Dinsos Pontianak Bantah Viralnya Video Menelantarkan Titi
Connect with us

Kota Pontianak

Dinsos Pontianak Bantah Viralnya Video Menelantarkan Titi

Published

on

Dinsos Pontianak Bantah Viralnya Video Menelantarkan Titi
Dinas Sosial Bersama Keluarga Titi

Gencil News – Menyikapi informasi yang beredar di media sosial terkait adanya anak terlantar yang dikembalikan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pontianak. Kadinsos Kota Pontianak Darmanelly menjelaskan kronologis permasalahan tersebut.

Darmanelly menerangkan bahwa Yayasan Team PASTI, yang mengantar Titi ke Unit Pelayanan Rehabilitasi Sosial (UPRS) pada hari Senin (8/2/2021) sekira pukul 21.00 WIB. Kemudian oleh petugas yang berjaga di UPRS menerimanya.

Namun pada Selasa (9/2/2021) pihak Dinsos mengetahui bahwa Titi bukan merupakan anak terlantar dan hidup sebatang kara. Tetapi memiliki keluarga yang beralamat di Jalan Khatulistiwa Gang Beringin II Nomor 8 Kelurahan Batu Layang Kecamatan Pontianak Utara.

Sehingga pihak Dinsos mengantarkan Titi kembali kepada pihak keluarganya dan bibinya langsung yang menerima Titi. Bukan ke rumah kosong sebagaimana video yang beredar di media sosial. Terkait video yang beredar, Darmanelly tidak mengetahui dari mana asalnya.

Baca juga   Brooklyn Beckham Siapkan Dana 66 Miliar Untuk Rencana Pernikahan

Ia menambahkan, apa yang tersebar di media sosial tidaklah sesuai fakta yang sebenarnya. Titi bukanlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), melainkan anak berkebutuhan khusus. Sehingga pihak keluarga menitipkan Titi untuk dirawat oleh Yayasan Team PASTI.

Kemudian Team PASTI sempat mengantar Titi ke salah satu lembaga sosial swasta di Ambawang untuk dirawat. Namun kemudian, pihalk Tema PASTI menyerahkan Titi ke UPRS.

“Oleh sebab itu kita kembalikan Titi ke pihak keluarga karena Titi bukan kategori orang terlantar atau ODGJ,” katanya.

Titi memiliki ibu yang saat ini bekerja di Taiwan. Selama ini, Titi tinggal bersama bibinya. Ibu Titi mengirimkan uang setiap bulannya untuk biaya hidup Titi. Bibi yang selama ini mengasuh Titi juga membantah menelantarkan keponakannya.

Baca juga   Wow, Rumah Tak Layak Huni Pontianak Capai Ribuan?Cari Tahu Disini!

“Jadi Titi selama ini tinggal di rumah bibinya,” tuturnya

Darmanelly juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menelan mentah-mentah informasi yang beredar di media sosial tanpa menelusuri persoalan sebenarnya.

Fakta Lapangan

“Telusuri dulu kebenaran informasi itu sesuai dengan fakta di lapangan” imbuhnya.

Camat Pontianak Utara, Affan menerangkan, memang benar Titi adalah warga di Gang Beringin II dan tinggal bersama bibinya serta mempunyai kamar sendiri. Titi bukanlah ODGJ dan tidak terlantar karena selama ini bibinyalah yang mengasuh Titi.

Beberapa waktu lalu, atas permintaan ibunya, Team PASTI menjemput Titi untuk menjalani perawatan ke salah satu lembaga sosial di Ambawang, hingga kemudian diantar ke UPRS.

Baca juga   Wagub Kalbar Positif Covid-19, Ria Norsan Jalani Isolasi Mandiri

Karena di UPRS hanya menampung ODGJ dan orang terlantar, sementara Titi tidak termasuk kategori ODGJ maupun terlantar sehingga Titi dikembalikan ke keluarganya.

“Titi memiliki keluarga dan tinggal bersama bibinya, punya kamar sendiri,” terangnya.  

Bersama pihak Dinsos Kota Pontianak, Team PASTI dan Camat Pontianak Utara, melakukan pertemuan dengan pihak keluarga. Hasil kesepakatan bersama, Titi tetap diasuh oleh pihak keluarga.

