang segala perencanaannya harus sesuai dengan data yang valid. Jangan sampai penyusunan musrenbang dengan data yang tidak valid sehingga capaiannya semu.

“Saya selalu bekerja dengan data dan saya melihat bagaimana data bergerak ditunjang oleh hal-hal yang lain. Tanpa itu mustahil ada terobosan-terobosan,” ujar Gubernur Kalbar saat memberikan arahan dan sambutan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kabupaten Sintang Tahun 2021 – 2026 secara virtual, Jumat (16/7/2021).

Ia mengungkapkan, ketika menjadi Gubernur volume APBD sekitar Rp 5,4 – Rp 5,6 triliun dan tahun 2021 bisa mencapai Rp 7 triliun. Tetapi karena ada beberapa pengurangan dana transfer dari pemerintah pusat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang turun. Seperti Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Baca juga   Wisata Virtual Ciptakan "Pengalaman Jalan-jalan" di Kala Pandemi

Sementara PAD yang turun dari BBNKB karena tidak banyak masyarakat yang membeli mobil baru. Maka, kemungkinan perubahan anggaran Pemprov Kalbar hanya Rp 6,4 triliun.

Menurutnya, APBD Pemprov Kalbar masih lebih dari Rp 6,4 triliun dan Kabupaten Sintang mendapatkan sekitar Rp 5,5 miliar untuk perbaikan beberapa jalan.

“Saya mengajak Pemerintah Kabupaten Sintang untuk menyulap Sintang menjadi kota. Karena cepat atau lambat Sintang pasti akan menjadi ibukota Provinsi Kapuas Raya. Jika keputusan pemekaran provinsi ada di tangan Gubernur, pasti sudah diputuskan,” terangnya

Namun, masih kata orang nomor satu di Kalbar, keputusan tersebut ada pada pemerintah pusat. Maka harus selalu mendorongnya agar wajah kota Sintang berubah dan harus dapat masyarakat nikmati.

Baca juga   Bahasan Harap NU Kota Pontianak Dapat Terus Berkiprah

“Untuk itu alokasikan anggaran untuk membuat trotoar-trotoar atau waterfront seperti di Kabupaten Sanggau, sehingga masyarakat senang,” pungkasnya

Continue Reading

Kabupaten Sintang

Satres Narkoba Polres Sintang Bekuk Tiga Pengedar Sabu

Published

on

Satres Narkoba Polres Sintang Bekuk Tiga Pengedar Sabu

Gencil News – Satres Narkoba Polres Sintang berhasil bekuk tiga pelaku pengedar sabu. Satres Narkoba Polres Sintang berhasil mengamankan 3 (tiga) orang yang diduga merupakan pengedar narkotika jenis sabu.

Iptu Amansyurdin menerangkan, ketiga pelaku tersebut diamankan berdasarkan informasi dari hasil penyelidikan petugas terkait ketiga orang tersebut memiliki atau menyimpan narkotika dengan jenis sabu.

“Kronologis penangkapan sendiri berawal dari WK yang diamankan saat sedang berada di rumahnya, tanpa penolakan setelah didatangi petugas Kepolisian tersangka pun dengan patuh mengakui dan menunjukan barang bukti tersebut,” ujar Iptu Amansyurdin.

“Disitu kita berhasil mengamankan barang bukti berupa Narkotika jenis sabu serta berikut perlengkapan lainnya,” tambahnya.

Setelah berhasil mengamankan WK, tak berselang lama petugas kembali mengamankan HM dan DK (29) yang juga diduga kuat merupakan pengedar sabu.

Baca juga   Bupati Sintang Resmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak

Kedua tersangka ini diamankan saat sedang berada di rumah, kronologis penangkapan bermula dari petugas membawa Ketua RT setempat untuk mendatangi rumah HM dimana pada saat itu DK juga sedang berada di rumahnya.

Dengan disaksikan langsung oleh ketua RT setempat, Petugas Satres Narkoba Polres Sintang melakukan penggeledahan langsung di rumah tersangka HM yang mana didapati barang bukti berupa klip plastik berisikan kristal putih yang diduga merupakan narkotika jenis sabu.

“Ketiga tersangka kita amankan hari Senin pukul 10.00 Wib, dari penangkapan tersebut barang bukti yang kita amankan berjumlah 3 (tiga) klip plastik berisikan Narkotika berjenis shabu berikut dengan peralatan seperti alat hisap (bong), korek gas, sendok dan jarum shabu serta beberapa perlengkapan lain,” jelas Iptu Aman.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING