Gedung Pramuka Kalbar yang Sarat Sejarah Kemerdekaan
Connect with us

Kota Pontianak

Gedung Pramuka Kalbar yang Sarat Sejarah Kemerdekaan

Published

on

GENCILNEWS – Simpel, anggun, sekaligus megah. Itulah kesan pertama ketika kita melihat bangunan ini. Bangunan ini dulunya merupakan kompleks perumahan para pejabat pemerintahan Hindia Belanda di Kalimantan Barat.

 Gedung Pramuka Kalbar yang Sarat Sejarah Kemerdekaan

Gedung Pramuka Kalbar yang Sarat Sejarah Kemerdekaan

Bangunan ini dulunya juga pernah dijadikan tempat pertemuan para pejuang dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Ketika tentara sekutu/Australia dibawah Komando Asia Tenggara (Southeast Asia Command/SEAC) divisi AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) mendarat di Pontianak, bangunan ini menjadi salah satu bangunan yang diambil alih dan menjadi markas kegiatan tentara sekutu selain dari bangunan kantor residen.

Setelah masa kemerdekaan, bangunan yang berbentuk memanjang kebelakang dengan delapan ruangan ini pernah difungsikan sebagai kantor Komando Daerah Angkatan Kepolisian (Komdak), lalu sebagai kantor BKKBN.

Kemudian pada tahun 1980 akhir, bangunan ini difungsikan sebagai kantor Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat.

Gedung Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat ini berada di Jalan Zainudin yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Kelurahan Sekip Darat, Kecamatan Pontianak Kota.

Sebagai salah satu dari 14 bangunan yang telah ditetapkan sebagai benda cagar budaya, keberadaan bangunan ini jelas menjadi sangat penting dalam perjalanan sejarah Kota Pontianak. (all)

Advertisement
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kota Pontianak

Walkot Pontianak Puji Kinerja Kasat Pol PP Syarifah Adriana

Published

on

Walkot Pontianak Puji Kinerja Kasat Pol PP Syarifah Adriana
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono saat evaluasi pembelajaran tatap muka di sekolah di Aula Kantor Terpadu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Jumat (26/2/2021).

Gencil News – Walkot (Wali Kota) Pontianak Edi Rusdi Kamtono puji kinerja dari Kasat Pol PP Pontianak Syarifah Adriana. Menurut Walkot Pontianak, kinerja Syarifah Adriana menjadi sebuah kebanggaan bagi Pemkot Pontianak.

Menurut Edi Kamtono,  Kasatpol PP memiliki komitmen dan integritas yang tinggi dalam kinerjanya. Dan sudah sepantasnya Kasat Pol PP Kota Pontianak penghargaan Karya Bhakti Satpol PP.

 “Hal ini menunjukkan Kasatpol PP memiliki komitmen dan integritas yang tinggi dalam kinerjanya,” ungkapnya.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono memberikan apresiasi tinggi atas penghargaan yang disematkan kepada Kasatpol PP Kota Pontianak.

Sebagai satu diantara dua kota se-Indonesia penerima award, hal ini menjadi sebuah kebanggaan karena kinerja Satpol PP Kota Pontianak.

Dalam upaya membantu kelancaran pemerintah daerah menangani Covid-19 mendapat penilaian yang tinggi oleh pemerintah pusat.

“Boleh dikatakan pagi, siang dan malam Kasatpol PP tak kenal lelah mengabdikan dirinya demi menegakkan peraturan daerah (perda),” kata Edi.

Meskipun dari sisi jumlah personil yang sangat terbatas, namun tak menyurutkan jajaran Satpol PP dalam melaksanakan tugasnya.

Ia meminta jajaran Satpol PP Kota Pontianak tetap mengedepankan profesionalitas dan meningkatkan kapasitas diri dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Saya minta jajaran Satpol PP terus tingkatkan profesionlisme dan kapasitas aparatur serta sinergitas dengan instansi terkait,” pungkasnya.

Continue Reading

Kota Pontianak

Peduli Lingkungan Dengan Memilah Jenis Sampah

Published

on

Peduli Lingkungan Dengan Memilah Jenis Sampah

Gencil News – Pada saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2021, Rabu (3/3/2021). Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengajak masyarakat Kota Pontianak untuk peduli terhadap lingkungan dengan menjaga kebersihan.

Edi berharap masyarakat sudah mulai memilah sampah rumah tangga sehingga sampah yang dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) berkurang. Sampah yang dipilah bisa dimanfaatkan di bank sampah yang ada.

“Sehingga sampah-sampah tersebut bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomis,” katanya

Ia berharap kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan ditingkatkan. Sebab dengan masyarakat peduli terhadap lingkungannya, maka masyarakat juga yang akan merasakan dampaknya. Demikian pula kebersihan lingkungan pasar juga tak kalah pentingnya.

“Di pasar-pasar tradisional juga diharapkan pedagang maupun pembeli sama-sama peduli menjaga kebersihan lingkungan pasar,” tuturnya.

Continue Reading

Kota Pontianak

Peran Warga Penting Untuk Ciptakan Pontianak Yang Bersih

Published

on

Peran Warga Penting Untuk Ciptakan Pontianak Yang Bersih
Tempat penampungan sampah, Lokasi jalan Paris 2 - Foto courtesy DLH Pemkot Pontianak

Gencil News – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak, Saptiko mengatakan dalam menjaga kebersihan kota, tidak cukup peran pemerintah saja. Namun juga membutuhkan peran dan kesadaran masyarakat.

Salah satu caranya adalah dimulai dari masyarakat dengan melakukan pemilahan sampah dari rumah tangga. Memisahkan sampah organik seperti buah, sayur atau sisa makanan. Kemudian untuk sampah non organik seperti plastik, kertas dan sejenisnya juga dipilah.

“Dengan demikian sampah-sampah tersebut bisa dimanfaatkan oleh komunitas peduli lingkungan atau masyarakat sehingga bernilai ekonomi,” sebutnya.

Saptiko menuturkan, ada dua cara dalam mengolah sampah organik, yakni membuat kompos dan budidaya maggot atau larva lalat Black Soldier Fly (BSF) sebagai baham baku pakan alternatif. Untuk budidaya maggot, lanjutnya, sudah ada masyarakat  yang mengelolah secara swadaya.

“Bahkan sudah ada yang skala besar dengan penghasilan sekitar Rp14 juta per bulan,” ungkapnya.

Sedangkan sampah anorganik, bisa dipilah dan dimasukkan ke bank sampah sehingga memiliki nilai ekonomis. Pandemi Covid-19 mempengaruhi jumlah sampah hingga turun sekitar 10 persen. Ia mengimbau masyarakat sudah mulai memilah sampah rumah tangga.

“Kami juga mengimbau warga untuk mematuhi jadwal pembuangan sampah di TPS, yakni mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan 06.00 WIB,” tutupnya.

Continue Reading

Advertisement

KORAN GENCIL NEWS

TRENDING