“Yakni bibinya, dimana selama ini Titi tinggal,” ungkap Affan

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kota Pontianak

Serba Serbi 250 Sambut Hari Jadi Kota Pontianak Di Event Happy Cycling

Published

on

By

Serba Serbi 250 Sambut Hari Jadi Kota Pontianak Di Event Happy Cycling

Gencil News- Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono melepas bendera start menandai Happy Cycling Pontianak 250 kilometer dimulai

Kegiatan ini dilaksanakan di depan Kantor Walikota Pontianak, Jalan Rahadi Usman. Pada hari Sabtu (23/10/2021)

Even ini digelar dalam rangka Hari Jadi ke-250 Kota Pontianak. Dengan jumlah 250 peserta yang berasal dari berbagai komunitas sepeda

“Jarak yang ditempuh itu sesuai dengan usia Kota Pontianak yang sudah memasuki 250 tahun, kita akan agendakan kegiatan ini sebagai agenda tetap setiap Hari Jadi Kota Pontianak,” kata Wako Edi

Wako Edi mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengemas even ini agar bisa lebih meriah lagi. Baik dari jumlah peserta, acara maupun hadiahnya.

Baca juga   Hidangan Minimal yang Diperbolehkan untuk Meraih Pahala Memberi Makan Orang Berpuasa

Yang mana para pembalap akan mengitari jalan-jalan di Kota Pontianak dan sekitarnya sepanjang 250 kilometer

“Saya yakin para pembalap sepeda bisa merasakan sensasi berkeliling Kota Pontianak dan sekitarnya sepanjang 250 kilometer,” ungkapnya

Ia memaparkan bahwa nantinya pemkot Pontianak sendiri akan berkolaborasi dengan pehobi serta penggiat sepeda untuk menjadikan Pontianak khususnya dan Kalbar umumnya sebagai destinasi sport tourism terutama balap sepeda atau turing.

“Pontianak memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai destinasi sport tourism,” pungkasnya

Continue Reading

Kota Pontianak

Bahasan Jelaskan Momentum HSN Sebagai Bentuk Semangat Dan Bangkit

Published

on

By

Bahasan Jelaskan Momentum HSN Sebagai Bentuk Semangat Dan Bangkit

Gencil News- Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan menjelaskan bahwa peringatan Hari Santri Nasional (HSN) pada masa pandemi saat ini bisa menjadikan momentum bagi seluruh santri untuk bisa semangat dan bangkit dalam menghadapi pandemi

“Dalam menghadapi pandemi ini, kita semua harus saling bahu-membahu melawan pandemi Covid-19 yang menyengsarakan banyak orang,” Kata Bahasan. Saat menghadiri peringatan Hari Santri Nasional 2021. Di Aula Rumah Jabatan Wakil Wali Kota Pontianak. Pada hari Jumat (22/10/2021).

Ia mengharapkan bahwa momentum Hari Santri Nasional bisa menjadi modal pemersatu seluruh santri dalam melawan pandemi

Ia mengungkapkan bahwa santri merupakan pelopor dalam penerapan protokol kesehatan

“Kita harus saling menjaga, menjaga diri kita dan orang-orang di sekitar kita dengan cara menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca juga   Kopi Satu Hati Suguhkan Kopi Nusantara dan Sunset

Ia mengingatkan kepada para santri dalam menjaga kerukunan tatanan kehidupan beragama, bermasyarakat serta bernegara.

Sebab perbedaan dan latar belakang harus dikedepankan adalah persatuan dan kesatuan.

Maka dari itu, Ia berharap komunitas etnis. Baik yang ada di Kota Pontianak maupun daerah lainnya pada Provinsi Kalbar untuk bisa menjaga kerukunan

“Karena dengan hidup rukun dan damai, Insya Allah semuanya akan nyaman, damai dan sejahtera,” harapnya.

Ketua PCNU Kota Pontianak, Ahmad Faruki mengatakan bahwa peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2021 merupakan bentuk pengakuan negara terhadap santri.

Yang mana peran santri sejak zaman perjuangan memang tak dipungkiri telah banyak memberikan kontribusi untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga   Walikota Pontianak Sutarmidji saat menjadi inspektur upacara HUT ke-61 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat di halaman parkir Kantor Wali Kota

“Harapannya Kota Pontianak ini menjadikan santri sebagai kader masa depan,” pungkasnya

Continue Reading

Kota Pontianak

Sambut HUT Ke 250 Pontianak, HMI Tanam 250 Pohon

Published

on

Sambut HUT Ke 250 Pontianak, HMI Tanam 250 Pohon

Gencil News – Dalam rangka hari jadi ke 250 Kota Pontianak. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) melakukan gerakan penanaman sebanyak 250 pohon di Gang Usaha Baru I Kelurahan Sungai Bangkong Kecamatan Pontianak Kota, Rabu (20/10/2021).

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mendukung aksi yang dilakukan organisasi kemahasiswaan yang tergabung dalam HMI Cabang Pontianak ini. Ia menilai aksi yang dilakukan oleh kaum muda ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan kecintaan mereka akan Kota Pontianak. 

“Kita menanam pohon harus seperti mengurus anak bayi, harus dirawat, disiram dan bila perlu dipupuk,” pesannya.

