Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyatakan agar semua pihak tidak lagi saling menyalahkan di tengah situasi yang dihadapi saat ini, di mana angka penyebaran virus corona (Covid-19) terus bertambah di Indonesia.

“Sekarang bukan saatnya kita saling menyalahkan bahkan membuat berita atau informasi hoax maupun kepentingan politis lainnya. Saat ini yang dibutuhkan adalah uluran dari semua pihak bersama-sama menjaga kota ini tetap aman dan nyaman,” ujarnya usai menerima penyerahan bantuan terkait penanganan Covid-19 di halaman Kantor Wali Kota Pontianak, Selasa (24/3/2020).

Ia menyayangkan dalam situasi saat ini masih saja bertebaran berita dan informasi hoax.

Karenanya, Edi mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar mengikuti perkembangan informasi atau berita melalui media-media resmi dan terpercaya.

Baca juga   Edi Kamtono Lantik 97 Pejabat Struktural di Pemkot Pontianak

Apabila ada suatu informasi atau berita, hendaknya jangan melakukan analisis atau menyimpulkannya sendiri. “Tetapi harus dicerna dan dicermati serta dikroscek apakah itu benar atau malah informasi yang menyesatkan,” ungkapnya.

Menurutnya, sebagaimana Kapolri sudah membuat maklumat untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan atau aktivitas yang mengumpulkan orang banyak.

Oleh sebab itu, kata dia, pemerintah termasuk pemerintah daerah tidak tinggal diam. Pihaknya harus melakukan upaya kegiatan-kegiatan dalam penanggulangan Covid-19.

“Kita minta kepada semua warga Pontianak untuk tetap tenang melaksanakan aktivitasnya yang produktif tetapi tetap waspada menjaga jarak dan menghindari keramaian karena kita tidak tahu virus sekarang sudah ada di mana-mana,” tuturnya.

Edi mengatakan, para petugas lapangan tetap bekerja tetapi tetap waspada dan melindungi diri dengan perlengkapan yang memadai. Sedangkan pekerja yang sifatnya administratif, dianjurkan bekerja dari rumah.

Baca juga   50 Wajib Pajak Ditargetkan Terpasang Alat Monitoring Transaksi

Hal ini sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan diberlakukannya status Kejadian Luar Biasa (KLB) di Kota Pontianak, seluruh aktivitas dan kegiatan yang melibatkan orang banyak ditunda dan dibatalkan demi menekan penyebaran Covid-19.

“Yang terpenting tetap menjaga jarak, cuci tangan pakai sabun, pakai peralatan perlindungan diri seperti masker serta tidak menganggap enteng virus corona,” pesannya.