Kota Pontianak

Edi Kamtono Akan Bangun Dua Mal Pelayanan Publik

Edi Kamtono Akan Bangun Dua Mal Pelayanan Publik
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono

Gencil News – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menerima kunjungan Asisten Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Noviana Andriana di Ruang VIP Wali Kota Pontianak, Rabu (30/12/2020).

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau pelayanan publik pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak dan lainnya. 

Edi menerangkan, Pemkot sudah lama merencanakan pembangunan mal pelayanan publik. Awalnya, pembangunan mal pelayanan publik rencananya pada tahun 2021. Namun karena adanya realokasi anggaran maka tertunda pada anggaran perubahan.

“Rencana ada dua lokasi yang menjadi sasaran kita. Pertama pada gedung yang sekarang (Gedung Terpadu). Alternatif kedua di lantai dua Pasar Kapuas Indah,” terangnya.

Baca juga   Kesal Diintip Saat Berduaan di Kost, Seorang Pria Aniaya Temannya

Edi mengungkapkan pihaknya akan mendesain gedung mal pelayanan publik sedemikian rupa. Rancangan gedung itu menyesuaikan dengan pelayanan satu pintu dalam satu gedung. Artinya, mal pelayanan publik itu merupakan sebuah gedung bisa melayani semua pelayanan, baik itu urusan administrasi kependudukan, perizinan, pelayanan SIM, KTP, paspor, surat keterangan, BPJS dan lainnya bergabung dalam satu gedung.

“Jadi masyarakat cukup datang ke satu gedung tersebut sudah terlayani secara lengkap,” ungkapnya.

Selain itu, Pemkot juga akan memfasilitasi gedung tersebut dengan fasilitas penunjang, seperti kafe, warung kopi, kuliner dan toko lainnya. Alternatif lokasi mal pelayanan publik di Pasar Kapuas Indah, pihaknya akan mengkaji secara struktur dan luasan. Sebab jika dilihat lokasi tersebut memang strategis sekaligus menghidupkan kawasan itu.

Baca juga   Andi Dhirgam Charnova : Kami Sudah Siapkan Program "Go To School"

“Akan kita kaji untuk lokasi tersebut,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan mendesain lokasi eks Kantor Camat Pontianak Selatan untuk ditempati dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang saat ini masih bersatu di Gedung Terpadu. Jadi, hanya dua OPD yang menempati gedung terpadu.

“Kita targetkan di perubahan anggaran 2021, besaran anggaran tengah dihitung,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top