Dalam menanam pohon, lanjutnya, jangan berpikir hasilnya, tetapi bagaimana pohon itu bisa tumbuh bagus dan subur. Seperti pohon lengkeng, mempunyai karakter bisa tumbuh tinggi sekaligus berfungsi sebagai peneduh. 

Baca juga   Satgas Cyber Anti Hoaxs Dibentuk

Edi yakin hampir semua orang setuju dengan banyaknya pepohonan. Memang diakuinya masih ada titik-titik lokasi yang belum ditanami pohon. Untuk itu pihaknya terus berupaya memperbanyak pepohonan di penjuru Kota Pontianak. 

“Dari 100 orang yang ditanya dengan adanya pohon-pohon, dipastikan 90 persen diantaranya menyatakan lebih nyaman ada pohon, makanya setiap orang yang datang ke Pontianak mereka apresiasi karena banyaknya pepohonan,” tukasnya.

Baca juga   Wow, Rumah Tak Layak Huni Pontianak Capai Ribuan?Cari Tahu Disini!

Ketua Umum HMI Cabang Pontianak Hefni Maulana menuturkan aksi penanaman 250 pohon yang digelar ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi lingkungan. Ia menilai,semaju apapun sebuah kota, ketika lingkungannya tidak terjaga dengan baik, maka itu akan mereduksi kemajuan kota tersebut. 

“Makanya seiring berkembangnya infrastruktur dan kemajuan kota, keberadaan lingkungan hidup di tengah-tengah kita, kesuburannya, penghijauan itu harus selalu ada,” imbuhnya.

Tujuannya adalah untuk menjaga ekosistem terutama kehidupan anak cucu mendatang. Hefni menambahkan, kegiatan hari ini tidak hanya sebatas ini saja, ada beberapa titik di Kota Pontianak yang sudah disurvey pihaknya untuk ditanami pohon. Untuk di lokasi ini hanya 250 bibit pohon saja. Kemudian untuk di kelurahan-kelurahan lain sudah dibagi.

Baca juga   Pontianak dan Bandung Kerjasama Studi Komparasi Tukin bagi ASN

“Insya Allah, bukan hanya seribu, kalau dapat sejuta pohon kita tanam di Kota Pontianak, tentunya  bersinergi dengan Pemerintah Kota Pontianak,” pungkasnya. 

Continue Reading

Kota Pontianak

Wako Edi: Rakornas Kali Ini Menjadi Sarana Komunikasi Dan Informasi

Published

on

By

Wako Edi: Rakornas Kali Ini Menjadi Sarana Komunikasi Dan Informasi

Gencil News- Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan terimakasih kepada ICCN yang sudah memilih Kota Pontianak sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan rakornas

Ia mengharapkan rakornas kali ini bisa menjadi sarana komunikasi dan bertukar informasi antara kota-kota yang sudah tergabung dalam kota kreatif se-Indonesia.

“Rakornas ini menitikberatkan pada kolaborasi bersama penggiat kreativitas sehingga mampu mendorong terciptanya ekosistem ekonomi kreatif di Pontianak khususnya dan di Kalbar umumnya,” kata Wako Edi. Pada hari Kamis (21/10/2021).

Ia menjelaskan bahwa Pemkot Pontianak terus melaksanakan giat membangun dan mengembangkan kawasan wisata lokal yang memiliki potensi dalam meningkatkan ekonmi masyarakat

Salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan ekonomi kreatif. Seperti kampung wisata yang tidak bisa lepas dari kearifan lokal serta budaya masyarakat setempat.

Baca juga   Satgas Cyber Anti Hoaxs Dibentuk

“Sehingga menjadikan kampung-kampung wisata ini unik dengan identitasnya masing-masing,” ujarnya

Ketua Umum ICCN, Fiki Satari juga meyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi Kalbar serta Pemkot Pontianak dan Singkawang yang sudah memfasilitasi hingga terselenggaranya rakornas di kedua kota yang ada di Kalbar.

Sebagai informasi, ICCN merupakan forum lintas komunitas kreatif yang ada di 220 kabupaten/kota se-Indonesia, yang tujuannya mendorong pembangunan Indonesia dari potensi kreativitasnya.

Ia menjelaskan bahwa pada rakornas kali ini pihaknya juga sudah menyelesaikan verifikasi jejearing yang berada di Kalbar

Baca juga   Bola Beton "Cantik" Percantik Jalan HOS Cokroaminoto

“Menariknya, dari Kalbar sudah ada Forum Lintas Komunitas Kreatif di 14 kabupaten/kota di Kalbar.  Ini luar biasa, kami apresiasi sebab untuk bisa mensinergikan forum jejaring lintas ini tidak mudah,” pungkasnya

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING