Kota Pontianak

Buku Pokok Pemakaman Jamin Akurasi Database Kependudukan di Pontianak

Buku Pokok Pemakaman Jamin Akurasi Database Kependudukan di Pontianak
Kepala Disdukcapil Kota Pontianak, Erma Suryani (Dok. Prokopim)

Gencil News – Setelah dilaunching beberapa waktu yang lalu, akhirnya Disdukcapil Kota Pontianak mendistribusikan Buku Pokok Pemakaman kepada kelurahan, yayasan pemakaman, Dinas Kesehatan Kota Pontianak yang menaungi rumah sakit-rumah sakit hingga ke RT.

Hal ini merupakan upaya Disdukcapil memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pelaporan dan penerbitan akta kematian di Kota Pontianak.

Kepala Disdukcapil Kota Pontianak, Erma Suryani menerangkan buku pokok pemakaman ini nantinya akan berpengaruh terhadap database kependudukan.

“Kalau masyarakat disiplin menyampaikan laporan data kematian, tentu ini berdampak pada database kependudukan di Kota Pontianak sehingga menjamin akurasi data tersebut,” ujarnya dikutip, Jumat (16/9/2022).

Baca juga   Gubernur Ingatkan Data Penduduk Sangat Penting

Program ini sudah dilakukan pada 2019 lalu yang dibagikan ke RT-RT namun kurang efektif.

Kemudian tahun 2022 pihaknya mencetak kembali Buku Pokok Pemakaman dan didistribusikan kepada yayasan pemakaman, termasuk Dinas Kesehatan Kota Pontianak yang membawahi rumah sakit-rumah sakit.

“Ketika ada warga yang meninggal di rumah sakit, kami berharap rumah sakit mengisi buku pokok pemakaman sebagai laporan ke Disdukcapil Kota Pontianak,” tutur Erma.

“Masyarakat ketika melaporkan kematian keluarga atau warganya, tentu dari pihak Disdukcapil akan menerbitkan akta kematiannya. Manfaat akta kematian ini antara lain untuk mengurus hak kewarisan dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top