KAMMI Kota Pontianak Gelar Aksi Damai, Ini Tuntutannya ke KPU

KAMMI Kota Pontianak Gelar Aksi Damai, Ini Tuntutannya ke KPU.
Puluhan massa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kalimantan Barat

KAMMI Kota Pontianak Gelar Aksi Damai, Ini Tuntutannya ke KPU. Puluhan massa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kalimantan Barat menggelar aksi damai di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (21/5/2019) pagi.

Aksi ini dilakukan dalam rangka menyikapi banyaknya petugas penyelenggara Pemilu yang meninggal dunia saat bertugas pada hari pemungutan suara, 17 April 2019 silam. 

Beberapa orang melakukan berorasi bergilir menyuarakan aspirasinya. Massa juga terlihat membawa spanduk, bendera kuning, dan replika keranda dalam aksi yang mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

Muhammad Al Iqbal selaku Korlap Aksi mengatakan bahwa KAMMI Kota Pontianak membawa lima tuntutan utama dalam aksi tersebut. diantaranya adalah

  1. Turut berduka cita atas meninggalnya petugas pemilu di seluruh Indonesia.
  2. Mendesak agar KPU dan DPR berkoordinasi untuk segera mendorong pemerintah segera membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) yang independen bersama masyarakat sipil,dengan melibatkan berbagai pihak,untuk menelusuri penyebab dari kematian ratusan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).
  3. Menuntut pemerintah Bersama DPR dan penyelenggara Pemilu (KPU,BAWASLU dan DKPP) mengevaluasi pelaksanaan pemilu serentak secara terbuka dan independen.
  4. Mengajak kedua belah kubu peserta pemilu berhenti memanfaatkan isu kemanusian untuk kepentingan politik praktis dan elektoral semata.
  5. Menuntut KPU untuk segera merealisasikan santunan kepada korban penyelenggara pemilu.
Baca juga   Komisi DPRD Provinsi Kalbar Segera Panggil KPU

Massa yang sudah memadati kantor KPU sekitar pukul 08.15 WIB ini pun terlihat membubarkan diri setelah aspirasinya diterima oleh komisioner KPU Kalbar. Sebelum meninggalkan lokasi aksi, mereka juga mengancam akan melakukan aksi lanjutan jika tuntutan yang disampaikan tidak dipenuhi oleh KPU. 

Penulis : Gencil News
Editor : Gencil News
Sumber : Gencil News